Bersama BPK Kawal Harta Negara Untuk Indonesia Yang Sejahtera


 

Ketika kita memiliki sejumlah harta, baik itu tanah, sejumlah uang, perhiasan, properti hingga kendaraan, tentunya akan dikelola dan jaga dengan sebaik mungkin, untuk masa depan yang lebih sejahtera, lebih baik dan bahagia. Begitupun dengan negara, yang memiliki sejumlah harta, akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan rakyat. Dan disinilah peran BPK kawal harta negara untuk Indonesia yang sejahtera.

Kawal harta negara bersama BPK untuk kesejahteraan rakyat


Dalam ilmu akuntansi, harta disebut juga aktiva atau assets, yang merupakan harta benda ataupun hak yang dimiliki oleh perusahaan. Memiliki sejumlah harta sebaiknya dipergunakan sebaik mungkin. Harta yang dimiliki hendaknya dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Seperti halnya harta yang dimiliki oleh Indonesia yang bisa dipergunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Banyak sekali harta atau aset negara, mulai dari jalan, gedung, tanah, bangunan, hingga bendungan air.

Ilustrasi harta negara (dokumen pribadi) Lokasi Pangkalpinang
Bersumber dari berita di Okezone, dari hasil revaluasi (kajian penghitungan ulang) pada tahun 2017 ada kenaikan nilai revaluasi aset hingga 271%. Pada tahun 2017 jumlah aset yang direvaluasi sebanyak 356.888 item, ternyata pada proses revaluasi mendapati BMN (Barang Milik Negara) yang belum dicatat karena jumlah aset menjadi 365.242 item. Yang artinya ada kelebihan sebanyak 8.354 item dari yang ditargetkan pada 2017. Dengan begitu yang tadinya jumlah BMN mencapai Rp. 678 triliun setelah revaluasi menjadi 365.242 item, maka nilai asetnya menjadi Rp. 2.499 triliun.

Dengan aset atau harta yang dimiliki Indonesia ini tentu harus dijaga dan dikelola dengan sebaik mungkin untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Maka dari itu, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) bertanggung jawab untuk kawal harta negara dengan memeriksa pengelolaan keuangan negara.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah sebuah lembaga negara yang bebas dan mandiri, untuk bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara. BPK memiliki 2 peran dan tugas pokok:
  • BPK adalah pemeriksa semua asal usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. 
  • BPK harus mengetahui tempat uang negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan.
BPK memiliki visi menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.  Sedangkan misinya adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri, serta melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional. Keberadaan BPK sendiri ditetapkan oleh Undang-undang Dasar 1945, yakni Pasal 23E:

Sumber BPK
  • Untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksa Keuangan yang bebas dan mandiri.
  • Hasil pemeriksaan keuangan negara diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat, Dean Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, sesuai dengan kewenangannya.
  • Hasil pemeriksaan tersebut ditindaklanjuti oleh Lembaga Perwakilan dan/atau badan sesuai dengan Undang-undang.
Banyaknya kasus korupsi di Indonesia yang merugikan negara milyaran, hingga trilliunan ruiah, menjadikan semua pihak sangat penting untuk kawal harta negara. Jangan sampai uang yang seharusnya buat kesejahteraan rakyat, malah di makan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kita semua harus selalu mendukung kerja BPK kawal harta negara. Apalagi BPK memiliki tugas yang tidaklah mudah, karena ada beberapa tugas yang harus dijalankan, mulai dari: 

  • Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh pemerintah pusat,  Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan Lembaga atau Badan lain yang mengelola keuangan negara.
  • Melaporkan kepada penegak hukum jika dalam pemeriksaan ditemukan indikasi tindak pindana.
  • Memantau pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat entitas yang diperiksa, dan hasilnya dilaporkan secara tertulis kepada lembaga perwakilan dan pemerintah.


Sumber BPK
Dengan tugasnya ini BPK telah membuktikan dengan menyelamatkan keuangan negara senilai Rp. 13,70 trilliun pada semester I tahun 2017. Dimana jumlah ini berasal dari penyerahan aset/penyetoran ke kas negara, koreksi subsidi, dan koreksi cost recovery. Bahkan BPK berkontribusi terhadap peningkatan kinerja. Dimana BPK telah memberikan 463.715 rekomendasi yang membuat pemerintah, BUMN/BUMD dan Badan lainnya untuk bekerja lebih tertib, hemat, efisien, serta efektif.

Dengan menyelamatkan keuangan negara, harta yang dimiliki Indonesia bisa dipergunakan untuk hal yang bermanfaat, baik untuk infrastruktur, pengentasan kemiskinan, hingga perbaikan gizi masyarakat. Kawal harta negara bisa juga terlihat bagaimana selama periode 2003 sampai 30 Juni 2017, BPK telah melaporkan 447 temuan berindikasi  pidana senilai Rp. 44,74 trilliun kepada kepolisian RI, Kejaksaan RI, dan KPK sebagai aparat penegak hukum. Ini tentu kerja yang bagus dari BPK, semoga saja Indonesia semakin aman dari para koruptor, menjadikan Indonesia semakin sejahtera.

Melihat kinerja BPK saat ini, tentu semua jadi penasaran, apa saja jenis pemeriksaan yang dilakukan BPK, sehingga mampu menyelamatkan keuangan negara? Sebelum itu, harus tahu dulu neh, salah satu wewenang BPK, yakni menentukan objek pemeriksaan, merencanakan, dan melaksanakan pemeriksaan, menentukan waktu dan metode pemeriksaan, serta menyusun dan menyajikan laporan pemeriksaan. Sistem kerja BPK pun dimulai dengan Pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, obyektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Jenis pemeriksaannya meliputi:
  • Pemeriksaan Keuangan: Pemeriksaan atas laporan keuangan.
  • Pemeriksaan Kinerja: Pemeriksaan atas aspek ekonomi, efisiensi, dan efektivitas.
  • Pemeriksaan dengan tujuan tertentu: Pemeriksaan yang tidak termasuk dalam pemeriksaan keuangan dan kinerja.
Ilustrasi masyarakat (dokumen pribadi)
Kita semua tentu tidak ingin harta negara hilang dan dikorupsi, adanya BPK menjadi sangat penting. Karena BPK akan melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik negara, bagaimana pembukuan dan tata usaha keuangan negara, hingga pemeriksaan terhadap rekening koran, bukti-bukti, pertanggung jawaban yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan negara. Dengan begitu, BPK semakin menunjukkan tugas dan wewenangnya dalam kawal harta negara untuk Indonesia yang sejahtera. Rakyat sejahtera, negara pun semakin maju dan berkembang.




Info penting tentang BPK dari beberapa sumber:
  • http://www.bpk.go.id/archive/news/siaran-pers-63
  • www.bpk.go.id
  • http://www.bpk.go.id/news/bpk-selamatkan-keuangan-negara-senilai-rp1370-triliun-pada-semester-i-tahun-2017
  • https://economy.okezone.com/read/2018/01/15/20/1845405/hasil-revaluasi-aset-negara-2017-naik-217-jadi-rp2-499-triliun

50 komentar

  1. makasih mba Lis, informatif banget artikelnya, berat tapi pentinggg...

    BalasHapus
  2. Sekali-kali perlu juga ya mengetahui hal-hal yang berat kayak gini. Biar makin banyak tahu berbagai hal yang ada

    BalasHapus
  3. Wow mantab ini informasinya. BPK memang perlu juga kita kawal kalau menurutku, mengawal si pengawal hehe

    BalasHapus
  4. Kalau duit negara di kawal ketat sama BPK pasti nggak ada yang korupsi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga saja yang korupsi ga ada lagi di Indonesia ya.

      Hapus
  5. gak bisa membayangkan jika BPK tidak ada, apakah mereka para pengguna anggaran negara masih mau disiplin dalam melakukan pencatatan, pelaporan dan efisiensi anggaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberadaan BPK memang sangat penting sekali ya.

      Hapus
  6. Amanah dan tugas berat ada di pundak BPK

    BalasHapus
  7. Mantaaab, tema ini berat bagi saya :)

    BalasHapus
  8. Tulisan menarik tentang bagaimana lembaga negara mengawal harta negara untuk kesejahteraan rakyat Indonesia

    BalasHapus
  9. Semoga BPK bisa melakukan kerjanya dengan baik, supaya negara kita bebas dari korupsi.

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Kerja di lembaga ini mesti siap juga kalau sometimes ada omongan2/tuduhan2 miring. Dikira staffnya bisa mudah dapat uang suap sekoper he he. Memangnya nggak bakal ketauan? Padahal tugasnya menantang, termasuk harus ke daerah2 & meninggalkan anak istri. Kadang pihak yang diperiksa ngeyel hehe, rekanan yang kerjanya nggak beres kok masih dipakai lagi untuk proyek2 dinas. Kalau mau diceritakan suka dukanya kayaknya bisa berlembar-lembar hihi. Tapi semoga Allah catat niat kerjanya sebagai ibadah salah 1 cara berbakti untuk negara dan berusaha cari nafkah yang halal.

      Hapus
  11. Berat juga ya tugas BPK. Apalagi yang diperiksa, haruslah lebih amanah terhadap uang negara.

    BalasHapus
  12. BPK harus bener-bener ngawal yah mba. Makasih banget artikel nya. Walaupun berat tapi ini penting banget

    BalasHapus
  13. Topik yang berat nih buat aku. Soal ekonomi hahaa..

    BalasHapus
  14. Terima kasih buat sharing-nya, mbak Lis. Semoga aparat BPK terus semangat mengawal transparansi kinerja lembaga negara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Mari sama-sama kawal harta negara

      Hapus
  15. Setuju Ceu. Harta negara harus dikawal biar sampai tujuan dan rakyat bisa sejahtera. 👍🤓

    BalasHapus
  16. Para anggota BPK sungguh-sungguh berat tugas dan pertanggungjawabnnya kelak. Sudah begitu masih pula kerap dieyeli oleh yang diperiksa, ya? Duuh. Butuh keikhlasan tingkat dewa untuk jadi anggota BPK.

    BalasHapus
  17. Kawal harta negara?kita enggak akan kuat, biar BPK saja..kita dukung saja! :)

    Thanks Mbak..informatif artikelnya

    BalasHapus
  18. Mba berat banget ini aku ga sanggup apalagi Dilan hahaha

    Harapannya semoga BPK maksimal dalam memerankan fungsinya aamiin

    BalasHapus
  19. Kalau nggak ada BPK bisa banyak kebocoran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, dan kebocoran bisa makin membesar

      Hapus
  20. Duit trilyunan kalau tidak dikorup akan sangat manfaatnya bagi masyarakat. Semoga BPK tetap bisa mengawal harta negara dengan lancar dan terus berdedikasi.

    BalasHapus
  21. Wuihhh fulisannya berat nih hehe.

    BalasHapus
  22. klo baca berita soal bpk di koran ato situs berita kadang suka males ya, berasa berat aja topiknya, tapi di sini ditulis dengan apik dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  23. Kita patut berterima kasih dengan adanya BPK ya mbak, kalau gak kemana larinya uang negara kita gak bakal tahu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.