5 Makanan Tradisional yang Bikin Kangen Kampung Halaman

makanan-tradisional

[Wisata Indonesia] 5 makanan tradisional yang bikin kangen kampung halaman. Siapa coba yang tidak kangen kampung halaman setelah 2 tahun tidak pulang. Semua pasti kangen untuk pulang dan menikmati suasana di kampung halaman, termasuk makanan yang sejak kecil selalu jadi favorit. Apalagi kalau makanan itu banyak sekali kenangannya.

Saat masih kecil tuh, saya termasuk yang susah sekali makan. Terkadang dimarahin sama orangtua karena susah sekali buat makan, tapi jajannya kuat banget. Setiap kali jajan ke warung atau pas diajak Bapak ke koperasi pasti deh seabreg. Mungkin karena waktu itu saya masih sendiri, jadi dimanja banget sama orangtua. 

Tapi, semenjak kena maag waktu duduk di bangku SMP, udah deh dari situ jadi mau makan banyak dan tidak menunda sampai lapar. Hasilnya gemuk dong wkwkwk. Padahal waktu SD tuh kecil banget. Sekarang mah jangan ditanya deh berapa berat badan. Udah ga sanggup bilangnya 😔😔.

Karena tinggal di sebuah desa, dan kakek nenek juga bertani, sering banget tuh bikin makanan untuk dibawa ke sawah atau ke kebun. Mana masakan nenek juga enak-enak banget, kan jadinya ketagihan tuh kalau makan. Duh nulis ini aku jadi nangis, kangen banget masakan nenek 😭😭.

Semenjak pindah ke Jawa Timur di tahun 2020 lalu, sejak itu juga jadi kesulitan menikmati makanan favorit. Asli kangen banget sama kampung halaman, semoga mudik tahun ini Allah SWT meridhoi untuk menikmati lebaran di kampung halaman. Amin.

Nah, kali ini mau share nih, 5 makanan tradisional yang bikin kangen kampung halaman, dan dari makanan ini yang selalu banyak kenangan sama orang-orang tersayang:

1. Surabi

surabi

Kalau di Sunda namanya Surabi ini sudah terkenal dan menjadi makanan favorit. Apalagi di kampung saya tuh yang jualan surabi adanya di pagi atau sore hari saja. Dengan ciri khas memasaknya dengan tungku, surabi banyak pilihan toping juga, ada yang pake oncom, abon, dan lainnya. Kalau saya sendiri sukanya surabi oncom dan surabi abon.

Makanan tradisional yang satu ini banyak banget kenangannya, karena ini juga makanan favorit alm Bapak. Setiap kali ke pasar saat pagi-pagi, Bapak selalu pulang bawa surabi yang masih hangat. Apalagi waktu saya harus bulak balik periksa ke dokter syaraf dan penyakit dalam, selalu ditemani Bapak. Pasti deh kami beli surabi yang jualan depan sebuah Apotek.

2. Ulukutek Leunca Oncom

ulukutek-leunca-oncom

Semenjak pindah nih, jadi kesusahan cari oncom yang sesuai dengan lidah. Jadinya udah jarang banget saya masak ulukutek leunca oncom, biasanya selalu bikin. Maka dari itu, makanan yang satu ini selalu saja dikangenin, apalagi sama suami yang sangat doyan ulukutek leunca oncom buatan istrinya.

Untuk masak yang satu ini juga gampang banget, dan saya biasanya pakai resep turun temurun dari nenek, sehingga rasanya selalu enak. Pertama makan menu ini juga waktu dibikinin nenek, jadinya rasanya ga akan pernah lupa. Ulukutek Leunca Oncom ini bahannya 3 macem aja, kalau bumbunya seperti biasa ada cabe, bawang, merah, bawang putih dan kencur juga.

3. Kupat Tahu

kupat-tahu

Makanan yang paling dikangenin ya ini kupat tahu. Isinya ada kupat, tahu, tauge dan kerupuk, lalu dicampur dengan bumbu kacang. Emm rasanya enak banget. Dulu waktu kakak nenek masih ada, terus bapak juga masih ada, pas lebaran tuh pasti bikin kupat tahu. 

Selalu bikin kangen kalau menikmati makanan yang satu ini. Udah hampir 2 tahun juga ga pernah jajan kupat tahu, karena memang ga ada juga disini.

4. Dodol Kacang

dodol-kacang

Kalau ngomongin Kota kelahiran yakni Garut, pasti sudah kenal dengan Dodolnya. Bahkan Dodol Piknik sudah ada dimana-mana. Biarpun dodol itu banyak jenisnya, saya paling suka dengan dodol kacang. Apalagi dengan Dodol Geulis. Awalnya alm Bapak suka beli buat keluarganya yang pulang kampung, lama kelamaan saya juga lebih suka dodol kacang ini. Rasanya ga terlalu manis dan rasa kacangnya masih terasa.

5. Ladu

Yang terakhir makanan tradisional yang paling dikangenin adalah ladu. Sebenarnya makanan ini dari daerah Malangbong Garut, tapi di keluarga kalau masuk hari raya pasti selalu buat. Ladu sendiri terbuat dari tepung ketan putih, gula aren dan kelapa parut. Biasanya di kampung tuh yang suka bikin adalah bibi. Udah 2 kali lebaran ini tidak pernah ngumpul sama sekali dengan keluarga, jadi selalu kangen dengan makanan yang satu ini.

Itu dia makanan tradisional yang bikin kangen kampung halaman di Garut. Sebenarnya masih banyak makanan yang selalu bikin kangen, apalagi dengan suasana rumah yang mengingatkan akan masa kecil. Apalagi sudah 15 tahun tidak pernah menikmati kumpul keluarga seperti dulu, atau ketika masih ada kakek nenek, dan bapak. Setelah kepergian mereka ke pangkuan Sang Illahi, suasana hari raya pun terasa lebih sepi dan berbeda.

Kira-kira teman-teman makanan tradisional apa nih yang paling dikangenin?

23 komentar

  1. Yang lainnya asing alias baru dengar, favorit sih kalau surabi pengin dibuatin setiap pulang kampung. Apalagi pas kecil dulu tahu masaknya gimana, di wajan kecil banget gitu dan ah jadi pengin aja makanan kuno yang rasanya unik.

    BalasHapus
  2. Sedaapp sedaapp ya, makanan tradisional khas Garut ini
    daku jadi mupeng buat kulik-kulik resepnya
    mau coba recook, siapa tau anak dan suami sukaaaa

    BalasHapus
  3. Aku pas ke Bandung juga nyobain Surabi khas sana, duh enak banget apalagi makannya bareng temen-temen sambil rumpik wkwkk. Yang bikin kangen tuh Ulukutek Leunca Oncom pernah dibikinan ama teteh. Sekarang ngga pernah makan lagi, ngga ada di Malang itu mah huhu.

    BalasHapus
  4. huaaa leunca aku suka, aku jadi teringat dodol betawi teh. Nenek aku suka bikin atau hunting dodol di daerah Tangerang yg udah terkenal enak. Lama banget ya 15 tahun ituuu. momen ramadhan lebaran paling enak, kenangannya nempel banget.. makanannya, suasananyaa. . masya Allah

    BalasHapus
  5. ulukuteuk leunca, aduh ini enak pisan. Disandingkan dnegan sangu haneut, enak pisan. Hilap we kana diet

    BalasHapus
  6. Wah, dari semua makanan yang disebutin buat aku yang kurang familiar kayaknya yang terakhir nih. Belum pernah nyicip ladu, tapi penasaran sih. Tapi kalo dari penggambarannya sih kayak awug bukan yah? atau beda? hehe

    Kalo surabi oncom ama kupat tahu, di depan komplek aku ada yang jualan jadi bisa beli kapan pun hehehe

    BalasHapus
  7. Dari kelima makanan tradisional tadi cuma surabi dan kupat tahu yang saya tau. Belum pernah nih cobain Ulukutek Leunca Oncom sama Ladu jadi kepo nih gimana ya rasanya??

    BalasHapus
  8. Aduh Teh Lis, aku juga belom nemu nih kelima makanan yang disebut di atas. Padahal aku di Bandung. Wkwkwk banyak di sini. Ah kepengen nyari ah nanti. Itu ulukutek leunca meni bikin ngacai. Segera nyariii...

    BalasHapus
  9. Kalau di Kalsel, makanan tradisional yang punya memori spesial karena sering kubeli pas kecil itu Babangkang, Uuntuk, sama Apam Tumpi. Dulu harganya 700perak jadi tiap pagi jajan dulu karena ada kakek-kakek yang sepedaan berjualan kue lewat di depan rumah.
    Hmmm jadi rindu deh :')

    BalasHapus
  10. Penasaran sama penampakannya Ladu deh mbak. Kayanya aku baru demger. Kalo ngomongin kue dan makanan tradisional di Indonesia mah udab tempatnya ya. Mo cari yg kaya apa pasti ada

    BalasHapus
  11. Nasi liwet, selat solo, sosis kukus solo, tengkleng klewer, Sop Matahari, kue leker, Nagasari, Garang asem hadeww banyaak kalau mudik ke Solo siap siap timbangan ke kanan.
    Kebetulan suami juga asli solo hehehehe makanan daerah itu emang ngangeni yaaks

    BalasHapus
  12. Makanan masa keci itu pasti selalu jadi hal yang buat kangen ya...
    Tidak hanya makanan berat, cemilan ringan yang enak pun pasti ingin dicobain juga. Apalagi kalau bisa dinikmati di tempat yang sama ketika waktu masih kecil.

    BalasHapus
  13. Oalaaah aku sampe searching "penampakan" ladu ini, kalo di Jawa namanya jenang kresikan dan aku suka banget

    duh ngeliat surabi ngiler juga urang hahahhaaa

    BalasHapus
  14. Wah ada surabi oncom
    Kalau di Surabaya, surabi nya pakai santan teh
    Jadi manis dan gurih gitu
    Makanan tradisional emang bikin kangen kampung halaman ya

    BalasHapus
  15. Pengen tahu Ulukutek Leunca Oncom.
    Langsung googling resepnya doonk.. Mantap sekali... Akusuka, akusuka..
    Urang Sunda memang jagoan dengan menu-menu sehat.

    BalasHapus
  16. Dari lima pilihan makanan tradisional di atas, saya baru pernah coba Surabi dan Kupat Tahu nih. Yang lainnya blas gak pernah sama sekali. Hmmm..jadinya malah penasaran nih, gimana rasanya~

    BalasHapus
  17. Dodol kacang sama ladu itu khas banget. Sekarang di Jawa sana Teteh gimana kalau bikin saja dan kembangkan kalau banyak yang suka kuliner ini jadikan bisnis sekalian. Hehehe ...

    BalasHapus
  18. Makanannya asing semua untuk saya mba hehehe.. .iya maklum kita beda suku soalnya ya. Kalau di Jawa, serabi identik dengan rasa manis ya, ga pake toping juga kayak di Sunda.

    BalasHapus
  19. Aduh demen banget surabi tapi aku sukanya topping tempe goreng mba ya ampun kangen banget dulu lagi kecil kalau sarapan udah nongkrong di tukang surabi yummy pisan dan ulukutek leunca juga masih sampe skrg bikin kalau nemu oncomnya

    BalasHapus
  20. ulukutek penasaran banget sama rasanya, belum pernah makan, Semoga tahun ini bisa mudik ya mak..berkumpul sama keluarga dan makan makanan pavorit

    BalasHapus
  21. Ya ampun itu makanan kesukaan sy semua hahaha . Jdi kangen kupat tahu pasar simpang dago Bandung. Ulukutek leunca bikinnya pake oncom bandung, mantep

    BalasHapus
  22. wah, aku belum pernah cobain yang semuanya mbak wanti. kupat tahu kayaknya entah pernah entah belum. mungkin pernah tapi namanya berbeda. terus surabi juga belum pernah, dia aceh ada juga sih serabi, tapi bentuknya beda

    BalasHapus
  23. Wah, mbak.. Ngiler sama ulukutek leunca. Pernah nyicipin masakan teman yang asli sunda. Rasanya unik ya... Pedes, pahit, gurih gitu.. Hihi.. Jadi pengen silaturahmi ke tempat teman..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.