Resep Puding Ubi Ungu

Liswanti Pertiwi | Kamis, April 14, 2016 | |

Bicara soal makanan, saya selalu ingin belajar banyak hal. Belajarnya saya bukan tanpa tujuan. Itu karena anak-anak saya doyan banget ngemil. Kalau belikan, penghamburan juga, dan kita pun tidak pernah tahu proses pembuatannya.

Kalau membuat makanan dan cemilan sendiri, saya pun bisa membuat lebih banyak, dan tentunya bosa menghemat biayanya. Akhir-akhir ini, saya senang sekali membuat puding dari ubi ungu. Resepnya sendiri saya dapat dari teman saya, bedanya saya pilih bahan dasarnya adalah ubi ungu. Untuk membuat puding ini, biaya yang saya butuhkan pun tidaklah banyak, yakni 23.000 rupiah.
  • Ubi ungu 1 kg 8.000
  • Susu kental manis 1 kaleng 12.000
  • Agar-agar 1 bungkus 3.000
Untuk 1 kilo ubi ungu, saya hanya menggunakan 3 biji dengan ukuran besar. Dan saatnya untuk membuat puding. Tapi sebelumnya, siapkan dulu ya bahan-bahannya.


Bahan yang harus disiapkan:
  • 3 biji ubi ungu ukuran sedang, bersihkan dan kukuslah hingga matang.
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 1 kaleng susu kental manis (jangan menggunakan yang coklat ya)
  • Sedikit garam
  • 6 gelas air

Cara membuat:
  • Pertama-tama kukus ubi hingga matang, lalu blenderlah ubi tersebut dengan 6 gelas air.
  • Siapkan panci, lalu masukkan hasil blenderan dan tambahkan sedikit garam.
  • Panaskan puding dengan api sedang, dan aduk dengan rata.
  • Setelah itu masukkan susu kental manis, agar-agar dan aduk lagi hingga rata serta mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan ke dalam cetakan, tunggulah hingga dingin.



Kalau sudah dingin, puding ubi pun siap dihidangkan, dan dinikmati bersama keluarga tercinta.

Mudah dan simplekan ya?

Kok tidak pake gula pasir? Dari susu dan ubinya saja sudah terasa manis kok, jadi tidak perlu tambahan gula pasir lagi. 

Selamat mencoba.


42 komentar:

  1. Cakep banget pudingnya. Nyobain ah... :)

    BalasHapus
  2. Ahhhh... gampang banget ini buatnya, jadi pengen coba. Sayangnya agak susah nih dirumahku kalau cari ubi ungu. Harus ke pasar besar dulu. Anak-anak pasti suka nih, karena beda sama puding yang biasa emaknya bikin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus ke pasar teh, saya saja dapatnya di pasar induk Kramat Jati

      Hapus
  3. buat buka puasa ntar sore enak nih :D

    BalasHapus
  4. waah... simpel nih, sebelumnya saya pernah bikin klepon ubi ungu. dan seprtinya saya akan mencoba puding ubi ungu ini. Makasih mba resepnya...
    ubinya dihancurin biasa aja gak pake blender juga bisa kan mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba.
      Saran saya mending di blender saja, kalau dihancurin biasa, suka ada yg grinjel grinjel gitu, kurang lembut. Saya pernah coba begitu.

      Hapus
    2. oo gitu ya, makasih... :)

      Hapus
  5. wah idenya aja aja maklis, mau ah bikin

    BalasHapus
  6. Wuaaah...simple banget, warnanya juga cantik...
    kalo ubi ungu nggak ada aku ganti pake ubi cilembu bisa kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, tapi mungkin nanti warnanya juga kuning ya hehe

      Hapus
  7. Ungunya cakep banget.. resepnya simpel tp bisa cantik gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sering diaduk selama membuatnya, biar hasilnya bagus.

      Hapus
  8. kebetulan tadi pagi belanja ubi ungu, dan belum tau mau diapain, hihi.. kebiasaan...soalnya ubi ungunya melambai-lambai sih, hihi

    BalasHapus
  9. aaaaaih.. mudah ya mba.. mau cobaaa ah.. mba kreatif banget deh, ubi di buat agar2.. hihihihi..

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  10. Pudingnya enyaakkk
    warna ungunya bikin kebayang rasanya

    BalasHapus
  11. Wah jadi pengen buat ni mbak Lis, ini termasuk makanan sehat ya, tanpa gula dan ubi kan termasuk karbohidrat komplek ya mbak. Terus agarnya dimasukkan ke panci bersamaan dengan blenderan ubi ya mbak? :)

    BalasHapus
  12. Dari kemarin bingung punya ubi ungu tapi mau dibikin apa. Yang sudah dikukus juga ngendon aja di kulkas karena gak ada yang mau makan. Terima kasih sharing resepnya ya, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau udah di kukus boleh banget di bikin puding mba

      Hapus
  13. kebayang enaknya makan dingin-dingin pudingnya, musti nyari dulu nih ubi ungunya, thanks mak resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus ubi ungu, yg lain juga bisa. Ubi cilembu dan lainnya

      Hapus
  14. Wah, warnanya menarik sekali ya :))

    BalasHapus
  15. he he he
    ngomongin ubi jadi ingat minggu lalu, jalan2 ke ayodia nemuin yang jual kacang sama ubi rebus :)

    btw, waktu masih di bandung, saya sering ke cilembu metik di kebun ubi punya temen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik dong metik langsung.
      Ikuuuut #ehhh

      Hapus
  16. Pudingnya warna ungu menarik karena ubi ya Mbak hehe

    BalasHapus
  17. warna pudingnya sangat menggoda kak,cantik bikin pengen langsung makan aja hehe

    BalasHapus
  18. Sudah dicoba, enaaaak. Cara lain makan ubi ungu ya mba.

    BalasHapus
  19. Ubi nya pke ubi cileumbu bukan mba ? nanti mau minta tolong di buatin oleh orang tua ahh soal nya saya ngga bisa :D

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...