Wujudkan Mimpi Menjadi Pengusaha Dengan Aplikasi Kudo

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Mei 21, 2016 | | | |


“Rezeki yang paling banyak itu menjadi wiraswasta”
“Siapapun bisa menjadi pengusaha Lis, yang penting bisa memanfaatkan peluang di depan mata”

Itulah yang diungkapkan sahabat sekaligus Guru saya, dalam hal dunia usaha. Banyak yang telah diajarkannya, terutama dalam membangun sebuah usaha. Sebut saja sahabat saya ini adalah Dian. Saat ini Dian memiliki 1 toko selular, 1 rumah makan, dan 1 toko pakaian. Perjalanannya dalam merintis usaha tidaklah mudah, karena prosesnya cukup panjang.

Dian memulai usahanya sejak masih duduk di bangku kuliah. Dengan modal yang tidaklah banyak. Dian mulai berjualan pulsa, jual baju secara kredit di Kampungnya, hingga jual makanan rumahan yang akan dia titipkan ke warung-warung. Sempat jatuh bangun dalam membangun usaha, apalagi kesulitan dia dalam menagih hutang ke pembeli baju. Alhasil, uang pun susah untuk di putar. Tapi, semenjak Dian lulus kuliah, atau tepatnya 4 tahun setelah membuat usaha kecil-kecilan, Dian mampu mewujudkan impiannya menjadi seorang pengusaha.

Modal Dian mewujudkan mimpinya adalah kesabaran, keberanian, keyakinan, kerja keras, jangan malu melakukan apapun selama itu benar, dan Doa. Dan itulah yang memberikan saya inspirasi, bahwa semua bisa jadi pengusaha, asal memiliki kemauan dan kerja keras. Tidak usah malu dengan apa yang kita lakukan, mau usaha apapun yang penting halal dan berkah.

Dian saja bisa mewujudkan mimpinya, masa saya tidak? Harus bisa dong.

Menjadi pengusaha itu susah, apalagi modalnya harus besar. Kata siapa?

Salah satu usahanya saya neh
Peluang usaha itu banyak kok, dan tidak semuanya menggunakan modal yang besar. Karena saya terinspirasi dari Dian, saya melakukan berbagai inovasi usaha, yang modalnya hanya 500 ribu saja. Jual apaan tuh? Tentu saja jual cemilan, dari cilok, pudding, kue, hingga souvenir pernikahan. Usahanya saya memang masih kecil, tapi boleh dong ya memiliki mimpi menjadi pengusaha sukses.

Memiliki usaha itu memang gampang-gampang susah, apalagi dengan berbagai risiko luar dan dalam yang kedepannya akan dihadapi seorang pengusaha. Bagi saya sendiri, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berencana membuat usaha, seperti:
  • Punya modal untuk memulai usaha. Modal itu bisa berupa uang dan barang juga. Kalau tidak ada modal, kita akan kesulitan memulai usaha.
  • Menentukan jenis usaha, mau bikin apa? Pangsa pasarnya seperti apa? Targetnya berapa banyak?
  • Mengatur keuangan usaha dengan sebaik mungkin, dan usahakan uang tetap berputar. Pengeluaran dan pemasukan harus jelas.
  • Biarpun usaha yang akan kita lakukan masih kecil, manajemennya harus jelas, termasuk pembukuan.
  • Membuat strategi usaha, supaya bisa berkembang dengan baik. Kalau perlu lakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dari usaha kita.
Biarpun saya ingin memiliki usaha yang sederhana, dengan modal yang minim, bukan berarti beberapa hal di atas tidak saya perhatikan. Dengan usaha yang kecil, pembukuan dan mengatur uang sebaik mungkin sangat penting, semoga saja kedepannya usaha bisa semakin berkembang.

Dalam hal usaha souvenir dan makanan, saya tidak memasarkannya secara online, dan memilih untuk memasarkannya dari mulut ke mulut saja. Ada yang memesan saya kerjakan, kalau tidak ada, uang hasil usaha akan saya tabung.

Tapi, karena saya memiliki niat untuk mengembangkan usaha, supaya lebih baik lagi, maka saya mencoba untuk menganalisa usaha sendiri, salah satunya dengan cara analisa SWOT. Tampak seperti di bawah ini.

      Internal
Eksternal
Strength
      (Kekuatan)
Weakness
   (Kelemahan)
Opportunity
      (Peluang)
SO (Kekuatan & Peluang)
Membuat inovasi baru dengan berbagai aneka rasa.
Kemasan produk yang lebih menarik.
Membuka lapangan kerja.
Meningkatkan kualitas produk.
Meningkatkan pelayanan.  
WO (Kelemahan dan Peluang)
Karena belum memiliki karyawan dalam membantu usaha, saat pesanan banyak, terpaksa belum bisa di ambil. Apalagi terhambat biaya untuk memberikan gaji kepada karyawan. Kelemahan ini dapat ditutupi dengan peluang yang akan dicapai.
Threat
      (Ancaman)
ST (Kekuatan & Ancaman)
Kepercayaan dari beberapa konsumen yang sudah mencoba produk, tidak memberikan pengaruh negatif yang signifikan. Sehingga hal itu dapat meminimalisir ancaman yang menjadi kelemahan bagi usaha yang akan datang dari usaha lain yang sejenis.

WT (Kelemahan & Ancaman)
Kelemahan yang ada dalam usaha, apabila tidak ditindak lanjuti sedini mungkin, akan menjadi ancaman bagi usaha.
Analisa SWOT Usaha Makanan (Cilok, pudding, kue)
Berlaku juga untuk usaha Souvenir

Itu hanya sekedar analisa saya yang ingin membuat usaha semakin berkembang, biarpun dengan modal yang sangat minim. Apalagi, keinginan untuk terus berinovasi dalam mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses, sehingga mampu membuka lapangan kerja. Mengingat pada saat ini, lulusan semakin banyak, tapi peluang kerja terbatas, pengangguran pun semakin bertambah. Menurut data dari bps.go.id Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2015 sebesar 6,18%, meningkat dibanding TPT Februari 2015 (5,81%) dan Agustus 2014 (5,94%).

Melihat data tersebut, tentu saja saya ingin membuka lapangan pekerjaan baru, biarpun menuju ke impian itu masih jauh. 

Semua bisa jadi pengusaha, baik saya, kamu, dan kalian semua, termasuk yang sedang mencari pekerjaan. Alangkah baiknya mencoba usaha dengan modal yang minim, tapi hasilnya bisa maksimal. Nah ada solusi neh dari Kudo untuk menjadi seorang pengusaha. Ya, dengan wujudkan mimpi menjadi Pengusaha dengan aplikasi KUDO.


Sebenarnya apa Kudo, sehingga bisa mewujudkan mimpi menjadi pengusaha?

Kudo ini berdiri sejak Juli 2014, merupakan perusahaan startup yang berbasis di Indonesia. Kudo mengembangkan solusi praktis untuk marketplace dan ekosistem pembayaran di Indonesia. KUDO bekerjasama dengan perusahaan e-commerce yang memungkinkan perbelanjaan e-commerce kepada jutaan masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses atau tidak mau bertansaksi online. KUDO menawarkan beragam produk apapun yang bisa kamu temukan online, kepada konsumen. Mereka bisa melakukan transaksi secara konvensional dengan metode pembayaran tunai.

Tim Kudo terdiri dari professional yang berpengalaman di bidang teknologi global dan konsultan manajemen seperti Apple dan The Boston Consulting Group. (sumber www.kudo.co.id/tentang-kami).

Kudo ini asli Indonesia, yang didirikan oleh 2 orang, yakni Albert Lucius, selaku CEO Of Kudo dan Agung Nugroho, selaku COO Of Kudo. Kudo hadir untuk menjawab tantangan dunia digital Indonesia, mulai dari perkembangan teknologi, sistem pembayaran, hingga kebutuhan belanja online, yang memungkinkan siapapun untuk menjadi pengusaha hanya dengan menggunakan smartphone.

“Kudo memberikan kemudahan untuk mewujudkan mimpimu menjadi pengusaha”

Itulah yang memacu semangat saya saat pertama kali membuka website dari Kudo. Saya yang penasaran tentu tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Kudo. Apalagi sekarang semakin mudah dengan adanya aplikasi Kudo. Mewujudkan mimpi menjadi pengusaha semakin asyik saja.

KUDO adalah Kios Untuk Dagang Online. Dengan aplikasi dari Kudo, kita bisa berjualan melalui aplikasi tanpa perlu memiliki stok barang. Selain itu, melalui aplikasi ini dapatkan juga penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya dengan aktif menjadi Agen Kudo.

Untuk memulai menjadi pengusaha, saya pun download aplikasi Kudo di Playstore. Saya pun melakukan registrasi untuk menjadi agen Kudo. Disini saya sempat gagal daftar 1 kali, karena data kurang lengkap, dan untuk ke 2 kalinya saya pun sukses mendaftar. Setelah mendaftar, kita akan mendapat email pemberitahuan.

Siapapun bisa loh menjadi agen Kudo, termasuk saya sendiri. Agen Kudo ini yang menjadi jembatan antara Kudo dengan para konsumennya. Dengan menjadi agen Kudo, peluang menjadi pengusaha pun semakin terbuka. Untuk menjadi agen Kudo juga cukup mudah kok. Setelah mendaftar, dan download aplikasi Kudo, kita bisa langsung isi saldo minimal 10 ribu, sudah memudahkan kita untuk berjualan. Setelah berjualan, kita langsung bisa ajak pelanggan bertransaksi dan terakhir, kita pun sudah bisa menikmati penghasilan tambahan. Mudahkan?

Untuk saldo ini penting banget loh diisi, untuk memudahkan transaksi. Saldo ini menjadi uang simpanan yang kita miliki di Kudo, yang bisa digunakan setiap kali bertransaksi. Dimana, pembayaran akan langsung terpotong dari saldo tersebut.

Ada beberapa langkah mudah untuk berjualan dengan aplikasi Kudo:
  • Buka aplikasi Kudo. Tawarkan produk kepada pelanggan secara langsung atau bagikan melalui media sosial.
  • Lakukan pemesanan. Pilih dan pesan produk yang diinginkan pelanggan, masukkan data pembelian dan konfirmasi pembayaran.
  • Pelanggan bayar. Terima pembayaran dari pelangganmu menggunakan cara yang disepakati.
  • Barang dikirim. Setelah proses pembelian berhasil, barang akan dikirimkan ke alamat pemesan.
  • Terima Komisi, yang akan langsung masuk ke saldo.



Belanja di Kudo pun lengkap dan nyaman. Ada berbagai produk yang berkualitas dengan harga terbaik. Ada lebih dari 2 juta barang, yang bisa memenuhi kebutuhan, baik untuk sehari-hari dan lainnya. Apapun bisa kita temukan di Kudo, seperti barang elektronik, fesyen, perhiasan, rumah tangga, kebutuhan ibu dan anak, hingga perlengkapan kantor. Selain itu Kudo pun memudahkan siapa pun, termasuk saya yang sering beli pulsa, dan membayar tagihan (PLN, PDAM, dan lainnya).

Bahkan, di Kudo ada banyak promo menarik, sangat cocok untuk para Ibu yang suka hemat berbelanja, seperti halnya saya sendiri. Dan yang pasti transaksi di Kudo aman. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai sistem transfer, uang kepada seseorang yang kamu tidak kenal. Cukup membayar dengan tunai kepada agen, dan seluruh produk akan dikirimkan langsung dalam hitungan hari. Transaksi jual beli dijamin aman dengan fitur rekam transaksi.

Ingin tahu tentang Kudo, bisa lihat video berikut. 



Hemm, sepertinya saya semakin tertarik dengan Kudo. Dan semoga saja bisa wujudkan mimpi menjadi pengusaha dengan aplikasi Kudo. Nah, pengen belanja di Kudo, bisa masukkan kode referral saya ini loh "A4yqsjc".

Yuk jadi pengusaha, tanpa modal yang besar, kita bisa mewujudkan impian bersama aplikasi dari Kudo. Jangan tunda lagi kesuksesan, dan jangan banyak berpikir untuk langsung download aplikasi Kudo di Playstore. Kudo telah menjadi solusi dan cara baru dalam berdagang, yang mudah, cepat, aman, dan nyaman. Serta tanpa modal yang besar, kios pun siap di buka, mau belanja ataupun berjualan, semua semakin menyenangkan. 


Kalau saya sudah ingin jadi pengusaha, bagaimana dengan kamu?

18 komentar:

  1. Mba, pake KUDO bisa juga untuk bayar PLN, telpon dan PAM ya? Kalo bayar BPJSS bisa gak Mba? Aku minat nih pakai KUDO minimal utk kita sendiri gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bisa, bayar PLN, bpjs, asuransi, dan lainnya, lengkap deh.

      Hapus
  2. wah.. bisa bayar tagihan pula... hebat nih Kudo...
    mau kepoin site-nya dulu ya Mbak. Makasih sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba. Boleh banget mba, silangkan langsung cek sitenya atau mungkin download.

      Hapus
  3. Bekerja seperti ini memang membutuhkan keuletan, kesabaran, tak bosan berpromosi, kejujuran, dan ketelitian.
    Semoga bisnisnya lancar-laris
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Ya Allah, terima kasih pakdhe.

      Hapus
  4. Saya sudah daftar juga. Inginnya buat sendiri dulu, terutama untuk ngisi pulsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu bisa lebih mudah ya mba kalau isi pulsa

      Hapus
  5. Menarik sekali.. Paling gak bisa dipakai sendiri ya :D

    BalasHapus
  6. Gak perlu ngelampirin keterangan bahwa kita punya penghasilan tertentu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu mba Ade, kita hanya perlu mengisi data sesuai KTP saja. Isi saldo deh biar bisa transaksi.

      Hapus
  7. Kudo emang aplikasi yang membuka peluang baru untuk banyak orang. Yang paling saya suka yaitu saat daftar pertama kali langsung dapat 50rb, woawwww....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan ya aplikasi kudo ini, banyak keuntungannya

      Hapus
  8. wah aplikasinya keren banget ini, nanti bisa saya coba aplikasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, silahkan langsung download.

      Hapus
  9. Senang sekali ada KUDO ini, jadi pengin install, Mbak. Jadi pengusaha makin mudah dengan Kudo ya. Pendapatan bertambah, layanan mudah dan praktis. Indah betul. Makasih infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, kalau begitu yuk ah jadi pengusaha

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...