Perjalanan Singkat Jakarta Madiun

[Wisata Indonesia] Mungkin ini adalah pengalaman pertama solo travelling. Ini menjadi perjalanan berkesan yang baru saya alami. Semenjak itu, saya jadi berani keluar kota sendiri, tanpa teman maupun keluarga. Perjalanan singkat Jakarta Madiun, tentu menjadi perjalanan paling berkesan.

Menuju Stasiun Kutoarjo

Semua ini berawal, ketika suami dipindah tugaskan ke Madiun di pertengahan tahun lalu. Semenjak itu saya dan suami menjalani long distance marrige. Jujur, ini sangat berat sekali. Rencana awal kami, tahun 2020 ini akan membawa anak-anak kembali ke Jakarta. Tapi semua itu berubah, apalagi setelah suami dipindahtugaskan.

Akhirnya di bulan Juli 2019, saya dapat telpon dari suami untuk datang ke Madiun untuk mencari rumah tinggal baru. Ya, akhirnya setelah kepindahan suami, kami memutuskan untuk pindah semua ke Madiun di tahun 2020 ini. Dan di awal Juli saya memutuskan untuk berangkat sendiri ke Madiun menggunakan kereta. Waktu itu masih musim libur sekolah, jadi lumayan susah cari tiket langsung. Bahkan di aplikasi online saja tidak ada tiket satupun. Semuanya sudah habis terjual. Dapat masukan dari teman supaya ke stasiun saja, kali saja ada tersisa, ta sudah di 4 Juli 2019 datang ke Stasiun Pasar Senen, tapi ternyata sama aja, semua tiket udah habis.

Saat di Stasiun dapat info, supaya transit saja di Stasiun lain, baru lanjut ke Madiun. Pas dicek, ternyata ada kereta dari Pasar Senen ke Stasiun Kutoarjo, baru dilanjutkan ke Madiun. Karena gamau mencari lagi, langsung pesan saja. Tanggal 6 Juli pagi, saya berangkat ke Stasiun Kutoarjo dari Staisun Pasar Senen. Ini jadi perjalanan perdana seorang diri, dan memang ga enak banget, beneran bikin sepi. Biarpun di dalam gerbong rame, tetap saja ga ada yang bisa diajak ngobrol. Soalnya selama ini kemanapun pasti rame-rame, entah naik pesawat maupun Kereta Api. Perjalanan jauh sekalipun kalau rame-rame pasti terasa serukan.

Jajan baso di Kutoarjo Jawa Tengah

Sekitar jam 2 lebih saya sampai di Stasiun Kutoarjo, dan menunggu sampai jam 5 untuk melanjutkan perjalanan menuju Madiun. Bosen dong kalau harus duduk aja di Stasiun. Akhirnya berbekal info dari seorang teman blogger yakni mba Ratna Dewi saya jelajah singkat Kutoarjo yang kotanya mengingatkan kampung halaman sendiri.

Karena sudah masuk makan siang, dapat rekomendasi buat kulineran di Bakso Freedom. Jadi siang itu memilih buat jajan baso di Kutoarjo. Disini saya memilih untuk naik becak sambil menikmati suasana Kutoarjo. Sampai di lokasi langsung pesan es jeruk dan satu porsi Mie Ayam dan Baso Urat. Satu porsi dan minum itu kalau ga salah saya bayar hanya 20 ribuan. Itu sudah kenyang banget.

Sempat jalan-jalan sebentar dekat lokasi bakso untuk beli cemilan dan jajanan khas Kutoarjo. Pengennya sih banyak bawa belanjaan, tapi takut ga keburu juga buat pilih-pilih. Sekitar jam 4 saya kembali ke Stasiun Kutoarjo. Baru juga duduk 15 menit di Stasiun, suami udah menghubungi supaya kembali saja ke Jakarta, karena suami akan tugas juga ke Jakarta. Kaget dong, beneran berasa lucu 😂😂. Tapi, karena tiket ga bisa dicancel, akhirnya saya tetap melanjutkan perjalanan ke Madiun sore itu. Biar nanti pergi bareng saja sama suami.

Perjalanan ke Madiun

Sore itu perjalanan ke Madiun saya ga banyak melakukan kegiatan di kereta, memilih tidur saja, mengingat esok hari akan kembali melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. Sekitar pukul 9 lebih saya sudah sampai di Stasiun Madiun. Suami sudah menjemput. Malam itu, saya sempat main dulu di Alun-alun Madiun. Gamau dong perjalanan singkat tapi tidak bisa menikmati kulineran dan suasana malam kota Madiun. Akhirnya suami ngajak buat cari makan sambil menikmati ramainya alun-alun.

Perdana datang ke kota ini rasanya adem banget, tenang dan ga liat kemacetan juga. Makanan disini juga ga terlalu mahal. Jadi beneran bisa berhemat juga. Makan sate kambing satu porsi suami bayar 15.000. Ini sih bikin saya senang banget. Bahkan di pagi harinya saya bisa menikmati Nasi Pecel Khas Madiun yang rasanya juga enak.

Di Madiun saya hanya tinggal kurang lebih 15 jam saja. Karena di siang hari saya dan suami melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. Karena perjalanan yang mendadak, kami pun tidak bisa mendapatkan tiket kereta. Akhirnya siang itu kami ke Terminal, ternyata masih ada bus menuju Jakarta. Maka hari itu kami pun pulang ke Jakarta dengan menggunakan bus.

Kembali ke Jakarta

Perjalanan ini beneran deh singkat banget. Akhirnya niat buat cari rumah pun ga jadi. Pokoknya antara pengen ketawa dan sedih aja gitu. Biarpun begitu dalam setiap perjalanan tentu ada hikmahnya. Hikmahnya adalah saya dan suami bisa menikmati waktu berdua biarpun di dalam bus. Soalnya kami sudah jarang banget memiliki waktu berdua. Karena kesibukan masing-masing, apalagi dengan kondisi kami tinggal berjauhan. Jadi perjalanan ini beneran dinikmati banget.

Yang paling kocak adalah ketika baru sampai Cirebon, bus yang kami tumpangi mengalami masalah 😂😂😂. Remnya bermasalah, kalau dipaksain malah berbahaya juga. Akhirnya kami sempat diam di tol lumayan lama sambil menunggu bus pengganti datang. Kalau ga salah ingat jam 8 pagi bus pengganti baru datang dan kami melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Total perjalanan Madiun Jakarta, yang tadinya sekitaran 12 jam, akhirnya kalau ditotal adalah 24 jam dong. Karena jam 2 siang saya dan suami baru sampai Bekasi. Karena sudah kesal dengan kemacetan kamipun turun dan melanjutkan naik Grab ke rumah.

Sungguh ini perjalanan tersingkat dan terkocak saya. Tapi jujur semenjak itu ku tak mau melakukan perjalanan singkat begini lagi. Karena bikin cape badan. Sampai rumah saja langsung cari pijat langganan. Karena badan sakit semua. Kalau ditotal nih dari tanggal 6-8 saya di jalan terus 😂😂.