Kuliner Malam Dengan Semangkuk Bakso Jempol

by - Rabu, Februari 08, 2017


[Wisata Indonesia] Percaya tidak kalau hidup saya terasa hampa tanpa bakso dan cendol? Isssh, terlalu lebay ☺☺. Gimana ga lebay, kalau bakso itu adalah jajanan favorit saya sejak dulu, bahkan sejak masih SD. Mie ayam, mie bakso menjadi jajanan ekonomis yang mudah ditemukan dimanapun dan kapan saja. Saat berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, salah satu makanan yang selalu saya cari adalah "Bakso".

Semenjak memutuskan diet *cie..cie* saya terpaksa mengurangi jatah makan bakso. Yang tadinnya seminggu 3 kali, menjadi 2 minggu sekali. Kebayang tidak tuh gimana tersiksanya saya? SAKIT *ah lebay*. Bakso memang enak dinikmati kapan saja, mau itu saat cuaca hujan ataupun panas. Mau itu sore ataupun malam. Kecuali pagi ya, saya hindari banget makan bakso pagi-pagi.


Saat tinggal di Garut, saya pasti mencari bakso langganan, salah satunya M.Imu seperti foto di atas, atau di Mulangsari. Nah kalau di Jakarta gimana? Jujur neh, saat baru tinggal di Jakarta, saya sebagai penikmat bakso, belum menemukan mie bakso yang cocok di lidah. Tapi beberapa tahun terakhir ini, setelah coba kesana kemari, bisa juga menemukan tempat nongkrong yang pas buat menikmati semangkuk mie bakso. Yakni Bakso Jempol yang berada di kawasan jl. Pancawarga 1, tepat sebelah SD Putra Kalimalang. 


Posisi tepatnya sendiri ada di parkiran dekat perumahan warga. Kalau yang suka jalan ke arah Bekasi, Kranji lewat Kalimalang, tinggal belok aja ke arah pasar Ciplak. Bakso Jempol ini hanya buka dari sore sampai malam, dengan harga seporsi baso 12.000 rupiah saja. Sedikit tips neh, kalau pengen coba semangkuk mie bakso jempol, usahakan datang jam sehabis Magrib, karena kalau jam 9 atau setengah 10 pasti sudah habis. Apalagi kalau habis hujan dan pas puasa, beeuh rame banget.

Kuliner malam dengan semangkuk bakso jempol saya lakukan beberapa waktu lalu, kebetulan sudah 2 minggu juga ga makan bakso. Pa suami ngajak saya makan baso sehabis shalat magrib, kita bertiga cuss deh ke Bakso Jempol. Karena deket banget dari rumah, ga sampe 10 menit sudah sampai. Disana sudah rame banget, dan sempat bingung mau duduk dimana. Soalnya kalau dibawa ke rumah kurang nendang hehehe, maksudnya keburu dingin. Jadi lebih enak makan di tempat.


Untuk rasa baksonya enak, bumbunya juga pas. Bakso urat ini memang favorit banget deh. Bakso jempol ini jualannya di gerobak, dengan tenda untuk tempat duduk para pelanggan. Untuk pilihan minuman, ada yang jual es teh, dan es sinar Garut dengan macam-macam pilihan. Seperti es kelapa, es jeruk, es campur dan lainnya.

Kuliner saat malam di daerah Kalimalang memang selalu bikin menyenangkan, apalagi kalau itu adalah mie bakso favorit saya dan keluarga. Kalau boleh jujur neh, saat anak jajan bakso jempol bisa nambah 2 kali, karena memang rasanya enak. Apalagi Dimas sudah hapal mana bakso yang enak dan tidak, sekalinya di bawa ketempat lain, dia hanya cicip satu atau dua bakso kecil.

Penasaran dengan bakso jempol ini? Yuk ah kapan kita janjian bareng buat kulineran bakso ☺☺☺☺. Ada rekomendasi lagi, dimana bakso yang enak di Jakarta?

You May Also Like

42 komentar

  1. Wah prasaan templatenya gsnti apa teh
    Manteb banget ngebaso pas hari hujannn, huhu #team sambel banyakin ke basonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya baru ganti neh, belum nyampe sebulan mba hehehe

      Hapus
  2. brrr pas bgt lagi hujan nih di Bojong Gede, aku juga paling suka makan bakso.
    Hebat juga ya cepet habis dagangannya, pasti bener2 pas dgn selera lidah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini cepet banget jualannya, makanya harus dateng cepet.

      Hapus
  3. jadi ingat waktu hamil anak saya, tengah malam keliling cari bakso karena kepengen banget makan bakso, untunglah saat itu masih ada warung bakso yang buka, hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah kok sama, dulu juga saya begitu tuh, ngidamnya bakso mulu.

      Hapus
  4. Bakso emang selalu jadi favorit. :P

    BalasHapus
  5. Pasti enak makan bakso sama es cendol.

    BalasHapus
  6. Ahh... jadi pingin, lihat baksonya.

    BalasHapus
  7. Makanan bakso ini emang gak ada matinya ya, semua orang doyan. Tapi hamil kali ini lg gak bersemangat makan bakso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kenapa mba? Biasanya gidam selalu beda-beda ya.

      Hapus
  8. Pas banget, lagi mendung dan laper baca postingan ini #cleguk

    BalasHapus
  9. Saya pecinta bakso lho..... Tiap ada warung bakso yang enak pasti pengen mampir..... Ayo kita janjian

    BalasHapus
  10. Samaaa...hidupku hampa tanpa bakso...wkwkwk.

    BalasHapus
  11. sore sore bikin ngiler liat baso

    BalasHapus
  12. Bakso juga favoritku, kapan-kapan pengen mampir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget mampir, apalagi kalau baksonya makan favorit juga.

      Hapus
  13. Bakso enak menurut saya ada di jl pemuda rawamangun di belakang lapangan sepeda. Namanya bakso obe. Saya kyknya prnh review warung bakso pinggir jalan itu di blog saya

    BalasHapus
  14. Ya ampun baksoooo
    Moga cita2 Kita bisa terkabul ya punya Kedai bakso yang kekinian

    BalasHapus
  15. wow, bakso favorit saya juga tuh
    apalagi waktu ke malang kemaren, yang dicari ya bakso terus :)

    btw, rekomendasi kalo maen ke jalang sabang ada tuh bakso yang enak banget, lebih enak dari lapangan tembak senayan. ngantri ful kalo mau beli agak riweuh, tapi dagingnya empuk + ada keju

    *pagi2 baca ginian, kacau deh bikin laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jalan sabang yang pinggir jalan bukan? Sepertinya saya sudah pernah coba juga. Tapi lupa hehehe.

      Hayuu ngabakso kapan neh?

      Hapus
  16. Aaaaah mau bakso nyaaaa, setiap ada bakso bawaannya ngileeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, hayu atuh teh kapan ngebaso bareng

      Hapus
  17. wahhh bakso nikmat banget pas musimnya nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget apalagi kalau habis hujan.

      Hapus
  18. Hai Mbk, rasanya ngiler nih ngelihat bakso jempol ini. Apalagi di sini hujan deras, ikutan laper nih mau yang hangat-hangat kayak bakso :)

    BalasHapus
  19. foto baksonya deket banget berasa tinggal ngambil daril ayar..haha

    BalasHapus
  20. Bakso dinikmati malam2 apalagi pas hujan, huwaaa enaaakk :D

    BalasHapus
  21. kalo sy yang penting bakso n halal haha... bikin sendiri ato beli sama lahapnya (meski jelas gak sama enakx he...), kdg temen blg sy kyk org ngidam sj mb, org maunya makan apaaa sy ttp stia nanyain bakso huehe...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.