4 Jenis Mahar Untuk Pernikahan


[Wedding] Hari pernikahan sudah di depan mata, pasangan pegantin menanti dengan penuh bahagia. Perjalanan cinta akan berakhir dengan penuh canda tawa dalam kebersamaan. Menikah menjadi moment yang sangat berharga, sakral, dan peting sekali, dimana pasangan akan mengucapkan janji suci pernikahan. Seorang laki-laki yang sudah mantap membawa pasangannya menuju kehidupan yang baru, pasti sudah siap dan akan bertanggung jawab untuk keluarga barunya. Maka dari itulah, saat pernikahn seorang lelaki akan memberikan mahar kepada pujaan hatinya.

Dalam pernikahn islam, rukun nikah adalah adanya pegantin lelaki, pegantin perempuan, wali, 2 saksi lelaki, dan akad nikah. Dalam proses akad nikah, lelaki akan memberikan sejumlah mahar kepada perempuan. Mahar ini wajib ada dan penting dalam sebuah pernikahan. Setelah sekian lama saya membantu beberapa pasangan dalam mempersiapkan pernikahan. Banyak sekali ide menarik dari para pasangan untuk mas kawin. Saya rangkum saja menjadi 4 jenis mahar untuk pernikahan, seperti:

Perhiasan

Ternyata perhiasan memang menjadi pilihan untuk dijadikan mahar yang diberikan lelaki kepada perempuan. Bisa dalam bentuk kalung, cincin, gelang hingga berlian. Tinggal dipilih deh sesuai budget, mau berapa karat dan perhiasan apa saja yang akan diberikan.

Logam Mulia

Pilihan mahar yang kedua yang paling disukai adalah logam mulia. Apalagi kalau pegantin perempuan tidak suka memakai perhiasan, lebih enak memberikannya logam mulia. Apalagi mahar yang satu ini juga cocok buat investasi di masa depan.

Uang

Biasanya neh, pegantin lelaki memberikan mahar kepada perempuan dalam bentuk uang, dan dirangkai dalam bingkai dengan nominal khusus. Jenis uang yang diberikan juga ada yang dalam bentuk ruiah, dinar, hingga dollar. Untuk uang dalam bentuk dinar juga cocok loh untuk investasi, karena nilainya lebih stabil dibanding mata uang lainnya.

Kamera

Mahar kamera ternyata disukai loh, seperti beberapa waktu lalu saat teman menikah, dia memberikan 3 kamera untuk istrinya yang senang dengan fotografi, mulai dari kamera antik, mirrorless, dan kamera pocket.

Itulah 4 jenis mahar untuk pernikahan yang bisa diberikan kepada pegantin perempuan. Dan ke 4 jenis mahar ini yang sering saya lihat atau klien konsultasikan, karena memang harus dirangkai dan dihias saat hari pernikahan. Sebenarnya masih banyak sekali jenis mahar, salah satunya ada yang pernah memberikan buku, miniatur sepeda, hingga ruko. Yang pasti neh dalam memberikan mahar harus sesuai kemampuan. Karena mahar adalah sebuah tanda cinta dari suami kepada istri. Dan semoga tujuan pernikahan untuk membangun sebuah rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warahmah diridhoi Allah SWT. Sehingga pernikahan pun berkah, dan bahagia. Amin.

38 komentar

  1. Woah unik ya mahar kamera. Kalo aku dulu cari gampang lebih milih uang...hehehe...

    BalasHapus
  2. Wah boleh juga nih ide kaish kamera sebagai mahar, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah banyak mba, apalagi kalau cewenya suka banget foto narsis hehehe

      Hapus
  3. Cantik tuh, yang mahar kamera. :D Dulu waktu nikah masih lugu, gak ngerti teknologi. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku juga dulu begitu, coba minta maharnya kamera ya hehehe. Dulu aku juga pakenya perhiasan.

      Hapus
  4. Keren maharnya. ^_^ Sekarang teknologi bisa dibuat mahar juga.

    BalasHapus
  5. Wow unik banget teh, mahar kamera, mungkin mahar jenis ini cocok buat blogger travelwr ini mah hihi
    Dulu aku lebih prefer emas sih ketimbang uang. Kalo emas bisa disimpen dan bisa bermanfaat sewaktu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang enaknya emas atau uang mba kalau mahar. Itu gatau kenapa temanku memilih kamera.

      Hapus
  6. Emas paling mantap jadi mahar, harga naik terus mak. Tapi kalo mau dikasih mahar eh hadiah lagi sama suami, pengennya camera :)

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau ada mahar kamera. Tapi ya namanya mahar, sesuai kesepakatan bersama ya mbak, yg penting tdk memberatkan dan tdk menyulitkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali yang penting tidak memberatkan, dan iitu sudah sesuai kessepakatan bersama.

      Hapus
  8. Maharnya mahal2 ya..hihi..tp boleh juga buat ide..

    BalasHapus
  9. Waahh... Baru tau saya ternyata sekarang kamera bisa di terima sebagai mahar. Ahh... Beli kamera dari sekarang ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh itu semua tergantung keingian mas, kan ada juga yang maharnya mobil, motor atau bahkan rumah. Kamera juga bisa, kan mempunyai harga yang lumayan juga.

      Hapus
  10. Pada masa depan, jenis mahar akan makin unik kayaknya ya Mbak... Gak cuma kamera nanti. Bisa jadi kapal pesiar atau tas branded. Hehehe

    BalasHapus
  11. Kalo boleh nambahin mba, makeup full set dan teman - teman nya hihi

    BalasHapus
  12. Kameraaa.. Hihii dulu klo suka kamera aku juga mau mba dikasih ini :D
    Mahar cari yg nggak memberatkan sang calon suami insya Allah bgitu ya mba seharusnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu, yang penting jangan samai memberatkan calon suami.

      Hapus
  13. Baru tahu mbak, ada yang kasih mahar kamera.
    Tapi suami kasih mahar cincin dan uang, eh sekarang uang maharnya jadi oven buat bikin camilan keluarga

    BalasHapus
  14. yg terakhir cucookkk mbk, suka suka suka

    BalasHapus
  15. Ternyata kamera juga bisa jadi mahar. Unik dan menarik.

    BalasHapus
  16. Agak terkejut ternyata kamera bisa dijadikan mahar juga... Idenya unik

    BalasHapus
  17. Ketiga mahar tersebut sudah biasa, yang unik itu mahar kamera. Coba yah waktu itu saya dikasi mahar kamera, mungkin kamera itu sekarang sudah raib. Diambil oleh anak-anak saya hehehe ...mereka hobbinya motret sih.

    BalasHapus
  18. Nah, iya mba Lis, aku juga gak suka perhiasan jadinya mahar logam mulia aja.. :D Bisa juga ya mahar bentuknya hobi yang disukain istri kayak kamera gitu.. Buat majar jadi bisa makin bervariasi..

    BalasHapus
  19. Kalau ditempat saya mahar kamera masih tergolong aneh. Tapi, asyik juga kalau ada yang kasih mahar kamera, sekalian dengan tiket jalan-jalan. Hahaha

    BalasHapus
  20. mahar uang logam mulia, emas, uang udah kayak wajib ya Mbak... boleh juga nih maharnya sesuai hobi, kalo istrinya hobi naik gunung boleh maharnya seperangkat alat outdoor ya ^^

    BalasHapus
  21. Sumpeh bikin galau..
    Mau donk maharnya kamera aja..
    Lg seneng photography nih..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.