Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

Liswanti Pertiwi | Rabu, Juni 15, 2016 | | | |

Sebentar lagi libur segera tiba, tepatnya libur hari raya idul fitri. Semua keluarga pasti sudah melakukan berbagai agenda liburan yang menyenangkan.

"Nanti lebaran hari pertama kemana ya?"

Itulah yang biasanya setiap keluarga bicarakan, tapi biasanya kebanyakan dari mereka memilih silaturahmi dengan keluarga tercintanya terlebih dahulu. Begitu pun dengan saya sendiri, hari pertama lebaran selalu saya isi dengan silaturahmi ke rumah saudara, dan keluarga lainnya.

Sebenarnya neh tahun kemarin saya sudah di kirimkan tiket liburan ke Kediri oleh sahabat saya, terpaksa saya batalkan, karena rencana tahun kemarin harus segera mengkhitan anak kedua, yakni Dimas.

Kesempatan berkunjung ke Kediri sudah lama sekali saya inginkan, selain memiliki wisata yang belum pernah saya kunjungi, di Kediri ada sahabat yang sudah sangat lama tidak saya temui. Intan nama sahabat saya sempat bercerita, bahwa di Kediri banyak sekali tempat wisata, seperti:

Sumber Foto By https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelud
  • Gunung Kelud. Saya suka sekali dengan pemandangan alam yang indah. Dan Intan selalu menawarkan untuk bisa datang berkunjung ke Gunung Kelud yang merupakan Gunung Api yang paling aktif di Indonesia. Yang memiliki pemandangan cantik dan indah.
  • Gumul Paradise Island menjadi tempat yang bisa dikunjungi wisatawan bersama keluarga yang ingin berlibur ke Kediri. Di tempat ini ada banyak sekali wahana bermain dan hiburan dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. 
  • Kediri Waterpark yang memiliki papan luncur paling panjang di Indonesia, yang letaknya 15 km dari pusat kota Kediri. Ada berbagai wahana bermain yang beragam, salah satunya kolam renang dan kolam bermain yang seru.
  • Gua Selomangleng merupakan tempat yang digunakan oleh Dewi Kilisuci, putri dari Raja Erlangga untuk mengasingkan diri dan bertapa.
Selain tempat wisata di atas, masih banyak pariwisata lainnya, seperti Candi Surawana, Air terjun Dolo, hingga Monumen Simpang Lima Gumul. Di Kediri semuanya lengkap, dari wisata religi, wisata sejarah, wisata keluarga dan wisata kuliner. Saya sendiri ingin sekali mengunjungi Masjid Banjar Mlati, yang merupakan masjid tertua di Kota Kediri.

Kediri sendiri, merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. yang terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ke 3 di Jawa Timur. Bersumber dari Wikipedia, Kediri awal mulanya merupakan permukiman perkotaan dimulai ketika Airlangga memindahkan pusat pemerintahan kerjaannya dari Kahuripan ke Dahanapura, menurut Serat Calon Arang.

Sumber Foto By https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Kediri
Kediri sendiri pada masa Revolusi Kemerdekaan 1945-1949 menjadi salah satu titil rute gerilya Panglima Besar Jendral Sudirman. Untuk struktur wilayah kota Kediri terbelah menjadi 2 bagian oleh sungai Brantas, yaitu sebelah barat dan timur sungai. Sedangkan mayoritas penduduknya adalah suku Jawa, diikuti dengan Manado, Batak, Ambon, Madura, Sunda, hingga Tionghoa.

Masih banyak tempat yang selalu ingin saya kunjungi di Kediri. Mungkin untuk saat ini hanya berupa tulisan, semoga saja dalam waktu dekat saya bisa berkunjung ke kota ini dan berkumpul dengan sahabat yang sudah 6 tahun tidak pernah saya temui. Dan bisa menjadi sebuah liburan istimewa bersama keluarga tercinta.

Nah bicara soal liburan neh, saya ada sedikit tips dalam merencanakan liburan bersama keluarga, seperti:

1. Siapkan Dana

Dana menjadi prioritas yang utama, karena tanpa adanya dana, liburan yang sudah direncakan tidak akan terjadi. Dengan dana yang kita miliki, kita bisa mengunjungi banyak tempat. Usahakan mengumpulkan dana 6 bulan atau 3 bulan sebelum perjalanan. Apalagi liburan seperti saat ini, simpanlah dana THRatau bonus lainnya untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Dana yang kita miliki bisa kita bagi ke dalam beberapa pos, mulai dari dana tiket keluarga PP (pulang pergi), dana menginap, dana makan, dan dana mengunjungi tempat wisata, dan dana tidak terduga.

2. Gunakan dana sesuai rencana awal

Setelah kita memisahkan dana ke dalam beberapa pos, usahakan menggunakannya sesuai rencana awal, buat apa saja dana itu digunakan. Misalnya neh, saat kita ingin membeli tiket, usahakan dahulu untuk mengecek harga tiket pada hari itu. Sekarangkan semuanya serba canggih dan mudah, dengan hadirnya berbagai situs pencarian tiket pesawat dan hotel, salah satunya Traveloka.


Traveloka merupakan salah satu situs pencarian tiket pesawat dan hotel terkemuka di Asia Tenggara, melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik. Nah, kalau kita sudah mendapatkan harga yang di cari dan sesuai budget, barulah kita pesan. Dengan begitu, dana yang disiapkan semuanya sesuai. Oh ya, kalau misalkan pengen liburan pengen hemat seh, mending di rumah saudara hehe. Seperti halnya saya yang ingin pergi ke Kediri, teman akan menyiapkan kamar untuk saya dan keluarga menginap di Kediri.

3. Cari rekomendasi sebelum berangkat

Nah, saat ingin melakukan liburan bersama keluarga bersama keluarga ke tempat yang belum kita singgahi, usahakan untuk mencari lebih banyak referensi, seperti tempat wisata, tempat nongkrong yang asyik, hotel yang nyaman, hingga kuliner yang enak. Ini bisa menghemat anggaran dan menghemat waktu, sehingga banyak tempat yang bisa dikunjungi.

4. Tahan godaan, supaya rencana liburan tidak berantakan

Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan bersama keluarga, usahakan selama proses menabung, kita bisa menahan godaan dalam membeli sesuatu. Begitupun saat sedang liburan, untuk menggunakan dana sesuai budget. Dan apabila ingin membeli sesuatu seperti oleh-oleh, bisa menggunakan dana tidak terduga. Dengan begitu dana bisa digunakan sehemat mungkin.

Itulah tips dari saya, yang memang biasanya saya gunakan bersama keluarga. Supaya keuangan yang dimiliki bisa termanaje dengan sebaik mungkin, untuk mendapatkan liburan bersama keluarga dengan lebih menyenangkan.





Sumber penulisan tentang Kediri:
  • Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Kediri
  • Aneka tempat wisata: http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-kediri-yang-wajib-dikunjungi/

15 komentar:

  1. kediri itu kota kelahiranku mbak...
    tapi saya besar di madiun...
    kotanya kecil, tenang dan menyenangkan
    kalo jadi ke sana, coba ngicipi nasi pecel tumpang pasar pahing.... dijamin ketagihan deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba saya pengen banget ke Kediri neh mba

      Hapus
  2. libur telah tiba mbk, jadi baper bacanya karena lebaran gak pulang :(

    BalasHapus
  3. sblm puasa kemarin main2 kesini nih, kediri,
    tengkiu tipsnya ya mbk lis, pakek traveloka yak, sip, traveloka emang oke punyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik dong mba, jadi tambah mupeng neh.

      Sama-sama mba

      Hapus
  4. dulu lagi masih ada anak-anak mudah deh merencanakan libur, tapi setelah semua merantau, nyocokin tanggal itu susah apalagi sekaarng yang besar sudah bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali mba, kalau anak-anak sudah besar, susah merencanakan liburan. Mumpung anak masih kecil, saya harus bisa neh

      Hapus
  5. yang berat adalah tahan godaan ngabisin uang bekal liburan sebelom berangkat ya, Mak. pasti ada aja kebutuhannya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, soalnya merencanakan apapun, kalau tidak tahan godaan, pasti susah deh.

      Hapus
  6. Enaknya liburan itu ada yang biayayai ya ceu Lis, kalo bayar sendiri wisata dalam kota aja gak cukup 300-400rebu hehehe

    BalasHapus
  7. Oh kediri juga ada hotel yaaa hahaha

    BalasHapus
  8. saya kira tahan godaan dari apa ternyata tahan godaan untuk membel sesuatu yang mampu memperkecil dana untuk liburan ya :D

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...