3 Program Pusat Investasi Pemerintah untuk Pelaku Usaha Ultra Mikro (UMi)

pusat-investasi-pemerintah

[Keuangan] Bagaimana usaha selama pandemi ini? Kalau usaha saya sendiri di bidang jasa wedding saat ini lebih memilih istirahat dulu. Soalnya modal usaha juga belum ada lagi. Suka kebayang, bagaimana ya pelaku usaha lainnya? Pasti banyak sekali yang terdampak, soalnya juga lihat sendiri usaha atasan saya harus tutup, karena memang kehabisan pembiayaan keuangan. Apalagi pembeli menurun juga, akhirnya harus menutup usaha dan banyak pegawai yang kehilangan pekerjaan. Kini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, Pusat Investasi Pemerintah mengajak para pelaku usaha bisa bangkit, dengan menghadirkan 3 program untuk para pelaku usaha ultra mikro (UMi).

Kampanye Bersama Sahabat-UMi Bangkit

Namanya memiliki usaha itu bagai roda kehidupan, kadang di bawah, kadang di atas, kadang untung, kadang rugi. Tapi, bagaimana kalau usaha yang dijalankan terpaksa harus tutup, karena tergerusnya modal usaha? 

Tentu saja hal ini sangat sedih, selain kehilangan usaha, sudah pasti para pekerja juga kehilangan pekerjaan. Selama pandemi ini sudah banyak sekali sektor usaha yang terdampak. Banyak juga pekerja yang terkena PHK dan akhirnya angka pengangguran semakin meningkat. 

Saya sendiri termasuk yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini. Bahkan saya harus menyaksikan secara langsung atasan saya tutup usahanya, dan menjual semua barang-barang dari tempat usahanya. Bahkan pegawai kehilangan pekerjaan, dan akhirnya memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Yang membuat nyesek itu selama PPKM, pasar di tempat saya tinggal setahun ini juga sepi, tidak seramai biasanya. Banyak sekali pedagang yang tidak saya lihat lagi jualan, entah tutup sementara atau selamanya. Bahkan penjual nasi bebek langganan sudah tidak terlihat, termasuk yang jual nasi uduk langganan setiap pagi, sudah sebulan lebih tidak pernah jualan.

pusat-investasi-pemerintah

Pandemi ini tidak hanya memukul pertumbuhan ekonomi, tapi juga sektor usaha di berbagai bidang dan tentunya menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah pengangguran. Bahkan dari artikel yang saya baca di www.medcom.id bahwa sebanyak 50% dari total 64,2 juta pelaku UMKM menutup usahanya akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Di artikel ini juga menyebutkan bahwa, selain mengalami kebangkrutan pandemi dan pembatasan mobilitas membuat 88% usaha mikro tidak memiliki kas atau tabungan atau kehabisan pembiayaan keuangan.

Supaya ekonomi nasional kembali tumbuh dan usaha kembali bangkit, adanya dukungan modal usaha sangat dibutuhkan. Maka dari itu, Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Kementerian Keuangan meluncurkan kampanye "Bersama Sahabat-UMi Bangkit". Adanya kampanye ini tentu saja untuk mendorong peningkatan ekosistem pinjaman para pelaku usaha, khususnya usaha Ultra Mikro (UMi). 
Hadirnya kampanye ini juga bertujuan memperkuat ekosistem UMi di Jawa dan Maluku Utara sebagai percontohan untuk daerah lain di Indonesia.

3 Program Pusat Investasi Pemerintah untuk UMi

pusat-investasi-pemerintah

Kampanye "Bersama Sahabat-UMi Bangkit" ini ada beberapa program yang dilakukan untuk mendorong pelaku usaha kecil, menengah dan mikro supaya bisa tetap bertahan di masa pandemi. Perlu diketahui juga selama ini Pusat Investasi Pemerintah banyak membantu usaha Ultra Mikro di seluruh Indonesia dalam hal pinjaman. Sehingga usaha bisa terus berjalan juga. Program yang dilakukan oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) diharapkan bisa lebih berdaya guna dan mendukung percepatan Pemulihan ekonomi Nasional, seperti dalam PP NO. 23/2020.

Terus, program apa saja ya yang dihadirkan dalam kampanye Bersama Sahabat-UNi Bangkit?

Kampanye yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem melalui beberapa program, seperti:

1. Inkubasi UMi

Inkubasi UMi di Jawa Barat (Bandung Barat dan Majalengka) dilakukan dengan menggandeng Pusat Inkubator Bisnis Orange Universitas Padjajaran. Dimana kegiatan pendampingan dilakukan terhadap 35 debitur UMi di Kabupaten Bandung Barat dan Majalengka. Adapun pelatihan dilakukan dalam peningkatan pengetahuan, perbaikan kualitas produk, legalitas produk dan peningkatan pengetahuan digital.

Sedangkan inkubasi UMi di Jawa Timur dilakukan melalui kerjasama dengan Badan Inovasi dan inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB). Pendampingan dan pelatihan dilakukan di Kota Malang dan lebih difokuskan pada 2 hal, yakni pengelolaan pemasaran digital dan pembukuan digital.

2. Wadah Usaha UMi

Selain itu, ada juga Wadah Usaha UMi yang terbentuk bagi para pelaku usaha di Ternate, Maluku Utara. Disini dilakukan pendampingan dan pelatihan bagi 13 debitur UMi Ternate terkait anam produk, manajemen, pinjaman dan pemasaran. Hadirnya wadah usaha UMi ini sebagai sarana promosi usaha dan belajar manajemen usaha agar pelaku usaha mikro di Ternate bisa naik kelas menjadi pengusaha UMKM kedepannya.

3. Kampung UMi

Melalui Kampung UMi ini dengan menyediakan dukungan pemasaran yang terintegrasi bagi debitur UMi dalam cluster di satu wilayah.

bersama-sahabat-umi-bangkit

bersama-sahabat-umi-bangkit

Dengan hadirnya Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai dukungan pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga bisa semakin banyak lagi pelaku usaha mikro yang naik kelas, sehingga membawa banyak manfaat, baik secara pribadi, keluarga, maupun lingkungannya. 

Ada beberapa contohnya nih, seperti di foto di atas adalah Ibu Nonoy Nurhasanah (45 tahun) dan suami yang merupakan pelaku usaha kuliner Sorabi Jaya di Banjaran Majalengka. Apalagi kuliner ini menjadi salah satu sektor yang banyak dilakukan oleh para debitur UMi. Selain itu ada juga suami Ibu Dedoh (46 tahun), debitur UMi asal Banjaran, Majalengka sebagai pengusaha retail barang bekas sedang memilah barang untuk di olah kembali.

Semoga saja dengan hadirnya kampanye ini, akan semakin banyak lagi usaha yang bankit dan berkembang. Sehingga perekonomian semakin maju. Makin banyak juga yang mendapatkan pekerjaan kembali, dan menjadikan ekonomi keluarga semakin baik.




Sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/VNnogQjb-sejak-maret-2020-50-pelaku-umkm-tutup-usahanya

24 komentar

  1. ya ampun itu kuliner Sorabi Jaya enak sekali kelihatannya.
    Semoga dengan hadirnya Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai dukungan pertumbuhan ekonomi nasional banyak pelaku UMi yang terbantu

    BalasHapus
  2. semoga programnya dapat berjalan dengan baik ya mba, dipermudah prosesnya, kudu dibanyak-banyakin share biar pelaku usaha terutama yang di daerah dapat merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  3. ini keren banget loh programnya. Bener-bener membantu para pengusaha kecil yang terdampak pademik. Iya saya juga ikut mendoakan semoga semakin banyak orang-orang yang bisa membuat program seperti ini.

    BalasHapus
  4. Sepertinya konsep UMI ini masih fresh ya mam? Dengan konsep ultra mikro ini tentu akan makin banyak yang terbantu dan perekonomian akan makin kuat.

    BalasHapus
  5. ya mba semuanya terkena dampaknya yah, banyak yang harus tutup bahkan harus jual aset demi menutupi kerugian..semoga kampanye ini banyak bantu buat usaha yang kian hari melesu

    BalasHapus
  6. Insya Allah UMKM akan kembali bangkit. Para pelaku UMKM memang semacam tulang punggung bagi perekonomian negara, ya

    BalasHapus
  7. Aamiin ya Allah.
    Semoga hadirnya UMi ini menjadi pencerahan buat kita semua terutama pelaku UMKM agar bisa pulih lagii. Program2nya diterima oleh masyarakat, apalagi ada Bu Nonoy dan Bu Dedoh. sebagai contoh nyata. Smeoga perekonomian Indonesia maju lagii

    BalasHapus
  8. Sedih banget, Pandemi begitu berdampak ke berbagai sektor tidak terkecuali ekonomi. Tidak sedikit yg kehilangan pekerjaannya.
    Memang perlu usaha lebih keras untuk tetap bertahan di kondisi yg tidak stabil
    Syukurlah adanya Program Pemerintah (PIP) diharapkan bisa terwujud percepatan Pemulihan ekonomi Nasional dan para pelaku usaha UMKM bisa terus berdaya

    BalasHapus
  9. Semoga makin banyak yang merangkul dan membantu UMKM kayak UMi ini, pelaku UMKM bisa terus bangkit dan bersemanagat. terima kasih Kampanye "Bersama Sahabat-UMi Bangkit" sudah berbuat yang nyata

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya mbak, di tengah terpuruknya perekonomian kita di tengah pandemi digulirkan program Bersama Sahabat UMI bangkit ini sehingga dirasakan manfaatnya oleh pengusaha mikro. Hal ini meningkatkan usaha mereka dan memberikan kesejahteraan pada mereka dan juga keluarganya. semoga program ini berkelanjutan dan memberikan manfaat besar kepada pengusaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  11. Sedih bacanya banyak UMKM gulung tikar di masa pandemi ini ya memang sekarang masa sulit untuk kita semoga dengan adanya program Umi ini bisa membantu UMKM untuk bangkit dan bisa berjalan lancar bisnisnya aamiin

    BalasHapus
  12. wah senang banget baca artikel ini
    jadi tahu tentang umi
    program ini tentu sangat bagus ya mbak, membuat umkm semakin maju dan berkembang

    BalasHapus
  13. Semoga 3 program inkubator umi, wadah usaha umi, dan kampung umi bermanfaat buat pelaku umkm ya. Agar mereka bisa bertahan dari pandemi. Aamiin

    BalasHapus
  14. Tahun lalu aku dapat kabar kalau restoran tempat dulu aku bekerja, tutup semua cabang! Sedih banget dengarnya, padahal termasuk bisnis yang mulai berkembang. Gimana dengan Pelaku Usaha Ultra Mikro, ya? Pasti sulit banget menghadapi tantangan pandemi ini. Semoga program Pusat Investasi Pemerintah untuk UMi bisa berjalan sebaik-baiknya, ya.

    BalasHapus
  15. Dampak pandemi ini emang luar b iasa ya mbak. Emang masih ada yang bertahan tapi nggak sedikit pula yang tumbang. Yang susah itu kalau usaha yang tumbang adalah usah modal kecil yang nggak punya akses bank. makanya aku apresiasi banget ama program UMi Bangkit yang bantu usaha ultra mikro ini

    BalasHapus
  16. Pandemi sungguh sangat berdampak sekali pada perekonomian teh. Alhamdulillah, sekarang aku lagi sering buka jastip teh, walaupun pendapatan gak besar seenggaknya ada pemasukan. Semoga dengan adanya program ini pelaku UMKM dapat terbantu ya teh

    BalasHapus
  17. Semoga keberadaan Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" dari Pusat Investasi Pemerintah bisa membantu pelaku usaha mikro bangkit kembali dan terus bertahan, usahanya bisa makin berkembang

    BalasHapus
  18. Program keren yg mambantu banget pengusaha kecil yg selama pandemi ini tergerus finansialnya. Dg begini umkm bs berkembang walau keadaan sulit

    BalasHapus
  19. Banyak yang memudahkan unit usaha kecil ya mak
    padahal nafasnya ada di ukm kecil
    pemerintah untungnya juga bantu biar semua lapisan masyarakat bisa berdiri tegak kembali ekonomi meningkat dari kecil ke besar lagi

    BalasHapus
  20. Aminn ikut seneng dengan adanya program untuk usaha mikro.. Jadi bisa cepat bangkit setelah terdampak pandemi ya..

    BalasHapus
  21. Doaku, semoga banyak yang terbantu dengan program UMI ini.
    Meningkatkan dan mengusahakan secara maksimal UMKM yang ada di Indonesia plus mengajarkan hal-hal di bidang pemasaran yang baik dan benar agar berdaya saing dengan produk dari luar.

    BalasHapus
  22. Para pelaku UMKM emang butuh banget dukungan dari banyak pihak untuk bisa terus berkembang apalagi ditengah kondisi pandemi ini ya Mak Lis.. Seneng banget ngeliat programnya UMi, semoga bisa semakin banyak membantu pelaku UMKM yaaa

    BalasHapus
  23. Mbak Lis, di sini banyak warung makan tutup. Jadi makin sedikit pilihan kalau lagi enggak masak. Sedih sih tapi gimana ya memang sepi pembeli. Enggak cukup bayar sewa.

    Semoga dengan pendampingan usaha seperti ini, pengusaha mikro jadi lebih berkembang.

    BalasHapus
  24. Dunkungan banyak pihak memang dibutuhkan untuk para pelaku UKM yang membutuhkan modal dalma mengembangkan usahanya. Semoga makin banyak UK yang terbantu dengan adanya bantuan modal ini, agar usaha mereka semakin berkembang dan tak berhenti di masa pendmi ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.