Olahan Labu Kuning Yang Disukai Keluarga

by - Minggu, September 17, 2017


[Resep Masakan] Memasak itu menyenangkan, apalagi kalau ada labu kuning atau waluh (kalau di Garut menyebutnya waluh). Labu kuning selalu saya bawa dari kampung halaman, maklumlah kalau di Jakarta itu satu potong kecil harganya 3000, kalau dari kampung mah gratis alias hasil nanem sendiri. Kalau di jual pun cukup murah, satu ukuran besar saja hanya 10.000 rupiah. Jadi, kalau di kebun sedang banyak neh, ga pernah dijual mending bagiin saja ke sodara atau tetangga. 

Labu kuning ini rasanya enak dan memiliki kandungan nutrisi yang penting juga untuk kesehatan. Yang terdiri dari Vitamin A, C, E, Mineral, hingga Karbohidrat. Bahkan labu kuning ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti mencegah sembelit, menja mata supaya tetap sehat, hingga menjaga kulit tetap sehat.

Biasanya neh kalau bawa labu kuning banyak, saya selalu ambil sebagian, lalu bersihkan dan simpan kulkas. Kemudian saya pun akan mulai mengolahkan secara bertahap. Ada beberapa olahan labu kuning yang disukai keluarga, seperti:

1. Puding labu kuning


Olahan yang satu ini sangat disukai anak-anak dan suami. Apalagi kalau dimakan saat dingin dan cuaca di luar rumah sedang terik. Untuk membuatnya juga cukup mudah kok, tinggal siapkan bahan seperti labu kuning, agar-agar, susu kental manis 1 kaleng dan air. Cara membuatnya, rebus dahulu labu kuning, lalu blender. Setelah itu campur sedikit air (sesuai selera), agar-agar, dan susu ketal manis. Aduk rata sampai agar-agar mendidih dan masukkan cetakan, puding pun siap dihidangkan.

2. Kolak labu

Olahan kedua yang disukai adalah kolak labu. Kalau sedang puasa pasti deh minta dibuatkan kolak labu dengan kolang kaling atau pisang. Paling enak lagi kalau dimakan saat dingin. Cara membuatnya juga gampang kok, tinggal potong-potong labu, kolang kaling dan pisang, lalu rebus sampai empuk. Setelah itu campurkan gula merah dan santan. Kolak pun siap dihidangkan.

3. Kukus labu kuning

Olahan yang ke 3 ini bisa dibilang sebagai cemilan nikmat. Karena selalu saya konsumsi setiap pagi. Lumayan deh kalau sedang diet, karena labu ini bikin kenyang. Biasanya saya potong-potong labu kuning, lalu kukus beberapa menit. Setelah itu angkat dan tiriskan. Kukus labu siap dinikmati dengan teh atau coklat hangat.

Itulah 3 olahan labu kuning yang sangat disukai keluarga. Sebenarnya labu kuning itu bisa diolah apa saja, mau jadi sayur bening, pepes labu manis, dan lainnya. Tapi 3 olahan inilah yang memang paling disukai keluarga. Next saya coba bikin lahan labu lainnya, sehingga tidak terlalu bosan. Paling nunggu pulang kampung dulu hehe.

Nah, kalau kalian suka masak labu kuning, dibikin apa saja? 

You May Also Like

34 komentar

  1. wiihhh enak banget..
    aku berhubung suka manis jadi lebih suka di kolak kayaknya. jadi inger bulan puasa.
    dibikin eskrim dari buah labu, enak gak ya..
    puding juga enak banget liatnya..bikin ngeces bener deh.

    BalasHapus
  2. Hmmm seger banget mbak, cocok buat cuaca panas kek gini

    BalasHapus
  3. Wah ini enak. Suka sekali labu kuning...Jadi ingin mengolah lagi...terima kasih sharingnya mba

    BalasHapus
  4. aku biasa dikolak mba klo labu kuning 😁

    BalasHapus
  5. Aku kurang suka labu kuning. Tp anakku suka. Coba ah bikin. Makasih

    BalasHapus
  6. kalo dirumah biasanya cuma dikukus dan dibiki kolak aja sih. Btw, pudingnya keliatan kayak puding jagung ya mbk. Tapi bandingin jagung lebih soft mana ya?

    BalasHapus
  7. ah kolak labu
    jadi pengen puasa lagi

    BalasHapus
  8. Pernah d ksih tetangga sayur labuh kuningyg pakai santan kyk Kari gitu mba enakk ternyata cuma labu kuning Rafa susah yah nyarinya pasar sini juga jarang, noted itu resep nya jalan2 mau buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masa mba jarang lihat ya. Di kampungku banyak

      Hapus
  9. Tampilan puding labu kuningnya itu segar sekali mbak. Aihhh, bagi dong.

    *edisimalasbikinsendiri

    BalasHapus
  10. Aku di rumah banyak banget mba Labu Kuning. Tapi baru tahu bisa dijadiin puding.
    Mau coba ah.
    Makasih resepnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat ya. Tuh apalagi banyak labu kuningnya.

      Hapus
  11. kalau dikampung halaman mama, labu kuningnya dipotong tipis-tipis, dimasak dengan gula, terus dicampur dengan agar-agar yang gak ada warna lalu dimasukkin kecetakan.Belum pernah coba yang bikin dijadiin puding, kayaknya perlu dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang mba maksud aku malah belom coba. Kalau aku emang enak dibikin puding

      Hapus
  12. Dari kecil ibuku bikin kolak dari labu...Sekarang aku bikin juga. Belum pernah pudding atau lainnya :)

    BalasHapus
  13. Paling sering di rumahku itu bikin kolak labu kuning. Kalau pusing labu belum pernah mencoba sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo sekarang dicoba dibikin puding mba.

      Hapus
  14. ga pernah masak labu, maklum, ga bisa masak. paling banter masak aer panas buat kopi atawa yang paling hebat masak mie :)
    hehehe

    btw, liat putu yang pertama jadi inget hellowin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk. Labu kuning selalu indentik sama hallowen ya hehe

      Hapus
  15. puding labu kuningnya kayaknya nyam nyam banget ya

    BalasHapus
  16. Aku mau coba yg puding ah. Selama ini kalo labu kuning kita masak sup krim labu kuning mba.. Makannya pake garlic bread.. Jd mirip sup krim jamur, tp ini pake labu kuning. Anakku doyan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin mba. Aku jadi pengen nyobain sup krim labu ya

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.