Dari Telenovela ke Drama Korea yang Bikin Gagal Move On


[Lifestyle] Hallo drakor lovers. Sesekali boleh dong ya ngebahas tentang drama korea, biar bisa baper berjamaah. Lah kok bisa? Iyalah, soalnya kalau drama korea favorit udah tamat, pasti deh belum bisa move on. Seperti pas nonton Goblin atau Descendants of The Sun yang melahirkan Song Song Couple, dan bikin baper saat mereka menikah tahun lalu, lumayan lama buat ganti ke drama lainnya. Tapi sebelum ngefans sama drama Korea, saya termasuk yang suka telenovela.

Dari telenovela ke drama Korea

Sebelum ngefans dengan drama Korea, saya termasuk yang ngefans telenovela. Buat generasi 90an tentu tidak asing lagi dengan telenovela remaja Amigos, Betty La Fea yang jadi cantik, Rosalinda gadis cantik penjual bunga yang jatuh cinta dengan Fernando, dan Marimar yang akhirnya ketemu ayahnya yang kaya. Ada juga Carita De Angel yang nyeritain anak gemas Dulce Maria, hingga telenovela Paola dan Paulina yang menceritakan tentang aak kembar dan berganti posisi. 

Tentu saja di eranya telenovela ini sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Ya termasuk saya dan keluarga. Setiap eisodenya sangat dinantian di televisi dan menjadi perbincangan. Bukan saja di lingkungan sekitar, bahkan di sekolah saat jam istirahat, semuanya jadi perbincangan hangat. Ya, ga kalah deh sama gosip artis haha. Kadang soundtrack telenovela suka dinyanyiin juga sama anak-anak. Bagi anak-anak telenovela remaja dan bertema anak jadi hiburan tersendiri, pokoknya bahagia saya receh deh di masa remaja, tontonannya begitu.

Terus apa yang membuat telenovela?

Sebenarnya tidak ada, semua mengalir begitu saja bagai air, tsaaah. Jadi, di televisi selain kartun, ya hiburannya telenovela. Awalnya ikut-ikutan sodara dan orangtua yang demen banget telenovela. Akhirnya kena virus telenovela deh. Beda, kalau saya ditanya kenapa suka drama Korea? Kalau yang satu ini tentu sudah bisa jawab, soalnya pertama kena virus drama Korea udah paham banget, ga ikut-ikutan emak atau sodara lagi. Sebenarnya dulu itu demen juga film mandarin, apalagi kalau ada Jackie Chan, Andy Lau, Jet Li, dan Stephen Chow. Jadi, pas ada drama Korea masuk Indonesia jadi suka juga.

Kini, banyak drama Korea semakin seru. Apalagi drama Korea bulan November 2018 seru-seru semua. Bakal hadir idola kesayangan Song Hye Kyo, hadir dengan judul baru setelah pernikahannya dengan Song Jong Ki. Kali ini Song Hye Kyo bakalan main dengan Park Bo Gum dalam drama Boyfriend (Encounter), ada juga drama Korea Clean With Passion for Now dan Mama Fairy and the Woodcutter yang sudah tayang. Tentunya masih banyak lagi drama Korea bulan November 2018. Terus apa dong yang bikin ngefans berat sama drama Korea? Adaa beberapa hal yang saya suka, seperti:
  • Yang pertama tentu saja jalan cerita yang selalu bikin penasaran. Kadang kisahnya setiap episode jadi susah di tebak. Dan akhirnya selalu menantikan episode selanjutnya dan semakin bikin penasaran.
  • Yang kedua tentu saja acting para pemainnya. Ini yang menjadi semakin suka. Artis Korea tidak ada yang instan. Sebelum mereka debut, pasti mereka latihan terus. Maka dari itu actingnya dari waktu ke waktu semakin keren.
  • Yang ketiga adalah soundtrack untuk dramanya bikin meleleh dan enak di dengar. Selain para pemain, acting dan jalan cerita drama, adanya soundtrack membuat drama Korea semakin menarik.
  • Episode drama Korea tidak sampai ribuan. Yang menariknya, drama Korea ceritanya tidak pernah panjang. Selama yang saya tonton, itu drama Korea Dong Yi sebanyak 60 episode. Paling sedikit 10 episode.
Tidak salah dong seringnya saya baper dan gagal move on, apalagi kalau ceritanya sad ending. Suka bikin nyesek, mirip-mirip di PHPin pacar, eaaaaah curahat deh. Ya, biarpun yang happy ending tetap bikin gagal move on juga

11 judul drama Korea yang bikin gagal move on

Banyak judul baru dari drama Korea November 2018, tapi biarpun begitu masih ingat judu-judul lama yang terkadang bikin susah banget buat move on. Setidaknya ada beberapa judul drama Korea lama yang bikin saya gagal move on, yakni:

1. Autumn in Ny Heart (Endless Love)


Drama yang satu ini tentu tidak asing lagi. Dibintangi oleh Song Seung Heon, Won Bin, dan Song Hye Kyo, yang akhirnya melejitkan nama mereka. Dan akhirnya banyak masyarakat Indonesia termasuk saya yang menyukainya. Drama ini menceritakan tentang anak yang tertukar antara Eun Suh (Song Hye Kyo) dan Shin Ae, akhirnya saat remaja keduanya kembali ke keluarga masing-masing. Kehidupan Eun Suh berubah drastis, begitupun dengan Shin Ae, dari yang miskin menjadi kaya raya. Keluarga Yoon yang awalnya merawat Eun Suh akhirnya pindah ke Amerika, begitupun dengan Joon Suh (Song Seung Hoon).


Singkat cerita Joon Suh kembali ke tempat tinggal awalnya di Korea dan menemui sashabatnya Han Tae Seok (Won Bin) yang juga merupakan atasan Eun Suh di Hotel, tempatnya bekerja. Pertemuan Euns Suh dan Joon Suh ternyata menumbuhkan rasa cinta antara keduanya yang sempat menjadi adik kakak. Cinta mereka akhirnya diketahui keluarga dan terjadi pertentangan. Biarpun begitu keduanya tetap bersama. Eun Suh diketahui memiliki penyakit Leukemia. Semua mengetahui kondisinya, begitupun dengan Joon Suh. Bahkan Joon Suh melamarnya dan mereka menikah, tak lama Eun Suh meninggal. Tapi takdir berkata lain, Joon Suh yang diminta Eun Suh untuk move on tertabrak truk dan meninggal. Drama ini beneran dramatis banget dan bikin nyesek banget.

2. Winter Sonata


Drama selanjutnya yang sukes bikin gagal move on adalah Winter Sonata yang tayang tahun 2002, diperankan oleh Bae Young Joon, Choi Ji Woo dan Park Young Ha. Kehadiran drama ini yang akhirnya menandai gelombang Korea di seluruh Asia. Drama ini menceritakan sosok 
Kang Jong Sang (Bae Young Joon) jatuh cinta dengan Yoo Jin (Choi Ji Woo), sayangnya cinta mereka harus terpisah, karena Kang Joon Sang mengalami kecelakaan hebat dan dianggap meninggal, sehigga membuat Yoo Jin patah hati.

10 Tahun berlalu, Yoo Jin bertunangan dengan Sang Hyuk (Park Young Ha), sayangnya rusak, karena Yoo Jin melihat seseorang yang mirip Jong Sang, yang ternyata hilang ingat. Cerita mereka sangat berliku, sampai akhir mereka tetap bersama. Biarpun kondisi Joon Sang menjadi buta pasca melakukan operasi, saat tertimpa kecelakaan kedua. Kalau nonton ini, pasti deh baper maksimal.

3. Full House

Drama yang satu ini sudah pada tahu dong ya. Drama komedi romantis yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Rain. Drama ini juga semakin melejitkan nama Song Hye Kyo dan Rain. Menceritakan tentang Han Ji Eun (Song Hye Kyo) seorang penulis naskah memiliki rumah bernama Full House. Sayangnya dia dibohongi temannya, dia tidak tahu bahwa rumahnya dijual. Dia berlibur dan satu pesawat dengan Young Jae (rain) seorang aktor terkenal, dan tentu menjadi awal pertemuan mereka. Setelah pulang ke rumahnya, semua sudah berubah, dan ternyata rumah yang ditempatinya telah berganti pemilik ke Young Jae. Karena ga punya tempat tinggal Ji Eun menjadi pembantu Young Jae.

Sampai akhirnya mereka pura-pura menikah, dan justru itu membuatnya saling jatuh cinta. Nikah kontrak mereka diketahui teman Ji Eun, yang pada akhirnya mereka terpisah dan rumah kembali ke tangan Ji Eun. Ternyata cinta Young Jae dan Ji Eun semakin kuat dan tidak mau terpisah. Sampai akhirnya mereka kembali bersama dan hidup bahagia. Dari drama ini saya jadi semakin suka dengan sosok Song Hye Kyo dan Rain.

Selain itu ada drama Boys Over Flowers, Dream High, The Moon That Embraces The Sun, 49 Days, Man From The Star, Legend of The Blue Sea, Descendants Of The Sun, dan Goblin yang susah banget bikin move on. 

1 komentar

  1. aku pun jadi ketularan suka drama korea.
    full house aku belum beres nontonnya krna liat di line pas lagi masak doang :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.