5 Godaan Sebelum Menikah

5-godaan-sebelum-menikah

[Wedding] Ada yang sedang mempersiapkan pernikahan? Mungkin mau menikah dalam waktu dekat atau setelah Idul Adha. Pasti banyak dong yang dipersiapkan dari sekarang. Dari mulai catering, venue, dekorasi, souvenir, sampai MUA. Printilan-printilan sekecil apapun harus dicatat ya, jangan sampai ada yang terlewat. Biarpun disibukkan dengan persiapan menikah, jangan lupa jaga kesehatan dan mental juga. Apalagi sering muncul yang namanya godaan sebelum menikah.

Godaan sebelum menikah yang harus diwaspadai

Mengurus pernikahan tuh memang tidak mudah, rasanya nano-nano kalau dilakukan sendiri. Berbeda kalau sudah pakai jasa WO, semua sudah diurusin. Jadi, calon pengantin tinggal tenang saja. Saya merasakan betul saat mengurus semua persiapan nikah seorang diri, ada saja yang kurang, lelah dan akhirnya mudah emosi. Apalagi waktu itu, usia masih muda banget pas menikah, yakni 21 tahun.

Selain mengurus perintilan nikah, ada banyak sekali godaan yang akan dihadapi. Dan itu bisa bikin mood makin jelek, mudah tersinggung dan perasaan makin campur aduk. Tentunya mental inilah yang harus dipersiapkan, calon pengantin harus tetap tenang. Godaan sebelum nikah yang kerap muncul jangan sampai membuat hati menjadi bimbang, tentu harus diwaspadai ya. Nah, kamu harus tahu nih 5 godaan apa saja yang sering dihadapi calon pengantin menjelang pernikahan:

5-godaan-sebelum-menikah
Ilustrasi bertengkar dengan pasangan (photo by Canva)
1. Berselisih dengan pasangan

Godaan pertama yang sering dialami pasangan calon pengantin adalah berselisih dengan pasangannya. Dalam mempersiapkan pernikahan pasti ada saja masalah yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Misalnya calon suami pengennya acara simpel, tapi calon perempuan pengen ada adat dan lainnya. Dari masalah inilah, pastinya bikin kamu sebagai calon pengantin stress. Kalau dibiarkan bisa jadi masalah besar juga. 

2. Merasa ragu atau bimbang

Godaan selanjutnya yang akan dihadapi menjelang pernikahan, adanya perasaan ragu atau bimbang untuk menikah dengan pasangan. Akan banyak sekali pertanyaan di dalam hati, apakah dia bisa menjadi imam yang baik? Atau apakah benar-benar mencintainya? Belum lagi kekurangan pasangan semakin terlihat, terkadang itulah yang membuat ragu juga. Dan tentunya masih banyak hal lainnya yang bisa membuat calon pengantin ragu dengan pasangannya sendiri.

3. Mantan ngajak balikan

Godaan yang paling mengerikan adalah adanya mantan yang ngajak balikan sebelum hari pernikahan. Ini akan menguji cinta kamu sama pasangan yang saat ini. Bisa saja mantan ini adalah orang yang sudah berpacaran dengan kamu cukup lama, atau dia adalah cinta pertama yang sebelumnya susah sekali untuk dilupakan. Maka dari itu, usahakan kamu tetap kuat dan tidak tergoda dengan datangnya mantan.

4. Adanya masalah dengan keuangan

Tanpa kita sadari mempersiapkan pernikahan itu bisa menimbulkan masalah dengan keuangan, karena bisa saja makin membengkak, padahal sudah disiapkan jauh-jauh hari. Maka dari itu, itu bisa jadi masalah dan membuat calon pengantin mengalami stress juga. 

5. Datangnya masalah dari keluarga

Tak bisa dipungkiri, masalah dari keluarga akan menjadi godaan yang tidak bisa dihindari. Misalnya perselisihan soal jumlah undangan dengan keluarga calon suami, atau bahkan masalah ketidakhadiran salah satu keluarga. Pastinya banyak sekali masalah-masalah di kelurga yang akan dihadapi ini.

5-godaan-sebelum-menikah
Ilustrasi menikah (photo by Canva)

Buat yang sudah menikah, pasti pernah sekali mengalami godaan-godaan di atas bukan?

Saya pun pernah, merasa ragu pernah, ketakutan tidak bisa menjadi istri yang diharapkan pernah banget, sampai memikirkan dana nikah apakah cukup atau tidak? Mengingat saat menikah itu saya sudah tidak punya Ayah, jadi menikah dengan dana seadanya. 

Bahkan yang paling menjengkelkan saat itu adalah mantan ngajak balikan satu bulan sebelum pernikahan, padahal dia yang pergi tanpa kabar di saat itu. Datang begitu saja dan minta saya jangan menikah. Alhamdulillah masih kuat keimanan saya saat itu, dan memantapkan hati menikah dengan suami. 

Kalau masalah dengan keluarga gimana? Alhamdulillah ga ada, justru masalah datang dari kanan kiri alias orang sekitar, yang menganggap pernikahan saya terburu-buru, disangkanya yang aneh-aneh lagi. Padahal keluarga memilih diam, dan mempersiapkan semua sendiri. Ya kali harus pengumuman kesana kemari 😂😂. Biarpun timbul gosip yang tidak jelas, nyatanya bisa dilalui dengan baik. 

Cara menghadapi godaan nikah

5-godaan-sebelum-menikah
Ilustrasi pernikahan (photo by Canva)

Karena semenjak 2010 sudah kerja di WO dan akhirnya punya Bantu Nikahan, hal-hal semacam ini jadi pelajaran berharga banget. Suka bilang ke calon pengantin supaya tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah yang dihadapi menjelang pernikahan. Untungnya punya pengalaman pribadi juga harus ngapain kalau ada masalah. Jadi, kalau ada calon pengantin cerita bisa kasih masukan juga. Buat yang mau menikah, supaya bisa menghadapi godaan menjelang pernikahan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
  • Mendekatkan diri dengan Allah SWT dan berdoa supaya semuanya diberikan kelancaran.
  • Tetap tenang saat menghadapi berbagai masalah, supaya memudahkan dalam mencari jalan keluar.
  • Saat mulai emosi, cobalah tarik napas dan istighfar supaya tetap rileks.
  • Komunikasikan hal sekecil apapun dengan pasangan. Dengan rajin komunikasi, sehingga bisa menemukan solusi terbaik.
  • Buatlah planning pernikahan jauh-jauh hari, misal mau ada resepsi atau tidak, semua dikomunikasi dengan pasangan dan keluarga.
  • Siapkan dana nikah sesuai dengan planning yang diinginkan dan pentingnya memiliki dana darurat.
  • Harus bisa menahan diri supaya dana nikah tidak membengkak. Kalau dari awal sudah memutuskan jumlah udangan 200, jangan ditambah jadi 400 lagi, karena ini akan membuat dana semakin besar.
  • Abaikan kanan kiri seperti mantan, dan tetap fokus dengan pasangan sendiri.
  • Cobalah menikmati me time menjelang hari H, misal dengan perawatan atau mendengarkan musik di rumah.
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan menjelang hari pernikahan, supaya godaan-godaan apapun bisa dihindari dengan sebaik mungkin. Tetap percaya dengan pasangan masing-masing dan lakukan segala hal dengan bersama. Yang penting sebelum menikah, siapkan mental ya. Dan perbanyak ibadah juga. Semoga pernikahannya lancar. Amin


27 komentar

  1. Iya..sih, kalonmo nikah banyak aja..masalah. soalnya kan nikah itu ibadah..jadi oara setan bekerja kerasa bagaimaba menggagalkannya...

    Harus tenang ..jangan gampang emosian.., apalagi udah deket mau akad..

    BalasHapus
  2. Godaan terberat aku saat itu adalah mantan ngajak balikan, Liiiss.
    Kek sinetron ajaa..
    Plus sama cekcok sama Mama yang mengundang banyaaak teman2nya, belom lagi 3 keluarga besarku aja udah uyek.

    DAn sepakat dengan menyiapkan mental itu penting banget, alhamdulillah selebihnya aman2 saja dan menyerahkan sama orang tua yang urus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah godaan mantan bikin BT ya teh. Alhamdulillah semua bisa dilewati

      Hapus
  3. Bener banget, kalau mau menikah tuh ada saja godaannya. Tapi kalau bisa melalui semuanya pasri nanti akan terasa plong dan lega sesudahnya..

    BalasHapus
  4. Akankah aku merasakan godaan sebelum nikah nanti? Semoga pas yakin ya yakin aja, gak banyak hambatan. Kalau pun ada semoga tetap bisa menyelesaikan dengan baik

    BalasHapus
  5. godaan sebelum menikah versi aku justru tentang keluarga dan bagaimana konsep resepsi yang akan digelar, maklum dua keluarga pasti mau yang terbaik versi mereka masing-masing

    BalasHapus
  6. Mantap banget nih Mbak tulisannya Paling galau dah tu ya pas deket waktu nikahan eh mantan pake mau balik lagi. Tapi intinya selalu dekat kepada Allah ya Mbak agar dilancarkan pernikahannya.

    BalasHapus
  7. Mendadak jadi sering berantem sebelum nikah tu ngalamin juga dulu. Untungnya bisa sama2 berpikir jernih. Memang harus banyak2 doa dan mendekatkan diri sama Allah biar ga goyah

    BalasHapus
  8. Aah bener banget mba. Aku JD inget pas awal2 mau menikah, itu memang banyak godaan, trutama yaa berantem Ama pasangan. Rasa cemburu JD LBH gede dan ujung2nya meragukan pasangan.

    Tapi syukurlah semua bisa diatasi. Malah kalo diinget skr, kok ya JD malu kenapa dulu bisa sechildish itu :D.

    BalasHapus
  9. luar biasa memang ya godaan2 yang sering menghampiri manusia itu. hanya kita yang bisa mengendalikan gimana baiknya dan bagaimana keinginan kita kedepannya :)
    setuju sama kalimat akhir. siapkan mental dan juga perbanyak ibadah..

    BalasHapus
  10. godaan atau ujian itu beneran ada sebelum melangsungkan pernikahan, alhamdulillah, saya ga sih, cuma pernah dengar dari teman teman saja, terutama ujian dari keluarga, banyak banget kayak tantangan gitu, dari mulai menentukan tanggal pernikahan yang harus dihitung dulu pake kalender jawa dll gitu, terus pihak laki-laki harus bawa apa aja pas seserahan, beneran keluarga besar itu ribeut banget. alhamdulillah waktu aku sih aman terkendali :-)

    BalasHapus
  11. Iya betul banget ya jelang pernikahan itu rasanya ribet dan deg degan takut ada yang tidak beres persiapannya apalagi aku dulu LDR dengan calon suami hihi

    BalasHapus
  12. Lah...jadi inget dulu sempat berselisih dua hari jelang hari H cuma masalah sepele hahaha, tapi memang banyak banget godaan sebelum menikah bahkan yang dulu2 nya oke-oke aja jadi masalah setelah detik-detik mau nikah, ngak heran kalau jaman dulu calon manten dipingit dan ngak boleh ketemuan.

    BalasHapus
  13. iya aku dulu sempat ngalamin ini
    mungkin karena setelah tunangan, ldr an
    hampir putus dan nggak jadi nikah, untungnya smua godaan terlewati

    BalasHapus
  14. kalo godaan wanita single gimana dong? hahaa.. kalo mau nikah, emang godaan banyak betul.

    BalasHapus
  15. Wkwkwk no 3 itu gak tahu kenapa selalu ada lhooo
    Mungkin godaan syaiton yang terkutuk :D
    Makanya sebelum memutuskan menerima lamaran emang kudu diistikhorohin betul dan nanyak info2 calon pasangan sedetail mungkin ya ke keluarga atau temannya, pokoknya dimantabkan dulu hatinya sblm menerima pinangan spy gk bikin kecewa banyak pihak kalau tiba2 nanti ngrasa ragu.

    BalasHapus
  16. Loh kok semuanya pernah aku alami hahaha pokoknya sempat galau akut bahkan mau dibatalin ya begitulah yah godaan nikah itu

    BalasHapus
  17. Pernah banget banget mengalami ini.
    Anehnya memang ujiannya dateng pas mo nikah. Dulu-dulunya mah selow selow aja..
    Jadi mendadak banyak lelaki yang hadir untuk melamar. Tapi kalau di Jawa kan, pantang membatalkan lamaran pertama.

    Bener-bener deeh...kudu banget perkuat dengan doa agar hati ini mantap.

    BalasHapus
  18. Bener Teh yang pertama berdoa minta diberi petunjuk dan keteguhan hati , mendekati hari H biasanya makin banyak godaan

    BalasHapus
  19. Wahh betul banget ini teh. Aku dulu sebelum nikah juga dapat semua masalah ini. Bener2 bikin sakit kepala, mulai dari berantem sama calon, sampai masalah keluarga. Aku yang jarang jerawatan tiba2 jadinya punya jerawat gede haha
    Kalo ga kuat2 bisa nyerah

    BalasHapus
  20. katanya kalau mo nikah emang banyak ada aja masalahnya
    cuma kalau dipikir2 kalau Tuhan merestua lancar aja ya semuanya :")
    aku pun kmren begitu :"

    BalasHapus
  21. Ini beneeer! Waktu masih single, temanku yang sudah nikah cerita kalau menjelang Hari H godaannya banyak bahkan kayak mau batal. Aku jadi kepikiran dong waktu mau menikah terngiang cerita temanku tadi. Emang kudu kuat iman dan well-prepared supaya santai.

    BalasHapus
  22. Aku pernah mengalami salah satunya, kekeke, tapi rahasia, malu mau cerita. ya intinya sebelum menikah itu memang harus memantapkan hati lebih dan lebih. Minta sama Allah biar diberi ketetapan hati dan mohon dilancarkan. Hal-hal seperti perintilan resepsi kalau bisa juga gak usah terlalu idealis apalagi kalau udah melibatkan keluarga besar. Beuh, bisa nambah pikiran.

    BalasHapus
  23. Aku dulu pas nikah juga udah ga ada bapak, mba. Alhamdulillah ibuku tegas pada calon mertuaku bahwa beliau tidak sanggup menggelar pesta pernikahan yang besar, hanya bisa seadanya. Alhamdulillah again, semua berjalan lancar meskipun tetap ada omongan miring di sana sini, udah biarin aja hehehe...

    BalasHapus
  24. Ini pernah terjadi saat aku hendak nikah. Berantem saat beberapa hari lagi menjelang nikah dan nggak ada yang mau mengalah minta maaf duluan. Sama-sama egois.

    BalasHapus
  25. Ada juga betulnya, tpi namanya mau menikah harus siap secara mental dan keyakinan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.