4 Hal Yang Harus Diperhatikan Supaya Sehat Selama Berpuasa

by - Kamis, Juni 08, 2017


[Lifestyle] Di bulan yang penuh berkah seperti sekarang ini menjadi momen yang pas untuk saya menurunkan berat badan. Tapi, tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan, supaya tubuh tetap bugar. Selama bulan puasa bisa menjadi titik awal buat siapapun untuk hidup sehat dengan cara pemenuhan nutrisi dan hidrasi melalui asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Karena penting sekali memperhatikan asupan nutrisi selama bulan puasa.

Sehat Selama Berpuasa

Pada tanggal 6 Juni kemarin yang bertempat di Hotel All Seasons Jakarta, saya punya ilmu tambahan lagi neh tentang pola hidup sehat selam bulan ramadan. Acara ii sekaligus buka bersama bersama Grup Danone di Indonesia. Hadir dalam acara ini Arief Mujahidin, Karyanto Wibowo, dan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK. Acara ini juga di mulai dengan penampilan Marawis.


Sehat selama berpuasa tetu menjadi dambaan semua orang, apalagi kalau sedang menjalani program diet seperti yang sedang saya lakukan. Dalam acara ini dr. Dian membahas tentang Nutrisi dan Hidrasi pada bulan puasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya selalu sehat selama berpuasa, seperti yang disampaikan dr. dian:

1. Menjaga kesehatan badan 

Berpuassa di bulan ramadan itu banyak sekali menfaatnya, bisa menurunkan kadar gulla darah, menurunkan kadar asam lemak, dan perbaikan profil lemak. Dan itu semua bisa menjaga kestabilan berat badan. Selama ramadan kita harus tetap menjaga kesehatan badan, bisa dimulai dengan kebutuhan kalori terpenuhi, hidrasi cukup, aktifitas seharihari seperti biasa, olah raga rutin (minimal jalan kai selama 30 menit), istirahat cukup dan yang penting adalah banyak beribadah. Dengan cara ini, kita bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita.

2. Asupan makanan

Selama berpuasa juga harus memperhatikan asupan makanan, yang perlu diingat neh jangan banayk konsumsi gorengan, karena tidak baik. Menurut dr. Dian kalau ingin diet pun sama, hindari gorengan dan memiliki niat serta selalu konsisten menjaga pola hidup sehat. Kalau dulu kita mengenal 4 ehar 5 sempurna, kita kita kenal dengan gizi seimbang. Mulai dari asupan protein, buah, sayur, mineral, hingga karbohidrat. Selama puasa, tetap harus memperhatikan piring makanku, dimana ada lauk pauk, makanan pokok, sayuran, dan buah-buahan. Tidak lupa denga memulai cuci tangan sebelum makan dan minum air putih.

3. Asupan jeis makanan selama puasa

Selama puasa, kan jadwal makan kita jadi bergeser menjadi 2 kali, yakni sahur dan berbuka. Dalam memenuhi nutrisinya, tetap harus sesuai dengan diet seimbang. Seperti protein, asupan yang dibutuhkan selama puasa adalah 15-20%, dan lebih bagusnya adalah protein hewani. Nah, kalau asupan lemak 25-30%, penting neh menghindari lemak jenuh dan lemak trans, serta anjuran konsumsi kolestrol <200 mg/hari. Biar aman seh, coba memasak dengan cara rebus, kukus, atau tumis. Sedangkan untuk karbohidrat neh, asupan yang dibutuhkan 50-65%, lebih baik memilih yang KH kompleks.


Selain itu asupan serat selama puasa juga penting sekali, bisa dengan konsumsi sayur 3-4 porsi, dan buah 2-3 porsi. Dalam Glikemik Indeks, ada baiknya memilih yang low, dengan konsumsi sayur, buah, yoghurt, telur dan kacang.

4. Minum

Supaya badan selalu segar sepanjang hari, minum itu penting juga. Kalau kurang minumkan bisa dehidrasi. Nah, dehidrasi selalu bikin konsentrasi hilang, haus, sakit kepala, urin berwarna gelap, hingga mengantuk. Maka dari itu selama puasa, harus memperhatikan jadwal minum air putih. Dengan pola 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam (1 gelas sebelum makan, 2 gelas sehabis makan, 1 gelas menjelang tidur), dan 2 gelas saat sahur. Selama berpuasa kita pun bisa melengkapi kebutuhan kalori dengan minum susu. Karena susu memiliki zat gizi lengkap, mudah diserap dan praktis.

Kebutuhan mineral dalam tubuh itu peting, apalagi selama berpuasa. Karena mineral merupakan zat gizi mikro yang sangat penting bagi tubuh meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang kecil. Fungsi mineral juga banyak sekali, seperti diperlukan dalam aktivitas sel normal, menjaga kkeseimbangan cairan dan hemostasis tubuh, menguakan tulang dan gigi, hingga membantu enzim-enzim dalam metabolisme sel tubuh. Manfaat Mineral, seperti Fluorida (mencegah karies gigi), kalium (sistem saraf dan otot), hingga zink (bantu pembentukan sel dan enzim).


Jadi, mineral ini menjadi zat gizi penting yang diperlukan dalam tubuh dalam jumlah sedikit, beberapa diantaranya didapatkkan dalam air putih/air minum kemasan. Dimana kandungan mineral yang terdapat di dalam air minum kemasan sesuai dengan rekomendasi WHO dan peraturan terkait.

Sehat Bersama Danone

Kalau bicara tentang air minum, saya selalu igat Aqua, karena selalu saya konsumsi, baik itu dalam galon atau bahkan kemasan. Aqua sendiri menjadi salah satu produk yang dikeluarkan oleh Danone. Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman yang memiliki misi untuk membawa kesehatan bagi sebanyak mungkin orang melalui produknya. Misi ini diperkuat dengan komitmen ganda perusahaan yaitu kemajuan ekonomi harus sejalan dengan kontribusi sosial.


Danone sendiri selalu berkomitmen untuk kesehatan, lihat saja berbagai produk yang dikeluarkan oleh Danone, ada Aqua, SGM Bunda, SGM Eksplor, Bebelac, Lactamil dan lainnya. Apalagi sejak tahun lalu komitmen Danone semakin kuat dengan diluncurkannya Danone Manifesto yang merupakan komitmen Danone untuk memimpin Alimentation Revolution dengan mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minum yang lebih sehat untuk masa depan yang lebih baik. 

Danone Manifesto diimplementasikan dalam program berkelanjutan perusahaan yang juga disesuaikan dengan target Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Dimana program yang dilakukan antara lain dengan berkontribusi pada kesehatan masyarakat seperti adanya Warung Anak Sehat, PAUD 1000 Anak Bangsa, Nutri Talk, dan Ayo Melek Gizi. Selain itu Grup Danone di Indonesia juga memberikan kontribusi pada kesehatan lingkungan, seperti program pelestarian sumber daya air, peningkatan akses air bersih, dan pengelolaan sampah kemasan.

Banyak juga program dari Danone, bahkan neh Danone selalu memperhatikan lingkungan dan sampah, tidak salah ya kalau dari kemasan Aqua yang tidak terpakai bisa menjadi sebuah prakarya yang indah. Salah satunya neh, dari 24 botol plastik bisa menjadi 1 bantal yang cantik. Bukan itu saja, minyak jelantah saja bisa digunakan sebagai bahan bakar. Berbagai program Danone ini semakin menguatkan komitmennya untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kelestarian alam.

Menjaga kesehatan memang penting sekali, apalagi di bulan ramadan seperti sekarang ini. Sehat selama berpuasa, sehat juga bersama Danone. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat, sayuran, buah, hingga mineral, supaya ibadah selalu lancar.

You May Also Like

28 komentar

  1. Agar puasa sukses tanpa kendala kesehatan, memperhatikan asupan makanan dan minum yang cukup selama buka, memang jadi satu keharusan ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba asupan makanan dan minuman harus selalu terjaga dengan baik

      Hapus
  2. Yes asupan makanan yang perlu diperhatikan. Jangan sampai segala dimakan juga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu tuh, apalagi kalau buka ya jangan kalap makan hehehe

      Hapus
  3. penting memang memerhatikan gizi selama puasa, supaya tetap bugar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, puasa tetap perhatikan nutrisi dan gizi seimbang

      Hapus
  4. Kalo puasa nih ya biasanya semua makanan pengen dimakan apalagi jajanan diluar.
    Makasih banget Tipsnya.

    BalasHapus
  5. Pola makan minum yang sehat sangat penting agar tubuh terjaga kesehatannya. Ditambah dengan pila hidup sehat, tidak hanya jasmani, rohani juga ikut sehat.

    Terimakasih sharingnya, mbak Lis :)

    BalasHapus
  6. Danon keren ya! Manifeatasinya ga diragukan lagi. Bahkan bs mendaur ulang botol2 menjadi sesuatu yg berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya neh program Danone ini keren ya

      Hapus
  7. aku penyuka gorengan,bagiku gak afdol kalo gak makan gorengan minimal 2 buah tahu atau bakwan plus habis isya makan lagi gorengan . ternyata gak baik ya.terima kasih informasinya

    BalasHapus
  8. Wah banyak sekali ya ternyata kontribusi Danone untuk lingkungan dan negeri, baru tau mba kalau botol plastik bisa dibikin bantal..

    BalasHapus
  9. Setuju, keempat hal tersebut memang penting banget dijaga, tidak hanya disaat berpuasa saja. Lebih baik menjaga daripada mengobati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, semua ini harus diaplikassikan dalam kehidupan sehari-hari

      Hapus
  10. Saya paling suka dengan gorengan. Makan tanpa ada gorengan rasanya seperti surga tak bertaman. Kurang sempurna.

    BalasHapus
  11. Ramadan tahun ini saya bertekad mengurangi karbo. Alhamdulillah bisa walaupun perasaan berat badan belum juga turun hehehe. Tapi setidaknya saat berbuka perut udah gak berasa begah karena sangat kekenyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah asyik banget ya mba kurangi carbo. Semoga saja cepat turun BBnya.

      Hapus
  12. Waduh... Padahal nggak sempurna kalau tak ada gorengan, ternyata nggak baik ya bund buat kesehatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gorengan ga baik buat kesehatan

      Hapus
  13. Sebenarnya lauk atau makanan yang bergizi itu banyak ya mbak, tapi kenapa kok banyak orang yang lebih memilih gorengan.

    BalasHapus
  14. Bulan puasa ini asupan buahku masih kurang banget. Minum juga masih kurang. Harus diperbaiki lagi, deh!

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.