INVISEE, Cara Mudah Investasi Reksa Dana


[Keuangan] Dalam hidup selain memiliki mimpi, kita juga perlu memiliki tujuan keuangan. Dengan memiliki tujuan keuangan, bisa melatih diri kita untuk semakin bijak menggunakan uang, sehingga bisa tenang dan bahagia. Misal ingin umrah, naik haji, biaya pendidikan anak, menikah, hingga liburan. Untuk mewujudkan tujuan keuangan yang sudah dibuat, tentu saja perlu sekali sikap disiplin, sehingga apa yang diinginkan bisa terwujud. Bisa dengan disiplin menabung dan berinvestasi. Karena menabung saja tidak cukup, maka perlu investasi, baik itu investasi emas, properti, saham, hingga reksa dana.

Memilih Investasi Reksa Dana untuk masa depan

Kalau dulu ya, nenek selalu bilang sama saya "kalau sudah kerja, ingat uangnya ditabung biar bisa beli tanah, sawah dan buat rumah".  Memiliki sawah dan kebun yang berhektar-hektar bagi nenek saya, itu berarti keluarga akan selalu sejahtera. Saya ikuti nasihat nenek, dengan nabung sedikit demi sedikit untuk membeli tanah, supaya bisa ditanam dan menghasilkan di masa depan. Seiring perkembangan dan bertambahnya ilmu pengetahuan tentang keuangan, jadi tertarik untuk memulai investasi di bidang lain. Apalagi saya sendiri punya tujuan keuangan, mulai dari:
  • Biaya pendidikan 2 orang anak. Lebih banyak untuk mereka kuliah 10 tahun dan 12 tahun lagi.
  • Membangun rumah dan toko di kampung.
  • Ibadah haji.
  • Dana pensiun
Ilustrasi keuangan. Photo by Canva
Memiliki tujuan keuangan ini, membuat saya harus semangat dalam mencari uang dan tentunya mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Untuk mewujudkan tujuan keuangan ini tentu saja menabung dan memiliki tanah belumlah cukup, sangat perlu untuk berinvestasi di bidang lainnya. Dengan perencanaan keuangan yang baik, saya selalu yakin apa yang menjadi tujuan keuangan kita bisa diwujudkan. Biarpun pekerjaan saya sebagai seorang freelance, tetap punya penghasilan bulanan yang tetap. Sekarang ini, setiap kali saya menerima penghasilan, pasti melakukan beberapa hal berikut, supaya bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin:
  • Mengenali kebutuhan dan keinginan. Biasanya saya akan memprioritaskan kebutuhan keluarga, kalau keinginan untuk beli baju atau bahkan tas bisa ditunda, kali ajakan dapat hadiah apa gitu. Selain itu saya akan buat list kebutuhan keluarga setiap bulannya. Karena penghasilan saya dan suami pasti dihitung bersama.
  • Membuat pos keuangan. Setelah mengetahui kebutuhan apa saja setiap bulannya. Dan penghasilan setiap bulan sudah di tangan, saya akan masukkan ke dalam pos keuangan. Mulai dari Zakat 5%, cicilan 30%, dana darurat 10%, biaya hidup 30%, gaya hidup 10%, dan ivestasi 15%.
  • Membuat catatan arus kas, supaya kita bisa tahu pengeluaran dan pemasukkan kita. Apakah pengeluaran lebih banyak dari pemasukkan, ataupun sebaliknya. Setiap hari ketika ada transaksi atau pengeluaran, saya akan mencatatnya, sehingga di akhir periode atau bulan bisa mengetahui kondisi keuangan.
Apakah investasi tanah sudah cukup?


Bagi saya sendiri belum cukup. Karena setiap tahun biaya pendidikan semakin naik. Apalagi di zaman sekarang, membangun rumah dan toko impian tidak cukup dengan uang 100 juta. Tentu butuh uang yang lebih banyak. Caranya bisa dengan berinvestasi, baik itu investasi di obligasi, saham, deposito, emas hingga investasi reksa dana. Menabung saja tidak cukup, karena tabungan bisa untuk jangka waktu pendek. Sedangkan untuk biaya pendidikan 10 tahun lagi, ibadah haji, hingga dana pesiun itu masih panjang, dengan begitu investasi adalah pilihan tepat.

Karena saya memiliki pos keuangan investasi sebesar 15%, apakah masih bisa investasi? Tentu saja bisa. Saya memilih di tabungan emas dan reksa dana. Reksa dana dalam buku Membangun Personal Wealth yang ditulis Wiko H Tanata, merupakan kumpulan dana dari para investor yang kemudian diputar atau diinvestasikan oleh para pengelola dana profesional yang tergabung dalam sebuah perusahaan investasi. Pengelola dana ini disebut Manajer Investasi. Masih dari buku yang sama, Investasi Reksa Dana yang populer di masyarakat ada beberapa jenis, mulai dari:
  • Reksa Dana Konvensional yang terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.
  • Reksa Dana Terstruktur mulai dari reksa dana terproteksi dan reksa dana indeks.
  • Reksa Dana yang diperdagangkan di bursa.
  • Reksa Dana syariah.
Cara investasi Reksa Dana mudah banget, apalagi ada Manajer Investasi yang menyediakan jalur pembelian langsung, ada juga yang melalui bank dan tentunya sekarang di era digital makin mudah dengan membeli reksa dana melalui jalur online, seperti Investasi kekinian di INVISEE.

Investasi masa depan yang mudah di INVISEE


Investasi untuk anak maupun untuk dana pensiun, memang harus sejak dini. Mumpung masih aktif bekerja, masih muda dan anak masih kecil. Sekarang ada cara mudah dalam investasi reksa dana, yaitu melalui dengan menggunakan aplikasi INVISEE persembahan PT. Nusantara Sejahtera Investama. Dengan investasi mulai 10 ribu, rasakan manfaat investasi masa depan. Invisee merupakan layanan digital yang membantu nasabah dalam merencnakan dan mengelola keuangan pribadi, sehingga memudahkan nasabah untuk menetapkan pilihan invetasi di reksa Dana sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya. 

Pada minggu lalu, tepatnya 10 Oktober 2018 saya menghadiri peluncuran aplikasi INVISEE yang juga dihadiri oleh blogger lainnya. Dalam acara ini hadir juga Eri Primaria selaku Direktur Utama NSI, dan Jimmy Wijaya selaku Direktur IT dan Operasional NSI (Nusantara Sejahtera Investama). Acara launching juga diisi dengan penamilan dua drum dan perkusi. Dalam acara ini bukan saja mengetahui lebih banyak informasi tentang kemudahan berinvestasi secara online, tapi juga mengetahui perkembangan investasi reksadana di Indonesia. 3 tahun lalu, pertumbuhan reksa dana di Indonesia semakin meningkat. Per Agustus 2018 saja pertumbuhan reksa dana di Indonesia telah mencapai Rp. 493.656.146.679.971,-.

Sumber: Materi presentasi Invisee
Di luar sana ternyata masih banyak yang belum paham akan pentingnya investasi, ada yang sebenarnya tidak mengerti, ada yang bilang ga punya modal, ribet, hingga belum jadi prioritas. Padahal investasi itu sangatlah penting untuk masa depan. Investasi reksa dana bisa menjadi pilihan tepat dan mudah demi nanti di masa depan dengan menggunakan aplikasi investasi reksa dana dari INVISEE. Berinvestasi sekarang semakin gampang, tinggal mengikuti beberapa langkah:
  • Download aplikasi INVISEE di Play Store dan App Store.
  • Mulailah untuk daftar, ini bisa dilakukan sendiri.
  • Masukkan kode verifikasi.
  • Lengkapi data nasabah.
Untuk daftar mudahnya bisa simak video berikut.


Edukasi, Kolaborasi, dan Teknologi adalah pilar utama dalam mempopulerkan Reksa Dana. Di INVISEE ada banyak sekali produk pilihan dari Manajer Investasi terpercaya mulai dari BNI Asset Management, Danareksa Investment Management, eastspring Investment, Insight Investment Management, Mandiri Investasi hingga Trimegah Asset Management. Dengan INVISEE investasi mudah dengan modal minimum mulai dari 10 ribu rupiah dan bisa menikmati beragam promo menarik, seperti paket tour Pulau Royal, hingga Paket Tour 3 Negara. Dalam aplikasi INVISEE juga ada informasi beragam kategori produk Reksa Dana, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran. Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Terproteksi. 

Untuk transaksi di INVISEE ini juga sangat praktis dengan menggunakan VISEE Pay, dengan Payment Partners ATM Bersama, BCA, digiBank by DBS, Permata Bank, Mandiri, dan tCash. Investasi Reksa Dana di INVISEE selain praktis juga aman, karena terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Adapun beberapa fitur unggulannya adalah sebagai berikut:


  1. Fitur Goal Planner. Mulailah untuk merencanakan investasi, dan menggapai mimpi. Dalam Goal Planner ini kita tinggal klik ingin investasi untuk apa? Pensiun, pendidikan, pendidikan, rumah, liburan, atau bahkan memiliki kendaraan. Setelah itu dilanjutkan dengan mengisi, kapan akan dibutuhkan, nilai yang dibutuhkan dan perkiraan nilai di masa depan.
  2. Real Time Customer Dashboard. Kita bisa kelola investasi secara aktif melalui dashboard Investasi yang comprehensive.
  3. Reminder untuk Investasi Regular yang merupakan investasi berkala untuk hasil yang maksimal.
  4. Viseepoin, dimana kita bisa mengumpulkan point sebanyak-bayaknya dari tiap aktivitas di INVISEE.
  5. Metode pembayaran yang mudah, karena INVISEE menyediakan banyak metode pembayaran, gak ada kata ribet lagi untuk beli investasi.

Nah, mudah sekali bukan buat investasi reksa dana dengan smarphone? Step by step investasi dengan INVISEE juga mudah. Sekarang buat investasi reksa dana ga perlu cape-cape keluar rumah, karena sudah ada beragam kemudahan yang dihadirkan INVISEE. Mulailah untuk investasi sejak dini, dan merencanakan keuangan masa depan menjadi lebih baik. Daripada uang habis percuma, simpanlah uang dan berinvestasilah. Dengan investasi mulai dari 10 ribu, tidak ada kata terlambat untuk belajar investasi. Kali saja, 6 tahun lagi ada rencana menikah atau membeli mobil baru. Mulailah rencanakan semuanya sedini mungkin. Kini, Demi nanti yang bahagia dalam mewujudkan masa depan untuk berinvestasi bersama INVISEE.

Informasi lebih lanjut tentang INVISEE bisa cek di:
  • Instagram: @invisee_nsi
  • Facebook: Invisee 
  • Linkedin: Invisee-nsi
  • Website: https://www.invisee.com

2 komentar

  1. Sangat bermanfaat mbak informasinya, melakukan investasi itu memang penting sekali dalam kehidupan ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Hmm. Baru ajah tadi pagi saya lihat ada redeem vocer go point menjadi saldo di invisee. Mba liswan kalo mau tukeran redeem voucher go point boleh lho pm hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.