Trip Seru Ke Karacak Valley Garut


Yang namanya trip itu memang selalu seru, kemanapun itu. Paling senang kalau sudah trip bareng teman ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi sama sekali. Seperti beberapa waktu lalu, saya bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang ada di tempat kelahiran Garut Jawa Barat. Salah satunya adalah Karacak Valley.

3 Hal yang bisa dilakukan di Karacak Valley

Karacak Valley berada di kawasan Margawati, Garut Kota Sukanegla, Garut Jawa Barat. Karacak Valley merupakan tempat wisata baru di Garut Jawa Barat. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona. Pertama tahu tempat ini dari adik saya yang memang sering sekali mengunjungi tempat ini. Lokasinya memang lumayan jauh dari tempat tinggal kami. Dengan menggunakan roda dua sampai lokasi kurang lebih 40 menit, kami sempat berhenti di mini market untuk membeli minuman dan makanan. 


Sepanjang jalan menuju Karacak Valley kita bisa menikmati pemandangan Garut yang indah dan sejuk. Apalagi Karacak Valley tempatnya ada di atas ketinggian. Melakukan perjalanan ke Karacak Valley memang harus hati-hati, karena sepanjang jalan banyak sekali tikungan tajam dan tanjakan. Bahkan banyak juga lubang, jadi harus tetap fokus selama perjalanan. Biarpun begitu tak membuat saya mundur, apalagi ini trip yang sangat seru dan menyenangkan. Ini mengingatkanku akan kenangan beberapa tahun silam saat melakukan perjalanan mendaki gunung. Rasanya memang sudah lama sekali saya tidak mendaki.

Trip kali ini saya lakukan bersama adik untuk hunting foto. Kebetulan saya dan adik punya kebiasaan baru, yakni belajar memotret. Trip yang berkesan kali ini bukan saja dimanjakan keindahan alamnya, tapi juga drama menuju lokasi. Jadi, saat menuju lokasi yang banyakan tikungan, tanjakan dan berlubang serta berbatu ini memang tidak mudah. Adik saya memang sengaja bawa motor matic, ternyata dengan matic yang cc nya kecil, membuat saya harus turun dulu ketika jalanan berbatu dan tanjakan. Alhasil sepajang jalan banyak berhanti, membuat saya harus berjalan kaki, sedangkan adik mendorong motor yang ga kuat di tanjakan. Biarpun masih pagi, tapi memang bikin ngos-ngosan. 

Biarpun begitu, kelelahan saya terbayarkan dengan pemandangan alam yang indah sekali di Karacak Valley. Saat masuk pintu masuk pengunjung bisa melihat air mengalir, pemandangan alam dan pohon pinus. Karacak Valley ini sekarang jadi wisata yang hits di Garut dan wajib dikunjungi, karena ada 3 hal yang bisa dilakukan, mulai dari:


1. Pesona Curug Ngebul

Yup, hal pertama yang saya lakukan saat melakukan trip ke Karacak Valley adalah ingin melihat pesona Curug Ngebul, dan ternyata menuju lokasinya tak semudah yang orang bayangkan. Setidaknya butuh waktu satu jam lebih sampai lokasi dari pintu masuk. Entah itu karena saya banyak berhenti karena kelelahan dengan jalan yang banyak tanjakan, atau karena saya terlalu terpesona dengan keindahan alam di tempat ini. Sehingga sepanjang jalan banyak foto. 

Sepanjang jalan menuju curug ngebul, akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus, dan suara air yang mengalir. Dan tentunya kupu-kupu yang sedang menari dengan alam. Menuju Jurug Ngebul jangan takut ga ada tempat istirahat. Karena ada banyak pondok kecil, mesjid dan tempat duduk untuk istirahat sejenak. Biarpun menuju air terjun perjalanan banyak anak tangga, naik turun dan berliku seperti halnya kehidupan, lelah terbayarkan dengan pesona Curug Ngebul dengan airnya yang dingin dan udara sejuk. Usahakan mengunjungi tempat ini saat pagi, dan tidak sore ya.


2. Hunting Foto di Pohon Pinus

Saat ke Karacak Valley, kita akan disuguhkan dengan pemandangan dari pohon pinus. Disini kita bisa langsung hunting foto dan cocok banget buat yang prewedding. Menuju lokasi pohon pinus, pengunjung akan disuguhkan dengan perkebunan kopi. Saya sempat melihat ada kopi robusta, dan lainnya.

3. Camping


Biarpun saya ga merasakan camping di tempat ini, setidaknya lokasi ini bisa juga untuk camping bersama teman-teman. Ada lokasi camping ground yang bisa menjadi pilihan saat menikmati waktu libur. Kan camping di alam bebas itu sangat seru dan mengasyikkan.


Trip satu hari di Karacak Valley Garut memang seru sekali, saya berangkat dari pagi dan baru pulang saat sore hari. Seru dan menyenagkan di tempat ini. Di tempat ini juga sudah tersedia musholla dan toilet, serta warung. Jadi, kalau laper dan ingin masak mie instan, bisa banget deh. Apalagi kalau hari libur, kata adik saya pedagang juga ada. Dan lebih baik lakukan trip saat hari biasa, karena kalau weekend sangat rame, dan susah deh buat foto-foto cantik. Untuk masuk kawasan Karacak Valley sangat terjangkau banget, dewasa dikenakan 10.000 saja. Kalau naik angkot dari Terminal ambil jurusan Sukaregang atau Sukadana, dan turun di pangkalan ojek Margawati. Pengunjung bisa lanjut dengan ojek. Dan kalau bawa kendaraan pribadi, lebih enak sih naik motor roda 2.

14 komentar

  1. Voucher 1 juta nya utk minimal pemesanan seharga brp Mba Lis?
    Annyway asik banget ya pemandangannya masih asri.. pasti galeri HP langsung pada full sama foto yak? :P
    Ujung-ujungnya yg di upload hanya beberapa.. Hihi pengalaman saya gitu soalnya :p

    BalasHapus
  2. Wah, di hutan pinusnya pasti bagus deh buat hunting foto. Saya kalau ke sana pasti langsung cekrak-cekrek hehe.

    BalasHapus
  3. wah kalau saya ke situ pasti bakalan laamaaaa sampai tujuan. kerna dikit-dikit foto, lihat tempat bagus foto, kepleset foto. tapi emang keren banget pemandangannya.

    BalasHapus
  4. Seger banget tempatnya.
    Bikin adem kayaknya.

    BalasHapus
  5. Baru pertama baca destinasi Karak Valley. Garut emang memesona. Banyak tempat menunggu dijelajahi :)

    BalasHapus
  6. Tempatnya seger banget.Adem, sangat memanjakan mata.

    BalasHapus
  7. Wah suami saya orang sana. Tapi saya belum pernah diajak ke tempat itu. Ahhh nanti mau minta suami kalau gitu maen ke sana ��

    BalasHapus
  8. Ka Garut belum.pernah explore ke,sana padahal deketnya, next bareng keluarga mau teh,,

    BalasHapus
  9. Dari sejka ngobrol ma Liswanti tentang wisata Garut jadi pengen ke sana. :D

    BalasHapus
  10. wah ak taunya garut itu pantai sama pemandian air panas aja.. hutan pinus dan ada air terjun lengkap bgt klo ngajak main keluarga

    BalasHapus
  11. Tanjakannya melelahkan ngga ya?,, wkwkw,, musti bawa temen2 backpacker liat daerah ini

    BalasHapus
  12. Paling seneng deh mampir ke tempat yang hijau dan asri kayak gini. Banyak spot foto yang bagus juga ternyata :D

    BalasHapus
  13. Seru juga ternyata ya menjelajahi Garut, berarti harus datang lagi nih. Baru pernah datang sekali dan masih banyak yang belum dijelajahi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.