4 Tips Mencegah Morning Sickness

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Januari 24, 2015 | | |
Sumber Gambar : www.makanansehat.web.id
Hamil muda memang selalu identik dengan mual dan ngidam ya. Biarpun saya sedang tidak hamil, tapi kalau sudah bicara soal morning sickness pasti semangat. Maklumlah sudah pengalaman 2 kali mengandung, dengan kondisi hamil muda yang sangat mengkhawatirkan. 

Hampir setiap pagi saya merasakan mual yang luar biasa, pernah saat hamil anak pertama, mual dan pusing membuat saya susah sekali makan dan harus opname beberapa hari "cukup merepotkan sekali", tapi ya dinikmati, karena ini adalah . anugerah Tuhan.

Morning Sickness sendiri merupakan rasa mual dan muntah yang biasanya terjadi diawal kehamilan, antara trimester pertama (1-3 bulan). Perasaan ini akan muncul setiap saat, tapi seh antara ibu hamil yang satu dan yang lain itu berbeda-beda. Malah ada juga yang tidak pernah merasakan apa-apa, jadi bisa makan enak. Kalau yang sering mual dan muntah diawal kehamilan seperti saya, memang membuat sedikit kerepotan. Bahkan setiap kali mencium bau makanan, atau yang lainnya bisa bikin mual dan muntah.

Ada beberapa cara supaya rasa mual dan muntah ini bisa dicegah, apalagi kalau pagi hari, supaya makan pun menjadi merasa enak saat awal kehamilan. Ini beberapa tips yang selalu saya lakukan sewaktu hamil.
  • Minum Juice, air putih atau air gula merah. Biasanya saat pagi atau sebelum makan, saya akan meminum salah satu minuman ini, karena itu membuat perut merasa nyaman. Apalagi kalau itu juice jeruk, jadi seperti ada nafsu makan. Dan hindari makanan pedas, santan saat makan. Sebenarnya saat saya makan pedas, malah makan terasa enak. Tapi efeknya mual dan muntah pun semakin menjadi, jadi lebih baik hindari saja.
  • Mencium kulit jeruk dan kayu putih. Biasanya saat saya merasa mual dan ingin muntah, langsung mencium kedua hal ini, karena itu langsung membuat rasa mual pun jadi hilang. 
  • Banyak makan buah dan sayur. Ini yang paling penting, selain bagus buat janin, juga baik untuk kesehatan ibu hamil sendiri.
  • Jangan gosok gigi setelah makan. Nah entah kenapa, saat saya sudah makan lalu gosok gigi malah muntah. Akhirnya saya tidak lakukan setelah makan, dan menunggu beberapa saat. Dan yang terakhir hindari pekerjaan berat saat hamil muda, dan banyak istirahat. Karena itu sangat membantu, kalau bekerja diluar rumah, mending hindari stress karena pekerjaan. Usahakan luruskan kaki, rileks sebentar 5-10 menit di kantor.
Sebenarnya selain tips diatas yang pernah saya lakukan. Saya suka sekali makan rujak dan asem, mungkin bawaan juga. Tapi jangan berlebihan, kalau memang itu membuat nyaman kenapa enggak. Yang terpenting tahu kondisi badan kita sendiri, kalau memang makan itu ya dicoba, kali saja bisa menghilangkan rasa mual dan muntah yang berlebihan.

Semoga bermanfaat. Dan kalau mual muntah tidak dapat dicegah, segera kedokter saja.

6 komentar:

  1. Rata-rata ibu hamil kok merasakan ini. Ini mungkin suatu kenikmatan tersendiri yang hanya dirasakan oleh ibu hamil. Walaupun sakit tapi tetap tegar demi sang buah hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan nikmat lagi, tapi luar biasa mas menjadi ibu hamil. Tapi para suami pun harus ekstra perhatian, karena biasanya ibu hamil manja dan sensitif. Biarpun tidak semuanya.

      Hapus
  2. 5 kali hamil, cuma 4 kali merasakan ngidam yang repoottt banget, hanya anak kedua yang 'ngidamnya' malah suami, saya mah adem ayem aja seperti tidak hamil, tapi suami waduhhh kasian banget deh, walau ga sampai muntah2 tapi dia pusing2 aneh ya??, yang 4 ngidam ga neko2 tapi mual muntah n puyeng nya itu yang bikin repot, saya sih suka minta dibikinin air teh manis plus biskuit sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari, setelah habis minum air teh manis hangat dan beberapa keping biskuit, baru turun dari tempat tidur dan alhamdulillah gak keliyengan apalagi muntah. syukurnya lagi cuma sampai usia kehamilan 4 blan selanjutnya amannn! salam kenal mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Aisha, terima kasih sudah berkunjung.

      Nah itu ngidam dan hamil itu begitu nikmatnya ya. Sampai-sampai suami pun ikut merasakan. Saya juga punya pengalaman yang sama saat anak pertama, saya ngidam sampai usia kandungan 4 bulan, Habis itu dilanjut suami selama sebulan, tiap pagi dia mual dan muntah. Ga bisa makan apa-apa.

      Hapus
  3. Enam kali hamil, enam kali juga saya merasa sangat kasihan melihat istri yang setiap pagi muntah-muntah sampai usia kehamilan 4 bulan. Terlebih hamil ke-3 yang sangat parah ngidamnya yang akhirnya keguguran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah 6 kali?, berarti yang ada 5 ya mas Edi.
      Innalillahi, kasihan yang ke 3. Berarti senasib sama saya, yang kehilanggan bayi diusia kandungan masih muda. Sudah takdir ya mas..

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...