5 Tips Memilih Kado Untuk Ibu

Canva
[Lifestyle] Seorang ibu begitulah istimewa. Ibu adalah sosok yang telah mengandung, melahirkan dan merawat kita dengan penuh kasih sayang. Saat kita sedih dan senang sosok seorang Ibu selalu ada untuk kita anak-anaknya. Sudah selayaknya kita sebagai anak untuk selalu membahagiakannya. Semenjak bapak meninggal, sosok ibulah yang selalu hadir dan menemani anak-anaknya. Ibu sekaligus berperan sebagai sosok ayah. Sungguh itu tidaklah mudah.

Semenjak kepergian bapak, ibulah yang terus semangat bekerja untuk menghidupi anak-anaknya. Padahal saya tahu ibu sangatlah lelah. Kini, usia ibu tak lagi sama, ibu jadi sering sakit-sakitan. Entah itu kolestrolnya yang naik dan kelelahan bekerja. Iya di usia ibu yang masih bertambah masih aktif bekerja. Ibu adalah seorang guru, masih sisa 5 tahun untuk pensiun. 2019 ini ibu juga berulang tahun yang ke 55 tahun di bulan Februari nanti. Biasanya saya membelikan kado sesuai kebutuhan ibu. Ibu sebenarnya tidak mau dibelikan kado apa-apa, katanya "doakan saja ibu selalu sehat dan bisa melihat anak-anaknya sukses dan mandiri".

Baca juga: Kado lebaran untuk Ibu

Ilustrasi by Canva
Semua orangtua pasti begitu, mau itu di hari kelahiran maupun di hari Ibu, tidak pernah meminta sesuatu kepada anak-anaknya, karena bagi seorang ibu melihat anaknya sukses dan sehat sudah membuatnya bahagia. Tapi, yang namanya anak pasti ingin memberikan sesuatu yang berbeda ya di hari ulang tahun ibunya. Sama seperti aku yang selalu ingin memberikan kado spesial untuk ibu. Ada 5 tips memilih kado untuk ibu yang selama ini saya lakukan, sehingga bisa selalu bikin kejutan. Karena kalau menanyakan langsung apa yang diinginkan tidak akan di jawab. Adapun tips tersebut adalah:

1. Cari informasi tentang kebutuhan ibu

Biasanya nih untuk cari informasi tentang kebutuhan ibu yang belum terpenuhi saya selalu minta bantuan adik-adik, tentunya tanpa sepengetahuan ibu. Setelah mendapatkan informasi barulah saya mencari barang yang dibutuhkan ibu. 

2. Beli kado yang bermanfaat

Kalau sudah tahu kebutuhan ibu apa saja, biasanya saya dahulukan dulu membeli kado yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan oleh ibu. Kalau beli kado yang bermanfaat, pasti ibu senang dan akan langsung menggunakannya.

Ilustrasi makan bersama (dokumen pribadi)
3. Makan bersama

Semenjak menikah aku tidak bisa setiap hari bersama dengan ibu. Terkadang kalau ga ada kerjaan bisa sebulan sekali, tapi kalau padat antara 2 bulan sampai 3 bulan tidak pulang ke kampung. Padahal deket banget kampungku. Tapi setiap kali ada hari spesial, saya selalu sempatkan pulang, terutama untuk menjenguk ibu dan makan bersama. Kalau kumpul bersama anak-anaknya di hari spesial ibu sangat senang sekali. Biarpun itu hanya makan di rumah bersama. Sudah terasa nikmat sekali.

Ilustrasi busana muslim (Canva)
4. Busana muslim dan hijab

Sebagai seorang muslimah, sejak gadis ibu selalu berhijab. Memilihkan busana muslim dan hijab bisa menjadi pilihan tepat. Biasanya nih kalau adik ga dapat info ibu perlu apa, saya pasti membelikan baju muslim dan hijab yang bisa digunakan ibu setiap hari atau saat mengaji di mesjid. Dan tentu saja ibu sangat senang.

5. Buat sendiri ucapan ulang tahun untuk ibu

Kalau kado sudah dan dibungkus, pastikan untuk buat sendiri ucapan ulang tahun untuk ibu, biar ibu senang dan bahagia. Biasanya membuat ucapan sendiri akan terlihat begitu tulus dan bahagia. Saya biasanya membuatkan puisi untuk ibu. Dari dulu sampai sekarang sudah ada banyak puisi yang saya tulis khusus untuk ibu. Baik saat ulangtahunnya maupun di hari ibu.

Membuat ucapan ulang tahun kepada orang yang spesial seperti ibu kita, sekarang ini sangatlah mudah. Tinggal menggunakan Canva. Karena saya suka sekali membuat desain foto dengan Canva ini. Yang sangat mudah sekali untuk digunakan. Termasuk membuat ucapan ulang tahun. Sekarang ada banyak desain ucapan ulang tahun yang bisa menjadi pilihan di Canva. Tinggal klik "buat ucapan ulang tahun sekarang", pilih template yang sesuai keinginan, dan tinggal edit dan kasih ucapan seindah mungkin buat ibu.


Mau bikin ucapan buat sahabat atau pacar atau pasangan juga bisa menggunakan Canva. Sangat mudah sekali. Nah contoh di atas saat saya membuat ucapan ualang tahun sendiri untuk ibu. Ada banyak template yang free untuk digunakan. Dengan hadirnya Canva, blog saya pun semakin cakep. Jadi belajar juga membuat desain yang menarik. Termasuk membuat ucapan ulang tahun sendiri untuk ibu tercinta yang Februari besok akan berulang tahun.

Memilih kado untuk ibu tidaklah sulit, yang penting itu keinginan kita memberikan yang spesial dan bermanfaat untuk ibu gunakan. Setiap anak pasti memiliki ide yang berbeda dalam memilih kado untuk ibunya tercinta. Kalau teman-teman pembaca blog, suka memilih kado apa nih buat ibu?



33 komentar

  1. Iya bener banget kak, ibu memang tidak meminta apa-apa terhadap anaknya. Tapi, kan terkadang kita juga ingin membahagiakannya iya kan kak hehe

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak tipsnya, dapat dicoba nih kapan-kapan :D

    BalasHapus
  3. Baca tulisan ini jadi inget mamaku. Memang sih kalau pas pilih kada buat mama suka bingung dia maunya apa. Kadang tanya dijawabnya malah: nggak usah. Nggak mau apa-apa. Anak-anak sehat udah senang. Gituu terus jawabannya. Thanks udah kasih tips ini, bisa mulai siapin kado buat nanti mama ultah.

    BalasHapus
  4. Anak dengan orang tua pasti tidak akan terpisahkan dan maunya selalu bersama. Tapi bagaimana dengan menantu? Tidak sedikit anak yang sulit ketemu orang tua meskipun jaraknya dekat, karena terhalang oleh adanya suami/istri (sang menantu)

    Bahagia Teh Lis yang bisa kapan saja bisa menemui ibu...

    BalasHapus
  5. Salam hormat untuk ibunda tercinta yah mbak, semoga sehat teruuus :))

    Duh Canva mah dari dulu udah jadi favorite aku banget nih mbak, lengkap banget buat bikin infografis dan background-nya lucu2 lumayan buat nge-receh-in drama di instastory hehehe

    BalasHapus
  6. Kasih Ibu sepanjang masa
    Tak ada yang bisa menggantikan
    Memberi kado adalah bentuk perhatian, apalagi ditambah dengan kehadiran untuk mendampingi hari-hari beliau

    Ah aku jadi kangen Ibu

    BalasHapus
  7. Baru baca judulnya saja langsung jleeebbb, terjangen-kangen akan almh mamah. Next deh kalau sudah ada pendamping hidup bakal aku terapin tips kali ini, thanks teh untuk sharingnya

    BalasHapus
  8. Bener sih saat ini tersedia berbagai pilihan dan aplikasi untuk membuat kado yang kreatif untuk orang-orang tercinta ya thanks for sharing mba

    BalasHapus
  9. Kalo mama sudah mau ulang tahun aku bingung mau kasih kado apa.. Makasih tips mba tapi mama paling suka kulineran

    BalasHapus
  10. wah belum ngulik2 fitur kartu ucapan di canva. cakep2 pastinya ya. mau intip ahh...
    selama ini cuma buka canva buat naro tulisan di foto buat mejeng di blog :D

    BalasHapus
  11. Sayang sekali, ibu ku sudah tidak ada. Semoga Bundanya Mbak Lis terus sehat ya. Tentunya beliau bahagia banget punya anak berbakti seperti ini. Sehat terus juga dirimu ya Mbak

    BalasHapus
  12. Kalau daku kado untuk ibu adalah doa, karena apa yang beliau inginkan sudah gampang tinggal langsung kepada Allah Swt 😘

    BalasHapus
  13. Aku seringnya kasi baju atau gak uang cash hihihi.
    Wah iya kalau pakai canva bisa ya bikin semacam gift card gtu, baik itu buat ultah ibu atau org lain :D

    BalasHapus
  14. Ngomongin soal ultah ibu, aku tuh lupa banget kalau tgl 25 Januari kemarin ibuku ultah. Pdahal beliaunya lagi di Jakarta. Dan parahnya ibuku sendiri juga lupa. Astaghfirulloh, merasa berdosa aku. Untung adikku nelpon, trus kami semua jadi ingat. Dan hadiahnya hari ini kita jalan-jalan keluar. beli jilbab aja, sesuai pilihan beliau sendiri. Semoga ibu-ibu kita selalu sehat ya, Mbak. Diberi umur yang berkah dan panjang umur agar bisa ikut merasakan kesuksesan anak-anaknya.

    BalasHapus
  15. Pilihan nomer 5 karena setiap saya membuat rangkaian kata ucapan HBD terkadang membuat saya sedih dan sampai sekarang belum bisa membahagiakan kedua orang tua.

    BalasHapus
  16. kalo saya lebih suka ngasih kado gamis buat ibu. Padahal sebetulnya banyak ya, hehe ..

    BalasHapus
  17. Makan bersama biasanya selalu jadi pilihan kami sekeluarga. Selain mamah juga sennag, kami pun sennag karena bisa kumpul keluarga

    BalasHapus
  18. Kalau istrinya kakak saya, dia suka ngasih ibuk tas hehe. Kalau saya, lebih ke makanan saja sih kadang wgwgw.

    Makan bareng itu wuwuuw

    BalasHapus
  19. Dulu saat masih merantau tiap kali pulang saya selalu sempatkan makan di resto manapun yang beliau mau.. sekarang lagi nyiapin kado biar beliau bisa traveling juga ke negara tetangga euy. Mudah-mudahan tahun ini visa tercapai. Amin!

    BalasHapus
  20. Kalau aku biasanya tanya ke ibu dulu maunya apa, biasanya minta dibeliin tas atau sepatu karena emang butuh jadi manfaat deh

    BalasHapus
  21. Terima kasih sharingnya, Teh. Bermanfaat. Bagus memang kalau cari tahu terlebih dahulu apa yang ibu butuhkan. Jadi begitu ibu dapet kadonya, senang dan bisa digunakan langsung :)

    Duh ikan bakarnya, menggoda sekali, Teh :D

    BalasHapus
  22. Makan bareng itu so sweet, sih. Terkesan biasa dan sederhana tapi sebetulnya punya makna mendalam.

    BalasHapus
  23. Ibuku suka jalan-jalan Mbak..enggak usah jauh-jauh yang penting pergi ke tempat wisata terdekat sudah senang..
    Oh ya , saya juga suka desain pakai Canva. Mudah bikinnya:)

    BalasHapus
  24. Tiap Ibuku ultah selalu dirayain dengan makan2 bersama di luar. Kado yg dikasih gak pernah pakai kartu ucapan, ngomong langsung ke Ibuku. Udah lama gak pakai kartu ucapan. Idenya boleh juga nih Mak.

    BalasHapus
  25. Kalo saya memang lebih suka beliin makanan mbak hehe.. Ucapan untuk ibu juga boleh nih sesekali di coba. Saya juga suka make canva untuk buat2 desain sederhana, bagus dan cantik hasilnya

    BalasHapus
  26. membahagiakan ibu wajib nih hukumnya buat aku, kalau ibuku lebih suka dihadiahi moment kebersamaan aja sekarang ini, makan malam ke luar bareng keluarga misalnya.
    Btw udah lama sih teh gapernah bikin kartu ucapan gitu, wah bisa dicoba nih barangkalai biar makin seneng yah, makasihhh idenya, sederhana dan muudah-mudahan manjur bahagianya. hehe

    BalasHapus
  27. 27 Januari kemarin ibu saya berulang tahun yang ke-63 tahun, mbak. Sayangnya beliau sedang berada di Makassar, di rumah kakak kedua saya. Kalau sedang di Lombok, biasanya kami rayakan dengan makan bersama di tempat makan favorit beliau.

    BalasHapus
  28. Hihi karena aku bukan tipe romantis biasanya blak blakn aja ibu mau apa, aku belikan itu XD

    BalasHapus
  29. Memberi hadiah sayapun terkadang mencari informasi apa yg dibutuhkannya. Rasanya lebih bernilai dan bermakna ketika melihat rekahan senyumnya dari hadiah yang sudah diberi

    BalasHapus
  30. kalo mamak aku sih minta mentahnya aja hihih dan aku memang lebih suka begitu habis diprotes aja kalo ngado haha

    BalasHapus
  31. Memberikan hadiah yg dibutuhkan oleh penerima pasti memiliki nilai bermakna tersendiri. Sayapun ketika ingin memberi hadiah setidaknya mencari tahu dulu apa yg dibutuhkan

    BalasHapus
  32. aku suak dengerin ceritanya dan aku pasti akhirnya tahu apa yang mama mau

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.