Melihat Dari Dekat Semarak Festival IKMA 2019


[Teknologi] Di era digital semuanya semakin berkembang pesat. Perusahaan-perusahaan hingga perbankan terus berinovasi di era digital. Setiap industri juga harus bisa mengikuti perkembangan, kalau tidak tentu akan kalah saing.

Di era industri 4.0 semuanya harus bisa bersaing dan terus berinovasi, termasuk Industri Kecil dan Menengah. Ingat banget seorang teman yang memang bergerak di Industri Kecil dan Menengah terus berinovasi dengan produk-produknya dan cara pemasarannya.

Semarak Festival IKMA 2019

Ngobrolin tentang Industri Kecil dan Menengah, pada 11 Desember 2019 lalu, hadir dalam Semarak Festival IKMA 2019 "Transformasi IKMA 4.0" yang berlangsung di Balai Kartini 11-12 Desember 2019. Pada acara pembukaan di Raflesia Ballroom, diresmikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Acara sendiri dibuka oleh tarian Jawa Barat Jaipongan.


Acara Semarak Festival IKMA merupakan acara yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan Aneka (IKMA). Dengan diadakannya kegiatan ini, tentu saja bis menjadi upaya yang baik dalam meningkatkan daya saing produk sera sumber daya manusia, khususnya sektor IKMA. Senang rasanya bisa melihat dari dekat Semarak Festival IKMA 2019, bisa sekalian belajar dan menambah pengetahuan.

Acara yang dipersembahkan untuk para Pelaku Industri Kecil, Menegah dan Aneka ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja industri penopang ekonomi kerakyatan. Bahkan acara ini juga dikemas dengan menarik, dengan diadakan seminar dan pameran, serta penghargaan kepada Startup4Industry dan desain Indonesia Footwear Creative Competition. Selain itu ada penyerahan 20 fasilitas dari Kementerian Perindustruian.

Perlu diketahui, bahwa Kemenperin mencatat, bahwa Industri Kecil dan Menengah yang merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Bahkan jumlahnya telah melampaui 4,4 juta unit dan mampu menyerap tenaga kerja hingga lebih dari 10,1 juta orang.


Adapun, rangkaian program “Semarak Festival IKMA 2019” ini terdiri dari Pameran dan Penyerahan Penghargaan yang meliputi: Pameran Startup dan festival IKMA, Penghargaan Startup4Industry, dan Penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. Selanjutnya, Pemberian Fasilitasi Restrukturisasi Mesin dan Peralatan serta Fasilitasi Sertifikasi Halal yang dilakukan secara simbolis. 


Ada juga pemberian fasilitas pengembangan produk lainnya, seperti bantuan cetak kemasan, fasilitas sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), fasilitas SNI baik pakaian bayi, mainan anak, garam konsumsi beryodium dan produk elektronik. Serta pemberian fasilitas sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP).

Saat keliling pameran, ada banyak IKM, dari mulai makanan, kopi hingga pakaian. Ternyata Ditjen IKMA juga memberikan fasilitasi untuk pengembangan SDM seperti Fasilitasi Sertifikasi Kompetisi Kerja Barista, Pakaian Jadi, Teknis Reparasi AC hingga Finishing Mebel Kayu. Tentu ini sangat menarik, mengingat sudah masuk era industri 4.0.



Acara ini sendiri juga diisi dengan seminar Startup Tech Provider 4 Industry dan Pameran Startup. Ini sangat menarik sekali. Tentyu bisa meningkatkan  daya saing. Sehingga bisa terus berinovasi dengan produk-produknyanya untuk menuju IKMA 4.0.

Kehadiran program  "Transformasi menuju IKMA 4.0" diharapkan Indonesia akan semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Dengan melihat dari dekat Semarak Festival IKMA 2019, menjadi tahu bahwa Industri Kecil dan Menegah itu banyak banget. Bahkan di hari itu saya bisa belanja langsung produk hijab yang kualitasnya itu bagus baget dan harganya sangat terjangkau. Pengetahuan baru didapatkan dari acara ini. Jadi semangat buat buka usaha deh.


 

3 komentar

  1. Wah seru banget nih Mbak acara Semarak Festival IKMA 2019 ini. Keren deh

    BalasHapus
  2. Keren banget nih Mbak acaranya. Selain itu banyak sekali nih ya pameran yang ada

    BalasHapus
  3. semoga semakin banyak pelaku industri kecil yang mendapat manfaat dari pemerintah melalui dirjen IKMA ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.