3 Cara Mudah Menuju Wisata Situ Bagendit Garut

wisata-situ-bagendit
Dokumen pribadi
[Wisata Indonesia] Wisata Situ Bagendit Garut kini memiliki wajah baru yang lebih cantik dan asyik buat dikunjungi. 

Semenjak Situ Bagendit Garut dibuka pada 1 Mei 2022, banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung. Bahkan saat Idul Fitri, kawasan wisata Situ Bagendit Garut dipadati para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur lebaran. Jalanan dari arah Tarogong maupun Limbangan macet total di kawasan Banyuresmi.

Setiap memasuki libur sekolah dan hari raya, wisata Situ Bagendit akan ramai oleh wisatawan, baik itu keluarga, maupun pasangan. 

Situ Bagendit Garut terletak di Kecamatan Banyuresmi, Garut Jawa Barat. Lokasinya berhadapan langsung dengan Kantor Camat Banyuresmi. Lokasinya sangat trategis, karena berada di jalan utama Banyuresmi Garut.

Untuk menuju ke wisata Situ Bagendit Garut sangat mudah sekali. Ada 3 cara mudah, mulai dari:

1. Pakai Bus Antar Provinsi

terminal-guntur
Terminal Guntur Garut (Sumber foto: republika.co,id)
Buat wisatawan yang datang dari luar kota dan naik bus, bisa berhenti di Terminal Guntur Garut. Busnya banyak pilihan kok, ada Primajasa, Karunia Bakti, hingga Singaparna. Dengan trayek, Garut-Bandung, Garut-Lebak Bulus hingga Garut-Bekasi. Semua bus dari luar kota pasti berhenti di Terminal Guntur Garut.

Setelah dari Terminal Guntur Garut, wisatawan bisa naik angkutan umum  trayek 05 (berwarna orange) Terminal Guntur-Banyuresmi/Leuwigoong. Atau bisa pakai angkutan umum Terminal Guntur- Limbangan (warna putih orange). Naik angkot dari terminal Garut ke Banyuresmi kurang lebih 20 menitan, kalau tidak banyak berhenti bisa lebih cepat. 

Naik angkutan umum ini, wisatawan bisa langsung turun di wisata Situ Bagendit Garut. Gampang bukan? Gampang dong ya. Tapi, kalau setelah naik bus ingin menikmati perjalanan dengan lebih santai, bisa pakai delman juga, tapi untuk sampainya juga lumayan lama.

2. Naik Kereta Api Indonesia

wisata-situ-bagendit

Sekarang ini, Stasiun Garut sudah resmi dibuka, sehingga memudahkan masyarakat yang ingin ke Jakarta, Bandung, hingga Purwakarta dengan menggunakan Kereta Api Indonesia. 

Naik Kereta Api Indonesia menuju Situ Bagendit juga bisa mudah, tapi buat yang baru pertama kali ke Garut pasti lumayan bingung juga, karena harus 2 kali naik angkutan umum. Saya akan infokan angkutan umum yang bisa digunakan supaya lebih memudahkan. 

Wisatawan yang naik Kereta Api Indonesia turun di Stasiun Garut. Setelah itu jalan sedikit ke arah IBC, setelah itu bisa naik angkot ke arah Terminal Garut:

  • Naik angkot trayek 09 Terminal Guntur - Cibodas (warna putih hijau), lalu turun di Terminal dari IBC Garut.
  • Naik angkot trayek 10 Terminal Guntur - Leles - Kadungora (warna hijau muda), lalu turun di Terminal Guntur dari IBC.
  • Bisa naik becak dari Stasiun Garut ke Terminal Guntur.
  • Setelah dari Terminal Guntur lanjutkan naik angkot trayek 05 Terminal Guntur - Banyuresmi/Leuwigoong (warna orange) dan turun langsung di Situ Bagendit.  
  • Kalau ingin cepat sampai, bisa naik taxi online atau ojek dari Stasiun Garut langsung ke Situ Bagendit.
3. Pakai kendaraan pribadi

wisata-situ-bagendit
Arah menuju Situ Bagendit dari arah Leuwigoong (dokumen pribadi)
Buat yang ingin ke Situ Bagendit menggunakan kendaraan pribadi bisa lebih mudah juga. Dari arah Bandung atau Jakarta bisa ambil jalan arah Leles (setelah alun-alun) pasar Leles, belok kiri ke arah Leuwigoong. Setelah itu, belok kanan di pertigaan (dekat Polsek Leuwigoong) arah ke Garut kota. Jalan terus saja, kurang lebih 20 menit juga sudah sampai, posisinya ada sebelah kanan.

Kalau ambil dari arah Tarogong, tinggal lurus saja dari SMK 2 Garut, nanti jalan terus kurang lebih 15 menitan sudah sampai Wisata Situ Bagendit.

Menuju wisata Situ Bagendit sebenarnya mudah sekali, tapi buat yang baru datang ke Garut memang sedikit pusing. Semoga 3 cara menuju wisata Situ Bagendit di atas bisa membantu wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga.

Untuk masuk Situ Bagendit Garut, Dewasa dikenakan tarif 10.000, sedangkan anak 5.000 rupiah saja. Buat wisatawan yang mengunjungi Wisata Situ Bagendit diharapkan untuk tidak buang sampah sembarangan ya. Pastikan bekas makanan masukkan ke tempat sampah. Karena sampah itu tanggung jawab bersama. Bawa makanan sendiri, ya sampahnya buang sendiri.

Jalan-jalan sudah puas, datanglah lapar. Tenang saja, karena di objek wisata Situ Bagendit Gaut dan sekitarnya ada banyak pilihan makanan dan minuman juga. Mau jajan baso, jajan cemilan, hingga oleh-oleh juga ada. Kalau lurus ke arah pasar Banyuresmi, disitu sudah banyak yang jual makanan dan minuman segar.

Ada yang sudah mengunjungi wisata Situ Bagendit Garut?



Sumber foto Terminal Guntur Garut:
  • https://www.republika.co.id/berita/qc0iix370/terminal-guntur-garut-kembali-layani-perjalanan-ke-jakarta

1 komentar

  1. Garut ini kota unik dan klasik ya lucu juga nama Situ Bagendit, pengin ke sana apalagi setelah liat film bernuansa Sunda yang kebanyakan menampilkan Garut. Orang Sunda memang unik, jadi semakin tertarik ke daerah Bandung, Garut. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.