Burayot Makanan Khas Garut Yang Legit

makanan-khas-garut
[Wisata Indonesia] Bukan hanya dodol yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tapi, masih banyak makanan lainnya yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung atau berwisata ke Kota Garut. Salah satunya adalah Burayot makanan khas Garut yang legit.

Makanan khas Garut bukan hanya dodol, tapi banyak banget, mulai dari dorokdok, ladu, surabi Garut, jeruk Garut, hingga burayot. 

Kali ini, saya ingin merekomendasikan makanan khas Garut yang sangat saya sukai selain surabi dan dodol kacang, yakni burayot.

Burayot makanan khas Garut

Lebaran kemarin akhirnya saya bisa pulang ke Garut. Yang pertama saya lakukan adalah mewujudkan keinginan untuk menikmati beragam makanan khas Garut. Dari mulai jajan Es Oyen, Es Goyobod, hingga minta dibuatkan burayot makanan khas Garut yang legit.

Sebenarnya sudah ada yang jual dan tinggal makan, tapi ga akan puas kalau makannya cuma sedikit. Apalagi lokasinya lumayan jauh dari rumah. Jadi, saya memilih untuk buat sendiri. Bukan saya yang bikin, tapi saudara di kampung halaman yang memang sudah mahir bikin burayot yang legit dan enak.

Buat yang ingin wisata ke Garut dan mau coba menikmati burayot yang legit, banyak yang jualan di daerah Leles, Kadungora dan Tarogong. Di Wanaraja juga ada, hanya saja jauh dari jalan yang sering dilewati. 

makanan-khas-garut
Burayot ini merupakan makanan tradisional khas Garut yang terbuat dari tepung beras, gula aren dan santan. Kenapa makanan ini disebut burayot? Karena memang bergelantungan. 

Saat membuat Burayot, keluarga saya pasti memilih gula aren yang berkualitas. Karena dengan gula aren yang bagus, hasilnya juga bagus saat digoreng. Sebelum membuat tepung beras, pastikan juga untuk direndam semalaman, baru di pagi hari bisa digiling.

Di keluarga saya sendiri, tradisi membuat burayot sudah ada sejak lama, apalagi kalau mau ada acara nikahan, khitan, saat ramadan, lebaran hingga syukuran keluarga lainnya. Makanan khas Garut yang satu ini pasti selalu ada.

Saat ramadan kemarin, saya memilih membuat burayot lumayan banyak, karena selain untuk persiapan khitan anak bungsu, bisa buat dikirim ke teman-teman juga. Banyak sekali yang suka dengan makanan khas Garut yang satu ini.

Apa saja yang membuat burayot makanan khas Garut begitu unik?

makanan-khas-garut
Sebagai anak yang lahir dan besar di Garut, burayot sebagai makanan khas Garut yang satu ini memang enak, dan pos buat teman ngopi atau minum teh. Untuk resepnya sendiri sudah turun temurun. 

Sebenarnya bukan hanya ada saat hari raya atau acara tertentu saja. Nenek saya sering banget bikin burayot buat cemilan yang kerja di sawah. Biasanya suka bikin ulen ketan (uli) dan peuyeum juga. Puas banget deh saat masa kecil, kalau sudah tandur di sawah, pasti banyak makanan hehe. Ada beberapa hal yang membuat burayot ini sangat unik, seperti:
  1. Saat memasak burayot, tidak menggunakan saringan, tapi langsung diangkat menggunakan bambu atau sumpit dan dikaitkan ujungnya. Sehingga hasilnya akan bergelantungan.
  2. Pemilihan bahan harus berkualitas, dari mulai beras dan gula aren.
  3. Dari bentuknya juga sudah terlihat sangat unik.
Berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk membawa burayot sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman atau tetangga. Biasanya untuk yang jualan itu sudah dikemas, ada yang harganya 30.000 juga, tergantung berapa banyak yang dibeli. 

Burayot makanan khas Garut yang legit selalu disukai sejak lama. Jadi, selain dodol, wajib banget nih mencoba makanan tradisional khas Garut yang satu ini. 

Next saya akan membahas makanan khas Garut lainnya, yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati dan bisa menjadi oleh-oleh.

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Garut?

16 komentar

  1. Kalau dilihat-lihat bentuknya kayak bunga tulip, hemm belum pernah ke Garut. Pengin nikmatin burayot kelihatannya manis gurih gitu. Sebelum ke Garut, boleh bisikin resepnya gak nih? Hehe, ga sabar kalau nunggu ke Garut teh.

    BalasHapus
  2. Wah saya baru tau nich makanan tradisional Garut, Burayot. Terbayang di mata saya, lezatnya makanan ini . Senang jika mencicitpi kekayaan makanan tradisional daerah. Ayo saya tunggu cerita berikut tentang makanan tradisional Garut lainnya.

    BalasHapus
  3. Teh, burayot ini enak banget ya, rasa manisnya itu beneran manis deh Dan membuat kita kangen Untuk terus menikmati burayot ini sebagai makan khas daerah kita

    BalasHapus
  4. Aku dulu KKN di salah satu desa di Garut, mbak. Pantainya cantik-cantik. Tapi aku baru tahu nih soal makanan khas Garut, khususnay burayot. Kayanya harus main-main ke Garut lagi nih untuk nyobain ^^

    BalasHapus
  5. cantik pisan burayotnya teh
    saya pernah dapat sajian burayot ketika bertandang ke rumah teman
    tapi burayotnya gak secantik ini
    ternyata pilihan bahan baku yang menentukan ya?

    BalasHapus
  6. saya suka dapet oleh-oleh burayot dari sodara yang orang Garut. Rasanya manis mirip kue cucur ya, cuma beda bentuk aja. dan saya juga pernah liat liputan di salah satu TV tentang pembuatan burayot ini. seru liatnya.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak juga ya makanan khas garut selain dodol. Bentuk burayot juga lucu sekali, namanya ikonik juga. Jadi penasaran sama rasanya. Semoga nanti bisa nyicipin kalau pas main ke garut.

    BalasHapus
  8. Cemilan fav aku Burayot madu, hadudu lis enyak pisan apalagi kalo anget2, keterusan daah. Makanan khas Garut ini bisa jadi alternatif oleh2 buat sanak saudara yaaa. Harganya juga terjangkau dan aku suka pas lihat masaknya gitu, uniik pisan.

    BalasHapus
  9. Belum pernah coba burayot daku Teh.
    Unik nama dan bentuknya, dan sepertinya rasanya itu bikin nagih ya, bisa nambah banyak hehw

    BalasHapus
  10. Belum pernah ke Garut teh. Tiap backpacking ke suatu daerah pasti jadi hal wajib nyobain kuliner khas. Aku penasaran sama burayot apalagi emang aku suka kue manis hehe di Jakarta ga ada yang jual ya?

    BalasHapus
  11. Semua yang serba garut itu pengen dicobain deh,teh lis. Bikin kangen mulai dari suasana, makanan sama tempat liburannya

    BalasHapus
  12. Aku baru tauu ini Teh. Taunya Garut punya dodol aja. Byw, manis banget ga ini ?

    BalasHapus
  13. Wah baru tau aku nama makanan ini, dan belum pernah ke Garut. Lucu juga bentuknya. Ada yang jual gak ya di Jakarta? Penasaran bgt sama rasanya

    BalasHapus
  14. Makanan khas Garut namanya unik2 ya Mba, baru tau klo es oyen trnyata dari sana. Si burayot ini jga unik bgt bentuknya, sekilas lihat mirip daun

    BalasHapus
  15. Bentuknya kaya dimsum ya? Tapi kalau ini manis ya Teh karena pakai gula aren? Indonesia memang keren, pilihan kulinernya beraneka ragam banget.

    BalasHapus
  16. wah baru tahu makanan khas Garut ini bentuknya unik sekali jadi pengen ke Garut..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.