Saatnya Ganti Pakai Formula Untuk Perawatan Gigi Dan Mulut

Liswanti Pertiwi | Rabu, April 15, 2015 |
Dokumen Pribadi Penulis
Dalam Acara Ayo Ganti Pakai Formula di Ground Double Tree By Hilton Hotel
Jl. Pengangsaan Timur No. 17 Cikini Jakarta Pusat
Saat ini kebanyakan orang di negara kita belum tahu bagaimana cara memilih sikat dan pasta gigi yang tepat untuk perawatan gigi dan mulutnya. Bahkan dalam sebuah data Riskesdas tahun 2013 sebanyak 72 persen masalah gigi adalah gigi berlubang. Maka dari itulah pada selasa 14 April 2015 kemarin, Formula Oral Care mengadakan acara yaitu kampanye edukasi "Ayo Ganti Pakai Formula"

Acara ini diadakan agar masyarakat Indonesia memiliki gigi dan mulut yang sehat. Menurut Yuna Eka Kristina selaku Head Of Corporate and Marketing Communication OT Group, acara ini diadakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengganti sikat gigi secara rutin 3 bulan sekali, serta bisa menggunakan pasta gigi yang melindungi gigi dari asam penyebab keropos.

Bahkan Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti atau yang biasa dipanggil Prof. Mel, mengungkapkan bahwa kebanyakan masyarakat memilih pasta dan sikat gigi berdasarkan kebiasaan yang dulu digunakan oleh keluarganya. Dan fakta lainnya dimana kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai periode dam masa pemakaian sikat gigi.

Dokumen Pribadi
Prof. Mel melanjutkan bahwa dalam sebuah penelitian ditemukan lebih dari 200 juta bakteri pada bulu sikat gigi, yang sangat cepat berkembang biak terutama pada sikat gigi yang terlalu lama digunakan dan tidak terawat. Selain itu disarankan pula untuk memilih sikat dan pasta gigi yang nyaman serta sesuai kontur gigi dan mulut, "pilih sikat gigi yang tidak melukai gusi dan ujung kepalanya kecil, serta berbulu halus, juga mudah digenggam" ujar Prof. Mel. Menyikat pun harus dengan benar, karena dari 90% masyarakat Indonesia, hanya 2,5% yang menyikat gigi dengar benar.

Lanjut Prof. Mel, bahwa dalam pemilihan pasta gigi pun sangat penting, karena sisa makanan di dalam mulut akan berubah menjadi asam, maka apabila ini terjadi terus menerus, maka kalsium gigi akan mengeropos dan gigi pun cepat rusak.

Doumen Pribadi
Bahkan masalah gigi ini pun terjadi pada seorang artis yang juga seorang penyanyi, sekaligus Ibu dari Al, El, Dul yaitu Maia Estianty. Pada kesempatan ini Maya menceritakan bagaimana semua gigi gerahamnya habis gara-gara gigi berlubang. Apalagi kebiasaanya memakan makanan manis, seperti mengunyah permen dan meminum kopi, membuat giginya semakin rusak. "Saya suka makan permen yang enggak sugar free" ujar Maia. Bahkan Maia mengungkapkan bahwa kini giginya sudah hilang 5, dan hanya menyisakan 27 gigi yang masih utuh.

Setelah sekian lama, akhirnya Maia pun datang ke dokter dan mulai sadar untuk mulai merawat gigi dengan baik. Selain memilih sikat dan pasta gigi yang tepat, dirinya pun mulai membiasakan mengganti sikat gigi secara rutin dan mulai meninggalkan kebiasaan memakan permen yang enggak sugar free. 

Pada kesempatan ini pun Maia yang selaku Brand Endorser Formula Oral Care mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai membiasakan mengganti sikat gigi secara rutin, dan memilih pasta gigi yang tepat. Dan Maia pun sudah mulai beralih menggunakan Formula untuk perawatan gigi dan mulut, yang sudah dirasakannya tepat untuk merawat giginya, "ganti..ganti..pakai formula".

Formula ini pun sudah ada sejak tahun 1984, yang tentunya sudah dipercaya dan banyak dipakai konsumen. Sikat gigi formula ini tersedia dalam berbagai pilihan yang dibuat dengan teknologi tinggi, untuk bisa menghasilkan sikat yang berujung lembut, kepala sikat mengecil serta gagang yang nyaman digenggam.

Dokumen Pribadi
Menurut Yuna, formula akan selalu menyerukan untuk mengganti sikat gigi 3 bulan sekali, supaya gigi dan mulut tetap sehat. Karena kalau melebihi 3 bulan bisa menyebabkan fungsi sikat gigi untuk membersihkan gigi tidak akan pernah maksimal dan bulunya akan megar yang bisa melukai gusi. Nah Formula ini memiliki pasta gigi “Formula Strong Protector yang mengandung System Protective Layer (SPL). Dengan formulasi duo flouride (perlindungan dua kali lebih kuat) untuk memberikan perlindungan maksimal. SPL ini bekerja untuk melapisi dan melindungi email gigi agar lebih tangguh dari serangan asam yang disebabkan oleh bakteri.

Dokumen Pribadi
(Lihat hasilnya)
Mengenai kandungan SPL dalam formula ini, Yuna pun mengadakan uji coba yang menjelaskan bagaimana proses pengeroposan kalsium gigi terjadi, dan fungi lapisan pelindung dapat mencegah gigi keropos. Disini Yuna menyiapkan 2 gelas yang diisi dengan cuka dapur, kemudian ambil 2 cangkang telur. Yang masing-masing telur direndam pasta gigi yang berbeda (menggunakan Strong Protector dan pasta gigi non formula), kemudian dibersihkan dan keringkan. Setelah itu masukkan kedalam cuka, dan hasilnya dapat terlihat dalam 10 menit. 

Dimana telur yang menggunakan pasta gigi lain cepat terkelupas bagian luarnya (seperti ada gelembung-gelembung gitu) yang menandakan terlepasnya kalsium kulit telur. Tapi berbeda dengan cangkang telur yang dilapisi Formula Strong Protector yang tetap utuh. Dan menurut Yuna, ini menandakan bahwa Formula Strong Protector lebih tahan lama terhadap asam, karena memiliki kandungan SPL (System Protective Layer) yang sangat baik berfungsi melindungi kalsium gigi. 

Diakhir acara Prof Mel pun menambahkan, kalau perawatan gigi pun harus dilakuakn sejak bayi, yaitu dengan membersihkan rongga mulut setelah bayi meminum asi, dengan menggunakan telunjuk yang dibalut dengan kain. Karena mulut bayi pun harus tetap sehat, supaya dia merasa nyaman. Bukan itu saja, Prof, Mel mengatakan bahwa selain menyikat gigi yang benar, lidah pun sangat penting dijaga kebersihannya.

Dokumen Pribadi
Kampanye eduksi "Ayo Ganti Pakai Formula" ini memang penuh dengan pengetahuan, supaya kita semua bisa rutin mengganti sikat gigi 3 bulan sekali. Bukan itu saja, kita juga bisa memilih sikat dan pasta gigi yang tepat. Dan formula ini sangat tepat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, supaya semakin segar dan sehat.

Formula Strong Protector bisa menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut keluarga tercinta di rumah. Yuk ah, saatnya ganti pakai Formula untuk perawatan gigi dan mulut. Seperti kata Maia "ganti..ganti...pakai Formula".



Dokumen Pribadi
Bersama Kumpulan Emak Blogger

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...