Sajikan Makanan Sehat Dan Praktis Saat Ramadan Dengan Inovasi Peralatan Dapur Dari Philips

by - Selasa, Mei 23, 2017


[Lifestyle] Berada di dapur dan membuat hidangan untuk keluarga menjadi kegiatan yang selalu membuat saya senang. Karena dengan dengan membuat masakan, saya bisa memenuhi nutrisi anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Dengan membuat masakan sendiri, saya bisa membuat makanan yang disukai keluarga. Selin itu memasak sendiri bisa menghemat anggaran rumah tangga. Apalagi kalau masaknya bisa hemat waktu dengan menggunakan beragam produk inovasi peralatan dapur dari Philips.

Pentingnya makanan sehat selama ramadan

Salah satu cara saya dalam menghemat keuangan rumah tangga dengan memasak sendiri di rumah. Selain bisa menyajikan hidangan kesukaan keluarga, tentunya bisa dapat banyak ☺☺☺, berbeda kalau beli. Begitu pun saat bulan ramadan yang tinggal hitungan hari, saya paling senang membuat makanan dan menu takjil untuk keluarga.


Jangan lupa konsumsi buah saat puasa
Membuat makanan sehat selama ramadan itu penting banget, terutama dalam memilih menu yang tepat. Supaya saat menjalankan ramadan tetap berenergi, biarpun banyak kegiatan di luar rumah. Membuat makanan sehat bukan saja berlaku di bulan ramadan, tapi juga di kehidupan sehari-hari. Beberapa bulan lalu saya memulai hidup sehat di rumah. Dengan menyajikan makanan sehat, dengan mengurangi gula dan garam, serta menghindari minyak. Saya merasa setelah melakukan ini, badan selalu segar, biarpun berat badan belum sepenuhnya turun di angka normal. Semoga saja di bulan ramadan nanti berat badan bisa kembali ideal.

Nah, beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 15 Mei 2017 yang bertempat di Ayana MidPlaza Jakarta, saya mengikuti talkshow tentang Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips. Dalam acara ini hadir juga Rita Ramayulis DCN, M.Kes, selaku nutrisionis yang sudah menulis sejumlah buku tentang gizi, diet untuk berbagai penyakit dan mengatur pola makan yang sehat.

Tentu saja materi ini sangat menarik, mengingat sebentar lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan. Sebagai ibu yang suka memasak, ilmu ini sangat penting, supaya kita menjadi tahu menu apa saja yang sebaiknya dihidangkan selama ramadan. Karena selama ramadan pun penting mengkonsumsi makanan sehat. Dari pemaparan Rita di acara Philips, saya merangkum beberapa hal penting yang harus diketahui, supaya selalu sehat selama ramadan:


Talkshow Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
  • Saat berpuasa, usahakan sebelum tidur konsumsi makan makanan selingan, seperti buah segar dan protein. Apalagi makanan selingan ini bisa melengkapi zat gizi yang belum terpenuhi saat berbuka dan makan malam. 
  • Jangan lupa juga untuk selalu makan sahur, supaya tetap berenergi dan sehat. Usahakan memilih makanan sumber energi yang akan dicerna lebih lamabat dan bertahap. Selain itu memilih protein rendah lemak. Penuhi juga kebutuhan cairan disertai elektrolit agar bisa bertahan lama. Kalau konsumsi lemak tinggi saat sahur bida membebani pencernaan.
  • Saat datang waktu berbuka dan saat sahur, usahakan menghindari makanan manis, apalagi pakai gula pasir. Selain itu jangan sekali-kali berbuka dengan makanan yang di goreng, itu juga ga baik buat kesehatan. 
  • Saat sahur dan berbuka hidari makanan yang merangsang asam lambung, seperti makanan pedas ataupun asam, apalagi mengandung kafein.
  • Saat berbuka dan sahur usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, baik itu nangka, kol, duren, hingga minuman berkarbonasi.
  • Saat berbuka bisa dengan sayur dan buah segar. Usahakan makanan yang mengandung protein tidak dimasak dengan cara digoreng, bisa kukus atau rebus. Dan konsumsilah sayur dan buah yang mengandung air tinggi.  
  • Saat makan malam atau setelah berbuka penuhi kebutuhan energi dan zat gizi dengan piring makanku yang terdiri dari lauk pauk, buah-buahan, makanan pokok dan sayuran.
Saat mengikuti workshop ini saya sadar betul, ramadan yang lalu, masih suka banget buka atau sahur mengkonsumsi makanan berminyak, yang terkadang membuat badan selalu lemas. Berbeda ketika saya sahur dengan makanan yang serba kukus, badan selalu kembali segar dan kuat sepanjang hari. Dan perlu kita ketahui neh bahwa setiap hariya ada pembagian makanan, yakni 1.620 kkal sehari (KH Komplek 3,5 porsi, sayur 3 porsi, minyak 5 porsi, protein 5 porsi, buah 3 porsi dan gula 2 porsi). Jadi, jangan sampai sehari itu semuanya makan gorengan ya, ga baik buah kesehatan. Apalagi setiap orang itu memiliki kebutuhan kalori harian, kalau wanita 25 kalori, sedangkan laki-laki 30 kalori.

Produk inovasi peralatan dapur Philips
Kalau berbuka ingin tetap mengkonsumsi makanan yang digoreng tapi tetap sehat, bisa loh mencobanya dengan menggunakan peralatan masak dari Philips.

Masak sehat dan praktis dengan inovasi peralatan dapur Philips

Mengkonsumsi makanan sehat tentu saja itu penting, tapi terkadanga ada saja alasan supaya cepat masaknya, bikin yang goreng-goreng. Semenjak saya kenal Philips, selain masak bikin sehat, juga sangat praktis masaknya. Ga sampai 30 menit, masakan sudah matang sempurna. Seperti yang diungkapkan bapak Yongki dari Philips di acara "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips", bahwa Philips membantu menyiapkan makanan sehat dan minuman selama 30 menit. Kehadiran produk Philips ini membantu masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, biar waktu dikit cepat selesai memasak dan tetap sehat.

Ada acara demo masaknya neh
Peralatan dapur Philips  memang tahan lama dan mampu menghemat waktu dalam memasak. Dengan kegiatan yang saya miliki, tentu meginginkan memasak yang praktis dan cepat, tapi tetap menyehatkan. Ingin juga dong memasak di bulan ramadan praktis dengan beragam produk dari Philips. Saya sendiri pengguna Philips. Semenjak memiliki food steamer, sangat membantu sekali dalam memasak dengan waktu yang cepat. Terutama saat membuat pepes ikan dan tahu yang disukai keluarga.

Nah dalam acara kemarin bersama Philips, selain bisa mendengarkan materi ramadan sehat, acara juga diisi dengan demo masak dengan menggunakan peralatan dapur Philips, yakni Philips Blender, Philips Air Fryer, dan Fuzzy Logic. Nah peserta juga bisa ikut langsung mencobanya, karena di setiap meja, sudah disediakan Philips Air Fryer dan Philips Blender. Peserta talkshow diajak untuk membuat bola-bola ayam sayur dan energizer juice yang sangat mudah dibuatnya. Bisa simak resepnya di bawah ini.


Masak bola-bola ayam tanpa minyak dengan Philips Airfryer
Bahan bola-bola ayam sayur:

150 gram dada ayam cincang, 1 buah wortol yang sudah di potong dadu lalu rebus setengah matang, garam secukupnya, merica bubuk secukupnya, bawang goreng secukupnya, daun bawang cincang secukupnya, 100 gram tepung terigu, 1 butir telur ayam, dan 150 gram tepung roti.

Cara membuatnya:

Masukkan ayam cincang ke dalam wadah, tambahkan wortel, gula, garam, dan merica duduk lalu aduk rata. Betuklah adonan menjadi bulat menyerupai bola, lalu lumuri dengan tepung terigu, masukkan ke dalam telur yang telah dikocok, dan terakhir balutlah bola-bola ayam dengan tepung roti. Untuk menghemat waktu, sambil menyiapkan menu lainnya, gorenglah bola-bola ayam dengan menggunakan Philips Airfryer selama 15 menit, dengan suhu 200 derajat celcius. Lakukan pembalikan bola-bola pada saat memasak agar matangnya merata.


Yang menarik dari produk Philips Airfryer menggorengkan tanpa menggunakan minyak, tapi hassilnya tetap kering sempurna. Dengan produk Philips yang satu ini tentu menjadi pilihan untuk para ibu yang ingin menikmati gorengan saat ramadan, tapi tetap menyehatkan.

Dengan menggunakan Philips Airfryer, ibu tetap bisa menikmati gorengan apapun dengan cara yang lebih sehat. Karena alat ini mampu menggoreng tanpa minyak. Dengan Rapid Air Technology, mengandalkan sirkulasi udara panas dengan kecepatan tinggi untuk hasil makanan tetap renyah di luar dan lembut di dalam. Yang spesial neh, dengan menggunakan produk ini bisa mengurangi lemak sampai 80%. Philips Airfryer memang menjadi solusi tepat untk membuat makanan sehat. Karena inovasi peralatan dapur Philips mengajak kita semua untuk memulai hidup sehat yang berawal dari dapur sendiri.

Bahan membuat Energizer Juice yang mampu mengganti cairan dan elektrolit, serta menaikkan kadar glukosa darah. Tentu saja ini membuat buka puasa semakin sehat. 

Bahannya 2 potong melon, 1/2 buah mangga manalagi, 1 buah perasan jeruk pontianak dan ambil airnya, serta es batu 4 kotak.

Cara membuatnya:


Campurkanlah seluruh bahan ke dalam blender . Lalu blenderlah selama 30 detik dengan menggunakan Philips Blender. Produk ini bisa menjadi satu blender untuk segala keperluan. Jar kapasitas besar, yakni 2 liter dan tersedia penggiling bumbu untuk melumat bahan memasak, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Motor kuat 350W, untuk pelumatan berbagai bahan dengan cepat. Jar kaca, tidak menyerap bau atau rasa dan selalu bening. 5 tingkat kecepatan, memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam melumat. 

Dengan peralatan dapur Philips ini kita bisa hemat waktu dalam memasak. Apalagi kalau datang waktu sahur, tentu saja tidak takut ga keburu lagi. Apalagi kalau lagi banyak kegiatan di luar rumah, dan waktu berbuka sangat mepet, produk dapur Philips ini bisa membantu para ibu dan keluarga di rumah menyiapkan menu masakan dengan sehat dan praktis. 


Jangan lupa konsumssi buah dan sayur saat berpuasa
Yang terpenting neh yang harus diingat, berbuka puasa jangan terlalu banyak yang manis. Menurut Rita, bahwa puasa itu memberikan kesempatan kepada kita untuk hidup sehat. Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detokfisifikasi atau pembuangan zat-zat beracun di dalam tubuh secara alami. Namun manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan. 

Ditambahkan juga, bahwa berhasilnya puasa ramadan adalah berat badan yang menjadi ideal, profil lipida darah membaik, kadar glukosa darah stabil, tekanan darah stabil, lebih aktif dan produktif, pemikiran lebih positif dan lebih fokus. Serta emosional yang semakin membaik. Tentunya ibadah pun semakin lancar dan khusu ya. 

Acara talkshow bersama Philips diakhiri dengan lomba membuat smoothies yang semakin seru. Apalagi ada cek kesehatan, jadi tahu deh tentang berat badan dan lainnya. Sajikan makanan sehat dan praktis saat ramadan dengan inovasi peralatan dapur Philips, membuat sajian ramadan semakin seru dan menyenangkan. Sebagai ibu yang memasak di dapur, membuat menu sehat praktis semakin mudah bersama Philips. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk inovasi peralatan dapur Philips bisa cek saja Facebook Philips Home Living.  

You May Also Like

17 komentar

  1. Saya jadi pengen air fryer nya gara-gara baca ini, suami pernah nawarin untuk beli tapi saya belum sempat cari info, takutnya nanti beli ga paham makenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang banget kok pakenya, tinggal masukkan makanan mba. Setel berapa menit dengan suhunya berapa. Jadi deh masakan

      Hapus
  2. Tipsnya bermanfaat, mbak. Semoga siap menghadapi bulan puasa. Jangan sampe kebablasan jajan makanan yang gak bagus nanti. Hehehe.

    BalasHapus
  3. tiga hari lagi puasa...
    terima kasih ceu tipsnya, jadi bisa persiapan di rumah
    kebetulan, keluarga punya beberapa produk Philips yang bisa diterapkan buat sahur dan buka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik banget dong ya mas. Maaf lahir bathin ya mau puasa neh

      Hapus
  4. Philips Airfryer nih semacam produk idaman para emak dan calon emak :D jadi pengen beli .. langsung intip2 harganya


    dhe-ujha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu atuh beli ah, biar masaknya semakin praktis

      Hapus
  5. mupeeng Philips Airfryer
    karena menggoreng tanpa minyak..jadinya aman ya.
    whattnya gedhe ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mba. Ini masih aman kok. Iya dengan Airprayer ini, masak tanpa minyak makin asyik

      Hapus
  6. Suka dengan merk Philips ini, awet in sya Allah.
    Philips Airfryer nih seperti bakalan masuk list

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, Philips ini memang juara banget

      Hapus
  7. aku senengnya yang praktis dan sehat..jadi banyak sayur dan buah mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu semakin asyik dan sehat ya mba

      Hapus
  8. baca siang2 pas puasa. seger segerr liatnya :D

    BalasHapus
  9. Wah mupeng punya peralatan Philips yang menggoreng tanpa minyak. Cakep nih artikelnya.

    BalasHapus
  10. Dari awal lihat air fryer, aku udah mupeng banget. Berharap satu saat bisa punya. Praktis dan lebih sehat bikin makanan dengan ai fryer itu :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.