Cara Menabung Untuk Membeli Mobil Toyota

Dokumen pribadi

[Keuangan]  Satu hal yang sering saya lakukan hingga saat ini adalah membeli sesuatu dengan cara menabung terlebih dahulu, baru beli kemudian. Entah itu untuk budget liburan, beli perabotan yang selalu saya inginka, hingga membeli kendaraan, baik itu motor maupun ketika membeli mobil Toyota Avanza di tahun 2016, biarpun waktu itu aku memilih yang second. Karena semua sesuai kemampuan dari dana yang dimiliki, ditambahin suami sih sebagian hehe. Mau membeli kendaraan pasti menabungnya terlebih dahulu, entah itu roda dua ataupun empat.

Waktu itu kondisi saya sedang hamil dan baru resign kerja dari sebuah perusahaan kontraktor. Hanya saja dengan tabungan selama bekerja, bisa saya simpan untuk persalinan dan tabungan untuk membeli kendaraan. Saat itu juga belum kepikiran beli tanah dan membangun rumah, soalnya harga di Jakarta mahal juga 😁😁. Jadi tujuan keuangan saya lebih ke dana persalinan dan kendaraan pribadi untuk bisa dipakai pulang kampung. Biarpun kampungnya hanya ditempuh 5 jam saja dari Jakarta.

Kenapa memilih menabung dahulu?

Toyota Avanza aku sebutnya si putih yang selalu menemani PP Jakarta Garut (dokumen pribadi)

Dulu tuh ya mau cicil takut aja ga bisa bayarnya, karena baru resign kerja. Sedangkan gaji suamikan buat sehari-hari dan kebutuhan saat lahiran nanti. Jadi ya sudah bersabar dengan menabung terlebih dahulu. Samahalnya ketika tujuan keuangan bertambah dengan mempersiapkan dana untuk rumah, ya udah nabung bahan-bahannya aja dulu. Biarpun di kampung halaman udah banyak perumahan. Karena pengennya saat masuk masa pensiun tetap dekat dengan keluarga.

Nah, sekarang karena sudah pindah jauh nih ke Jawa Timur, kepikiran beli kendaraan baru. Setelah diskusi sama suami, mau beli cash atau tunai? Yang pasti saya menabung dahulu. Adapun cara mudah menabung untuk membeli mobil yang sudah saya lakukan adalah sebagai beriku:

1. Tentukan jenis mobil yang ingin dibeli

Sebelum menentukan jumlah tabungan setiap bulan, kita harus tahu dulu mobil jenis apa yang ingin dibeli. Kalau saya yang pasti tetap ingin membeli mobil keluarga, yakni Toyota Avanza, karena sudah nyaman aja dengan yang pertama dimiliki. Apalagi sekarang keluar desain terbaru. Jadi kepengen saja gitu punya yang baru. Dipake juga nyaman, lega, malah pernah bawa kasur lipet biar anak bisa tidur saat perjalanan pulang kampung. Semoga aja bisa kebeli desain terbarunya ini dalam waktu dekat. Amin.

2. Tentukan mau beli kredit atau tunai

Sebelum memutuskan membeli jenis mobil yang diinginkan. Membelinya mau gimana nih? Mau tunai atau kredit? Tapi perlu diingat juga, mau beli cash atau credit, tetap kita butuh yang namanya menabung. Kalau mau kredit, ya udah kita menabung buat DP mobil. Kalau maunya beli tunai, tentu saja harus sabar ya untuk semangat menabung, sampai jumlah uang sesuai harga mobil terkumpul.

3. Cek dulu pengeluaran bulanan sebelum memutuskan membeli mobil

Sumber www.auto2000.co.id

Ketika ingin memutuskan membeli kendaraan, pastikan sudah dipikirkan dahulu sesuai dengan kondisi keuangan kita. Berapa budget untuk pengeluaran bulanan, seperti makan, ongkos kerja dan lainnya. Apakah ada cicilan lain atau tidak? Jangan sampai kamu sendiri pusing. Misalnya nih memutuskan ingin membeli mobil secara kredit, tapi ternyata masih ada cicilan rumah, lebih baik tunda dulu. 

Perlu diingat nih, idealnya jumlah cicilan itu maksimal 35% dari pendapatan bulanan. Jadi kalau punya satu cicilan, bagusnya beresin dulu satu-satu ya.

4. Menentukan target tabungan

Setelah kita tahu jenis mobil yang diinginkan baru nih menentukan target menabung untuk setiap bulannya. Perhitungannya sebagai berikut.

Contohnya akan beli mobil Toyota Avanza. Bisa cek-cek harga dulu di www.auto2000.co.id. Misal harga untuk New Avanza 1.3 E tahun 2020 ini adalah 182.700.000. Target menabung untuk beli cash selama 4 tahun.

1 tahun = 12 bulan

12 bulan x 4 = 48 bulan

Jadi 182.700.000 : 48 = 3.806.250

Berarti jumlah tabungan setiap bulannya adalah sejumlah 3.806.250. Tentunya harus ingat ya, bahwa harga sekarang dan beberapa tahun bisa jadi ada perbedaan. Syukur-syukur dapat promokan pas mau belinya. Seperti sekarang lagi ada Promo Dealer Toyota di Auto2000.co.id. Bisa langsung cek, apalagi kalau teman-teman sudah ada dana buat beli cash atau DP Mobil baru, bisa langsung cek sekarang. 

Kalau memilih kredit, bisa nabung buat DP mobil, bisa mulai deh tuh cari informasi dealer untuk cari tahu jumlah DP dari mobil yang diinginkan. Untuk jumlah tabungan yang akan digunakan untuk membeli mobil bisa langsung dimasukkan pos keuangan bulanan.

5. Konsisten Menabung

Setelah total tabungan bulanan diketahui, bisa langsung dimasukkan pos keuangan yang kita buat, supaya lebih teratur dan kita bisa lebih konsisten dalam menabung. Termasuk membuat kita lebih hemat, supaya apa yang diinginkan segera terwujud.

Sumber www.auto2000.co.id

Dan 5 hal inilah yang biasanya saya lakukan ketika menginginkan sesuatu, entah kendaraan, persipan punya rumah, hinggan budget buat liburan. Sekarang ini lagi banyak cari informasi soal mobil Toyota Avanza dengan desain baru, sehingga bisa kembali menabung untuk membelinya. 

Untuk informasi soal Toyota, saya cek di www.auto2000.co.id memiliki wajah baru dengan nama Auto2000 digiroom, yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Jadinya pelanggan bisa dengan mudah membeli kendaraan baru, purna jual, suku cadang hingga aksesoris. Termasuk Trade In dan pembelian mobil bekas yang bekerjasama dengan Astra Auto Trust dengan mudah.

Dengan begini akan lebih mudah juga mendapatkan informasi seputar mobil impian ya. Maka dari itu harus lebih semangat menabung untuk mewujudkan tujuan keuangan dalam membeli kendaraan baru.


1 komentar

  1. Malah bagus begitu mba. Jadi yg dibeli memang sesuai Ama kemampuan dan kebutuhan. Toh mobil itu bukan BRG investasi, nilainya bakal menurun . Ngapain maksa beli baru dengan cicilan kalo barangnya terdepresiasi gitu.

    Aku juga kok kalo utk traveling aku anti ngutang. Aku slalu tabung untuk itu. Aku tentuin dulu, targetnya jl panjang ato pendek. Kalo setahun kedepan berartikan pendek. Aku invest uangnya di bbrp platform investasi kayak P2P lending ato tabungan berjangka yg LBH tinggi.

    Tapi kalo jk panjang , yg LBH dari 3 thn, aku nabungnya dlm bntuk emas. Krn nilainya pasti naik dan ga kena inflasi. Seperti kata orang2 tua zaman dulu, naik haji itu dari dulu hanya 99 gr. Skr pun, ttp 99gr, Krn emas yg nilainya naik. Makanya utk traveling jangka panjang, aku taro tabungannya dlm bntuk emas. Supaya nilainya ga turun :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.