Cantik Dan Segar Selama Hamil Bersama Amara Skin & Aesthetic Center

by - Senin, Januari 30, 2017


[Reportase] Selama hamil tentu kita ingin selalu terlihat cantik dan segar. Di masa kehamilan banyak sekali perubahannya, bahkan tidak semua sama gejalanya. Saya sendiri pernah mengalami sakit gusi, infeksi di tenggorokan, demam tinggi, hingga muntah yang tidak berhenti sampai usia kandungan 7 bulan. Tapi, sekali lagi semua perempuan itu berbeda. Kehamilan juga menyebabkan perubahan dalam tubuh, terutam dibagian kulit. Ada yang mengalami perubahan warna kulit, berjerawat, stretch mark, hingga kulit menjadi sensitif.

Selain masaah kulit, saat hamil seringkali adalah masalah gigi dan mulut. Saya masih ingat ketika hamil, bersentuhan dengan pasta gigi aja muntah. Gigi sebentar sudah berdarah. Duuh rasanya ga enak banget, dan akhirnya terjadi infeksi yang membuat saya harus mengalami rawat inap selama satu minggu lamanya. Demi keselamatan dan kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Tadi pagi (30/01) saya jadi punya pengetahuan baru lagi neh tentang kesehatan selama hamil. Saya hadir dalam press confrence grand launching Amara Skin & Aesthetic Center, yang bertempat di RSU Bunda Jakarta. Hadir dalam acara ini dr. Didid Winnetouw selaku Kepala RSU Bunda Jakarta yang hari itu juga memberikan sambutannya. Kemudian ada dr. Rachel Djuanda, SpKK dan drg. Mira Madjid MPH, SpPerio dari Amara Skin & Aesthetic Center.


Menurut dr. Rachel ibu hamil seharusnya dapat selalu tampil cantik dan segar, namun pada kenyatannya, banyak sekali ibu hamil yang merasa kecantikannya mulai memudar saat hamil. Dan masalah kulit seperti stretch marks bisa dilakukan pencegahan selama kehamilan. Banyak sekali mitos yang berkembang di masayarakat, bahwa ibu hamil tidak boleh pake krim ini dan itu. Padahal, sekarang banyak sekali krim perawatan yang aman untuk ibu hamil. Nah, kalau ingin melakukan perawatan, kan bisa mendatangi atau konsultasi kepada dokter ahli.

Ibu hami juga serig sekali mengalami bercak-bercak kulit yang lebih gelap karena hiperpigmentasi, ini disebabkan perubahan hormonal. Sehingga memicu peningkatan produksi melanin di kulit. Biasanya salah satu gangguan pada kulit yang sering dikeluhkan, terutama yang massuk trimester ketiga adalah wajah bengkak, terutama hidung. Dan masalah-masalah kulit ini bisa disiasati dengan mengubah rutinitas perawatan kulit, supaya selama hamil tetap cantik dan segar.

Selain kulit, kesehatan gigi dan mulut juga penting diperhatikan. Menurrut drg. Mira, selama kehamilan serigkali calon ibu mengalami keluhan pada gigi dan mulut. Dan jika masalah sudah terjadi sebelum hamil, maka akan diperparah saat hamil. Masalah yang sering dijumpai pada ibu hamil adalah pembengkakan gusi maupun pendarahan pada gusi. Hal ini terjadi, karena pelunakan dari jaringan daerah gusi akibat peningkatan hormon, yang terkadang timbul benjolan-benjolan berwarna kemerahan pada gusi, sehingga gusi mulai berdarah.


Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara kelahiran prematur, berat badan yang rendah pada bayi baru lahir dan gingivitis. Karena bakteria yang berlebihan dapat masuk ke aliran darah melalui gusi dan dapat masuk ke uterus. Ini memicu produksi prostaglandins, sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur. Adalah beberapa langkah pencegahan gingivitis, yakni:
  • Gingivitis dapat dicegah dengan cara menjaga gigi selalu bersih terutama area tepi gusi.
  • Sikat gigi dua kali sehari dan setiap habis makan jika bisa. Sikat gigi menggunakan sikat dengan bulu lembut dan ujung kepala sikat yang kecil.
  • Gunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan sela-sela gigi, area disekitar mahkota tiruan, bridge, dan gigi-gigi dengan titik kontak yang renggang.
  • Nutrisi yang baik akan membuat gusi dan rongga mulut menjadia sehat dan kuat. Asupan vitamin C dan B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi.
  • Pembersihan secara teratur di dokter gigi sangat penting untuk mengontrol plak dan mencegah terjadinya gingivitis.
Ternyata neh, ibu hamil juga mempunyai risiko mengidap tumor pada gusi, keadaan ini disebabkan adalah jumlah plak yang banyak dan tidak dibersihkan. Pada keadaan normal, area sekitar tumor akan dibersihkan, dan tumor akan mengecil dengan sendirinya saat bayi lahir. Maka perawatan gigi yang aman selama hamil adalaha melakukan pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi selama kehamilan. Namun prosedur noon emergency  dapat dilakukan selaa trimester kedua. Kasus emergency yang menyebabkan sakit dapat dilakukan selama kehamilan dengan persetujuan dan pengawasan dari dr spesialis obgyn.

Kehadiran Klinik Amara Skin & Aesthetic Center


Sudah pasti dong ya selama kehamilan ingin tetap cantik dan segar yang menjadi idaman setiap perempuan. Terutama merawat kulit dan gigi supaya tetap sehat. Kini, telah hadir Amara Skin & Aesthetic Center di RSU Bunda Jakarta. Di tempat ini ada berbagai fasilitas yang bisa membuat perempuan ataupun ibu hamil yang ingin melakukan perawatan bisa lebih cantik dan sehat. Amara Skin & Aesthetic Center akan ditangani dokter speialis kulit dan kelamin, dokter spesialis bedah plastik, dan dokter gigi, yang saling mendukung dan bekerjasama untuk menampilkan kecantikan yang paripurna.

Semua pelayanan yang ada di klinik ini bersifat individual, artinya perawatan didesain khusus untuk setiap orang, karena setiap individu itu adalah unik. Untuk kulit pelayanan yang tersedia mulai dari peremajaan kulit. Dimana kulit wajah yang sudah kendur dan berkerut akan dilakukan facial peels, laser & radiofrequency tightening devices, Botox hingga SVF Treatment. Ada juga pencerahan kulit, minor surgery, Aesthetic Surgery, masalah jerawat, hingga penyakit kulit dan kelamin lainnya.


Sedangkan untuk pelayanan dental, ada pemayanan umum (perawatan stomatic, dental health education, hingga space maintainer), conservative dentistry (menghilangkan rasa ngilu pada gigi, penambalan gigi dan bleaching gigi), endodontics, orthodontics, periodontics, prosthodontics, oral and maxillofascial surgery.

Jadi, cantik dan segar selama hamil atau ingin melakukan perawatan setelah melahirkan juga bukan impian lagi ya. Daripada jauh-jauh ke luar negeri, perawatan kulit dan gigi bisa dilakukan di Amara Skin & Aesthetic Center yang ada di RSU Bunda Jakarta.

You May Also Like

12 komentar

  1. Iya sekarang banyak ya perawatan yang aman buat ibu hamil agar selalu cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, banyak banget sekarang ya

      Hapus
  2. Meskipun jauh dari kata hamil (istri saya di masa depan maksudnya). tapi tulisan ini membuka pengetahuan baru, biar saya nanti bisa lebih mengerti dengan sang istri ketika hamil. Tapi Mbak lis selain penyakit gigi dan tumor gusi yang sudah disebutkan, apakah emosi orang yang hamil itu sering turun naik gitu ya mbak nggak menentu ?? heheh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istri lagi hamil memang harus sselalu diperhatikan anjar, karena memang sensitif banget. Emosi juga memang naik turun, saya sudah merasakan banget kok ketika hamil, apalagi cape sedikit. Tapi, memang suka beda-beda, antara perempuan hamil yang satu dan lainnya.

      Hapus
  3. Di Semarang gak ada yaa mbak... Kulitku gak karuan nih selama hamil

    BalasHapus
  4. RSU Bunda Jakarta ma RS Bunda yg di Depok msh satu perusahaan gk ya? BTw ini ada di Depok jg tdk mbak? hehe TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya yang ini adanya di menteng mba, kalau di Depok saya belum tahu.

      Hapus
  5. Space maintainer itu apa?

    *nyengir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Space Maintainer kata orang sana alat penahan gigi susu mba

      Hapus
  6. Duh, itu yang masalah Gigi udah saya rasain nih mba.
    Dan untuk dandan saya ngga berani, takut ana ini unu yang katanya takut bahaya buat si janin.

    Kalau gini kan jadi punya solusi, TFS ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah pernah mengalaminnya juga ya mba.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.