3 Manfaat MUVON Aplikasi

by - Senin, Desember 04, 2017


[Teknologi] Gaya hidup halal sekarang ini tengah menjadi tren, bukan saja di negara mayoritas muslim seperti Indonesia, tapi sudah menjadi tren global. Bahkan di beberapa negara yang mayoritas penduduknya non muslim, juga sudah mulai menerapkan gaya hidup halal atau Halal Lifestyle, salah satunya wisata halal ke berbagai negara yang akhirnya membuka peluang bisnis. Sekarang ini juga sudah hadir aplikasi muslim berbasis teknologi Over The Top yakni Muvon.

Muvon Halal Lifestyle

Pada tanggal 30 November 2017 saya dan teman-teman blogger menghadiri langsung acara peluncuran Movon Halal Lifestyle yang berlangsung di Gedung Muhammadiyah Menteng Jakarta. Acara ini dihadiri langsung Gatot Triyanto selaku Direktur Utama, Khairallah selaku Project Director Muvon, Perwakilan Dirjen Kominfo, hingga dari Muhammdiyah.

Terus apa itu Muvon?


Muvon ini adalah sebuah layanan aplikasi terintegrasi berbasis teknologi Over The Top dengan pilihan menu layanan berupa media televisi, online shopping produk dan jasa halal, serta layanan search engine untuk pencarian lokasi Mesjid, Rumah Sakit, sekolah dan kampus. Kehadiran aplikasi Muvon ini bisa menjadi satu solusi kebutuhan masyarakat di era digital dalam satu geggaman. Muvon App dikembangkan atas kerjassama TV Muhammadiyah dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia.

Filosofi Muvon adalah peralihan app dari teknolog biasa menjadi teknologi modern (OTT), sehingga kata Muvon terdengar seperti "move on to high technology" yang menekankan keunggulan dalam kecepatan inovasi dan interaksi sosial. Diciptakannya Muvon Mobile App yang juga memiliki makna "Muhammadiyah Vision" dilandasi oleh visi:

  • Mengembangkan ekosistem gaya hidup halal dengan dukungan teknologi Over The Top.
  • Meningkatkan taraf hidup ummat dengan berlandaskan ekonomi syariah. 
  • Memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk seluruh ummat.
Tentunya semua itu dengan dimotori oleh keluarga besar Muhammadiyah. Kehadiran Muvon aplikasi ini bertepatan dengan 4 tahun hadirnya tvMu. Muvon App sendiri mengusung tema "Halal Lifestyle" dalam kontennya, sebagaimana visi tvMu "menjadi media dakwah dan amar ma'ruf nahi munkar yang terdepan, cerdas, dan mencerahkan, sekaligus sebagai salah satu amal usaha yang memberikan manfaat bagi umat dan keuntungan bagi persyarikatan".

Sedangkan salah satu misi Muvon App memberikan banyak manfaat bagi penggunanya dan melibatkan pengguna untuk saling berbagi, baik dalam memberikan informasi, maupun dalam memajukan kehidupan ekonomi yang lebih baik. Muvon Aplikasi juga akan memberikan beberapa layanan yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Ada 3 manfaat Muvon Aplikasi yang bisa dirasakan:

  1. Nonton saluran inspirasi dalam satu aplikasi. Disini pengguna bisa menonton saluran-saluran inspirasi, dakwah hingga bisnis. Salah satunya tvMu. Bahkan bisa juga nonton saluran tv nasional dan internasional di aplikasi muslim pertama yang satu ini.
  2. Mudah mendapatkan informasi. Disini pengguna bisa mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan, misal mencari rumah sakit terdekat, bisa menggunakan aplikasi Muvon ini. Selain fitur HospitalMu, ada juga fitur SekolahMu, KoperasiMu, MesjidMu, PasarMu, hingga mencari teman di TemanMu. 
  3. Mencari pekerjaan. Bagi para pemuda pemudi muslim yang saat ini sedang tidak memiliki pekerjaan, di Muvon juga ada fitur JobsMu. Dimana akan ada banyak referensi pekerjaan yang halal dan peluang untuk berwirausaha bagi yang ingin berwirusaha.
Selain 3 manfaat di atas. tentunya ada banyak juga manfaat lainnya yang bisa menjadi keunggulan dari aplikasi muslim pertama yang satu ini dan mendukung gaya hidup halal. Bahkan untuk yang sedang berbisnis bisa banget berdagang secara gratis melalui fitur PasarMu yang bisa dilakukan secara gratis. Atau mungkin malas ke luar rumah buat bayar listrik, di aplikasi yang satu ini semuanya bisa. Mau itu bayar listrik, air, pulsa dan lain-lainnya.



Bukan itu saja kehadiran Muvon aplikasi ini bisa bermanfaat juga buat yang suka ngevlog neh, karena kita bisa upload video di aplikasi ini, sekaligus live streaming. Dalam peluncuran ini saja, langsung dilakukan percobaan dalam live streaming dengan seorang Citizen Jurnalism yang berada di Beijing. Kehadiran Muvon diharapkan bisa membantu seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan gaya hidup halal, supaya semuanya pun semakin berkah.

Saat ini aplikasi Muvon bisa diunduh di Google Playstore. Biarpun masih versi beta (uji coba), dan bisa dinikmati pengguna seutuhnya pada akhir Februari 2018, Insya Allah. Nah buat yang penasaran dengan aplikasi yang satu ini, informasi lengkapnya bisa cek juga do instagramnya @muvon_app atau unduh langsung ya.

You May Also Like

11 komentar

  1. pokoknya klo yang halal halal ane suka mak...
    semoga aplikasi ini bisa membantu bagi para penggunanya dan menemukan sesuatu yang halal

    BalasHapus
  2. wah baru tau ttg aplikasi ini, makasih infonya ya mba Lisss...

    BalasHapus
  3. Oh jadi itu fungsi aplikasinya, tak pikir itu aplikasi apa, namanya muvon tapi halal lifestyle. Hihihu

    BalasHapus
  4. Muhammadiyah josss, Islam berkemajuan. Sukses Muvonya.

    BalasHapus
  5. Lengkap ya mak content aplikasinya ��

    BalasHapus
  6. Namanya mudah diingat ya Muvon mirip move on. Noted, bagus nih utk referensi kehalalan

    BalasHapus
  7. Aplikasi yg mudah diingat namanya, pakai muvob harus move on hee.. Makasih infonya ya, halal is good

    BalasHapus
  8. konsepnya halal yaa mbakk... sampai find mesjid pun ada, ini aplikasi menarik, wahh bahkan dari find mesjid ke upload video sendiri ke aplikasi ini,

    meskipun menurut saya aplikasi ini ga ber"niche" khusus, kayak gado2 gitu, tapi semua ada dan semua di fasilitasi, jadi kelihatan lengkap dan menjanjikan soal fitur nya

    BalasHapus
  9. Pas buat saya yang lagi belajar jadi video blogger mak

    BalasHapus
  10. move on dengan muvon app. tak coba ah. mulai mau mikir mikir bikin blog nih mba

    BalasHapus
  11. Asiknya ada aplikasi yang membuat kita tak ragu tentang informasi soal halal dan bahkan mencari pekerjaan? Wah keren

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.