#BeraniLebih Tampil Untuk Mengasah Mental dan Kemampuan

Liswanti Pertiwi | Kamis, April 30, 2015 | |
Pernah merasa dikucilkan tidak?, bukan sama teman atau lingkungan. Tapi sama keluarga sendiri?. Saya pernah, rasanya itu ga enak banget, apalagi selalu dibandingkan dengan cucu atau saudara yang lain. Kalau yang lain selalu manut atau iya-iya disuruh harus begini dan begitu. Kalau saya “tidak”, karena saya selalu ingin menjadi diri sendiri. Apa yang saya ingin lakukan, itulah yang membuat saya senang.

Waktu tampil..dahulu kala
Ketika zamannya masih sekolah, saudara yang lain lebih memilih sekolah saja tanpa melakukan kegiatan yang lain, apalagi katanya “perempuan ga usah ikut-ikutan kegiatan mending belajar masak”. Tidak dengan saya, yang selalu ingin tampil didepan, memang belajar masak perlu, tapi kita juga perlu mengasah kemampuan yang lain.

Jadilah saya memilih apa yang saya mau, dengan resiko tak pernah ada dukungan dari keluarga, kecuali orang tua saya sendiri. Setiap kali saya manggung dalam sebuah acara, mana pernah ada yang mau nonton. Atau ketika saya mendapat kemenangan dalam sebuah kompetisi, mana pernah ada yang mengucapkan selamat dari keluarga.

Tapi saya tidak pernah merasa sedih, karena ketika saya #beranilebih tampil didepan, saat itu pun mental dan kemampuan saya terus diasah. Sehingga tidak menjadi anak cemen yang kerjanya nangis, penakut dan selalu bisa mandiri. Selain itu, bukan sedikit-sedikit minta uang ke orang tua, atau sedikit-sedikit menggadu sama orang tua saat diejek teman. 

Dari seringnya saya tampil didepan umum, baik dalam bentuk kompetisi baca puisi, bermain teater, menari, nyanyi sampai mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler disekolah. Tanpa disadari telah membuat saya #beranilebih yang membuat mental kuat dan menjadi tahu dengan kemampuan saya sendiri. Sejak sekolah saya tidak pernah minta uang jajan sama orang tua, karena setiap kali lomba dan mengikuti pertunjukkan seni saya punya penghasilan, dan cukup untuk uang jajan sebulan. Bahkan dari semua itu saya mendapatkan beasiswa prestasi, sehingga orang tua tidak mengeluarkan biaya sekolah, kecuali uang ujian saja.

Semenjak keluarga yang lain tahu bahwa saya bisa menjadi anak mandiri, tanpa menyusahkan orang tua. Barulah mereka sadar dan bisa menerima apa yang saya lakukan, dan sedikit demi sedikit menghargai karya-karya saya. Bahkan bisa dibilang suruh mengikuti jejak saya untuk banyak belajar tentang banyak hal supaya bisa menjadi anak berani dan memiliki mental yang kuat.

Kenangan buat anak biar
 #Beranilebih
Saya menyadari dengan mengikuti berbagai kegiatan, tampil didepan umum bisa menumbuhkan rasa percaya diri, kekuatan, dan keyakinan dengan segala kemampuan yang dimiliki. Jangan bilang “tidak punya bakat”, kalau belum dicoba. Maka dengan #beranilebih tampil kita bisa mengasah mental dan kemampuan, bahkan menumbuhkan rasa percaya diri. Yang penting apa yang dilakukan itu kegiatan positif, supaya mendapat restu juga dari orang tua. Dulu biar pun saya dikucilkan keluarga sendiri, saya cuek saja, karena saya memiliki restu dan ridho orang tua yang mendukung segala kegiatan yang saya lakukan.

#Beranilebih tampil untuk mengasah mental dan kemampuan, kenapa tidak?. Saya bisa tumbuh menjadi anak percaya diri, bahkan biarpun saya bukan anak sastra. Saya juga berani menulis buku dan terus menulis di blog, karena saya ingin terus mengasah kemampuan. Ini berkat #beranilebih tampil.

Yuk #beranilebih!


Jumlah kata : 485
Facebook : Liswanti.Pertiwi
Twitter : @Lizone_tie
Instagram : @Lizone_tie


TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM TULISAN PENDEK #BERANILEBIH



12 komentar:

  1. kita memang harus berani lebih ya mbak untuk membuktikan kemampuan kita....dengan begitu mereka yang bersilang pendapat dengan kita akan berbalik arah dan takjub dengan kemampuan kita.......

    BalasHapus
  2. Sama kayak saya dulu Mak....selalu ikut lomba puisi lah, nyanyi lah, tari lah. Dapat banyak piala tapi dipajangnya di sekolah. Tapi sekarang, malah berkurang pede nya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh knapa ga pede..?
      Pokoknya tetap semangat mak...

      Hapus
  3. Betul banget Mak. Sering tampil di dpn umum -apapun acaranya- cukup ampuh untuk mengasah kepedean kita.

    BalasHapus
  4. iya saya setuju dengan berani lebih,
    jadi inget kata-kata sandra dewi di acara just alvin, "harus berani untuk berbeda"

    BalasHapus
  5. yup, dengan berani tampil di muka umum dapat meningkatkan rasa percaya diri :)

    BalasHapus
  6. Berani lebih dan lebih berani sama nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda...bisakan berani lebih melawan harimau..hehehe

      Hapus
  7. Never give up yah, Mbak.. Alhamdulillah malah melatih mental dan kesabaran kita :D

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...