Lupa Bawa Dompet Saat Kulineran? Tinggal Scan dengan Akulaku


[Lifestyle] Pernah menghitung ga, pengeluaran terbesar akhir-akhir ini? Saya sih banyak kulineran. Tapi, untungnya itu tidak pernah menganggu pos keuangan lainnya. Karena saya sendiri punya simpanan tersendiri untuk kulineran. Apalagi saat pulang kampung, yang tidak boleh tertinggal adalah menikmati kuliner khas bersama anak-anak. 

Pernah tidak mengalami dompet tertinggal saat ingin kulineran? Tentu saja saya pernah mengalaminya. Untungnya kulineran ga jauh dari rumah saudara, akhirnya nyamperin. Ga jadi mati gaya deh. Sekarang kalau ketinggalan dompet, ada smartphone, solusinya dengan Akulaku. Karena kini, Akulaku bukan saja menyediakan layanan kredit online, tapi juga kredit offline yang bisa digunakan di lebih 20.000 merchant di Indonesia. Mau itu menikmati kopi, dan kuliner lainnya akan semakin mudah.

Fitur Kredit Offline


Hari ini, 6 November 2018, berkesempatan untuk hadir dalam acara peluncuran fitur kredit offline dari Akulaku di Suasana restoran, Jakarta. Fitur terbaru Akulaku ini  sudah diperkenalkan sejak Agustus 2018 dan telah bekerja sama dengan lebih dari 20.000 merchant di seluruh Indonesia. Mulai dari toko-toko kelontong, warung-warung makanan dan masih akan bertambah lagi. 

Apa itu Akulaku?

Akulaku sudah diperkenalkan sejak Juni 2016 lalu dan sudah melayani lebih dari 10 juta pengguna dengan fasilitas kredit. Aplikasi Akulau sudah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Tanda Daftar Sistem Elektronik No. 00262/DJAI.PSE/04/2017 tertanggal 28 April 2017 atas nama PT. Akulaku Silvrr Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga sudah memiliki izin usaha portal web dan atau platform digital yang tertera pada surat pendaftaran penanaman modal yang disahkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dengan nomor surat 1293/1/IU/PMA/2018. 


Sedangkan untuk pembiayaan, PT. Akulaku Finance Indonesia yang merupakan bagian Akulaku yang sudah terdaftar sebagai multifinance dan memiliki izin usaha resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tanda bukti NO. KEP-436/NB.11/2018. Dengan begitu, Akulaku sudah aman dan terpercaya. Apalagi Akulaku sudah berkembang di berbagai negara selain Indonesia, yakni Vietnam dan Filipina. Dalam acara peluncuran ini juga hadir Martha Adlina selaku Komisaris Akulaku, serta dihadiri Arief Muhammad, Enzystoria, influencer, media dan blogger.

Untuk kredit online sendiri, pengguna bisa mengajukan kredit di aplikasi Akulaku dengan limit kredit antara 3 sampai dengan 20 juta. Dengan limit kredit ini bisa mengkredit barang dengan pembayaran 1, 2, 3, 6, 9 hingga 12 bulan di aplikasi Akulaku dan e-commerce lain yang bekerjasama dengan Akulaku, seperti Shopee, Bukalapak, JD.ID, Blibli dan lain-lain. 

Kehadiran fitur baru Akulaku, yakni kredit offline, tentu menjadi solusi yang sering kelupaan bawa dompet. Karena dengan begitu bisa kulineran dimanapun dan sepuasnya tanpa perlu membawa uang cash, tanpa karu, hanya cukup dengan scan barcode dengan menggunakan smartphone. Bukankah sekarang ini lebih panik ketinggalan ponsel ketimbang dompet? Biasanya sih saya begitu. Suka mati gaya kalau ga bawa smartphone. Soalnya sekarang naik ojek online jarang pakai cash. Kehadiran fitur baru ini tentu menjadi sebuah langah Akulaku dalam mendukung inklusi keuangan (financial inclusion) yang telah ditargetkan oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mendukung tujuan dalam mewujudkan masyarakat cashless yang berkembang pesat di seluruh penjuru dunia.

Terus apa saja keuntungan menggunakan kredit offline?


Seperti yang diungkapkan Martha Adlina selaku Komisaris Akulaku. Bahwa fitur kredit offline ini diharapkan dapat membantu masyarakat saat berbelanja tanpa kartu kredit di toko offline yang telah bekerjasama dengan Akulaku.

Dengan hadirnya fitur terbaru Akulaku ini, tentunya pengguna bisa kulineran sepuasnya dengan membeli makanan, minuman atau bahkan berbelanja kebutuhan di toko yang sudah memasang tanda Akulaku serta bisa membayar pada bulan berikutnya tanpa dikenakan bunga apapun. Dan dalam rangka menyambut kehadiran fitur baru Akulaku, akan ada banyak promo menarik yang menanti pada seluruh pengguna aplikasi Akulaku dengan memberikan potongan 50% setiap kali bertransaksi disemua toko atau warung yang bekerjasama dengan Akulaku. Promo ini sendiri akan berakhir sampai Desember 2018 dan dapat digunakan tanpa batas minimum.  


Untuk menggunakan fitur kredit offline ini sangat mudah, yakni dengan melakukan beberapa langkah berikut:
  • Unduh aplikasi Akulaku dan lakukan registrasi.
  • Buka aplikasi Akulaku dan lkik icon yang ada di pojok kanan aplikasi.
  • Setelah itu arahkan kamera pada area barcode yang ada di merchant Akulaku.
  • Dan jangan lupa untuk melakukan verifikasi menggunakan OTP (one time password) untuk melakukan transaksi.
Kedepannya Akulaku akan terus meningkatkan pelayanan dan menambah jumlah merchant, sehingga Akulaku ini bisa digunakan dimana saja. Tentunya bisa semakin seru buat kulineran. Bahkan dalam acara ini Arief Muhammad sharing tentang penggunaan Akulaku dalam aktivitasnya.


Kehadiran Akulaku tentu memberikan kemudahan, bukan saja kulineran, tapi juga memenuhi kebutuhan lainnya, saat kita tidak memegang cash. Biarpun begitu, perlu diingat melakukan kredit boleh saja, tapi harus sesuai kemamuan kita, artinya bisa membayar semuanya dengan tepat waktu. Tentu itu menjadi lebih menyenangkan, sehingga perencanaan keuangan akan semkain baik. Melakukan kredit juga jangan berlebihan, harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai barang yang kurang dibutuhkan dibeli juga. Apalagi berlebihan itu tidak baik, setuju? Yuuk, mulai bijak mengelola uang dan semakin bijak melakukan kredit. Maau kulineran ga bawa dompet, Akulaku bisa jadi solusi. Tapi ingat, segera lakukan pembayaran dengan tepat waktu, supaya hidup dan keuangan pribadi semakin happy.

3 komentar

  1. wahh seru banget ya sekarang..di aku laku bisa buat belanja yang lain secara off line

    BalasHapus
  2. aku juga tipe orang yang jarang bawa cash mbak krn kalau cash malah maunya belanja terus hehehe. Bisa banget neh jadi solusi buatku.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.