Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold Penuhi Nutrisi Bunda Untuk Investasi Kesehatan Di Masa Depan

blackmores-pregnancy
[Kesehatan] Mencetak generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas, bisa dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan. Nutrisi berperan penting untuk tumbuh kembang janin sejak awal kehidupan. Sejak Bunda mengandung, nutrisi harus terpenuhi, mulai dari protein, asam folat, zat besi, kalsium, hingga vitamin. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold penuhi nutrisi Bunda untuk investasi kesehatan di masa depan.

Bukan saja keuangan rumah tangga yang harus sehat, keluarga juga harus sehat. Investasi kesehatan dalam keluarga itu penting, terutama untuk anak sebagai generasi bangsa. Mempersiapkan kesehatan anak di masa depan, bisa dimulai sejak Bunda mengandung, sehingga bisa melahirkan generasi yang sehat. 

Caranya dengan penuhi nutrisi dan konsumsi makanan yang sehat sejak hamil dan menyusui. Karena asupan nutrisi di 1000 awal kehidupan sangatlah penting, supaya lahir generasi yang sehat dan hebat.

Pentingnya nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan

Tumbuh kembang si Kecil berawal dari Bunda yang sehat, setuju ya, Bu?

Saya setuju sekali, karena tumbuh kembang si Kecil di masa depan dimulai sejak dalam kandungan seorang Ibu. Maka, Bunda perlu mempersiapkan sedini mungkin, seperti memperhatikan asupan nutrisinya.

Selama hamil dan menyusui, penting sekali memperhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi. Supaya kehamilan tetap sehat dan Bunda bisa memberikan ASI berkualitas kepada buah hati.

blackmores-pregnancy
Saat hamil 6 bulan anak ke 3
Kualitas ASI (Air Susu Ibu) yang baik untuk bayi adalah mengandung semua nutrisi, dari mulai vitamin, lemak, hingga protein. Maka dari itu, selama hamil coba perhatikan makanan yang dikonsumsi, apakah asupan nutrisinya sudah tercukupi atau tidak?

Asupan nutrisi sebagai langkah awal si Kecil mendapatkan kesehatan yang baik di masa depan. Karena, nutrisi itu mempengaruhi tumbuh kembang janin sejak 1000 hari pertama kehidupan. 

Sedikit berbagi cerita saat hamil anak ke 2 yang lahir dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) di usia kandungan 35 minggu (lahir prematur). Kondisinya saat lahir sakit, dengan paru-paru yang belum matang, sehingga harus masuk inkubator selama satu minggu. Berat badan saat lahir hanya 2.5 kg, dan turun menjadi 2.1 kg setelah keluar dari inkubator.

Ada beberapa penyebab anak saya lahir dengan berat badan rendah, salah satunya adalah kurangnya asupan nutrisi dan saya anemia. Jadi, saat hamil anak ke 2, saya malas sekali makan sayur dan buah, apalagi ikan dan vitamin yang diberikan dokter. Padahal waktu hamil anak pertama, makan ikan, vitamin dan buah sayur tetap aman. Namanya kehamilan pasti berbeda ya, biarpun lahir dari rahim yang sama.

blackmores-pregnancy
Anak ke 2 yang lahir prematur dan BBLR
Kehamilan anak ke 2 ini menjadi pelajaran berharga buat saya, yang akhirnya bisa sharing ke teman-teman, untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi saat hamil dan menyusui.

Sejak tahu hamil anak ke 3 di tahun 2021, saya mulai mempersiapkan segala hal, dari mulai keuangan untuk pemeriksaan setiap bulan ke dokter, biaya-biaya untuk kebutuhan janin dalam kandungan (seperti beli obat, suplemen kehamilan dan lainnya), hingga mengatur makanan sehat yang akan dikonsumsi.

Menjalani kehamilan anak ke 3 jauh lebih tenang, bawaannya happy, makan juga enak, karena tidak mengalami morning sickness. Kehamilan ke 3 ini saya lebih sehat dan bahagia, biarpun di masa pandemi. Suami sebagai support system terbaik terus mengingatkan saya untuk konsumsi makanan bergizi dan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat, supaya bisa menjalani kehamilan dengan baik.

blackmores-pregnancy
Anak ke 3 yang lahir tahun 2021
Karena saya punya riwayat anemia dan bayi lahir prematur, jadi selama hamil kesehatan dipantau terus oleh dokter. Anemia ini bisa berdampak buruk pada Ibu hamil, dari mulai bayi lahir prematur, meningkatkan risiko depresi postpartum, hingga anemia.

Anemia bisa diatasi dengan asupan nutrisi yang tepat selama kehamilan, dari mulai meningkatkan asupan zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Maka dari itu, saat hamil saya konsumi suplemen yang mengandung tinggi zat besi dan asam folat. Makanan sehari-hari juga lebih memilih yang mengandung zat besi, dari mulai kacang-kacangan, sayur berdaun hijau tua, hingga ikan.
anemia
Selama hamil, saya juga melakukan beragam tes. Dengan tes ini, detail kesehatan saya diketahui, dan tindakan apa saja yang bisa dilakukan, supaya kehamilan tetap sehat dan lancar hingga melahirkan.

Bulan September, anak ke 3 saya lahir dengan sehat di usia kandungan 38 minggu dengan berat 3.2 kg dan tinggi 51 cm. Sekarang sudah 9 bulan, sudah pintar merangkak dan berdiri. Ada beberapa kata juga yang sudah diucapkannya. Dari bayi hingga sekarang, Setiap bulan berat badannya naik 1-1.5 kg.

Karena hamil di masa pandemi menjadi sebuah tantangan, maka saya melakukan beberapa hal, supaya tetap sehat dan bahagia menjalankan kehamilan ke 3 ini, seperti:

blackmores-pregnancy

1. Buat daftar camilan dan makanan sehat

Karena pentingnya asupan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan, yang pertama dilakukan adalah dengan membuat daftar camilan dan makanan sehat setiap harinya supaya tidak bosan. 

Selama hamil anak ke 3, saya lebih banyak makan ikan, daging, sayur dan buah, yang terpenting asupan nutrisinya tercukupi setiap harinya. Kalau malam lapar, paling makan buah kiwi, alpukat, pisang atau apel, tergantung persediaan di kulkas.

Selain makanan, asupan cairan menjadi perhatian. Jadi, setiap jam saya pasang alarm supaya tidak lupa untuk minum air putih, karena ibu hamil itu harus tercukupi juga asupan cairannya.

2. Istirahat yang cukup dan hindari stres

Salah satu cara saya terhindar dari stres adalah dengan istirahat yang cukup, kurangi bermain sosial media, dan jangan bergadang. 

Masa pandemi itu, bikin tidak tenang dan selalu khawatir. Untuk menghindari perasaan itu, saya lebih banyak melakukan kegiatan positif, dari menulis dan membaca. 

Saat badan sudah terasa lelah dari aktivitas harian yang banyak, saya pasti akan berhenti dan melakukan me time. Kan hamil itu harus selalu bahagia dan jangan stres.

3. Periksa kehamilan rutin setiap bulan

Selama kehamilan anak ke 3, saya rutin periksa kandungan ke dokter. Mengingat riwayat sebelumnya anemia, pernah melahirkan prematur dan BBLR, jadi apapun yang disarankan dokter untuk kesehatan pasti dilakukan. Vitamin dan suplemen juga diminum. Apalagi tekanan darah dan asupan makanan jadi perhatian.

4. Olahraga secara rutin

Biarpun saya akan melahirkan secara SC, bukan berarti tidak berolahraga. Justru, saya lebih rajin olahraga di kehamilan ke 3 ini. Karena manfaat olahraga baik untuk saya, dari mulai mengurangi stres, menurunkan risiko preeklamsia, menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya.

5. Penuhi asupan nutrisi

Di 1000 hari pertama kehidupan, asupan nutrisi itu sangat penting, untuk menjaga kesehatan Ibu hamil dan janin dalam kandungan. Adapun kebutuhan nutrisi Ibu hamil itu meliputi:
  • Kebutuhan Makronutrien, seperti protein, lemak dan karbohidrat
  • Kebutuhan Mikronutrien, seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan minyak ikan yang merupakan sumber DHA. DHA juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin.
blackmores
Sumber gambar Canva (ilustrasi pentingnya DHA)
Setuju sekali dengan penyampaian dr. Boy. Karena DHA itu salah satu mikronutrien yang sangat penting. Untuk menurunkan risiko BBLR dan mencegah anak lahir prematur, nutrisi makronutrien dan mikronutrien ini dibutuhkan, apalagi dengan DHA yang mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan. Salah satu sumber DHA itu adalah ikan. 

Perlu diketahui Bun, salah satu sumber DHA adalah ikan. Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225-350 gram ikan per minggu atau 300mg DHA setiap harinya. Pada kenyataannya berdasarkan survei terakhir, ada 21% wanita hamil tidak mengkonsumsi ikan selama kehamilan dan 75% wanita hamil hanya mengkonsumsi kurang dari 115 gram selama seminggu. 

Saat hamil anak pertama dan ketiga saya tidak ada masalah saat makan dengan ikan. Sehingga, bisa dengan mudah mengkonsumsinya selama masa kehamilan. Anak pertama dan ketiga juga lahir dengan sehat. Saat hamil anak ke 3, saya juga rajin konsumsi suplemen Blackmores Pregnancy. 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

blackmores-pregnancy
Selama hamil anak ke 3 ini, saya tidak ada masalah dengan makanan apapun, mau itu ikan atau daging, semua bisa dinikmati. Begitupun saat mengkonsumsi obat dan suplemen kehamilan, saya bisa meminumnya dengan baik. Menjalani kehamilan ke 3 di tahun kemarin, saya sangat menikmatinya, sehingga selalu sehat dan happy.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold menemani perjalanan saya di masa kehamilan hingga kini masa menyusui. Saat minum Blackmores Pregnancy ini enak dan tidak bau amis, jadi mudah sekali meminumnya. 

Suplemen Blackmores ini bantu penuhi nutrisi saya saat hamil dan menyusui, sehingga selalu sehat dan ASI berkualitas. Tumbuh kembang bayi juga bagus, berat badannya naik 1-1.5 kg setiap bulannya.

Kenapa memilih Blackmores untuk penuhi kebutuhan nutrisi?

blackmores-pregnancy-breast-feeding-gold

Karena Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold kandungan nutrisinya lengkap. Bahkan menurut Tiffany Pratiwi dari Blackmores, yang mengungkapkan bahwa suplemen ini menjadi produk unggulan dan mengandung nutrisi essensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi mikronutrien Ibu dan si Kecil.

Blackmores Pregnancy sangat membantu penuhi kebutuhan saat hamil dan menyusui. Suplemen ini diperkaya dengan Vitamin D3 200 II, kalsium, asam folat, vitamin dan mineral lainnya. Bahkan minyak ikannya tidak berbau, jadi sangat enak saat dikonsumsi. Nutrisi wajib yang dibutuhkan Ibu hamil juga lengkap.

Bersumber dari blackmores.co.id, nutrisi wajib yang harus terpenuhi Ibu hamil dan menyusui, mulai dari:
  • Protein yang berfungsi sebagai penyusun otot, pembentuk hormon, dan pengatur dalam berbagai metabolisme. Kekurangan protein pada Ibu hamil dapat membuat janin mengalami gangguan perkembangan. Sementara pada Ibu menyusui membuat kualitas ASI menurun.
  • Minyak ikan adalah salah satu sumber asam lemak tak jenuh omega-3, sangat baik untuk perkembangan sistem saraf dan penglihatan janin. Pada Ibu hamil, omega-3 dapat mengurangi risiko persalinan prematur dan preeklamsia.
  • Zat Besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi selama hamil dapat menyebabkan Ibu mengalami anemia dan rentan terkena komplikasi persalinan. Sementara pada Ibu menyusui memastikan ASI yang diproduksi kaya akan zat besi.
  • Asam folat dibutuhkan untuk mencegah cacat bawaan yaitu defek tuba neuralis dan gangguan perkembangan otak lainnya.
  • Kalsium untuk Ibu hamil diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Begitu pula dengan Ibu menyusui, kalsium penting untuk menjaga agar tulang Ibu dan bayi tetap baik.
blackmores

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold adalah suplemen kesehatan yang khusus untuk menutrisi kesehatan Ibu hamil dan menyusui, serta perkembangan bayi di 1000 hari pertama kehidupan. Dan suplemen kesehatan ini bisa menjadi solusi tepat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk investasi kesehatan dii masa depan, dengan keunggulan sebagai berikut:
  • Diperkaya Asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin.
  • Tinggi DHA untuk perkembangan otak janin.
  • Mengandung tinggi kalsium untuk kesehatan tulang Ibu dan tertumbuhan gigi janin.
  • Mengandung zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi.
  • Membantu menjaga kualitas ASI selama menyusui.
  • Bersertifikat halal.
  • Kemasan botol kaca untuk menjamin kualitas dan ramah lingkungan.
KALBE Blackmores Nutrition (KBN) merupakan perusahaan joinventure antara KALBE Nutritionals dan Blackmores Ltd. Australia yang bergerak dalam penyediaan suplemen kesehatan. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ada 2 pilihan kemasan, yakni kemasan 60 kapsul lunak dan 120 kapsul lunak. Produk ini sudah aman dan bersertifikat halal dari MUI (majelis Ulama Indonesia), Halal Australia, dan DNA Test. 

blackmores-pregnancy-breast-feeding-gold
Rasana enak dan tidak bau
Dengan konsumsi 2 kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold bisa melengkapi asupan nutrisi harian saya selama hamil dan menyusui. Karena kebutuhan nutrisi tidak hanya berhenti setelah melahirkan, tapi akan terus dibutuhkan di masa menyusui anak sampai 2 tahun. Sekaligus melengkapi asupan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan yang bisa mempengaruhi kualitas kesehatan, intelektual dan produktivitas di masa yang akan datang.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung vitamin dan mineral menjadi salah satu produk unggulan dari Blackmores untuk penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan si Kecil di masa kehamilan dan menyusui. Seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya. bahkan, minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak ddan kognitif si Kecil. 

Blackmores always does more selalu berkomitmen menyediakan suplemen yang aman dan efektif. Serta menghadirkan program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda.

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

blackmores-pregnancy-breast-feeding-gold
Sumber: Blackmores
Blackmores Peduli Nutrisi Bunda
merupakan hasil kolaborasi Blackmores yang menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi. Program ini bertujuan guna mendukung Ibu hamil, khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. 

Dimana, kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 Ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo.

Program ini terwujud, karena begitu pentingnya asupan nutrisi untuk Ibu hamil dan menyusui. Blackmores juga berkomitmen memberikan yang terbaik pada Ibu dan si Kecil. Karena, tumbuh kembang si Kecil berawal dari Bunda yang sehat.

blackmores-peduli-nutrisi-bunda

Perlu diketahui juga, bahwa Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda ini merupakan upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo, sehingga kebutuhan nutrisi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi. Program ini sudah berjalan sejak bulan April dan akan berlangsung hingga September 2022.

Perlu ketahui juga bunda, kasus BBLR perlu perhatian bersama, dengan memberikan edukasi kepada Ibu hamil, khususnya di Kota Solo. Selain BBLR, stunting juga merupakan issue yang menjadi sorotan  pemerintah Kota Solo.
Seperti yang diungkapkan Selvi  Ananda bahwa ada sekitar 800 anak kasus stunting, targetnya menurunkan 3% setiap tahun.

Periode emas atau golden age berlangsung sejak awal kehidupan dalam kandungan atau 1000 hari pertama kehidupan sampai usia si Kecil 2 tahun. 

Di masa ini asupan nutrisi harus terpenuhi, supaya tidak terjadi gangguan pada tumbuh kembangnya. Dengan Blackmores always does more yang menghadirkan suplemen kesehatan, seperti Blackmores Pregnancy.
peduli-nutrisi-bunda
Buat bunda yang sedang hamil, persiapkan kehamilan sehat dengan penuhi asupan nutrisi, untuk investasi kesehatan anak di masa depan. Konsumsi 2 kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold setiap harinya, terutama buat Bunda yang punya masalah anemia seperti saya. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Blackmores, Bunda bisa kunjungi:
  • Instagram: https://www.instagram.com/blackmoresid/
  • Facebook: https://web.facebook.com/BlackmoresID/
  • Website: https://www.blackmores.co.id/
  • Youtube: Blackmores Indonesia

Apakah Bunda juga konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold saat hamil dan menyusui? Sharing yuk.

Sumber  tentang nutrisi wajib:
  • https://www.blackmores.co.id/artikel/nutrisi-wajib-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

24 komentar

  1. Masa kehamilan bukan hal yang mudah buat Moms, pasti ada aja yang buat stress belum lagi harus memikirkan bayi yang ada di perutnya. Memenuhi nutrisi dan support penting untuknya, agar si kecil pun sehat. Mantep ada blackmores yang membantu memenuhi asupan nutrisi, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, selama hamil itu memang penting nutrisi dan selalu bahagia ya

      Hapus
  2. Wahh ternyata ada riwayat premature dan anemia ya, mbak?
    Makanya harus bener-bener pilih suplemen yang kasih nutrisi yang tepat dibutuhkan tubuh selama hamil dan menyusui ya?
    Aku juga lagi coba konsumsi Blackmores nih. Disaranin sama temen-temen dan setelah lihat kandungan isinya juga lengkap banget, langsung gas lah pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba riwayat anemia yang bikin anakku lahir prematur juga. Coba mba pakai produk ini ya.

      Hapus
  3. Aaaa.. kepengen hamil lagi, harus banyak yang dipersiapkan karena saya juga ngalamin anak lahir prematur, nggak asal hamil ya.. Semoga kalau udah program hamil lagi, jadi lebih baik. Hamil pertama dan kedua udah jadi pengalaman berharga ya mbak.. jadinya yang ketiga lebih bahagiaa.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba ada riwayat lahiran prematur, harus banyak yang dipersiapkan, termasuk jaga kesehatan, harus cari tahu dulu masalah sebelumnya dimana, sehingga bisa diatasi saat hamil berikutnya.

      Hapus
  4. Rekomendasi banget buat bumil nih produk blackmores khusus ibu hamil dan menyusui agar asupan nutrisi ibu dan bayi lengkap , baby jadi sehat

    BalasHapus
  5. Saya juga minum Blackmores saat menyusui Mbak. Lha badan rasanya seperti ringkih gitu. Alasan awalnya memang badan sendiri dulu, dapat bonus anak yang sehat dan alhamdulillah cerdas. Tiap hari dapat bonus debat kusir dengan anak usia 3 tahun. Hihihi

    BalasHapus
  6. Penting untuk seorang calon ibu memenuhi nutrisi untuk bayi dan dirinya sejak pertama kali tahu hamil. Karena memberi nutrisi terbaik untuk si bayi adalah bentuk tanggung jawab kita atas amanah yang telah Allah SWT titipkan.

    BalasHapus
  7. Masa hamil dan menyusui memang krusial ya buat anak. Jadinya ibu gak bisa cuek gitu aja. Kudu banget diperhatikan gizi dan nutrisinya. Untuk anak yang lebih sehat. Blackmore ini salah satu yang dipercaya bagus untuk ibu hamil dan menyusui. Ibu sehat, anak juga sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, pas tahu suplemen ini tahun 2017an, akhirnya pas hamil langsung minum ini

      Hapus
  8. Alhamdulillah, ya, Teh, kelahiran ketiga berjalan lancar, bayinya juga sehat. Karena Ibunya sudah mempersiapkan diri dengan asupan nutrisi yang cukup baik untuk diri sendiri maupun untuk janin. Semoga sehat selalu, ya.

    BalasHapus
  9. Ya Allah...kak Lis berkilau sekalii..
    Seneng lihatnya karena Ibu dan ananda sehat karena ternyata persiapan sebelum kehamilan hingga melahirkan dan memasuki fasa menyusui konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang kaya akan nutrisi baik untuk bumil dan busui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, karena punya riwayat sebelumnya, jadi kehamilan ke 3 ini lebih fokus

      Hapus
  10. Setuju bumil terus busui mesti banget jaga gizi seimbang yang cukup buat baby apalg di 1000 hpk plus kalau perlu minum Suplemen Blackmores yg bantu penuhi nutrisi saat hamil dan menyusui, agar selalu sehat dan ASI berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba gizi seimbang dan nutrisi penting banget ya untum masa depan anak

      Hapus
  11. Asupan nutrisi yang bergizi penting banget ya untuk ibu hamil dan memyusui. Karena bagaimanapun akan ngaruh ke anak. Blackmores ini banyak banget ya Teh manfaatnya buat bumil dan busui. Cocok banget sebagai investasi kesehatan anak :)

    BalasHapus
  12. Asam folat ini penting banget untuk ibu hamil ya Kak. Untung sekarang udah bisa dipenuhi dari suplemen seperti Blackmores pregnancy. Jadi mudah dijangkau oleh para ibu hamil

    BalasHapus
  13. Blackmores ini banyak banget variannya dan saya sendiri udah rutin minum vitamin C-nya. Beruntung banget di kantor tersedia untuk para karyawan yang WFO supaya semua juga sama-sama terjaga kesehatannya. Memang terasa sih Mak, jadi nggak gampang tumbang saat yang lain udah kena batuk pilek.

    BalasHapus
  14. MasyaAllah ya Mbaaa aku jadi banyak mendapatkan pelajaran. Ak lagi hamil 8 bulan ini. Ya Allah semoga lancar sampai hari persalinan dan lahiran aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.