Ada 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Sedang Berpuasa

Liswanti Pertiwi | Senin, Juli 04, 2016 | | | |

Bulan ramadan ini memang penuh dengan berkah, bukan saja saya dan keluarga selalu ada dalam kesehatan, tapi rezeki yang terus berlimpah. Alhamdulillah.

Ramadan tahun ini terasa berbeda, tidak seperti tahun kemarin. Untuk tahun ini saya lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk mengurusi berbagai pekerjaan. Terkadang menghadiri undangan launching, hingga meeting dengan para calon pegantin. Padahal puasa tahun kemarin, saya sudah tidak sanggup berlama-lama di luar rumah. Bukan saja lemas, tapi juga cuaca yang cukup panas dan gampang sekali haus.

Coba pikir deh, kalau kelamaan di luar dengan kondisi sedang berpuasa, banyak mengeluarkan keringat, pasti bikin kelelahan juga ya, lama-lama pengen minum. Eitss, tapi itu tidak pernah terjadi. Alhamdulillah, saya tetap kuat dan sehat, biarpun meeting dari tempat satu ke tempat lainnya, survey ke tempat A hingga ke tempat C. Dan itu benar-benar tidak membuat saya lemas atau bahkan kelelahan. Bahkan neh, saya masih sempat ikut menitipkan barang jualan ke beberapa teman untuk berbuka, lumayan deh hasilnya, biarpun cuman bertahan seminggu. Soalnya jadwal lumayan padat.

Kegiatan kadang suka sampai malam hari neh
Padahal biasanya, kepanasan cukup lama di luar rumah saat berpuasa, saya langsung kena migrain, atau bahkan pingsan. Maklumlah saya dari dulu memang memiliki riwayat peyakit migrain dan anemia yang sudah lumayan akut. Saya yang tidak boleh stres dan kelelahan, dan harus tetap tenang dalam berbagai kondisi. Karena kalau sedang kambuh, kepala ini serasa ingin saya jedotin ke pintu, saking sakitnya. Maka dari itu, pekerjaan sebanyak apapun saya selalu bawa santai dan happy, karena itu satu-satunya kunci untuk terhindar dari stres.

Dan di bulan ramadan ini, supaya kondisi tetap fit dalam menjalankan berbagai aktivitas, saya selalu memperhatikan 4 hal saat sedang berpuasa, yakni:

1. Jaga pola makan dengan konsumsi makanan bergizi


Selama berpuasa, penting untuk menjaga pola makan dengan konsumsi makanan bergizi. Seperti makan sayur dan buah saat buka dan sahur. Saya sendiri dari dulu hingga sekarang, selalu membiasakan untuk hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, terutama saat berpuasa. Karena buah dan sayur selalu membuat saya sehat.


Buah dan sayur adalah komponen penting bagi kesehatan. Dimana mengandung vervagai kebaikan, seperti vitamin, mineral, dan erat kaitannya dengan saya tahan tubuh. Maka, sangat penting untuk konsumsi buah dan sayur saat berpuasa, supaya tubuh pun kuat menjalani aktivitas sebanyak apapun. Untuk menu sahur dan berbuka, saya selalu bedakan jenis sayurnya, supaya keluarga pun tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Buah-buah biasanya selalu saya dan keluarga konsumsi setelah makan sahur dan berbuka, hingga cemilan saat bersantai setelah shalat taraweh.

Usahakan pula konsumsi karbohidrat secukupnya, dan jauhi makanan yang yang mengandung lemak tinggi, seperti gorengan. Kalau tahun sebelumnya, saya masih memasak gorengan, baik itu bakwan atau tahu isi. Untuk saat ini, saya lebih memilih menghindarinya, supaya kondisi badan tetap sehat, dan terhindar dari kolestrol.

2. Hindari konsumsi gula pasir berlebihan


Mengkonsumsi gula pasir berlebihan juga tidak baik loh, biarpun masih tergiur untuk berbuka dengan yang manis. Kalau di rumah, saya berusaha untuk tidak menggunakan gula pasir pada masakan, dan memilih menggantinya dengan gula merah. Dan sudah terbukti membuat saya tetap sehat dan kuat selama berpuasa, bahkan saat saya lemas, dengan meminum rebusan gua merah selalu segar kembali.

Biasanya saya memilih berbuka dengan kurma dan kolak yang benar-benar pake gula merah, dan tanpa santan. Kalau tidak ada gula merah, mending saya libur bikin kolak.

3. Konsumsi air putih


Nah kalau yang ini tentu saja sudah pada tahu ya, dan penting banget. Sebelum berbuka, saya biasanya minum air putih hangat terlebih dahulu, baru makan kurma. Minum air putih 8 gelas sehari, tetap saya jalankan saat sedang berpuasa. Dari buka hingga saur, supaya puasa tetap lancar, tanpa kekurangan cairan. Minum air putih juga baik buat kesehatan. Dan kulit tetap segar saat menjalani ibadah puasa.

Selain air putih, saya biasanya minum air kelapa muda hijau, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

4. Minum Suplemen



Biarpun saya sudah mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih, hingga menghindari gula pasir. Saya tetap membutuhkan suplemen yang bisa menjaga stamina saya tetap sehat selama menjalani aktivitas di bulan ramadan. Mengingat saya ini punya migrain dan sering demam kalau sedang kelelahan. Perlu sekali suplemen yang tepat. Dan solusi saya adalah dengan mengkonsumsi Vermint. Sudah lama sekali saya mengkonsumsi vermint, tepatnya 4 tahun lalu, tepatnya saat kena gejala typus.

Sebenarnya apa itu Vermint?

Vermint adalah Ekstrak Lumbricus Rubellus yang merupakan produk alami persembahan dari PT. Vermindo Indonesia yang dikemas dalam bentuk kapsul. Sangat cocok juga untuk anak-anak, karena dengan kandungan protein yang sangat tinggi dana sempurna akan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan anak serta meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak. Kandungan protein yang ada dalam Vermint ini terdiri dari Asam Amino Essensial dan non Essensial, bukan bahan kimia, tanpa efek samping, dan tidak merusak atau mengganggu fungsi ginjal, hati, lambung, dan saluran pencernaan. 

Vermint yang memiliki khasiat untuk menyehatkan, juga memiliki keunggulan, seperti:

  • Bekerja secara bio medicine, sehingga tidak menimbulkan efek samping.
  • Aman untuk segala usia (sangat baik untuk orang dewasa dan anak-anak).
  • Aman di konsumsi dalam jangka lama dan terus menerus.
  • Aman digunakan bersamaan/terpadu dengan obat dokter, bahkan meningkatkan daya kerja obat tersebut.
Saya masih ingat dari mulai saya, keponakan, hingga adik yang pernah mengalami sakit typus, suplemen ini memang pas dan menyehatkan. Serta mengembalikan stamina seperti biasanya. Kalau saya demam, biasanya langsung minum Vermint setelah makan dan langsung tidur.

Karena di bulan ramadan yang penuh berkah ini, saya pun ingin berbagai suplemen yang menyehatkan pada adik yang usianya 9 tahun, dan keponakan yang usianya 12 tahun. Kedua anak ini pernah mengalami typus sebanyak 2 kali. Bisa kebayang deh, gimana pusing dan deg-degannya orang tua mereka saat sakit. 

Vermint ini memang bisa mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti typus, demam tinggi, migrain, sakit kepala terus menerus, gangguan pencernaan, diare, maag, hingga mengeringkan luka bakar dan merapatkan serta menghilangkan luka bekas jahitan operasi caesar.

Ponakan dan adik saya neh
Bulan kemarin saya sempat pulang ke kampung halaman. Saya pun sempat memberikan Vermint ini pada keponakan dan adik, yang memang sangat membutuhkan untuk kesehatannya, supaya puasanya juga lancar sampai hari lebaran nanti. Serta penuh dengan berkah.

"Saya senang sekali dapat Vermint ini dari teh Lis, karena kalau sakit demam, bisa langsung minum ini" ujar Ibnu, keponakan saya.

"Saat sakit kemarin saya minum vermint ini. Eh sudah habis, untungnya teteh bawa lagi, jadi punya persediaan di rumah, bawanya banyak lagi" ujar Sakti, adik saya.

Bagi saya kedua anak ini begitu berharga, karena mereka adalah keluarga yang saya sayangi. Tidak mau dong mereka sakit terus, maka perlu sekali suplemen yang cocok dengan mereka, sehingga mereka bisa selalu sehat, kuat, dan semangat menjalani ibadah puasa. Dalam 1 botol Vermint, berisi 30 kapsul, dengan ijin edarnya dari DEPKES RI POM TR 023317301, dengan harga perbotol 50.000 rupiah.


Nah, di bulan ramadan yang penuh berkah ini, Vermint juga memiliki tips sehat selama puasa ramadan, seperti:
  1. Kuatkan niat dan doa memohon pertolongan Allah SWT.
  2. Agar tubuh mendapat asupan suplemen yang cukup, biasakan minum Vermint sebelum sahur, sesudah berbuka, dan menjelang tidur malam.
  3. Biasakan makan sahur 1 jam menjelang imsak.
  4. Konsumsi makanan dan minuman dengan protein, gizi dan nutrisi yang seimbang.
  5. Segarkan berbuka pada waktu maghrib, dengan makan murma atau makanan/minuman yang manis seperti madu.
  6. Berhentilah makan sebelum kenyang, lanjutkan makan setelah shalat taraweh.
  7. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet, pewarna, perasa, dan pemanis buatan.
  8. Utamakan mengkonsumsi produk berbahan alami.
Nah kalau sudah diingatkan begini, puasa pun akan semakin menyenangkan, lancar, dan sehat selalu ya. Dan Vermint ini juga selalu menemani saya saat berpuasa, sehingga aktivitas sebanyak apapun menjadi lebih menyenangkan dan tidak lemas sedikit pun. Vermint aman di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga tubuh tetap sehat, stamina prima dan kuat sepanjang hari di bulan ramadan.

Aktivitas sebanyak apapun bukan masalah lagi, karena saya selalu memperhatikan 4 hal saat sedang berpuasa, makan bergizi, hindari gula pasir, konsumsi air putih, dan minum suplemen Vermint saat buka dan sahur. Sehingga kegiatan esok harinya bisa saya jalani dengan baik, ibadah pun tetap lancar dan penuh dengan berkah. Amin. 

13 komentar:

  1. Baru dgr vitamin ini.. tp jd trtarik, soalnya aktivitasku jg lumayan padat mbak. Harus bgt jaga stamina.. apalagi srg traveling juga.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sekali mba membawa suplemen ini, aku juga jadi enakan kok, puasa pun menjadi lancar.

      Hapus
  2. Saya jarang minum vitamin, hanya asupan buah dan sayur saja yang diperbanyak :), tar deh nyobain vitamin ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayur dan buah memang sangat penting ya teh. Boleh teh ditambah asupan suplemen ini.

      Hapus
  3. pas aku drop sering minum iniii

    BalasHapus
  4. Dulu pas sakit tifus minum ini cepet pulihnya pasca sakit.

    BalasHapus
  5. Bener mba.. Terkadang kita lupa terhadap suplement.. Hanya mengandalkan asupan makan saja alakadarnya... Pas sakit baru biasanya inget utk konsumsi suplemen.. :)

    Padahal suplemen baik untuk menangkala radikal bebas seperti polusi di sekitar kita ..

    BalasHapus
  6. bisa buat anak-anak juga yah Mba Lis?
    cocok banget buat anak yang baru belajar berpuasa yah?

    BalasHapus
  7. itu dia mba.. puasa mah indentik banget dengan gula pasir dan makanan bersantan.. susah banget ngindari itu
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  8. Waah bafu tahu klo ternyata fungsi bukan cuma buat salit types aja nih.
    Tfs yaa

    BalasHapus
  9. Manfaatnya oke juga ya mba. Saya yang pasti mencoba menjaga asupan air putih selama puasa

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...