Tips Bijak Menggunakan Uang Selama Harbolnas

by - Jumat, November 11, 2016


[Keuangan] Menjadi Ibu rumah tangga itu godaannya banyak sekali. Apalagi kalau sudah kumpul dengan masyarakat sekitar ada saja yang diobrolin, mulai dari anak, hingga masakan. Yang suka menggoda seh, kalau sudah ada yang jualan pas lagi enak-enak ngumpul di sore hari. Entah itu jualan daster, kosmetik, hingga makanan. Saya biasanya tergoda dengan daster, maklum emak-emak yang sehari-hari dasteran kalau lagi di rumah.

Untungnya neh godaan selalu bisa terkontrol dengan baik, karena saya selalu ingin kebutuhan anak yang paling utama bisa terpenuhi terlebih dahulu. Soal daster nunggu gratisan saja dari bos pakaian yang biasa saya kerjakan keuangannya hehe. Atau bisa juga menggunakan voucher belanja di e-commerce yang baru saya dapatkan, lumayankan irit uang belanja? Yup, bukan irit lagi, apalagi kalau bisa ikutan Harbolnas. Pertanyaan pun muncul, apa itu Harbolnas? 

Harbolnas itu kependekkan dari Hari Belanja Online Nasional, yang sudah berlangsung di Indonesia dari tahun 2012, tepatnya 12-12-2012. Harbolnas menjadi moment setahun sekali bagi para onlineshopper, dengan mendapatkan diskon besar-besaran. Akan ada banyak promo Harbolnas 2016 dari berbagai e-commerce yang mengadakan program belanja online yang murah dengan beragam diskon besar, hingga berbagai promo menarik.

Ilustrasi keuangan
Karena saat harbolnas banyak sekali promo dan diskon yang menarik, kita perlu bijak menggunakan uang. Selain kebutuhan lain masih panjang, kita harus bisa mengontrol diri dari brbagai pengeluargan yang tidak penting. Sehingga, keuangan bisa dikendalikan dan bermanfaat untuk kebutuhan utama atau masa depan anak-anak. Ada beberapa tips bijak menggunakan uang selama Harbolnas, seperti:
  • Siapkan dana khusus yang akan dibelanjakan selama harbolnas, jangan sampai uang belanja harian kepake.
  • Buat list barang apa saja yang akan di beli nantinya.
  • Perbanyak referensi e-commerce atau toko online yang ikut serta meramaikan harbolnas. Mulai pintar-pintar deh membandingkan harga, dari toko yang satu dan lainnya.
  • Hindari membeli berbagai produk atau barang yang jarang digunakan. Karena murah beli begitu saja, tai akhirnya tidak terpakai. Kan sayang banget bisa mubazir.
  • Beli barang yang sesuai kebutuhan, misal ingin ganti gadget, beli baju baru untuk keluarga, atau membeli barang elektronik lainnya untuk kebutuhan rumah.
  • Hindari belanja berlebihan, supaya tidak melebihi budget. Harus bisa menahan dan mengontrol diri, supaya tidak boros membelanjakan uang dalam rangka harbolnas.

Itulah 6 tips dari saya, supaya bisa selalu bijak menggunakan uang selama harbolnas. Dan semua itu kembali ke diri masing-masing, apakah bisa mengontrol diri dalam menggunakan uang atau tidak? Kalau memang punya dana lebih dan tidak ada keperluan lain kedepannya, bisa puas-puasin deh belanja di hari belanja online nasional. 

Nah, untuk pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan, bisa loh membeli berbagai seserahan pas harbolnas. Bahkan ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam menghemat dana pernikahan. Karena pasti banyak juga produk berkualitas di berbagai e-commerce yang akan promo atau bahkan diskon besar-besaran. Bisa itu pakaian, kosmetik, dan kebutuhan lainnya.

Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk meramaikan harbolnas, dan jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakan uang. Pilihlah barang yang memang sangat dibutuhkan. Supaya kedepannya dana bisa digunaka hal lainnya, termasuk berinvestasi. Sehingga keuntungan akan selalu didapatkan dengan berlipat ganda. Pengeluaran terkendali, pemasukkan tetap berjalan lancar.

Pertanyaan lagi, terus kamu sendiri gimana, mau beli apa di harbolnas besok? Kalau boleh saya jawab, saya mau beli kado lahiran dan nikahan buat sepupu.  


You May Also Like

21 komentar

  1. Gimana caranya ikutan Harbolnas mba :D mau dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kunjungi berbagai e-commerce mba, salah satunya elevenia.

      Hapus
  2. Nggak ngerti kenapa, keadaan saya ketika Harbolnas sama kayak tahun lalu. Tabungan lagi kosong :'D Jadi nggak bisa ikutan belanja-belanja xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ga apa mba, semoga akhir tahun nanti bisa ikutan.

      Hapus
  3. Lihatnya jadi pengen belanja pas harbolnas mbaaaa. Hiihii

    BalasHapus
  4. Yaah.. bener komentar pertama ga masuk.. ya sudah jadi balik deui weh. Hahha

    Lis.. saya untungnya bukan tukang belanja, jadi ga ngaruh sama harbolnas.. apalagi belanja onlen.. duh sayamah apa atuh cuma bs belanja sayur hungkul ka warung eta ge.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kagak ada teteh hehe.

      Bagus itu teh, uang jadi lebih hemat atuh.

      Hapus
  5. untungnya aku gak suak beli onlien kalau amu beli selalu minta tolong anakku, dan itu juga jarang

    BalasHapus
  6. wah harbolnas bisa jadi berbahaya juga yah untuk perencanaan keuangan pribadi hehe.
    oh iya mbak kalau kebetulan lagi cari tips fotografi mampir dong ke blog saya hehe
    gariswarnafoto[dot]com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga mas, kalau belanja berlebihan hehe.

      Sip saya BW balik ya

      Hapus
  7. aku cuma berharap vendor2nya jujur, ga kayak thn lalu ada ketahuan yg ga jujur... markup harga gila2an, trs di diskon, pura2nya udh diskon 99%.. masa popok bayi bisa seharga puluhan juta, trs pura2 diskon jd 80 rb.. yaelaahhh emh segitukan hrg popok.. paling sebel nih nemu vendor yg begini.. sampe2 providernya, lazada ama mataharimall aku blacklist dan ga prnh mau lg belanja di sana .. vendor2nya ga disaring berarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba. Jadi memang harus pintar memilih ya mba.

      Hapus
  8. emang ya ibu-ibu itu godaannya diskon, suka kalap kalau lihat yang murah, padahal belum tentu dipake juga barangnya, harus bisa tahan godaan

    BalasHapus
  9. setiap Harbolnas aku tutp mata, karena setiap harbolnas isi dompet aku kering :D Tapi salah akunya juga sih gak mempersiapkannya, seperti poin pertama. Menyiapkan dana khusus. Tapi jujur aja promo dan diskonnya itu loh menggiurkan, bisa kalap. So thank you buat tipsnya mba... ini bisa diterapin gak hanya pas harbolnas, tapi juga belanja bulanan. Hehe.

    BalasHapus
  10. He..he..he... yang namanya emak-emak kalau sudah lihat discount hemm...uang segunung pun bakalan habis dalam sekejab, kecuali punya semangat mengendalikan diri untuk membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan. Want vs Need... :)

    BalasHapus
  11. harbolnas tahun kemarin kebagian powerbank. tahun ini? hm entahlah xD pengen beli make up hahah

    salam kenal
    http://helluvabutlr.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  12. Email yg masuk ada dari Lazada Zalora deh rasanya, tapi saya ga sempet ceki2 😀

    BalasHapus
  13. Bener-bener mantap ni judul artikel
    Harbolnas

    saya smpe pusing mikirin kepanjangannya. Harbolnas,,,saya inget ni,,Harbolnas

    bahan referensi untuk wasiat-wasiat kepada teman-teman yang suka lupa daratan kalo belanja online

    BalasHapus
  14. Namanya juga emak-emak paling gak bisa lihat diskonan. Untungnya saya masih bisa rasional dikit gak langsung terpikat dengan diskon. Soalnya banyak kan yang ngasih diskon gede tapi setelah dihitung-hitung ealah emang harga barang itu segitu....

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.