Tips Membuat Budget Kosmetik


[Review] Namanya perempuan selalu ingin tampil cantik, beli fashion, makeup dan kebutuhan lainnya. Terus gimana kalau budgetnya terbatas? Tentu saja kita harus cerdas dalam mengatur keuangan, apalagi sudah menikah, pasti mikirnya anak dulu. Saya termasuk yang perhitungan soal membeli kosmetik, karena setiap bulan uang yang saya dan suami dapatkan sudah di atur ke beberapa pos. Terus ada ga budget kosmetik?

3 tips membuat budget kosmetik

Saya adalah ibu dengan 2 anak, dimana kebutuhannya mereka terus bertambah, dari jajan, kebutuhan harian, hingga kebutuhan sekolah. Di masa depan, kebutuhan akan semakin besar, tidak salah kalau semua orangtua pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Melupakan semua keinginan beli ini dan itu, karena ada prioritas yang paling utama yakni anak-anak.

Saya termasuk yang sering banyak mikir, pengen beli ini itu, tapi gimana dengan kebutuhan anak? Ya sudah mengalah lagi. Tapi giliran kebutuhan harian kita habis, suka bingung sendiri deh. Akhirnya saya mulai membuat budget sendiri untuk kebutuhan pribadi, termasuk baju dan kosmetik, tentunya tanpa menganggu pos-pos yang sudah ada. Dan kebutuhan bulanan yang biasanya dibutuhkan, tentu kosmetik, kalau pakaian saya termasuk yang jarang banget beli baju. Ada 3 tips mudah nih dalam membuat budget kosmetik, yakni:

Ilustrasi (sumber by Canva)
  • Kenali kebutuhan kosmetik apa saja yang habis. Misal sebulan yang sering habis, ada pelembab, foundation, pembersih muka, hingga skin care. Di list dulu apa saja yang kurang dan memang dibutuhkan.
  • Setelah menerima gaji bulanan, buatlah pos-pos seperti biasa, mulai dari pos kebutuhan bulanan, zakat,  cicilan, hingga investasi. Dari kebutuhan bulanan, seperti uang belanja, biasanya saya mengatur lagi, menghitung uang makan dan kebutuhan lain, kalau bisa berhemat atau ada uang lebih, biasanya itulah yang saya simpan untuk menjadi budget kosmetik. Misal neh biaya makan perhari budgetnya 30.000 untuk beli lauk. Ayam 1/2 ekor 18.000, tempe 3000, dan kangkung 3 ikat 3000. Total pengeluaran 24.000. Sisa dong 6000, dan inilah yang saya simpan untuh bisa memenuhi kebutuhan beli kosmetik. Hitung aja kalau lebih bisa hemat lagi, 6000 x 10 hari udah 60.000 kan.
  • Belanjakan kosmetik sesuai dengan budget yang dimiliki, jangan sampai melebihi. Sebelum berangkat, usahakan list kebutuhan kosmetik, jangan sampai yang tidak penting malah dibeli. Dan pilihlah produk dengan harga terjangkau, tapi tetap cocok.
Bicara tentang kebutuhan kosmetik, saya paling sering beli pelembab, entah karena sering bergadang, yang pada akhirnya kulit jadi kering. Pelembab amppuh membuat kulit saya tidak kering lagi. Dan kemarin neh baru berkenalan dengan Zoya BB Cream.

Zoya BB Cream


Produk baru yang menemani keseharian saya kali ini adalah Natural White BB (Blemish Blm) Cream yang merupakan pelembab multifungsi yang dapat menjadikan kulit wajah tampak halus, cerah serta terlihat natural, namun tetap lembab dan ringan. Dengan grape seed oil sebagai antioksidan. Praktis digunakan sehari-hari untuk tampil cantik. Cocok untuk segala jenis kulit. Termasuk kulit sensitif saya. 

Beberapa kali menggunakan produk Zoya ini terasa ringan dan enak saat digunakan. Untung menggunakannya sangat mudah, tinggal oleskan saja, ga usah banyak-banyak tipis saja, biar hemat jugakan. Kulit jadi terasa lembab dan ringan. Ada 2 pilihan warna, yakni Sand/MKP02541 dan translucent/MKP02542. Translucent menjadi pilihan saya. Untuk harga juga terjangkau banget, di Tokopedia saja harganya 52.000.


Jadi buat yang suka belanja kebutuhan kosmetik dan pelembab, bisa di coba deh dengan produk yang satu ini perssembahan dari Zoya Cosmetics. Apalagi produknya suddah halal dan berlabel MUI. Untuk no POM 18160300023. Apalagi sebagai ibu dengan 2 anak saya tetap ingin terlihat depan suami. Tetap ya kita harus memperhatikan penampilan, termasuk makeup. Dan produk Zoya Cosmetics ini bisa jadi pilihan, produk berkualitas dan halal dengan harga yang sangat terjangkau.

9 komentar

  1. owhhh baru tau zoya ada BB creamnya mak, taunya produk lipstik duank

    btw itu tips bikin budget kosmetik boleh nih dicatet, soale aku gak ngebudgetin gitu, klo abis ya beli

    BalasHapus
  2. Penting nih bikin budget kosmetik, ya. Biar mata nggak nyentel ke kosmetik2 lain yang nggak penting :))

    BalasHapus
  3. Klaau gak direncanakan gini emang suka kalap mata. Jdai bisa beli yang nggak penting deh, haha. Keseringan gitu saya.

    BalasHapus
  4. Dahulukan beli yang mau habis, betul banget poin yang ini.

    BalasHapus
  5. Wah, kebetuln saya lagi nrari bb cream yang cocok. Mungkin mau nyoba zoya bb cream kali ya.

    BalasHapus
  6. Namanya emak-emak, klo gak dibudgetin, belanja kosmetiknya bisa bikin kantong jebol ya Mbak #pengalamanpribadi (",)
    Jadi kudu pake list, dan harus dicatat hihihi..

    BalasHapus
  7. OMG, aku ngga bisa beginiiiiii hahahahhaha. Tapi sekarang mulai jarang sih beli makeup, alokasi dananya untuk yang lain hihihihi. Tapi aku lagi kepengen Zoya Liquid Metalic ahhh tidakkkkk.

    BalasHapus
  8. Zoya BB Cream ini bisa didapatkan di minimarket gak, ya? Biar mudah gitu kalau lagi butuh BB Cream :)

    BalasHapus
  9. aku juga udah nyoba BB-nya Zoyaaa.., suka, simple buat dipake kalo mau ke acara2 gitu..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.