4 Tips Menghias Rumah yang Anda Sewa

Liswanti Pertiwi | Senin, Juni 27, 2016 | |
Ilustrasi Rumah (dokumen Pribadi)
Ketika Anda hendak menghuni rumah yang Anda sewa, salah satu hal yang paling sulit adalah menuangkan selera Anda pada rumah yang Anda sewa. Pada kebanyakan rumah sewa dengan hak milik, Anda diperbolehkan untuk melakukan segala hal yang sebelumnya telah disetujui oleh pihak pemilik. Hal ini tidak berlaku untuk rumah yang Anda sewa karena terdapat aturan-aturan yang membatasi Anda dalam melakukan perubahan terhadap rumah. Akan tetapi, anda masih dapat menghias rumah yang Anda sewa walaupun dibatasi dengan aturan-aturan demikian.

Berikut adalah 4 tips untuk membuat rumah yang Anda sewa lebih indah untuk dilihat, tanpa perlu melanggar peraturan yang telah Anda sepakati dengan pemilik rumah.

1.   Dekorasi Berkaki dan Pot Bunga

Cara yang tepat untuk membuat rumah Anda agar kelihatan lebih indah tanpa perlu melanggar kesepakatanAnda dengan pihak pemilik adalah dengan menambahkan pot bunga atau dekorasi berkaki lainnya, sehingga Anda tidak perlu menggunakan dekorasi yang mengharuskan Anda untuk memasang paku pada tembok dan menyebabkan kerusakan. Cara ini tergolong murah ketika Anda hendak membuat rumah yang Anda sewa menjadi lebih indah, Bahkan, Anda juga bisa membuat dekorasi Anda sendiri untuk menghias rumah Anda,  jika Anda sanggup.

Dekorasi berkaki dan tanaman tidak hanya membuat rumah Anda indah, tetapi juga mudah untuk dipindahkan jika suatu waktu Anda memiliki masalah seperti kebocoran atau potensi kebakaran. Dengan demikian, dekorasi seperti ini adalah pilihan yang paling aman untuk membuat rumah yang Anda sewa lebih indah.

2.   Pekarangan dan Jendela

Cara kedua untuk menuangkan selera Anda pada rumah sewa adalah dengan menghias pekarangan, jika ada. Menanam bunga, menata bebatuan, dan hal lainnya untuk membuat rumah tampak cantik dapat Anda lakukan, terutama jika Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan terhadap bagiandalam rumah. Akan tetapi, Anda perlu menanyakan pada pemilik rumah sewa tentang batasa-batasan dalam menggunakan pekarangan rumah yang Anda sewa dengan memberi tahu mereka rencana yang akan Anda lakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak akan melanggar batasan serta tetap dapat menambah keindahan rumah Anda. Untuk rumah sewa yang tidak memiliki cukup tempat untuk pekarangan, ambang jendela adalah tempat yang ideal dan yang dapat digunakan untuk menaruh tanaman berukuran kecil, rangkain bunga, atau tanaman obat. Hal-hal ini tidak akan mengganggu jika Anda merawatnya  dengan baik.

3.   Hiasan dan Warna

Terdapat saat dimana Anda hendak menuangkan selera Anda pada rumah sewa dengan membuat kombinasi warna antar ruangan yang ada. Seperti yang terlihat pada berbagai contoh di situs Apartment Therapy, kesan yang indah saat pertama kali melihat sebuah rumah dapat Anda peroleh dengan menggabungkan warna yang ada menjadi kombinasi yang Indah. Warna-warna yang bagus untuk dikombinasikan antara lain ungu cerah, biru, hijau, jingga atau abu-abu gelap. Karpet dinding yang terkesan mati dapat Anda kombinasikan dengan karpet dinding lain yang berwarna lebih kontras atau berwarna komplementer. Hal ini membuat hiasan-hiasan yang lain pada rumah Anda menjadi lebih tampak karena warna karpet yang berbaur. Jadi, jika suatu saat anda hendak mencari rumah sewamelalui agen jual beli rumah seperti Rumah serta tetap mempedulikan kombinasi warna rumah, Anda perlu mengingat bahwa Anda dapat menuangkan sendiri selera Anda untuk menghias rumah dengan membeli karpet atau hiasan baru.

4.   Foto, Buku dan Barang-barang Kesukaan

Cara lain yang mungkin tepat untuk menghias rumah Anda adalah dengan menggunakan barang-barang yang mencerminkan kepribadian Anda sebagai penghias, seperti yang dilansir oleh Bustle. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membeli hiasan apapun untuk membuat rumah Anda lebih sedap dipandang.

Foto – dengan memasangkan foto pada rumah sewa Anda, Anda dapat mencerminkan kepribadian dan selera Anda. Akan tetapi, Anda perlu memastikan apakah Anda diperbolehkan untuk memaku tembok oleh pemilik rumah. Jika tidak diperbolehkan, maka anda sebaiknya memasang foto dengan menggunakan dudukan pada tempat yang Anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan double-tape sebagai pengganti paku, tetapi perlu disadari bahwa cara ini dapat merusak tembok maupun bingkai foto Anda. Cara kreatif lainnya adalah dengan menggantungkan foto Anda menggunakan kawat pada kusen jendela, atau menempelkannya pada meja Anda. Terlepas dari semua cara Anda untuk melakukannya, foto Anda maupun foto keluarga Anda akan mencerminkan kepribadian pada rumah yang Anda sewa.

Buku – pilihan ini mungkin tidak terpikirkan, tetapi dapat digunakan sebagai penghias yang bagus. Disamping memiliki berbagai warna yang dapat memberi kesan indah, buku juga mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang berpendidikan. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan bacaan ringan untuk hiburan bagi tamu Anda. Cara ini tidak hanya membantu seseorang dalam mengenal diri Anda, tetapi juga dapat menjadi awal mula perbincangan.

Benda Seni – terkadang benda-benda pribadi Anda seperti alat musik, pahatan, atau benda seni lainnya dapat menjadi penghias yang baik. Tidak hanya membuat rumah sewa Anda tampak cantik, tetapi juga menghemat tempat. Yang lebih penting, dengan menggunakan benda-benda tersebut sebagai penghias, Anda akan terdorong untuk merawat dan menjaganya, agar Anda dapat selalu menikmatinya dan tetap membuat rumah Anda indah.


Walaupun terdapat banyak batasan yang diberikan oleh pemilik rumah,  masih ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar rumah sewa Anda menjadi indah. Jadi, mulailah berpikir kreatif dan gunakan segala yang menjadikan rumah Anda sedap dipandang dan mencerminkan diri Anda.

11 komentar:

  1. aku sering praktekin yg point no. 1 dan 3 mbk, biar keliatan beda dr sebelumnya,

    BalasHapus
  2. Sangat membantu tulisannya. Keren!

    BalasHapus
  3. Yang saya tau standart
    menghias rumah itu adalah dengan cara menyematkan pigura dengan berbagai macam obyek ...
    ada foto ... lukisan ... kain tradisional ... motif ukiran dan sebagainya

    Salam saya Mak

    BalasHapus
  4. enak nih kalo penyewa rumahnya bisa ngerapiin dan ngerawat rumah yg ditempatinya..jd terurus ya mbak.. kalo aku mgkn menghias pekarangannya jadi cakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba jadi bisa terurus dan nyaman

      Hapus
  5. Suka sekali dg point no empat..
    Bagi saya, menata ulang suatu tempat ikut mempengaruhi mood menulis, membaca dan bahkan ngeblog. Sip, nice post, bunda...

    BalasHapus
  6. Yang bikin malas itu, kalau yang sewa rumah, ninggalin begitu saja rumah saat pindah, tanpa chek ricek apa ada yang rusak atau tidak :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...