Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

mengatasi-kaki-bengkak-setelah-melahirkan

[Kesehatan] Pernah mengalami kaki bengkak saat hamil? Pasti semua Ibu mengalaminya ya, dan ini termasuk normal, karena kandungan semakin membesar. Tapi, kalau mulai terasa tidak nyaman, lebih baik langsung periksa saja ya. Terjadinya pembengkakan di area kaki setelah melahirkan juga bisa terjadi loh, baik itu yang melahirkan normal ataupun operasi ceasar. Karena saya mengalami sendiri, begini cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan.

Kaki bengkak setelah melahirkan

Saat hamil anak ke 3, berat badan saya naik sampai 97 kg, rasanya tuh ga nyaman banget. Mana kaki juga bengkak banget. Mana di kiranya lagi hamil anak kembar. 2 bulan menjelang melahirkan tuh, udah susah banget pakai sepatu, akhirnya pakai sandal jepit doang. Tak apa ya, itu bisa mengingatkan ketika Sehun EXO pakai sandal jepit Swallow sampai hits.

mengatasi-kaki-bengkak-setelah-melahirkan
Kaki bengkak saat hamil (Dokumen Pribadi)
Karena saya rajin jalan kaki, dan setelah cek tidak ada masalah, jadi ya sudah dibuat senyamannya saja. Pikir saya, bentar lagi juga lahiran. Tapi ternyata tidak semudah itu ferguso. Karena setelah melahirkan tetap saja mengalami yang namanya kaki bengkak. 

Apa rasanya saat kaki bengkak setelah melahirkan?

Rasanya ngilu banget pas dipakai jalan, mungkin bagian punggung kaki terlihat membesar, jadi saat dipakai jalan kaki semakin tidak enak, mau aktivitas pun terasa tidak nyaman. Setelah melahirkan 3 kali secara caesar, baru kali ini saya merasakan kaki masih bengkak. Biasanya aman-aman tidak ada gejala apapun. Akhirnya pas jadwal kontrol langsung saja tuh konsultasi, dokter bilang itu normal, dan akan hilang dalam 1-2 minggu. Kalau lebih dari 40 hari (setelah selesai nifas) masih bengkak, baru harus cek lagi.

Sebenarnya kenapa bisa terjadi?

Saat mendengar penjelasan dokter, yang saya pahami bahwa pembengkakan itu biasanya terjadi karena kelebihan cairan dari sejak masa kehamilan, harusnya keluar sedikit demi sedikit setelah melahirkan, baik melalui keringat atau saat BAK (Buang Air Kecil). Pembengkakan ini bisa terjadi di area tangan, kaki ataupun wajah. Saya sendiri mengalami pembengkakan di kaki.

Setelah melakukan beberapa hal yang disarankan dokter, pembengkakan mulai membaik, dan saya bisa berjalan dengan normal. Karena saat kaki bengkak, rasanya pas jalan itu sakit banget. Selama satu minggu itu suamilah yang merawat saya. Pengennya angkat kaki, tapi karena habis operasi caesar, dan masih terasa sakit, jadi ada beberapa cara yang saya lakukan, mulai dari:

mengatasi-kaki-bengkak-setelah-melahirkan
Sumber foto: Canva
1. Minum air putih

Pertama yang saya lakukan adalah banyak minum air putih, karena baik juga selama menyusui dan bisa mengurangi pembengkakan di kaki. Biarpun masalah pembengkakan karena cairan, bukan berarti saya harus kurangi minum. Karena kalau sampai dehidrasi juga ga baik buat kesehatan dan pembengkak bisa terus terjadi. Dengan banyak minum, aku jadi sering BAK, sehingga pembengkakan juga lebih cepat sembuhnya.

Buat ibu menyusui seperti saya, minum juga sangat penting, ini jadi salah satu cara yang saya lakukan supaya ASI juga banyak, dengan begitu cairan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Buat minum ini paling mudah saya pakai botol minum 2 literan, jadi supaya ga lupa juga. Setiap jam pakai alarm untuk minum. 

2. Pola makan sehat

Supaya pembengkakan segera pulih, saya menjaga banget pola makan. Terutama kurangi asupan garam dan gula. Padahal sebelum melahirkan tuh udah niat banget, kalau sudah lancar melahirkan maunya makan pasta, burger, dan kentang goreng 😂😂. Yang ada makannya sayur, buah dan ikan lebih banyak di kukus. Dan selama nifas ga ada yang namanya di kasih makanan berminyak sama sekali. Rasa makanan yang di pesan suami juga minta dikurangi gula dan garam, karena ingin sembuh.

mengatasi-kaki-bengkak-setelah-melahirkan
Sumber foto: Canva
3. Pijat kaki dan kompres

Karena setelah melahirkan tuh butuh rileks, tetap saya melakukan pijatan. Tapi, di area perut tidak dilakukan, karena saya melahirkan secara operasi caesar. Jadi saat melakukan pijatan hanya area tangan dan kaki saja. Tidak lupa saya kompres juga dengan air dingin. Pas baca di beberapa artikel, kompres dingin ini memang bagus untuk mengecilkan pembuluh darah di area yang bengkak.

mengatasi-kaki-bengkak-setelah-melahirkan
Dokumen Pribadi
Jadi selama bengkak itu, saya tidak banyak berdiri, tidak minum obat apapun. Pengennya olahraga, tapi belum diperbolehkan pada saat itu, maklumlah habis operasi. Hanya 3 hal itu saja yang saya lakukan. Dan dalam satu minggu, Alhamdulillah sudah mengecil, dan kaki kembali normal. Sehingga bisa mengurus bayi dengan tenang, tanpa hambatan kaki nyeri. 

Kalau mengalami kaki bengkak setelah melahirkan sampai berhari-hari, jangan lupa konsultasi dulu ya, supaya dapat penanganan yang tepat. 

Kaki bengkak itu memang ga enak ya. Kira-kira ada yang pernah ngalamin juga tidak Bu Ibu atau Bapak yang istrinya baru melahirkan?

11 komentar

  1. Bengkaknya sampai gitu, pasti susah buat jalan, ya, Mbak? Terasa sakit gak sih, soalnya belum pernah. Banyakin minum air putih, memang itu yang tepat untuk segala penyakit.

    BalasHapus
  2. Aku pikir jelang lahiran saja bengkaknya, pasca lahiran masih juga ternyata. Aku enggak ngalamin sih dulu, sempat bengkak sebentar pas bulan terakhir kehamilan, terus membaik sendiri.
    Semoga kini sudah betul-betul pulih ya Teh, sehat selalu ibu, baby dan keluarga

    BalasHapus
  3. Aku ingat saat 2 kali hamil Rachel & Glory kedua kakiku bengkak di bulan ke-7. Gak nyaman banget ya. Tapi itu hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Mungkin beda-beda kasus ya Kak Lis,temanku juga tidak mengalami kaki bengkak walaupun berat badannya naik banyak

    BalasHapus
  4. Mbak Lis...waktu konsul dokter ada dibilang kaki bengkak pasca melahirkan bisa berkaitan dengan jantung ga?
    Saya pernah baca, bisa saja kaki bengkak pasca partus berkaitan dengan sakit jantung (meski belum tentu). Bersyukur Mb Lis sudah melewati itu ya...
    Kalau pengalaman pas hamil dan melahirkan, pastinya kaki juga bengkak sih. Tapi memang masih bengkak yang normal.

    BalasHapus
  5. Oh iya teh, aku sering lihat para bumil dan habis pasca lahiran gitu masih tampak kakinya bengkak. Alhamdulillah sudah terlewati ya teh, karena jadi khawatir jg takutnya ada kenapa-kenapa. Jadi tau nih, kalau selama nifas pola makan harus dijaga banget, puasa dulu kentang goreng dan burger ya teh hihi

    BalasHapus
  6. Ya Allah maak bengkaknya sampai habis melahirkan ya...Alhamdulillah sudah membaik kan ya sekarang.

    Aq dulu bengkak pas hamil saja kalau malam aq angkat kaki.

    BalasHapus
  7. Paham banget ini aku kalau kakinya bengkak ini tuh asli gak enak banget, walau kemarin pas hamil aku gak ngalamin tapi sesama ibu pasti tau banget. Temanku yang hamilnya bareng aku ada yang gini juga ceu, treatmentnya persis sama.

    BalasHapus
  8. Wah setelah melahirkan maaih bengkak juga ceu, kalau adikku selama hamil mulai usia 6 bulan kaki bengkak tapi Alhamdulillah setelah lahiran kempes. Dokter juga bilang karena cairan gitu ceu.

    BalasHapus
  9. Masalah ibu ibu hamil banget ini, sempet ngalamin kaki bengkak tp dikit jadi mash ok buat jalan tapi harus pelan -pelan jalannya, terapi minum air putih

    BalasHapus
  10. Tips yang bermanfaat banget ini mbak
    Karena emang banyak sekali perempuan yg mengalami kaki bengkak pasca melahirkan
    Aku juga

    BalasHapus
  11. Jadi ingat, Mbakku dulu habis melahirkan juga kakinya bengkak. Alhamdulillah gak lama sih dan bisa beraktivitas karena persalinan normal. Catetlah buat aku juga yang nantinya bakal jadi Ibu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.