Wanita Pegang Kendali dalam Urusan Otomotif


[Lifestyle] Ingat banget pas dulu beli mobil, suami menyerahkan semua keputusan kepada saya. Mau beli mobil apa? Sedangkan pengetahuan saya tentang otomotif masih sangatlah kurang. Apalagi urusan mesin mobil. Duuh, bisa pusing kepala saya. Tapi ternyata suami punya alasan lain, biar saya jadi tahu pilihan dan bisa belajar juga. Suami memang punya alasan, supaya saya bisa mandiri dan kalau ada apa-apa bisa jalan sendiri. Sampai akhir mobil itu saya jual, nyetir juga belum bisa sampai sekarang. Pas saya memutuskan menjual mobil, suami tidak protes, karena dia tahu bahwa apa yang saya putuskan sudah dipikirkan baik-baik.

Wanita pegang kendali

Wanita memang sudah saatnya untuk pegang kendali dalam pengambilan keputusan untuk urusan otomotif, tidak hanya pakenya saja. Seperti pada 20 Juli 2019 kemarin, ikut diskusi komunitas dengan tema "Wanita pegang kendali" yang diadakan Carsome, platform jual mobil online terkemuka di Indonesia bersama komunitas ISB dan Female Digest Community. Dalam acara ini juga hadir Ani Berta, Christian Sugiono, dan Maria Francisca selaku Marketing Manager Carsome Indonesia.


Tema ini diambil mengingat saat ini wanita lebih banyak mobilitas dan memiliki pengaruh besar dalam keputusan transaksi mobil. Apaplagi pengemudi wanita meningkat secara signifikan di Indonesia. Lihat saja, sekarang makin banyak loh pengemudi taxi online yang perempuan. Namun, biarpun seperti itu,  pengetahuan tentang otomotif itu sendiri masih kurang, seperti perawatan, perbaikan, mesin, hingga menjual mobil. 

Seperti yang diungkapkan teh Ani dalam sharingnya, bahwa sekarang banyak kesempatan untuk para wanita yang tak kalah dari pria. Apalagi dengan kesibukan wanita yang unik dan kebutuhan mobilitas yang mungkin berbeda dari pria. Sehingga wanita berhak menetukan preferensi otomotifnya sesuai kebutuhan dan kenyamanannya. Wajar sekali jika wanita punya bekal untuk mengukur mobil seperti apa yang akan membuat aktivitasnya lebih efektif dan efisien.

Sekarang ini mobilkan sudah jadi kebutuhan, apalagi buat wanita dengan beragam aktivitas, tentu semain dimudahkan. Hanya saja kalau tidak tahu dengan masalah otomotif ya berabe juga. Jangan sampai gatahu apa-apa, kena dibohongin. Misal rusaknya ga seberapa, tapi bayarnya itu loh sampai banyak. Apalagi saat mau menjual mobil, idealnya harus berapa tahun ganti mobil?


Perlu diketahui, mobil itu akan mengalami penyusutan. Dimana penyusutan merupakan penurunan nilai dari suatu aset fisik, seperti halnya mobil atau bahkan mesin. Seperti halnya tahun pertama mobil yang dibeli masih mulus, begitupun mesinnya. Tapi setelah 3-5 tahun pasti ada masalah. Perlu perbaikan ini itu. Kecuali memang rajin merawatnya. Kalau sebelakinya, mobil tersebut pasti mengalami penurunan nilai. Hal-hal ini perlu diketahui, supaya wanita bisa pegang kendali dalam hal urusan otomitif.

Samahalnya dengan yang diungkapkan Maria, bahwa penyusutan nilai mobil dimulai segera setelah mobil digunakan. Dengan mengendarai mobil dan laju penyusutan mobil bekas juga dapat berubah seiring waktu, utamanya dalam dua atau tiga tahun pertama. Kalau ingin membeli mobil tentu butuh riset dulu dan perawatan yang tepat, jadi ketika mau menjualnya masih memiliki nilai yang bagus.

Dalam sharingnya, Christian Sugiono juga mengungkapkan bahwa istrinya yakni Titi Kamal memiliki usaha, kesibukan dan kebutuhan otomotifnya sendiri. Sehingga untuk otomotif tidak ada eksklusivitas di rumahnya, semuanya telah menjadi keputusan bersama. Termasuk dalam membeli dan menjual mobil yang selalu melibatkan istri.

Jual mobil di Carsome


Nah, wanita yang ingin menjual mobil ga perlu minta anter suami lagi. Karena jual mobil di Carsome jadi lebih mudah. Carsome merupakan platform mobil daring yang paling cepat berkembangdi Asia Tenggara yang bertujuan menjadi "cara standar baru" dalam jual beli mobil bekas. Melalui online, pelanggan dapat menjual kendaraan dengan harga terbaik dari dealer. Jual mobil di Carsome semuanya difasilitasi. Mulai dari penilaian harga, inpeksi, penawaran dan pembayaran dealer serta kebutuhan logistik, yang memungkinkan pelanggan untuk menjual mobil mereka secara cepat.

Carsome sendiri akan memberikan layanan proses menjual mobil termudah yang pernah ada bagi wanita. Buat para wanita udah deh kalau mau jual mobil, bisa melalui Carsome. Caranya mudah, tinggal registrasi online, lalu akan dilakukan pemeriksaan oleh inspektor profesional dengan jadwal dan tempat yang fleksibel. Selain itu sistem penawaran langsung untuk menjangkau ribuan dealer dan akhirnya mendapatkan harga jual terbaik. Apalagi Carsome akan memberikan informasi mobil dan otomatif di Website Carsome


Ternyata nih platform Carsome ini sudah banyak dimanfaatkan oleh wanita aktif, karena design layanannya memangkas keribetan dalam hal menjual mobil secara tradisional yang sering dihadapi kaum wanita. Andai saja kenal Carsome sejak lama, ga bakal ribet lagi dulu saat mau jual mobil. Apalagi jual mobil di Carsome, secara mudah mobil kesayangan akan diperebutkan oleh ribuan dealer yang sudah terverifikasi dan mendapatkan harga terbaik. 

Yakin gamau ikutan jual mobil di Carsome? Udah deh ga bakal bingung jual mobil, langsung ke Carsome Indonesia aja ya. Karena wanita juga sudah pegang kendali dalam urusan otomotif.


3 komentar

  1. Nuhun pisan sudah hadir di acara ini ya Lis :)

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh Mbak, memang sekarang banyak banget nih yang sudah mengendarai mobil sendiri

    BalasHapus
  3. Setuju banget, walau nyetir belum lancar, yang penting tahu dulu hal-hal dasar tentang mesin kendaraan ya. Karena suatu saat pasti akan bermanfaat dan lebih nyaman lagi berbagi tugas dengan Suami nantinya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.