Cara Sukses Mengembangkan UKM Secara Online Dengan Google Bisnisku

by - Selasa, Oktober 31, 2017


[Keuangan] Siapa coba yang tidak ingin usahanya maju dan berkembang, yang akhirnya bisa membuka banyak peluang pekerjaan untuk orang lain. Saya sendiri yang usaha kecil-kecilan di bidang jasa pernikahan, tentu ingin maju dan berkembang. Tidak salah kalau saya paling senang kumpul dengan teman-teman yang merupakan pelaku UKM yang sudah sukses di berbagai bidang, baik itu kuliner, fashion, hingga oleh-oleh. Karena dari mereka saya banyak belajar bagaimana cara menjadi sukses usaha atau bahkan mendapatkan kiat-kiat sukses berbisnis online. 


UKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Melihat banyak teman yang sudah sukses, tentu membuat saya banyak belajar. Bagaimana produk-produk mereka bisa di terima di masyarakat dan berbagai strategi yang digunakan. Bicara tentang UKM di Indonesia, sudah banyak UKM-UKM yang tumbuh dan berkembang. Bahkan di berbagai daerah banyak usaha-usaha kecil yang sangat berpotensi. Dulu, ketika masih duduk di bangku kuliah, saya menjelajahi berbagai tempat di Garut Jawa Barat. Ternyata banyak sekali masyarakat yang membuka usaha dan produknya laku di pasaran. Dari mulai pengrajin tas, speaker, makanan khas, dodol, hingga pengrajin kulit.

Baca Juga: UKM Maju dan Berkembang


Foto by ibu Urip Sudiana
Seperti foto di atas, yang merupakan salah satu produk dari pengrajin kulit di Garut. Dimana hasil pengrajin di Garut ini di tampung untuk dipasarkan di sebuah lembaga BDC (Business Development Center) yang merupakan program dari Kementerian PUPR dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro dan rumah tangga miskin. BDC bertindak sebagai mediator dan fasilitator yang bertujuan untuk meningkatkan saya saing produk unggulan daerah. Pengrajin sendiri akan mendapatkan fasilitas, mulai dari bahan baku, alat produksi, legalisasi hingga pemasaran. Dengan begini usaha-usaha kecil di daerah bisa semakin maju dan berkembang. 

Di era digital seperti saat ini, melakukan promosi sebuah produk tidak cukup hanya mengandalkan pemasaran secara offline, tapi bisa juga dengan online. Karena sekarang semua sudah masuk era digital, dimana orang selalu terhubung dengan internet. Mau cari apapun bisa dilakukan secara online. Apalagi kalau yang dipasarkan adalah produk-produk UKM, yang juga baik untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Mengingat Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai tulang punggug ekonomi di Indonesia. Karena UKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB dan 97% tenaga kerja Indonesia.


Salah satu produk UKM dari pengrajin kulit di Garut
Selain itu, ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia dan 99,99% usaha di Indonesia merupakan UKM. Bisa dibayangkan bagaimana UKM ini memiliki potensi ekonomi yang besar di Indonesia. Tentu penting juga neh UKM di Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha. Apalagi pemantapan sektor ekonomi digital akan memainkan peranan penting bagi Indonesia guna mencapai seluruh potensinya. 


Wanita Indonesia dan Google Untuk UKM

Semua orang menggunakan internet. Mau itu laki-laki ataupun wanita. Tidak salah kalau memanfaatkan dunia digital untuk mengembangkan UKM sangat baik sekali. Seperti pada tanggal 26 Oktober 2017 saya menghadiri acara #GoogleUntukUKM di Por Que No RITZ Building Menteng Jakarta. Memiliki usaha itu diinginkan semua orang, khususnya para wanita. Sebagai bagian dari inisiatif Womenwill yang merupakan program pemberdayaan komunitas wanita, dilakukanlah riset dari Maret sampai Mei 2017. Ternyata diketahui bahwa wanita Indoonesia ingin bekerja, namun mayoritas laki-laki tidak ingin istri mereka bekerja full time.


Wanita Indonesia berwirausaha (dokumen pribadi)
Maka tidak salah, kalau ketertarikan berwirausaha dari wanita sangatlah tinggi, itu karena waktunya yang fleksibel. Sama seperti saya yang memilih usaha kecil-kecilan, supaya selalu bisa bersama anak. Bahkan, keinginan belajar online dari wanita sangat tinggi. Wanita juga membutuhkan pelatihan dan informasi online yang dapat membantu mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan bisnis dengan tetap mampu memberikan waktu untuk keluarganya. 

Dari riset yang dilakukan WOmenwill ini ditemukan beberapa fakta menarik, antara lain:
  • 48% wanita Indonesia menggunakan internet lebih dari satu kali sehari.
  • 93% wanita mengakses internet lewat ponsel pintar.
  • 32% wanita ingin lebih sering menggunakan internet.
  • 53% wanita tidak dapat menemukan informasi yang mereka cari di internet.
  • 61% wanita pengguna internet ingin bekerja, namun 56% pria yang mengerjakan istrinya bekerja full time.
  • 39% wanita tertarik untuk berwirausaha.
  • 53% wanita wirausaha berkeinginan belajar online. 
Dengan banyaknya wanita yang ingin berwirausaha dan belajar online, tentu ini bisa menjadikan usahanya semakin maju dan berkembang. Apalagi riset yang dilakukan Google ini ditujukan untuk membantu UKM Indonesia untuk lebih maju dan melahirkan banyak pengusaha perempuan baru. UKM-UKM juga penting untuk mengembangkan usahanya secara online. Mengingat 69% orang Indonesia itu mencari informasi pertamanya lewat internet. Apalagi adopsi digital berpotensi tingkatkan pendapatan UKM sampai dengan 80%. Dengan begitu bisa mendorong keterlibatan digital pada UKM dapat tingkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia sebesar 2%.



Maka dari itu demi pertumbuhan UKM yang semakin baik di Indonesia. Google dukung UKM untuk sukses online. Karena dengan internetlah, UKM memiliki peluang yang besar untuk semakin sukses. Dalam acara Google Untuk UKM ini, dihadiri pula oleh Tony Keusgen Managing Director Google Indonesia, Veronica Utami Head Of Marketing Google Indonesia, dan Fida Heyder Head of SMB Marketing Google Indonesia. Serta Jason Tedjasukmana selaku Corporate Communications Google Indonesia. Acara ini juga sekaligus meluncurkan beberapa fitur gratis untuk membantu pelaku usaha di Indonesia untuk bisa mengembangkan bisnis.

Dengan Google Bisnisku sukses mengembangkan UKM

Kenapa ya UKM harus menggunakan teknologi digital untuk pengembangan usahanya?

Perlu diketahui bahwa ekonomi digital itu bukan saja menjadikan bisnis lebih maju, tapi bisa menjadi bahan baku utama untuk model bisnis baru dan inovatif yang menjadi komponen penting dalam pembangunan ekonomi. Ada beberapa keuntungan penggunaan teknologi digital bagi UKM di Indonesia, mulai dari:

Sumber Google
  • Kenaikan pendapatan hingga 80%.
  • Satu setengah kali lebih mungkin untuk meningkatkan kesempatan kerja.
  • 17 kali lebih mungkin untuk menjadi inovatif.
  • UKM lebih banyak menggunakan teknologi digital menjadi lebih kompetitif secara internasional.
Biarpun begitu, ternyata 36% UKM di Indonesia masih melakukan pemasaran secara offline, 37% sudah memiliki kemampuan online yang sangat mendasar, 18% kemampuan online menengah dan hanya 9% bisnis online lanjutan. Padahal teknologi digital bisa membantu UKM di Indonesia lebih cepat tumbuh dan lebih kompetitif. Apabila UKM melakukan bisnis online lanjutan (advanced) bisa mengalami pendapatan 80% lebih cepat daripada bisnis offline. Dengan perkembangan teknologi digital seperti sekarang, UKM bisa berinovasi maupun bersaing secara Internassional.

Terus bagaimana ya caranya supaya bisa sukses mengembangkan UKM secara online?

Tentu saja dengan memanfaatkan berbagai fitur gratis baru dari Google yang bisa membantu pelaku usaha mengembangkan bisnis dengan beriklan secara online, yakni gunakan Google Bisnisku dari browser apapun. Google Bisnisku menjadi platform gratis dari Google yang memungkinkan bisnis untuk ditampilkan di Google penulusuran dan Maps. Kehadiran Google Bisnisku ini bukti Google dalam mendukung UKM. Berikut ini adalah cara sukses mengembangkan UKM secara Online dengan Google Bisnisku:

1. Buat Postingan di Google Bisnisku


Ilustrasi Foto untuk Google Bisnisku (Sumber Foto by Canva)
Dengan postingan ini, pelaku usaha dapat menampilkan konten yang tepat waktu kepada pelanggan ketika listingannya muncul di Google Penelusuran. Jangan lupa juga untuk membuat konten yang menarik yang bisa disukai pelanggan. Dengan postingan di Google Bisnisku bisa membantu pelaku usaha berkomunikasi lebih mudah dengan pelanggannya. Seperti berbagi menu spesial atau promo terbaru yang menarik perhatian pelanggan, kenalkan produk andalan atupun layanan terbaru, promosikan event menarik bisnis yang akan berlangsung, dan pelanggan dapat lakukan reservasi, mendaftar di newsletter, hingga lakukan pembelian dari website.

Untuk melakukan postingan pun sangat mudah, tinggal masuk ke Google Bisnisku, klik buat postingan yang nantinya akan terlihat opsi untuk menambahkan foto, teks, acara dan tombol ke postingan. Jangan lupa masukkan informasi yang relevan. Setelah membuat postingan, klik pratinjau, kalau sudah ok klik publiskasikan. Setelah dipublikasikan, postingan akan terlihat di Google Penelusuran dan Maps dalam beberapa saat. 

2. Kelola listing dalam browser

Jika biasanya listingan ini bisa di kelola dari aplikasi, kini bisa semakin mudah dengan mengelolanya dari Google Penelusuran. Dengan cara masuk ke akun, pengguna bisa langsung mengelolanya dengan mudah, termasuk berkomunikasi dengan pelanggan melalu postingan. Selain itu pengguna juga bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap bisnis dengan berbagi konten menarik, seperti foto-foto produk atau layanan. Dan tentunya menambah atau mengubah informasi postingan dengan mudah. Untuk bisa mengaksesnya bisa dilakukan dengan cara:
  • Temukan bisnis di Google penulusuran, yang nantinya akan melihat pilihan menu baru tepat di kanan atas di Google Hasil Pencarian. Pengguna cukup memastikan saja sudah terhubung dengan akun bisnisnya supaya bisa menemukan menu tersebut.
  • Klik pilihan edit, kemudian akan terlihat seluruh informasi bisnis yang dapat diubah. Pengguna pun dapat langsung mengubah informasi dan mengunggah foto.
3. Test My Site

Sudah memiliki situs bisnis, jangan lupa untuk melakukan uji kecepatan situs selular di testmysite.withgoogle.comDengan begitu pebisnis UKM dapat menguji kecepatan selular situs bisnisnya, sekaligus mendapatkan rekomendasi langkah-langkah untuk meningkatkan performa situsnya. Dengan test ini pebisnis bisa memberikan pengalaman selular yang cepat dan nyaman untuk pelanggan.

Setelah melakukan test ini akan didapatkan hasil, mulai dari uji kecepatan pada koneksi 3G, analisis data situs serta kegunaan selular, waktu pemuatan situs, hingga rekomendasi untuk mempercepat situs.


Dokumen Pribadi
Kemudahan dari Google Bisnisku ini, dirasakan betul oleh 3 pelaku UKM yang sudah sukses, seperti Fadly Sahab pemilik Zap Clinic, Aprilia Melisa pemilik Let's Go Gelato, dan Andina Nabila Irvani pemilik Slight Shoes. Ke 3 narasumber ini merasakan betul kesuksesan dengan penggunaan digital. Kalau pusing bagaimana caranya, bisa dengan belajar segala hal tentang digital dari Youtube dan lainnya, itulah yang dilakukan pemilik Zap clinic.

Dengan digital, akan ssemakin cepat juga berinovasi. Seperti yang dilakukan pemilik Slight Shoes, yang berawal dari usaha sepatu lukis, dan ternyata banyak yang mengikuti, dia pun berinovasi ke sepatu wanita. Jadi ga ragu lagi dong ya untuk mengikuti jejak mereka untuk sukses mengembangkan UKM secara online dengan berbagai fitur dari Google Bisnisku.

Selain menghadirkan kemudahan untuk mengembangkan usaha secara online, dukungan Google Untuk UKM juga dilakukan dengan:


  • Melakukan program pelatihan pelaku usaha yang diadakan di 10 kota. Dengan hampir 20.000 peserta yang telah mengikuti kursus peningkatan kemampuan digital melalui Gapura (Geraka Pelatihan Usaha Rakyat).
  • Bisa menggunakan aplikasi edukasi mobile gratis khusus untuk pebisnis yakni Primer yang telah diunduh 40.000 kali. Diluncurkan sekitar bulan Agustus dan berisi 24 kursus bisnis dengan durasi 5 menit.
  • Buat iklas bisnis hanya 10 menit dengan AdWords Express. Bisa langsung tentukan anggaran, target lokasi, hingga kategori bisnis. AdWords Express ini akan mengelola iklan secara otomatis.
  • Pembayaran iklan bisnis semakin mudah dengan ATM Payment yang bisa dilakukan lewat 83 bank yang terintegrasi dengan ATM bersama. Jadi sekarang bisa banyak pilihan alat pembayaran, mulai dari transfer dana, kartu kredit dan PayPal. Transfer dana pun bisa juga dilakukan melalui SMS dan Mobile Banking, Internet Banking, hingga Teller Bank.
Adaanya berbagai kemudahan dan dukungan Google Untuk UKM, pelaku UKM bisa memulai semuanya, teermasuk mengembangkan usahanya melalui online. Karena dengan online bisa mempertemukan pengusaha dan pelanggan dengan cepat dan mudah. Apalagi sekarang semuanya serba digital. Dengan perkembangan digital saat ini, pelaku usaha bisa terus berinovasi dan mengikuti perkembangan.

Ayo yang punya usaha, sudahkah cek situsnya dan menggunakan Google Bisnisku?

Baca juga: Bijak Memilih Investasi

You May Also Like

58 komentar

  1. Lengkap pisan. Siap jadi fasilitator Gapura Digital ini siii :)

    BalasHapus
  2. Google emang concern banget dgn UKM dan women empowerment yak. Good job!

    Btw... Jason Tedjasukmana makin keren ajaahhh 😆😆😆

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Wah, bisnis UMKM semakin mudah dan didukung banget ya... Tinggal konsistensi penggiatnya nih... Semangat!

    BalasHapus
  4. google bisnisku ..brilliant. One day, saya akan pake ini untuk bisnis. Sekarang ... tinggal mikir mo bisnis apaan yaaak? #seriusmikir

    BalasHapus
  5. Wah saat ini UMKM dan womenprenuer dapat kesempatan berkembang makin baik dendan google bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, apalagi UKM tulang punggung perekonomian kita

      Hapus
  6. UKM termasuk bisnis yang tahan banting. Ketika krisis ekonomi melanda biasanya yang paling bertahan adalah UKM di saat bisnis korporasi pada tumbang.

    Sekarang pun di saat makin marak toko online yang paling kena dampak adalah bisnis besar. Semoga UKM semakin berjaya. Keren nih Google kalau dukung UKM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba UKM paling kuat ya. Apalagi sekarang makin tumbuh dan semakin banyak

      Hapus
  7. Baru tahu ada google bisnis. 😊

    BalasHapus
  8. wah keren, google juga mendukung kemajuan ukm di Indonesia :)

    BalasHapus
  9. UKM tumbuh kaya jamur di musim hujan. Faktor kemudahan yang buat orang ingin mengembangkan hal ini. Terpenting, konsisten menjalaninya yaa...

    BalasHapus
  10. Bener tuh mbak, UMKM harus didukung, agar negeri ini bisa makmur

    BalasHapus
  11. Wahh kereen ada google bisnis. Baru tau. Bsk pgn coba ahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pake mba, biar usahanya makin maju

      Hapus
  12. Aku belum punya usaha sendiri nih mba, google bisnisku ini sangat menarik, saya info ke saudara dan teman-temanku yang sudah berwirausaha ah, supaya bisnis mereka semakin dikenal banyak orang. Thank you google yang sudah sangat peduli terhadap UKM Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba infokan saja, semoga bermanfaat

      Hapus
  13. baru tahu ni kalau ada google bisnis, coba pake google bisnis ah buat usaha supaya bisnis dapat berkembang.

    BalasHapus
  14. Makasih mbak infonya, aku lg butuh bgt info2 seperti ini.. Nuhun :)

    BalasHapus
  15. wah thx buat infonya ya. mau aq share ke temenku yang lagi mulai menjalankan UKM.

    BalasHapus
  16. ada marketplacenya gk ya kak, pengen liat etalasenya :)

    salam kenal

    www yukgas id

    BalasHapus
  17. Saya baru coba testmysite, tapi belum coba Google Bisnisku. Sekarang masih kerja full time di kantor, tapi emang pengen kerjanya di rumah dan nggak full time. Di masa mendatang kalau sudah terjun, pastinya fitur ini berguna banget karena Google dipake sejuta umat. Thanks for sharing, Mbak Liswanti!

    BalasHapus
  18. UKM lokal memang sekarang banyak. namun belum banyak yang bergerak secara online.
    Google bisnisku ini bagus buat memulai bisnis secara online.
    mudah2an kedepannya UKM indonesia bisa berjaya secara internasional di bidang online

    BalasHapus
  19. Google juga memikirkan UKM dan bisnis ya. Dan bagus buat pelaku bisnis online UKM kayak aku begini.
    Semoga ke depannya makin banyak pelaku UKM2 ya di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba. Sukses juga buat bisnis mba Oline

      Hapus
  20. kemarin sih udah sempet buka google business, tapi antara bingung pakainya dan kesibukan dunia nyata, belum bisa mengoptimalkan, hehe

    BalasHapus
  21. Wah acaranya keren, ga nyangka kalo Google segitu perhatiannya sama UKM, jadi pengen berwirausaha nih

    BalasHapus
  22. Saya ikut kelas gapura digital di makassar dan banyak mendapatkan ilmu serta terpacu utk berbisnis dgn google bisnisku

    BalasHapus
  23. Emang Suami saya juga pakai Google bisnis dan memuaskan :)

    BalasHapus
  24. Google untuk UKM juga buka kelas lho setiap bulannya secara gratis untu pelatihan google search engine dan sebagainya.

    BalasHapus
  25. UKM go online, terbantu banget dengan adanya google bisnisku. Pas banget untuk perempuan yang ingin berwirausaha sekaligus tetap dekat dengan keluarga.

    BalasHapus
  26. Langsung cobain aaaah... Makasih infonya mak.

    BalasHapus
  27. Hebat ya kemajuan digital ini, bisnis secara online memang sangat meningkatkan daya jual, jadi pas banget ini dukungan google bisnis untuk UMKM ini.

    BalasHapus
  28. Bagus bgt ini programny, google bisnis untuk ukm. Karna memang biasanya masyarakat daerah saat memulai usaha selain terkendala modal jg terkendala sistem informasi dan promosi. Smeoga ukm Indonesia semakin maju dgn adanya google bisnis untuk ukm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga UKM selalu maju dan berkembang ya

      Hapus
  29. Makin banyak ya fasilitas untuk pelaku UKM, salah satunya Google Bisnis ini. Ntar kalau mau mulai usaha kuliner, bisa dicoba dan pelajari situsnya.

    BalasHapus
  30. Tulisannya sangat mencerahkan sekali.

    Sangat direkomendasikan kepada pegiat ukm yg belum tau. Semoga yg belum tau jadi tau ya mbaaa...

    Rugi kalo ga pake google bisnisku

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.