4 Cara Merayakan Ulang Tahun Anak Dengan Dana Minim

Liswanti Pertiwi | Kamis, Agustus 18, 2016 | | | |

Sebentar lagi Dimas akan menginjak usia 4 tahun, dan kakaknya Chantika 6 Tahun. Di usianya yang semakin bertambah banyak hal yang sudah dia sukai dan pelajari. Karena Dimas sering melihat Ayahnya bekerja dengan alat teknik pesawat. Dimas menjadi senang dengan pesawat, kereta api, dan peralatan teknik kendaraan. Sungguh senang melihat perkembangan Dimas seperti saat ini.

Begitupun dengan kakaknya Chantika yang saat ini sudah mulai sekolah. Melihat perkembangan dia, banyak hal yang membuat anak berubah. Dari belajar bertanggung jawab, rajin mengaji, belajar shalat, hingga membantu neneknya membersihkan rumah.

Di hari ulang tahun anak yang sebentar lagi, tentu saja saya ingin melakukan hal yang istimewa, tapi berbeda. Chantika sempat minta pesta ulang tahun bersama teman-teman sekolahnya. Tapi untuk tahun ini saya memilih tidak menuruti keinginannya. Bukan pelit atau perhitungan, tapi memang saya tidak menganggarkannya. Dana yang saya siapkan untuk ulang tahun kedua anak sangat minim, karena saya lebih memilih menyiapkan dana untuk masa depannya, daripada pesta ulang tahun.

Terus, dengan dana minim, bisakah merayakan ulang tahun dengan suatu yang berbeda? Tentu bisa saja. Dan ini 4 cara rayakan ulang tahun anak dengan dana minim, seperti:

  • Membawa anak berpetualang ke alam terbuka

Rencananya neh ulang tahun anak-anak nanti saya memilih untuk mencari 1 hari untuk membawa anak-anak ke alam terbuka, seperti gunung. Tapi, karena anak-anak belum bisa dibawa mendaki, jadi saya mau bawa kemping saja. Apalagi dana yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Sekalian mengajarkan anak sebelum masuk Pramuka nantinya.

  • Ajak anak ke Kebun Binatang dan taman bunga

Kalau misalkan ga kemping, paling saya mau bawa anak ke kebun binatang dan taman bunga. Kebetulan anak juga belum pernah saya bawa melihat binatang-binatang. Kan ini bisa sekalian memberikan pengetahuan kepada anak-anak, bisa mengenal beberapa jenis binatang dan bunga. Apalagi Dimas dan Chantika suka sekali melihat binatang, terutama kucing, burung, ikan hingga kambing. Apalagi kalau melihat bunga yang indah, Chantika sangat suka. Tiket masuk ke kebun binatang dan taman bunga pun ga terlalu mahal kok, jadi amankan. 

  • Ajak anak berkunjung ke tempat bersejarah

Merayakan ulang tahun sambil jalan-jalan sangat disenangi anak-anak. Apalagi Dimas dan Chantika sangat antusias masuk ke tempat yang baru. Saya ingin mengajarkan anak banyak hal, termasuk dengan sejarah nenek moyangnya. Selain kedua hal di atas, bisa juga mengajak anak-anak untuk mengunjungi tempat bersejarah, baik itu museum, candi-candi, tempat ibadah bersejarah dan lainnya. Intinya anak-anak punya pengetahuan baru yang menyenangkan, dan bisa bermanfaat untuk kedepannya. Apalagi dengan sejarah bangsa sendiri.

  • Miao Mi Birthday Stars
Nah satu lagi neh, supaya ulang tahun anak terasa istimewa. Bisa dengan menjadikan anak bintang di hari kelahirannya. Anak bisa berkesempatan untuk  menjadi "Miao Mi Birthday Stars", yang mengajak para ayah dan bunda untuk memberikan hadiah yang menyenangkan di hari ulang tahun putra putri kesayangan. Dengan menampilkan foto anak di saluran Mandarin anak terbaru, Miao Mi.

Caranya pun cukup mudah loh, upload saja foto anak yang paling lucu dan manis berusia di bawah 12 tahun di website Miao Mi http://www.maiomi-tv.com/birthday. Yang perlu jadi catatan neh, usahakan untuk mengirimkan foto anak satu bulan sebelum ulang tahunnya dengan format JPEG dengan ukuran minimum 2MB. Miao Mi Birthday Star akan menayangkan foto anak-anak yang secara perdana di bulan September 2016 di saluran Miao Mi. Jadi, bagi anak yang berulang tahun pada bulan september dan ingin menjadi Miao Mi September Birthday Stars, segera saja kirimkan foto anak yang paling menggemaskan mulai dari Agustus ini.


Yang paling asyik neh, semua ini gratis loh, jadi sudah jelas hematkan? Sudah pasti hemat, anak pun bisa menjadi bintang yang paling istimewa di hari kelahirannya. Saluran Miao Mi dapat disaksikan di Indovision (Ch. 38), Okevision (Ch. 66), dan menjadi saluran hiburan mandarin mendidik yang didedikasikan untuk anak-anak usia 3 sampai 6 tahun di kawasan Asia dan sekitarnya.


Hem, sepertinya dana yang saya miliki bisa untuk membahagiakan anak-anak di hari kelahirannya neh, dengan berbagai cara di atas. Biarpun tidak melakukan pesta ulang tahun atau melakukan potong tumpeng, saya masih bisa melakukan banyak hal untuk membahagiakan anak-anak. Karena mereka adalah permata hati yang paling berharga.

Dana minim bukan masalah lagi untuk membuat hari kelahiran terasa lebih istimewa dan berkesan. Karena ada banyak cara untuk menjadikan anak-anak tetap merasakan kebahagiaan di hari ulang tahunnya. Yang paling penting itu adalah doa dari orang tuanya, supaya anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik, mendapatkan kasih sayang yang penuh, cerdas, pintar, sehat, selamat, soleh serta solehah, dan bahagia selalu.  

37 komentar:

  1. wah miaomi channel kesukaan anak2 nih. makasih ya mbak infonya

    BalasHapus
  2. aku paling sering yang nomor satu tuh mbaaa...pokoknya jalan dan bertualang di berbagai tempat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget dong mba Indah, ajak aku dong berpetualang hehe

      Hapus
  3. Setuju mbak Lis, merayakan ultah anak nggak harus dengan pesta. Kalau saya mungkin akan mengajak ke alam terbuka atau museum supaya anak sekalian belajar tentang sejarah dan pengetahuan lain.

    Apalagi menampilkan foto anak di saluran mandarin anak terbaru Miao Mi, pasti itu hadiah terindah dan anak pasti senang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mb karena bisa mengedukasi ya. Ayo dong mba ikutan miao mi.

      Hapus
  4. Sebentar lagi Rara juga ultah nih..pas banget akhir bulan dimana kantong lagi kempes2nya..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cocok neh, yuk ah mba, lakukan 4 cara di atas. Apalagi Miao Mi

      Hapus
  5. Boleh juga nih di coba cara nya buat nanti pas ulang tahun adik :) mau ajak dia ke kebun binatang ah kan bisa merayakan sambil menambah pengetahuan nya tentang binatang :)

    BalasHapus
  6. Jarak umurnya sama kayak anak saya mbak, 2 tahun. Setiap Ibu pasti ingin memberi hadiah terbaik bagi anak yaaa. Tak harus pesta, yang penting kebersamaan bersama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh tos dulu mba Prima. Benar sekali, yang penting kebersamaan dengan keluarga.

      Hapus
  7. 4 Cara yang mbak ceritakan malah lebih dari merayakan ultah kok mbak, bagus malah buat anak-anak, jadi ada pelajaran juga bukan hanya nyanyi dan pootong kue. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap terima kasih mba. Karena saya sendiri memang ga ingin ada pesta-pesta potong kue hehe.

      Hapus
  8. aku gakpernah mestain ultah anak-anak , paling makan di resto, setelah anak SMP kasih duit buat mereka traktir teman dekat mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah cuma beli kue aja mba, kumpul ama keluarga hehe. Tapi tahun ini mending pake 4 cara di atas hehe

      Hapus
  9. betul Mba Lis, yang paling penting itu doa yah :)

    BalasHapus
  10. kudu langganan dulu berarti :p atuh lah saya belum pernah ngerayain ultahnya anak *mama pelit hehe, paing diajak main aja kemana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa mba, ajak ke gunung aja mba, biar anaknya suka berpetualang juga mba

      Hapus
  11. Saluran Miao Mi ya, waah... boleh juga neh, saya baru tahu. Makasih ya, Mbak, info asyik neh :)

    BalasHapus
  12. wah penting nih buat aku, secara sini kan #mamahemat, hihihi..

    BalasHapus
  13. yah..gak perlu pesta-pesta mba...dibeliinkado n jalan-jala anak juga senang kok.., melatih juga buat hiduplebih sederhana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, supaya anak tidak selalu manja

      Hapus
  14. Nggak pernah ngerayain ultah anak paakai undang temen dan kue.Baru sekali aja selama sepuluh tahun umur anakku.Biasanya sih cuma ajak jalan-jalan aja.

    BalasHapus
  15. Waaah,pas bangeet Anakku bulan depan ultah
    Nice idenya maaak

    BalasHapus
  16. yaaaah, Raissa udah lewat ultahnya 19 agustus kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa mba, buat taun depannya lagi hehe

      Hapus
  17. setuju mbak, jjs ke ragunan juga udah bikin anak anak seneng

    BalasHapus
  18. Salam kenal mba. Aku pernah kasih surprise bangunin anak pas tengah Malam hiiiihi mamak iseng. Minggu ini ultah yg ke tiga. Kayanya mau yg nomor 1 aja :)

    BalasHapus
  19. Kalau saya mah syukuran saja mbak dan dengan ngajak makan sederhana saja dan mengajarkan kesederhanaan saja.

    BalasHapus
  20. idenya boleh juga nih, yang penting kreatifitas dan pengetahuan anak jadi bertambah

    BalasHapus
  21. cara-caranya bisa dicoba kalo besok aku udah punya anak :D
    sekarang nyari jodoh aja dulu lah :p

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...