Nutrisi Tepat Di Masa Kehamilan, Investasi Di Masa Depan

by - Minggu, Mei 07, 2017


[Dunia Anak] Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya sehat, tumbuh kembangnya baik dan tidak terkena alergi. Karena saat anak sakit atau kena alergi, keceriaannya akan hilang, menjadi pendiam dan tidak konsentrasi belajar. Maka dari itu, anak harus selalu sehat, dengan cara memberikan nutrisi yang tepat. Anak yang sehat dan ceria, bahagia di masa depan. Semua itu bisa dimulai sejak masa kehamilan.

1000 hari pertama kehidupan menjadi periode yang sangat penting, karena anak tumbuh dengan pesat dan berkembang secara signifikan. 1000 hari pertama kehidupan juga bersamaan dengan tahap pertumbuhan otak, sistem percernaan dan sistem daya tahan tubuh. Apalagi, proses tumbuh kembang seseorang terjadi pada periode 1000 hari pertama kehidupannya, yakni sejak awal kehamilan hingga usianya 2 tahun. Di masa inilah pemberian nutrisi yang tepat sangat penting, terutama di masa kehamilan. Karena nutrisi tepat di masa kehamilan, menjadi investasi kesehatan untuk anak di masa depan.



Nutrisi yang tepat di masa kehamilan atau 1000 hari pertama kehidupan tidak hanya berdampak pada kesehatan jangka panjang anak, tapi juga berdampak panjang hingga nanti dewasa. Selain itu, tantangan selama 1000 hari pertama kehidupan akan mempengaruhi resiko penyakit tidak menular di masa mendatang, seperti jantung, obesitas, alergi hingga diabetes.

Sebelum dilanjutkan. Alangkah baiknya kita mengenal apa itu Nutrisi. Bersumber dari wikipedia, Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi juga disebut sebagai zat gizi yang terdapat pada makanan dan dibutuhkan oleh tubuh.

Di masa kehamilan, nutrisi yang tepat sangat berperan penting, supaya ibu dan anak dalam kandungan selalu sehat. Dan tumbuh kembang anak dalam kandungan dari mulai trimester pertama hingga ketiga selalu optimal. Di periode kehamilan ini, nutrisi berlaku untuk berdua, baik ibu dan anak dalam kandungan. Selama hamil, ada perkembangan yang menakjubkan, seperti tubuh dan organ bayi yang mulai terbentuk. Maka, seorang ibu yang sedang hamil harus mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, supaya bayi mendapatkan nutrisi yang tepat di masa pertumbuhannya.


Ilustrasi Ibu Hamil (Dokumen Pribadi)
Saat saya sedang mengandung anak pertama dan kedua dengan kondisi yang sangat lemah. Dokter selalu menyarankan saya memperhatikan asupan makanan. Apalagi asupan nutrisi banyak didominasi oleh makanan.  Maka penting sekali seorang ibu yang sedang hamil menjaga makanan yang dikonsumsinya. Saya sadar betul akan hal ini, karena ketika di kehamilan pertama saya selalu menuruti masa ngidam, makan ini dan itu, berakibat pada masalah di masa kehamilan. Yakni pernah mengalami diare dan infeksi pada usus.

Seorang ibu yang sedang hamil juga harus tercukupi nutrisinya. Sebab kalau sampai kekurangan nutrisi, berdampak pada janin yang dikandungnya menjadi tidak sehat, ini pun tidak baik di masa depannya. Penting sekali untuk memilih nutrisi yang tepat di masa kehamilan, dan ini bisa menjadi menjadi investasi masa depan untuk anak-anak yang lebih sehat dan bahagia.  Ada beberapa nutrisi khusus yang sangat dibutuhkan, seperti:




  • Vitamin dan mineral menjadi nutrisi pertama yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin, karena ini penting untuk kesehatannya.
  • Asam lemak Omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak. Apalagi untuk ibu hamil, Omega 3 terbukti sangat penting dalam perkembangan kesehatan fisik dan mental pada bayi. Omega 3 bisa didapatkan dari supleman atau sumber makanan seperti ikan salmon.
  • Vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Apalagi ibu yang sedang hamil membutuhkan vitamin D dan kalsium yang lebih banyak untuk bisa menunjang pertumbuhan tulang bayi.Kalsium dapat kita temukan di makanan seperti tempe, tahu, kacang merah dan susu kedelai. Sedangakan vitamin D bisa kita dapatkan dari telur, sarden, ikan salmon, dan daging.
  • Asam folat yang juga penting untuk kesehatan syarat dan otak. Karena ini penting utuk mencegah munculnya neural tube defect (NTD) yaitu cacat pada sistem syaraf bayi. Asam folat ini juga bisa didapat dari makanan seperti, kacang-kacangan, jeruk, sayuran hijau, atau bisa juga suplemen.
  • Zat Besi sangat penting untuk ibu menambah volume darah dan fungsi kekebalan tubuh. Karena kalau sampai ibu hamil kekurangan zat besi bisa anemia, yang akan membuatnya terus menerus lelah, pusing, pucat dan lemah. Kekurangan zat besi juga berisiko bayi menderita anemia setelah lahir tinggi, dan ini juga meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan berat badan  di bawah rata-rata. Penting mendapatkan sumber zat besi alami, seperti dari daging tanpa lemak, buah kering, dan kacang-kacangan. 
  • Protein juga sangat penting, karena berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah bagi janin dan ibu hamil.
Banyak sekali asupan nutrisi untuk ibu hamil, dan semuanya sangat penting, baik untuk kesehatan janin maupun ibunya. Yang terpenting ibu hamil juga harus bisa:


Ibu Hamil usahakan menghindari masakan yang di bakar

  • Jaga Kesehatan.
  • Mengatur pola makan dengan baik. Jangan lupa konsumsi sayuran, buah, susu dan vitamin.Konsultasika ke dokter juga penting, dan periksakan kondisi bayi did dalam kandungan.
  • Olah raga sederhana, supaya tetap sehat.
  • Hindari stres dan aktivitas yang berat, usahakan banyak istirahat untuk menjaga kondisi supaya tetap sehat.
  • Selalu bahagia.
Dengan memilih nutrisi yang tepat, ibu hamil selalu sehat, anak pun akan lahir dengan sehat. Asupan nutrisi yang tepat menjadi investasi kesehatan untuk anak di masa depan. Sehinnga hari-hari anak di masa depan selalu bahagia, sehat, bugar dan berprestasi.


Dukungan SGM Bunda, Nutrisi Lezat, Bunda Sehat

Mobi SGM Bunda
Bicara tentang nutrisi, SGM Bunda menunjukkan dukungannya dalam pemenuhan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil melalui kampanye ”SGM Bunda: Nutrisi Lezat, Bunda Sehat”. Beberapa waktu lalu, tepatnya 2 Mei 2017, saya bisa menghadiri salah satu kampanye SGM Bunda tersebut, melalui kegiatan Mobi SGM Bunda: Nutrisi Lezat Bunda Sehat yang digelar di Balai Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Kami memahami bahwa nutrisi merupakan faktor penting dalam masa kehamilan Bunda. Dan didalam masa kehamilan Bunda membutuhkan teman dan dukungan dari sekelilingnya. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mendukung masa kehamilan Bunda dan medamingi pemenuhan nutrisinya, SGM Bunda mengusung kampanye ‘SGM Bunda: Nutrisi Lezat, Bunda Sehat’.” Ujar Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda.

Salah satu kegiatan Mobi SGM Bunda (USG Kehamilan Gratis)
Ada banyak sekali aktivitas seru dari Mobi SGM Bunda, seperti memberikan edukassi tentang kehamilan segat yang dipaparkan oleh oleh seorang Bidan, konsultasi dengan ahli nutrisi, USG kehamilan Bunda, dan video live chat bersama brand ambassador Alyssa Soebandono.

Sebenarnya kegiatan Mobi SGM Bunda ini sudah berjalan sejak akhir 2015, dan telah mengunjungi ribuan titik. Dan baru kali ini saya bisa tahu rangkai kampanye yang luar biasa ini. Sehingga ibu hamil yang berada di daerah bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang nutrisi yang tepat di masa kehamilan. Pada tahun 2017 ini, MOBI SGM Bunda kembali mengunjungi sekitar 2000 titik untuk menjangkau sekitar 75.000 bunda yang berada di pelosok Indonesia.



Nutrisi bagi ibu hamil memang sangat penting sekali, mengingat status gizi ibu selama masa kehamilan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Bila gizi normal selama masa kehamilan, maka besar kemungkinan akan melahirkan bayi yang sehat dengan berat badan normal dan meminimalisir risiko negatif terhadap kesehatan ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, bahwa di Indonesia, 6 dari 10 ribu ibu hamil dan 1 dari 2 ibu menyusui memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan yang dianjurkan. Padahal kebutuhan mikronutrien selama masa kehamilan itu meningkat.

Sebenarnya apa itu mikronutrien?

Mikronutrien ini merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis. Kita harus tahu neh, bahwa kekurangan mikronutrien menjadi ancaman besar bagi kesehatan dan perkembangan populasi di seluruh dunia, terutama anak-anak dan wanita hamil di negara-negara berkembang.



Memahami peran penting bunda sebagai sumber nutrisi utama untuk buah hati di dalam kandungan dan saat menyusui, maka SGM Bunda hadir untuk membantu memenuhi nutrisi harian yang lezat dan tepat untuk ibu hamil dan menyusui. Apalagi SGM Bunda ini diperkaya dengan formula Presinutri+ yang mengandung nutrisi mikro penting yang dibutuhkan selama periode kehamilan dan menyusui untuk bunda dan buah hati. Seperti tinggi mikronutrisi Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi. SGM Bunda juga hadir dalam berbagai varian rasa, dari coklat, hingga jeruk.

Masa kehamilan adalah masa yang paling berharga untuk Si Kecil yang mulai tumbuh dan berkembang, asupan nutrisinya juga harus tepat, supaya janin tumbuh baik. Sehingga saat lahir, bayi selalu sehat dan kuat. Dengan nutrisi yang tepat di masa kehamilan, menjadi investasi untuk anak di masa depan.


 

Beberapa materi tentang kebutuhan nutrisi khusus ibu hamil di awal cerita dan 1000 hari pertama kehidupan, dari berbagai sumber:
  • Alodokter.com
  • 1000 hari pertama kehidupan (Sarihusada, Nutrisi Bangsa)
  • Hamil.co.id
  • Wikipedia.org

You May Also Like

20 komentar

  1. Dih jadi pengen hamil lagi.. duh ternyata masih banyak yg belum paham akan nutrisi pada saat kehamilan.

    BalasHapus
  2. Kegiatan Mobi Bunda SGM bermanfaat sekali ya.
    Thanks for sharing.

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak bunda Lis,seneng deh klo baca artikel2 di blog bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga bunda sudah berkunjung

      Hapus
  4. Menarik sekali buat saya yg lagi program anak pertama, dan saya baru tahu kalau ibu hamil gak boleh makan makanan yang dibakar spt daging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tidak boleh, lebih baik dihindari

      Hapus
  5. Keren ya SGM, bikin kegiatan yg bermanfaat bagi bumil, apalagi bumil sangat membutuhkan nutrisi dan edukasi yg tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kegiatan SGM ini memang sangat seru dan bermanfaat

      Hapus
  6. Jadi kalau bisa disimpulkan harus makan makanan 4 sehat 5 sempurna ya, mbak. Penting sekali informasinya terutama buat aku yang mau program hamil.

    Terima kasih Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jangan lupa gizi seimbang dan nutrisinya

      Hapus
  7. Mbaaaak, tengkyuu banget buat ulasannya.
    Manfaat maksimal nih buat yang mau hamidun :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. saat hamil kita memang harus ektra menjaga asupan gizi ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, asupan gizi untuk ibu hamil baik juga buat janin

      Hapus
  9. Semoga saya disegerakan hamil.. Aamiin.. Dari awal menikah sampe sekarang saya sudah berusaha untuk makan makanan yang sehat.. Setelah baca ini tambah mengerti tentang pergizian.. Thanks mbak..

    BalasHapus
  10. Ternyata hamil itu perjuangannya luar biasa ya..


    nyokjajan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, perjuangan luar biasa

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.