Inovasi Baru Royco Dengan Garam Beriodium Bantu Ibu Membuat Makanan Lezat Bernutrisi


royco-dengan-garam-beriodium

[Lifestyle] Diluncurkannya inovasi baru royco dengan garam beriodium bantu Ibu membuat makanan lezat bernutrisi setiap harinya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, makanan bernutrisi sangat penting sekali. Supaya tubuh makin sehat juga. Selain olahraga, minum air putih, penting konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Masak menu keluarga pakai Royco dengan garam beriodium

Membuat menu bernutrisi sangatlah penting, apalagi di masa pertumbuhan anak-anak. Mungkin karena banyak di rumah saja, jadi pada doyan makan. Setiap hari akan membuat 2-3 menu, tentunya berbeda setiap hari, karena anak-anak mudah sekali bosan. Tapi yang wajib ada tuh sayur dan buah, karena anak-anak paling suka. 

Dari menu keluarga yang saya buat, anak-anak itu paling doyan sayur sop dengan ceker atau baso. Seperti masakan kali ini saya membuat sayur sop ceker, masakan paling simpel dan cepat. Dengan satu kilo ceker, paling bertahan sehari saja. Masaknya juga ga banyak bumbu, tinggal ulek bawang merah dan putih, sedikit merica dan Royco dengan garam beriodium yang bikin makanan lezat bernutrisi.

royco-dengan-garam-beriodium

Pakai Royco ini sudah sejak lama, setiap minggu pasti selalu stock, ternyata pas beberapa waktu beli ada yang berbeda dari kemasannya. Saat itu ga ngeh dengan kemasan baru ini, yang pentingkan stock Royco aman di rumah, dan makanan semakin lezat. 

Barulah pada 25 Januari 2020 mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam Virtual Launch "Kelezatan Masakan Bergizi Seimbang dengan Iodium untuk #BantuTumbuhSesuai". Peluncuran Inovasi terbaru Royco dengan garam beriodium bertepatan dengan Hari gizi Nasional. Dengan kehadiran inovasi ini tentu saja mejawab kebutuhan para orangtua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bagi keluarga yang bernutrisi guna #bantutumbuhsesuai perkembangan anak. Selain itu Royco dengan garam beriodium juga membantu mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi.

Kenapa garam beriodium itu penting?

Dalam acara ini banyak sekali insight tentang pentingnya garam beriodium yang selama ini kita tahunya untuk pencegahan penyakit gondok. Ternyata banyak banget dampaknya kalau sampai anak di masa tumbuh kembangnya kekurangan garam beriodium. Beberapa narasumber yang hadir seperti:

royco-dengan-garam-beriodium
  • Hernie Raharja selaku Director of Foods and Refreshment PT. Unilever Indonesia, Tbk.
  • Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB University.
  • dr. Diana F. Suganda selaku Dokter Spesialis Gizi Klinis.
  • Tantri Syalindri selaku, penyanyi dan Ibu 2 anak.

Iodium sangat dibutuhkan di masa pertumbuhan, apalagi di 1000 hari pertama kehidupan, hingga ke tahap usia selanjutnya. Kalau sampai kekurangan iodium secara terus menerus dalam waktu lama akan menghambat perkembangan dan kemampuan berpikir. Masalah yang timbul pada orang dewasa karena kekurangan iodium adalah masalah kesuburan, gangguan mentah dan daya tahan tubuh. Pasti sudah tahukan penyakit gondok atau hipertiroid itu menendakan tubuh kekurangan iodium, ssehingga terjadi pembesaran kelenjar tiroid.

Seperti yang disampaikan dr. Diana, dampak dari kekurangan iodium lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia. Kekurangan iodium mengakibatkan perkembangan otak terganggu. Diperkirakan, 20 juta orang Indonesia menderita GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium), yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta point. Maka dari itu, pemenuhan kebutuhan iodium harus diperhatikan dari hulu ke hilir, sejak 1000 hari pertama kehidupan.

Dulu pernah ngalami juga yang namanya gondok, jujur ga enak banget, panas dingin dan malu karena leher gede banget, sampai tidak sekolah selama seminggu. Kalau ada yang jenguk pasti ngumpet di kolong tempat tidur. Setiap makanan penting memperhatikan kecukupan garam beriodium, supaya tidak menghambat tumbuh kembang. 

hidden-hungger

Apalagi masyarakat Indonesia menghadapi masalah nutrisi yakni hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. Bahkan menurut data Global Hunger Index, Indonesia menduduki posisi ke 70 dari 107 negara yang mengalami hidden hunger. Menurut Prof. Dodik angka tersebut belum baik. Hidden Hunger ini berbeda dengan kelaparan biasa seperti perut buncit atau kurus, karena tak terlihat. Kondisi hingger hunger akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink.

Lebih lanjut Prof. Dodik mengungkapkan bahwa dalam Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 memperlihatkan 48,9% Ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 yang melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium. 

Asupan zat gizi mikro juga sangat penting, maka dari itu orangtua harus bisa memastikan sajian makanan yang beragam di rumah sejak dini. Untuk bisa mencegah hidden hunger, kita bisa menerapkan "isi piringku" yang sudah ada dalam pedoman Gizi Seimbang menteri Kesehatan Republik Indonesia. Seperti yang diungkapkan dr. Diana, dalam isi piringku kita bisa membagi menjadi 3 bagian:

  • 1/3 karbohidrat
  • 1/3 sayuran hijau atau berwarna warni
  • 1/3 lauk dari protein hewani dan nabati

Terkadang ada rasa deg-degan juga, apakah masakan yang saya buat untuk keluarga sudah tercukupi garamnya. Dan selama pandemi ini sangat penting buatku memperhatikan isi piringku, supaya terpenuhi nutrisi anak di masa tumbuh kembangnya. Kalau kehabisan ide masak, suka baca-baca tuh resep masakan di belakang kemasan Royco.

Royco NutriMenu

royco-nutri-menu

Dengan hadirnya inovasi baru Royco dengan garam beriodium tentu jadi jawaban dan solusi juga buat para orangtua. Produk Royco Kaldu Ayahm dan Sapi berkomitmen menggunakan garam beriodium. Tentunya dibuat dari daging ayam dan sapi berkualitas yang direbus lama dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga bisa semakin menyempurnakan kandungan nutrisi dari tiap hidangan rumah.

Untuk harga tetap sama kok, kemarin beli yang 230g saja masih 10.000 rupiah. Apalagi dengan kandungan iodium dalam Royco membuat sajian makanan makin lezat, dan sangat baik untuk anak. Karena dapat membentuk dalam membentuk hormon pertumbuhan, untuk jadikan perkembangan kecerdasan, fisik dan mental menjadi lebih optimal.

Seperti yang diungkapkan Hernie, Royco memiliki tujuan mulia yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan guna menginspirasi keluarga Indonesia, dalam mengkonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi, yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasal dari sumber yang berkelanjutan. Royco juga membantu mengatasi masalah nutrisi, baik melalui inovasi maupun program edukasi secara konsisten. 

royco-dengan-garam-beriodium

Salah satu programnya adalah melanjutkan "Royco NutriMenu", merupakan rangkaian edukasi yang sudah dikembangkan sejak 2019 dengan mengacu pada konsep "Isi Piringku" sesuai pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan RI. Program ini mengetengahkan panduan berisi menu lengkap yang lezat, menggunakan bahan makanan yang lebih bergizi, hingga bersumber dari bahan-bahan berkelanjtan berbasis nabati yang tergabung dalam "50 pangan masa depan".

Program Royco Nutrimenu yang sudah disebarluaskan ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja pondok pesantren, tahun ini akan menyasar lebih banyak masyarakat melalui digitalisasi. Tentunya berkerjasama dengan berbagai pihak, dari mulai Ibu PKK, Ikatan Bidan Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan berbagai NGO lokal maupun global. Serta didukung Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Agama RI. 

Target dari program ini bisa mengubah perilaku pola makan 2,5 juta masyarakat Indonesia, edukasi panduan gizi seimbang, perilaku hidup bersih dan sehat, pentingnya asupan iodium yang bantu anak tumbuh sesuai, hingga resep-resep berbahan 50 pangan masa depan untuk semakin menginspirasi kelurga Indonesia.

royco-dengan-garam-beriodium

Dan baru tahu loh bahwa salah satu bahan yakni daun kelor bisa menjadi makanan yang lezat bernutrisi loh. Apalagi saat Chef Norman dan Tantri membuat menu masakan Nasi Kacang Hijau dengan Ubi Merah dan Steam Kembung Daun Kelor. Makanan makin lezat menggunakan Royco dengan garam beriodium. 

Sebagai seorang Ibu, Tantri juga sama selalu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, dengan menyiapkan menu hidangan setiap harinya. Selain itu, hadirnya Royco dengan garam beriodium ini sangat membantu Tantri dalam memastikan anak-anaknya tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.

Begitupun saya sendiri, hadirnya inovasi Royco dengan garam beriodiun bantu Ibu membuat makanan lezat bernutrisi. Masak pun jadi lebih bersemangat, tidak usah yang ribet, bisa gunakan bahan makanan di sekitar juga. Kebetulan ada daun pepaya, daun kelor juga. Jadi Sabtu besok mau coba buat Sup Ayam Daun Kelor ala NutriMenu nih. Semoga anak-anak juga suka.

Nah, kalau Ibu dan Ayah besok mau masak apa nih?



31 komentar

  1. Oh ini Royco baru ya.
    Duh Royco sih memang bumbu dapur andalan ya, buat apa aja bisa.

    BalasHapus
  2. Aku juga baru sadar Teh kalau Royco yang baru sekarang kemasannya berbeda. Awalnya aku kira beda produk ternyata cuma kemasan saja yang beda ya? Di rumah juga selalu pakai Royco apalagi suami dan anakku pecinta masakan gurih dan sedap.

    BalasHapus
  3. masak jadi sedap rasanya ya mba

    BalasHapus
  4. Cocok ini buat aku yang suka lupa masukin garem ke makanan. Tadi pagi bikin nasgor aja lupa masukin garam. Kalau udah ada tambahan garam yodium di royco jadi praktis. Btw, sayur kelor pake kelapa enak lho mbaak....

    BalasHapus
  5. Inovasi Royco dengan garam ber-iodium ini brilian dan kece banget ya Mbaaa
    aku juga siap mengunjungi bit.ly/royconutrimenu buat dapatkan inspirasi resep Royco Nutrimenu

    Siap masaaakkk untuk keluarga tercinta yeayyy!

    BalasHapus
  6. entah kenapa kalau baca tulisan tentang makanan bawaanya jadi ngiler , hehehe. Waah sekarang kemasan Royco terlihat baru desainnya serta isinya pun juga lebih banyak

    BalasHapus
  7. Aku juga pengguna Royco, tapi belum dapet nih Royco kemasan baru. Karena stok lama masih ada jadi belum beli-beli lagi. Seneng banget sekarang kebutuhan iodium bisa diperoleh dari Royco juga

    BalasHapus
  8. Wah ada produk baru dari Royco yang mengandung Iodium dapat membuat makanan selain bergizi juga bervitamin . Ibu-ibu memasak perlu sekali memakai ini untuk nutrisi tinggi bagi anak-anaknya.

    BalasHapus
  9. Omg! It’s a real new royco with iodium? Baru aja liat iklannya di tv terus baca blog teh lis bikin pengen nyetok bumbu masak untuk bulan ini

    BalasHapus
  10. HAduduu malem2 lihat cekeer jadi pengen nyemill, n nyomoot atulah, enak sigana haneut2, Liiss.
    Btw salut sama Royco dengan inovasi baru garam beriodiumnya semoga mengatasi hidden hunger pada anak2 yaa.

    BalasHapus
  11. Saya dari dulu sudah pake royco, nah sekarang dengan adanya tambahan iodium makin tidak bisa ke lain hati. Besok rencana mau bikin nugget tempe ulik resep yang ada di nutri menu.

    BalasHapus
  12. Bagus nih inovasi royco. Aku juga pakai royco di rumah. Buat goreng tempe pake royco aja enak banget.

    BalasHapus
  13. Daun kelor kesukaan anakku banget. Padahal cuma disayur bening kasih royco dikit, makannya sudah lahap banget. Memang andalan banget ini royco.

    BalasHapus
  14. senangnya sekarang ada royco yg sudah mengandung garam beryodium ya
    masak sama Royco nggak hanya makin lezat tapi juga sehat
    Royco sahabat dapur ibu

    BalasHapus
  15. Wow sop ceker ayam, sop kesukaan nih, Apalagi jika lagi flu pilek dan bosen cream soup
    Cukup masak soup ceker bumbu Royco tambahin wortel parut, sedappp 😋😋😋

    BalasHapus
  16. Keren ya Royco ada inovasi terbaru , dan saya terbiasa menggunakan royco sejak zaman old hehehe

    BalasHapus
  17. Saya baru tau nasi kacang hijau ini, mesti melirik resepnya nih dan nggak lupa juga pakai Royco.

    Menu masak besok, hmmm kayaknya melihat apa yang ada tersedia biar nggak rusak bahan makanannya.

    BalasHapus
  18. Usaha seblak di rumah juga, saya menggunakan royco yang jenis ini. Jadi tambah nikmat memang rasanya. Apalagi si mamah juga pernah bikin sayur daun pepaya pakai royco.

    BalasHapus
  19. Super lezaaat lihat sop-nya. Semoga kapan-kapan bisa nyobain masakan mba Lis. Hehhee... Btw Royco adalah andalan ibuku yang diwariskan kepadaku. Sekarang aku pun kalau masak juga pakai Royco.

    BalasHapus
  20. Duh auto ngiler liat sop ceker. Btw, aku blm pernah makan daun kelor. Susah jg carinya di pasar. Mungkin kudu cari di supermarket nih.

    BalasHapus
  21. Oh,ada kandungan garam beriodium ya pada royco, selama ini sekedar tau untuk membuat makanan lezat aja. Saya beberapa kali lihat ibu masak di rumah juga mencampurkan Royco ke menu masakan yang seperti soup gitu.

    BalasHapus
  22. Sama banget mba di rumah, anak-anak favoritnya tuh sayur sop baso dan bumbunya aku suka pake royco hahaha duh senangnya sekarang ada kemasan dengan garam iodium yah andalan deh buat emak2 cem aku

    BalasHapus
  23. wah ini nih, solusi praktis para kaum ibu jaman now, hehe.. gak perlu pusing mikirin masak ya, udh praktis dan dijamin hasil enak :)

    BalasHapus
  24. Kalau di rumah sih kayaknya ikan palumara Teh Lis. Soalnya sudah jadi masakan kesukaan keluarga juga sih. Entar bilangin istri untuk pakai Royco dengan garam yodium ini.

    BalasHapus
  25. Masak pakai Royco garam beryodium jadi Makin praktis ya, ga usah nyari garam kandungan yodium lagi. Udah komplit dalam Royco. Auto enak, ga takut kena Gondok

    BalasHapus
  26. Daun kelor menu andalan suamiku mbak tetapi dicampur dengan kacang hijau, hm bisa lupa berhenti.
    Nah, kalau pakai Royco bisa-bisa tambah lahap makannya dan makin tak lupa berhenti. Kan, Royco ini sangat membantu para emak menciptakan makanan enak di rumah.

    BalasHapus
  27. Nggak belibet lagi kalau mau membuat hidangan lezat, karena pakai royco udah lengkap dengan garam beriodium-nya.

    BalasHapus
  28. Pantesan royco sekarang rasanya lebih enak dan lebih gurih. Ternyata ada kandungan garam beriodium yang aman buat keluarga.

    BalasHapus
  29. belum pernah nyoba yang ini nih baru kan ya sekalian ada garamnya
    jadi ga dua kali masukin garam pakai royco dah cukup

    BalasHapus
  30. Wah boleh juga tuh dicoba resep sup ayam daun kelornya. Selama ini masak daun kelor seperti masakan dari zaman nenekku hehe hanya diberi penyedap rasa, kunci, bawang putih dan bawah merah

    BalasHapus
  31. Meuni enak Pisano kelihatannya sopnya teeh. Hehe.

    Eh iya akupun tahunya cuma mencegah gondokan, ternyata banyak manfaat garame iodium lainnya ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.