Maknyuss, Bukan Beras Biasa

Liswanti Pertiwi | Rabu, September 09, 2015 | | | | |
Beras Maknyuss tanpa 3P (dokumen pribadi)

Ya ya ya, akhirnya bisa ngomongin makanan lagi neh. Udah geregetan saja kalau sehari tidak ngomongin makanan *haha. 



Kalau ngomongin makanan enak tentu saja harus berkualitas, sehat dan bergizi. Apalagi dengan nasi yang menjadi makanan pokok kita sehari-hari. Harus dong bisa memilih beras yang baik dan berkualitas, supaya kesehatan keluarga terjamin.

Sebagai seorang Ibu yang setiap hari menyiapkan makanan untuk anak-anak, mau tidak mau, saya pun harus tahu dan mengerti tentang cara memilih beras yang baik. Jangan hanya melihat harga murah, tapi tidak terjamin kesehatannya. Malah kita harus tahu beras berkualitas, supaya kualitas hidup kita pun akan semakin lebih baik.

Mengingat beberapa waktu lalu banyak beredar berita tentang beras plastik, beras pemutih dan lain-lainnya. Bikin ngeri tidak seh?, kalau saya sendiri sangat ngeri. Maka, kita harus menjadi Ibu dan konsumen yang cerdas dalam memilih. Memilih apa?, tentu saja memilih beras yang baik. 

Cara Memilih Beras Yang Baik
Tampilan Beras
Pilih beras dengan warna putih, bening dan sedikit kekuningan, serta bebas dari kutu dan kerikil-kerikil kecil. Kalau beras itu terlalu putih, biasanya sudah dicuci dengan bahan pemutih, seperti klorin, tawas, bahkan pemutih pakaian dan rasanya agak pahit.
Aroma Beras
Beras yang sehat tidak mempunyai aroma yang apek. Aroma pandan yang menyengat merupakan tanda bahwa beras diberi zat pewangi kimia.
Tekstur Beras
Beras yang sehat memiliki tekstur tidak mudah patah. Gigit beras tersebut, bila beras mudah hancur, maka hal ini pertanda beras tersebut sudah tidak baik kondisinya.
Bahan Pelicin
Remaslah beras dengan tangan yang kering, karena kita akan mengetahui beras itu mengandung pelican atau tidak. Bila mengandung pelican, beras akan banyak menempel pada tangan.
Beras Berlabel
Beras yang berlabel, biasanya sudah terjamin kualitasnya. Maka, jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah, namun kesehatan kurang diperhatikan. Cobalah untuk mencari beras bermerk yang telah mendapatkan sertifikasi dari instansi terkait.
Toko Langganan
Usahakan tidak berpindah-pindah took, apabila kita sudah mengetahui keaslian beras.
Harga Beras
Sebagai pembeli, kita harus mengetahui variasi beras yang akan dibeli, sebagai sebuah pendoman untuk bisa menilai apakah varietas beras tersebut asli atau tidak.
 Sumber : Intips-food

Ketika kita sudah mengetahui cara memilih beras yang baik, maka kita bisa menyiapkan makanan sehat setiap harinya kepada keluarga. Penting bagi kita untuk memilih beras berkualitas, karena setiap hari kita memakan nasi, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh dalam beraktifitas. Kalau beras yang kita masak tidak berkualitas baik, tentu saja kesehatan akan terus terganggu.

Beras Maknyuss
Salah satu beras berkualitas yang bisa kita pilih dalam menyiapkan nasi yang sehat bagi keluarga adalah Maknyuss, bukan beras biasa.

Maknyuss, tentu saja bukan beras biasa. Karena, merupakan beras sehat tanpa 3P yang diproduksi oleh PT. Sukses Abadi Karya Inti. Dan juga merupakan beras varietas IR64 yang berstandar ISO dan SNI. Beras ini pun telah di proses dengan teknologi tinggi, sehingga tidak mengandung pemutih, pengawet, maupun pewangi.

Untuk menikmati nasi sehat dari beras yang satu ini tidak susah kok mencarinya. Karena, sudah bisa diperoleh di pasar tradisional, toko beras dan kelontong. Dan jangan lupa kemasan baru Maknyuss tampak seperti gambar di samping ya. Selain itu, kita bisa peroleh juga di mini market dan supermarket modern seperti:


Cerrefour, Hypermart, Foodmart, Lotte Mart, Lotte Wholesale, Giant, Hero, Ranch Market, Farmers, Lion Superindo, Diamond, Tip Top, Naga, Alfamart, dan AEON.

Kenapa beras Maknyuss menjadi beras pilihan keluarga?. Karena, beras ini memberikan kepastian kualitas untuk menghasilkan nasi pulen yang enak dan bergizi dengan hadirnya prinsip tanpa 3P, yakni:

  • Tanpa Pemutih. Yang tentu saja di proses dengan teknologi modern tanpa bahan kimia untuk menghasilkan beras putih alami.
  • Tanpa Pengawet. Di proses dengan tingkat pengeringan optimal sehingga beras tahan lama tanpa menggunakan pengawet.
  • Tanpa Pewangi. Karena, di proses dan dikemas langsung untuk menjamin aroma alami beras tetap terjaga tanpa menggunakan pewangi.
Setelah kehadiran beras Maknyuss di rumah, saya pun bisa menyajikan nasi pulen yang enak, sehat dan bergizi. Bahkan di makan tanpa lauk pun terasa enak. Sempat terpikir untuk membuat berbagai resep masakan dari beras yang satu ini, baik nasi goreng pedas, nasi bola-bola, ataupun nasi kare. Tapi, saya memilih untuk membuat nasi liwet saja, mumpung menjadi permintaan pa suami dan anak-anak.

Ini dia nasi liwet khas orang Garut *pamer
Nasi liwet ini versi malam, dengan lauk seadanya, mulai dari ayam bakar, tahu goreng, dan sambel tomat yang kurang pedas

Karena nasi liwet yang saya buat lumayan banyak, paginya masih tersisa. Kan biasanya kalau nasi didiemin lama, suka bau ya. Tapi, menggunakan beras Maknyuss ini tidak tercium bau sama sekali. Akhirnya saya pun memanaskannya kembali, dengan lauk yang lengkap, ada bandeng goreng, tumis jamur, ayam bakar dan sambel yang ekstra pedas.



Versi pagi neh dengan lauk yang lengkap, dan sayuran di tambah kemangi

"Emmm, enak mah nasinya" ujar pa suami, yang tiba-tiba bikin saya berbunga-bunga, *langsung dikasih uang segepok hihi.



Mau tahu ga rahasia buatnya?. Kalau berasnya sudah pasti pake Maknyuss. Boleh deh lihat resepnya disini neh.

Resep Nasi liwet dari orang Garut neh

Kenapa kita harus memilih beras sehat tanpa 3P?. Karena kita perlu tahu dan paham benar beras yang memakai pemutih, pengawet, dan pewangi itu tidak baik untuk tubuh. Apalagi, kalau di makan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, "aduh ga kebayang, ngeri saya".



Beras yang ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pemutih, pengawet, dan pewangi, sudah sangat jelas akan berdampak buruk pada kesehatan kita. Bahayanya, itu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya kanker. Bayangkan saja zat kimia yang seharusnya buat pakaian, ternyata ada dimakanan dan masuk ke tubuh setiap harinya, lama-lama sel-sel dalam tubuh bisa rusak, kesehatan menurun, dan yang paling menakutkan adalah kematian.

Maka dari itu, mulai sekarang cerdaslah memilih bahan makanan, seperti beras, yang merupakan salah satu sumber energi. Jadi sekali lagi saya bisa katakan, bahwa "Maknyuss, Bukan Beras Biasa". Karena, beras ini pilihan tepat untuk menghasilkan nasi yang pulen, sehat dan bergizi. Pilihlah beras yang baik dan berkualitas, untuk kualitas hidup yang juga semakin baik. 

Maknyuss beras tanpa 3P.



Sumber Tulisan
  • Intips-Food.blogspot.com
  • Berasmaknyuss.com



26 komentar:

  1. Ternyata berasnya mkanyuss beneran ya, mbak. Duh ,itu sambelnya malah bikin ngiler :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo doyan sambel ya, boleh mba di cicip saja hehe. Iya maknyuss banget.

      Hapus
  2. ini berasnya yang bagus atau memang ibu liswanti yang memang pandai mengolah semua jenis beras... btw udah ada dimana aja beras maknyus dipasarkan.... kok namanya maknyus ya,, seperti ada yang kurang gimana gitu ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi beras sudah saya tulis diatas mas, dari carrefour, giant dllnya.

      Itu karena berasnya bagus, saya pun happy masaknya hehe.
      Tahu pa Bonda, yg punya slogan Maknyuss, beliau komisarisnya. Jadi deh namanya beras Maknyuss.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. klo ke superindo ko ga prnh liat beras ini ya..kpn2 nyoba dh klo lg pgn masak ..thanks infonya teh lis :)

    BalasHapus
  5. jadi inget jaman beras plastik hihihi

    BalasHapus
  6. jadi penasaran sama beras Maknyus mak !!
    apalagi sama asin peda tambah maknyoos hmmm*lapar mode on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di coba berasnya mak Nchie.

      Aduh ngomongai asin peda, di Jakarta aku jarang nemu, jadi deh nasi liwet kemarin ga pale asin peda sama pete hehe.

      Hapus
  7. Aduh, aku pinisirin sama sambelnya.

    Eh, gagal fokus

    BalasHapus
  8. beras yang maknyuss bikin nafsu makan bertambah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak lagi ya maknyuss ini. Memang mantep.

      Hapus
  9. Jadi ibu memang harus bijak dan rajin cari info ya, Lis. Untung ada beras Maknyuss yang dipercaya aman dan berkualitas baik. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Haya, harus cerdas memilih.
      Sangat senang Maknyuss hadir di tengah kegalauan saya yg takut milih beras.

      Hapus
  10. Woowww kreasinya kelihatan maknyuss kreatif banget nih Mba Liswanti :D
    Saya juga sekarang beli beras ini terus hehehe tadi dari superindo beli 3 kemasan @5Kg buat persediaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih teh.

      Iya sama teh, saya juga jadi beli beras maknyuss, bapaknya anak juga suka.

      Hapus
  11. Beras pilihan bikin makan nasi jadi lebih lahap ya, mak.

    BalasHapus
  12. makan nasi liwet bikin ketagihan bisa nambah deh makannya, apalagi pakai beras maknyuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk atuhkapan qta liliwetan pake beras maknyuss

      Hapus
  13. Mantab yaa berasnya. Suami n anak2ku juga suka beras ini

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...