Ini Dia Hasil Uji Jaringan Indosat Ooredoo di Semarang, Demak dan Kudus


[Teknologi] Masuk bulan ramadhan alhamdulillah seru dan luar biasa nikmatnya. Biarpun ramadhan tahun ini tanpa anak-anak, saya bisa tetap merasakan berkah ramadhan dengan kumpul bersama suami saat sahur dan berbuka. Ada kalanya saya merasa sedih, karena biasanya sahur dan berbuka selalu seru dengan candaan anak-anak, tapi kami kini hanya berdua. Tapi, bukan berarti saya terus bersedih, karena saat ramadhan seperti ini komunikasi harus tetap lancar. Saat sahur yang saya lakukan adalah melakukan video call dan bercanda dengan anak yang berada di kampung halaman. Sebagai pengguna IM3 Ooredoo, alhamdulillah tidak ada kendala apapun, karena Indosat Ooredoo siap layani pelanggan dan mudik lebaran.

Jaringan Ramadhan, Siap!

Menjelang ramadhan dan mudik lebaran yang kita rasakan sebentar lagi, Indosat Ooredoo melakukan beragam persiapan untuk melayani pelanggannya. Supaya komunikasi saat ramadhan dan mudik lebaran selalu lancar. Seperti pada 15 Mei 2018 lalu, saya melakukan perjalanan bersama Indosat Ooredoo ke Semarang Jawa Tengah. Perjalanan kali ini sungguh berbeda, karena saya bisa melihat persiapan Indosat Ooredoo dari melayani pelanggan, terutama dalam hal jaringan di jalur mudik yang ada di Jawa Tengah.

Semarang
Jaringan ramadhan, Siap! Yup, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo siap layani pelanggan saat ramadhan dan mudik lebaran 2018. Perjalanan saya dan Indosat Ooredoo serta teman-teman blogger dan media dimulai dari Semarang. Kami melakukan perjalanan untuk uji jaringan telekomunikasi di jalur dan kota tujuan mudik Semarang-demak-Kudus. Dalam perjalan ini, kami bisa merasakan dan melihat langsung bagaimana kualitas sinyal dan coverage, sekaligus kecepatan akses data yang dapat dinikmati di jalur dan kota mudik terpadat di Jawa Tengah.

Kalau lagi melakukan perjalanan mudik dan macet di jalan, tentu saya butuh akses data yang cepat, karena dengan begitu, kita bisa akses google MAPS dan mencari tahu jalan alternatif supaya mudik tetap lancar. Selain itu saat macet dan mengusir kegalauan, kita bisa mengusir rasa jenuh dengan terus akses internet, baik menonton, streaming dan lainnya. Tentu butuh jaringan internet yang kuat supaya mudik lebaran maupun aktivitas ramadhan selalu bikin happy.

Demi mendukung kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi inilah, Indosat Ooredoo mempersiapkannya dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center Jaringan.  Dan tentunya ada berbagai paket khusus ramadhan dan lebaran yang bisa dinikmati pelanggan indosat Ooredoo.

Semarang-Demak-Kudus


Setibanya di Semarang kami sudah disambut dan di jemput oleh Indosat Ooredoo Semarang. Tentunya untuk melakukan drive test kesiapan jaringan Indosat Ooredoo jelang ramadhan dan lebaran 2018 . Perjalanan pertama kami menuju Demak. Di sini ada Pak Yusuf Setiawan selaku Division Head NSAS Optimization yang menemani selama perjalanan. Banyak hal yang diterangkan terutama kualitas jaringan di jalur mudik Semarang-Demak-Kudus. Pak Yusuf mengungkapkan bahwa selama drive test ini akan banyak kegiatan yang dilakukan speed test, video call, hingga live streaming. 

Adapun tujuan diadakannya drive test ini untuk menguji secara langsung jaringan yang ada di jalur mudik, serta kota tujuan mudik. Dan tentunya tempat wisata, karena biasanya lebaran akan banyak sekali masyarakat yang mengunjungi tempat wisata. Kebayang dong bahwa selama ramadhan dan mudik lebaran itu akan ada peningkatan traffic. Di sinilah Indosat Ooredoo menyiapkan kapasitas jaringannya, baik itu untuk data, suara maupun SMS. Untuk kapasitas layanan data juga ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7% dibandingkan dari tahun lalu. Sedangkan kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta erlang/hari dan SMS menjadi 1.01 milyar SMS/hari. Di era digital sekarang semuanya tak bisa lepas dari smartphone, baik untuk internetan, hingga telpon.

Masjid Agung Demak
Foto by Dewi Sulistiawaty
Drive test yang dilakukan sepanjang jalur mudik Semarang-Demak-Kudus, dikarenakan ditahun sebelumnya, 3 kota ini merupakan kota tujuan mudik padat di Jawa tengah. Selain itu, ketiga kota ini juga menghubungkan dengan jalur pantura, yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa tengah menuju Jawa Timur. Apalagi ke 3 kota tersebut memiliki objek wisata religius yang selalu menjadi tujuan wisata selama ramadhan dan lebaran. 

Dalam drive test ini juga diketahui bawah pada awal bulan Mei ini, Indosat telah menggunakan frekuensi 2100 MHz yang didapatkan dari lelang pemerintah. Dengan frekuensi ini tentunya akan meingkatkan kapasitas jaringan 4G. Sebelumnya, Indosat Ooredoo menggunakan frekuensi 1800 MHz untuk 4G dan 900 MHz untuk 4G, 3G dan 2G. 

Saat uji jaringan di Mesjid Agung Demak
Di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus diperoleh coverage 4G secara kontinyu. Dari hasil tes jaringan sepanjang rute drive test untuk aktivitas streaming berjalan dengan sangat baik dan tanpa buffering. Saya saja mencoba dengan nonton drama korea, hasilnya asyik banget ga ada buffering. Bahkan untuk kecepatan maksimal download didapat hasil sebesar 39,74 Mbps dengan kecepatan download 8.09 Mbps. Dari drive test beberapa titik keramaian kota tujuan, diketahui:
  • Simpang Lima Semarang: Kecepatan download hingga 107.70 Mbps
  • Masjid Agung Demak: Kecepatan download hingga 86,98 Mbps
  • Museum Kretek Kudus: Kecepatan download hingga 97.17 Mbps.
Selain itu uji jaringan juga dilakukan untuk tes kualitas suara (voice) dengan metde pengukuran MOS (Mean Opinion Score) menunjukkan bahwa 96.83% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). Rentang penilaian metode pengukuran adalah 1-5, dimana angka 5 ini menunjukkan excellent. tentu saja ini menunjukkan bahwa kualitas suara dari layanan Indosat ooredoo berada pada tingkat terbaik. Dengan hasil seperti ini, pelanggan Indosat bisa menikmati komunikasi dan internetan dengan aman.

Uji Jaringan Semarang


Setelah melakukan perjalanan untuk uji jaringan di sepanjang jalan Semarang-Demak-Kudus, kami pun kembali ke Semarang yakni ke Indosat Ooredoo Semarang. Disini hadir beberapa dari Indosat ooredoo Semarang yang memberikan sambutan. Ada pak Edi Riyanto selaku Head of Regional Central & West Java, pak Yusuf Setiawan selaku Division Head NSAS Optimization, pak Gunung Hari Widodo selaku Division Head Regional Commercial Operations, Penny Anggraeni selaku Marcomm Manager Indosat Central & West Java Region dan pak Nanang Tri Suseno selaku Head of Sales Central Java & DIY.

Dalam sambutan yang disampaikan pak Edy layanan mengungkapkan bahwa layanan telekomunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendukung keancaran beraktivitas selama masa ramadhan dan lebaran. Bahkan jaringan di Jateng ini sudah lebih baik dari tahun lalu. Selain pa Edi, ada pa Yusuf yang kembali presentasi dan mengungkapkan hasil drive test yang dilakukan dari pagi hingga siang dari Semarang-Demak-Kudus. selama ramadhan dan lebaran, Indosat Ooredoo akan memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya. Kondisi jaringan akan terus dipantau melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan nasional. Selain itu monitoring secara intensif melalui Command Centery yang beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah lebaran. Dan tentunya ada customers services, sehingga kalau ada kendala bisa diselesaikan segera mungkin.



Dari penyampaian presentasi pak Yusuf hasil drive test diketahui:
  • Kecepatan rata-rata download di jalur drive test 8.09 Mbps.
  • Kecepatan maksimal download di jalur drive test 39:74 Mbps.
  • Kecepatan maksimal di beberapa titik keramaian 107.70 Mbps.
Ini tentunya dari hasil di 3 kota tujuan mulai Semarang (Simpag Lima Semarang, Tugu Muda Semarang), Demak (Masjid Agung Demak, Simpang Enam demak), dan Kudus (Simpang Tujuh Kudus, Museum Kretek Kudus). Sedangkan untuk hasil drive test untuk voice hasilnya adalah:
  • Total call: 157 (banyaknya jumlah voice call)
  • Call setup sucess rate: 100% (tingkat keberhasilan voice call)
  • Call setup time: 5.37 secs (lamanya waktu untuk memulai voice call)
  • Dropped call rate: 0.00% (tingkat terputusnya voice call)
  • Mean opinion score, score 4-5: 96.83% (kualitas layanan voice call)

Di kantor Indosat Ooredoo Semarang, ada ibu Penny menyampaikan presentassinya. Bahwa utuk kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi dari ramadan hingga mudik lebaran, IM3 Ooredoo menghadirkan paket Umlimited Youtube yang dimulai dari harga 5.000. Paket ini hadir dengan masa aktif 3 hari dan 7 hari. Benefit yang didapatkan juga banyak, karena Unlimited Youtube hadir dengan kuota utama serta akses tanpa batas untuk Youtube dan aplikasi sehari-hari, sepertin chat, media sosial, transfortasi, hingga streaming musik dan film. Kehabisan kuota utama saja masih bisa kok akses aplikasi secara tenang, hanya dengan 5000 bisa nikmati nonton Youtube sepuasnya. 

Untuk akses gratis Youtube bisa dilakukan tanpa perlu registrasi. karena pelangga hanya perlu membayar satu kali. Selain Unlimited Youtube ada juga paket unlimited bulanan yang hadir dalam berbagai pilihan. tentunya dengan jumlah manfaat dari mulai akses gratis aplikasi sehari-hari, nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama pengguna Indosat Ooredoo, bahkan akses youtube bisa sepuasnya. Asyik bangetkan? Harganya juga terjangkau banget, mulai dari 20.000 sudah dapat 1GB, 50.000 dapat 3GB, hingga unlimited jumboo seharga 165.000. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung akses website: https://www.im3ooredoo.com/unlimited.


Mengikuti drive test  kesiapan jaringa Indosat ooredoo jelang ramadhan dan mudik lebaran 2018 sangat seru. Apalagi banyak sekali informasi yang bisa didapatkan. Dan mengikuti secara langsung kegiatan ini sekaligus menjadi pengalaman pertama saya menginjakkan kaki di Semarang, Demak dan Kudus. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tonton video lengkap perjalanan ke Semarang-Demak-Kudus

6 komentar

  1. Saat hari raya nanti pasti penggunaan gadget meningkat. Banyak yang mengucapkan selamat hari raya dan lain sebagainya. Bagus banget kalau jaringannya udah siap dari sekarang :)

    BalasHapus
  2. Ditempat aku tinggal sinyal indosat juga cukup bagus sayangnya disini mereka gak menyediakan paket internet 24 jam full hiks...hiks..

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
  3. Biasanya kalo beberapa hari sebelum dan setelah lebaran, provider pada down. Semoga tahun ini udah pada lebih siap ya ..

    BalasHapus
  4. kalau di daerah pegunungan dan terpencil , bagus juga gak mbak

    BalasHapus
  5. yahhh kok tidak sampai Pati sih ujicobanya??
    saya di Pati lho.. Saya, kedua orangtua saya juga pengguna Indosat

    BalasHapus
  6. Aq juga pengguna indosat mom, uda 11 tahun lamanya pake indosat. Kalo di jawa Timur ada uji cobanya jg gak ya? Soalnya aq tinggal di Gresik & kadang ada leletnya juga sih. Kadang malah sinyalnya ilang...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.