Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Belajar Bahasa Bersama Rise

Liswanti Pertiwi | Selasa, Mei 31, 2016 | | | | |

Sumber www.rise.id
Kalau bicara tumbuh kembang anak memang begitu menyenangkan. Mulai dari anak belajar merangkak, bicara, hingga mengasah berbagai kemampuannya. 

Menghadapi perkembangan saat ini, memang bukan perkara mudah loh, anak-anak sebagai generasi bangsa, harus mampu mengikuti kemajuan. Jadi, jangan salah ya, kalau sekarang ini anak-anak sudah paham teknologi, mengikuti berbagai les khusus, hingga pandai berbahasa asing. Apalagi pada saat ini, kita sedang menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), harus mampu bersaing dengan yang lainnya.

Mengingat zaman yang semakin maju dan daya saing yang tinggi. Saya pun ingin anak-anak semakin pintar dan memiliki banyak keahlian. Chantika dan Dimas yang masih kecil, memang harus bisa belajar banyak hal sejak dini, termasuk dalam hal berbahasa asing. Saya dan suami sendiri mempunyai tugas untuk membimbing dan mengajarkan mereka. Biasanya neh saya ngajarin anak bahasa Indonesia, bahasa Sunda, dan bahasa Arab. Sedangkan suami mengajarkan anak-anak bahasa Inggris. Setidaknya pelajaran dasar, sudah mereka pahami sedikit demi sedikit.

Asyiknya neh di Rise
Pada tanggal 28 Mei 2016 kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti seminar di Rise FX Sudirman Jakarta. Saya memenuhi undangan dari KEB (Kumpulan Emak Blogger). Seminar ini mengangkat tema tentang "Mengoptimalkan Kemampuan dan Elastisitas Belajar anak di Usia Dini", bersama Ms. Hanlie Muliani, M,Psi, Psychologist.

Menurut penyampaian dari Hanlie, bahwa golden periode merupakan 1000 hari pertama anak, sampai usia 6 tahun. Maka dari itu, perlu sekali untuk kita selaku orang tua memberikan stimulasi terbaik sejak dini pada anak. Stimulasi ini menjadi cara terbaik untuk membentuk karakter anak-anak, supaya mereka tumbuh dengan baik. Selain stimulasi, pemberian gizi seimbang menjadi sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak.

Bicara tentang tumbuh kembang anak, bicara juga tentang otak dan kecerdasan pada anak. Setiap orang tua tentu ingin dong anaknya cerdas? Apalagi kalau kecerdasannya menyeluruh, dari IQ, SQ, hingga EQ. Intinya kecerdasan anak bisa optimal. Tahu tidak, kalau setiap anak itu memang berbeda-beda. Seperti halnya Chantika Usia 11 bulan dia sudah lancar berjalan, memiliki kosakata yang lumayan banyak, sehingga saat usianya sudah 1,5 tahun, bisa memahami apa yang orang tuanya tanyakan dan ucapkan.


    Dan bicara tentang golden periode serta tumbuh kembang anakada beberapa poin yang saya ambil dari materi yang disampaikan oleh Ms. Hanlie, seperti:
    1. Jangan lupa untuk memberikan pondasi yang kuat.
    2. Ajari anak untuk selalu peduli kepada orang lain, dan tidak membully.
    3. Berikan anak-anak pelajaran tentang mengelola perasaan dan emosi secara konstruktif.
    4. Anak boleh bermain gadget, asal bisa di kontrol dengan baik.
    5. Ajak anak untuk bisa berinteraksi dengan alam, supaya bisa menambah kecerdasan.
    6. Orang tua juga harus bisa terlibat dalam pendidikan anak.

    Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Belajar Bahasa Bersama Rise

    Kembali lagi tentang bahasa. Ketika kemampuan anak dalam belajar bahasa meningkat, tentu orang tua pun senang. Salah satu cara supaya kemampuan berbahasa seorang anak meningkat adalah dengan membaca, minimal 5 menit saja. Saya pun memang sudah membiasakan anak membaca, maksudnya membacakan mereka mendongeng. Tapi, dengan cara itu saya bisa melihat perkembangan mereka, dan kesenangan dengan buku bacaan.

    Dan kalau bicara bahasa asing, saya juga pengen tuh anak bisa pintar berbahasa. Di Jakarta sendiri sudah banyak sekali tempat kursus untuk anak belajar bahasa asing, salah satunya adalah Rise.


    Apa itu Rise? Rise adalah pusat pembelajaran bahasa Inggris yang dirancang untuk anak 2 hingga 12 tahun. Rise yang ada saat ini adalah bagian dari Bina Nusantara (Binus) dan Rise Global, yang telah berpengalaman di bidang pendidikan selama berpuluh-puluh tahun. Binus sendiri adalah lembaga pendidikan di Indonesia. Binus dan Rise Global memiliki visi yang sama, yakni memberikan kualitas dan pengalaman tentang english language learning di Indonesia.

    Rise yang ada di Indonesia, pertama kali di buka di Living World Mall Alam Sutera Tangerang, pada Oktober 2014. Dan yang kedua di FX Sudirman Mall Jakarta Pusat pada Januari 2015. Selain itu, Rise juga bisa ditemukan di Central Park Grogol Petamburan Jakarta, dan Bintaro Jaya Xchange Tangerang Selatan.

    Kenapa anak harus bisa berbahasa asing?

    Mengingat kita menghadapi MEA, dimana skill dan bahasa ini sangat penting. Karena, penguasaan bahasa Inggris sejak dini, bisa mempersiapkan anak untuk menghadapi tantangan dan persaingan di masa mendatang. Cara anak untuk cepat dalam memahami bahasa, selain dengan membaca, berlatih kosa kata, juga bisa dengan bernyanyi.

    Dan ketika kita ingin anak meningkat kemampuannya dalam belajar bahasa, Rise bisa menjadi pilihan buat para orang tua yang sedang mencari tempat kursus bahasa. Apa yang membuat Rise berbeda dari yang lain?

    Ini yang membuat rise berbeda loh

    Ruangannya kece neh
    Selain memiliki banyak fasilitas, seperti ruang kelas, perpustakaan, serta ruang konsultasi, tempatnya pun child friendly. Rise pun memiliki metode belajar yang berbeda dari lainnya. Bukan itu saja, Gurunya pun tidak ada yang freelance, dan semuanya fulltime, supaya lebih fokus untuk mengajar anak-anak berbahasa. Di Rise, anak-anak belajar dengan menyenangkan. Oh ya, ada juga neh Rise Teaching Approach, yang meliputi:
    • Active learning
    • Positive guidance is positive discipline
    • Scaffolding
    Rise sendiri selalu yakin, bahwa setiap anak bisa belajar bahasa Inggris. Bukan saja belajar, tapi menjadi anak yang percaya diri dan fasih dalam berbahasa inggris. Karena, Rise telah membuat metode pebelajaran yang inovatif. Yang perlu diketahui para orang tua neh, bahwa di Rise, anak-anak belajar dengan cara terjun secara langsung untuk selalu menggunakan bahasa inggris yang diintegrasikan ke dalam beberapa bidang. Serta anak-anak pun belajar tentang kepemimpinan (leadership training program), sehingga mampu mengembangkan keterampilan sosialnya yang sangat dibutuhkan untuk masa depan.


    Rise pun memiliki keinginan untuk mengajarkan anak-anak dengan nilai-nilai serta keterampilan. Sehingga kemampuan anak dalam belajar bahasa pun semakin meningkat. Dan belajar di Rise pun menyenangkan. 

    Ingin tahu lebih banyak tentang Rise, bisa langsung kunjungi websitenya di www.rise.id. Atau di media sosialnya, seperti:

    • Twitter: @riseenglish
    • Instagram: @riseenglish
    • Fanpage FB: Rise Indonesia

    10 komentar:

    1. Duhh..mupeng sama tempat belajarnya. Asyik banget mbak ^_^

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama mba, coba deket dari rumah, saya bisa masukin anak kesini neh.

        Hapus
    2. Tempatnya emang asik yaa, bikin anak nggak ngerasa lagi belajar kaya di sekolah, hehe. Makasih sharenya teh lis :)

      BalasHapus
    3. setuju banget, di usia golden periode peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak. :D

      BalasHapus
    4. wah menarik kayaknya...apakah di bandung ada ya mbak?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Di Bandung sepertinya belum ada neh. Atau mungkin bisa langsung mengunjungi www.rise.id

        Hapus
    5. waah keren ini Rise..
      iya ya di bdg belon denger tuh.

      aku suka tempatnya yang kuning2 maak

      BalasHapus

    Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...