Mengenal 4 Stasiun Kereta Api Yang Ada di Garut

4-stasiun-kereta-api-di-garut
Garut memiliki wisata alam yang indah untuk dikunjungi. Mau ke Garut naik Kereta Api juga bisa dan lebih menyenangkan. Ke Garut naik Kereta Api bisa turun di Stasiun Leles, Stasiun Cibatu, Stasiun Cipeundeuy, hingga Stasiun Garut.

Sebelum naik Kereta Api untuk traveling ke Garut, bisa terlebih dahulu mengenal 4 Stasiun Kereta Api di Garut, supaya tidak salah turun atau tidak salah pesan tiket Kereta Api.

4 Stasiun Kereta Api di Garut

Di Garut sendiri ada banyak Stasiun, tapi 4 Stasiun Kereta Api ini yang bisa menjadi pilihan untuk turun  dan menjelajahi Garut. Setiap pesan tiket Kereta Api dari Madiun atau Jakarta, pasti 4 Stasiun ini yang jadi pilihan untuk turun atau naik kereta.

1. Stasiun Cipeundeuy

stasiun-cipeundeuy
Semenjak pindah ke Madiun, Jawa Timur, saya lebih memilih Stasiun Cipeundeuy untuk turun dan melanjutkan perjalanan ke rumah di Banyuresmi. Kenapa? 

Karena, semenjak Covid-19, Kereta Api eksekutif hanya turun di Stasiun Cipeundeuy. Tidak ada pilihan lain kalau ingin naik eksekutif harus turun di stasiun ini. Kalau sebelum covid Kereta Api Mutiara Selatan bisa turun di Stasiun Leles, tapi sekarang tidak ada.

Stasiun Cipeundeuy berlokasi di Cinagara, Malangbong, Garut, yang merupakan Stasiun Kereta Api kecil kelas II. 

Tapi, biarpun stasiun kecil, naik Kereta Api dari Jawa Tengah atau Jawa Timur menuju Garut, Bandung dan sekitarnya, pasti diwajibkan berhenti di Stasiun Cipeundeuy, baik itu kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif.

Kenapa ya? Karena, tujuannya berhenti untuk dilakukan pemeriksaan rem atau penambahan lokomotif. Karena jalur setelah Stasiun Cipeundeuy cukup terjal naik turunnya. Bahkan, ini sudah dilakukan sejak Zaman Hindia Belanda.

Jarak dari Stasiun Cipeundeuy ke rumah di Banyuresmi memang tidak dekat. Setidaknya saya membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk sampai rumah. Sangat berharap kedepannya, kereta eksekutif bisa turun lagi di Stasiun Leles atau Stasiun Cibatu.

Dari Madiun sendiri ada beberapa pilihan Kereta Api, seperti Agro Wilis, Turangga, Malabar, Mutiara Selatan, Mutiara Selatan dan Pasundan.

2. Stasiun Cibatu
stasiun-cibatu
Stasiun Cibatu merupakan stasiun kereta kelas II yang berlokasi di Cibatu, Garut, termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun Cibatu termasuk stasiun yang besar juga di Garut.

Sebelum pandemi, dari Garut ke Jakarta atau sebaliknya saya memilih turun di Stasiun Cibatu, naik Kereta Api Pangandaran. Tapi, sekarang tidak bisa lagi. Kereta Api yang tersedia dari Jakarta ke Stasiun Cibatu hanya ada Serayu dan Cikuray saja.

Jadi tidak ada pilihan gerbong eksekutif dari Jakarta ke Garut, karena pilihannya hanya ada kelas ekonomi.

Yang mau traveling ke Situ Bagendit bisa juga pilih untuk turun di Stasiun Cibatu ini. Dari sini tinggal naik ojek deh.

Stasiun Cibatu ini banyak sekali kenangannya. Zaman dahulu, sejak saya kecil saat mau liburan ke Jakarta pasti naik Kereta Api dari Stasiun Cibatu ini. Stasiun ini sudah dibuka sejak tahun 1889, bahkan komedian Charlie Chaplin pernah datang ke stasiun ini untuk liburan ke Garut.

3. Stasiun Leles
stasiun-leles
Stasiun Leles merupakan stasiun kereta kelas III dan termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung. Yang paling saya suka sekali ketika di Stasiun Leles adalah menikmati pemandangan gunung yang sangat indah.

Stasiun Leles termasuk stasiun kecil yang berlokasi di Kandungora, Garut. Yang mau liburan dan menikmati wisata Situ Cangkuang bisa turun di Stasiun Leles, dan melanjutkan dengan naik angkot atau ojek.

Waktu dari Madiun, bisa turun di Stasiun Leles dengan naik kereta Mutiara Selatan. Sekarang kereta yang berhenti di Stasiun ini ada Pasunda, Serayu dan Cikuray.

4. Stasiun Garut

stasiun-garut
Setelah sekian lama mati suri, akhirnya Stasiun Garut sudah diresmikan. Yang mau menuju tempat wisata alam di Garut, kulineran, hingga mendaki gunung, bisa banget turun di Stasiun Garut. Aksesnya lebih mudah dan banyak pilihan.

Stasiun Garut vakum selama lebih dari 40 tahun lamanya. Sekarang sudah mulai berbenah dan digunakan kembali. Stasiun Garut merupakan stasiun kereta api kelas II yang berlokasi di Pakuwon, Garut Kota.

Stasiun Garut juga termasuk Daerah Operasi II Bandung. yang sudah resmi dibuka kembali pada Maret 2022. 

Lokasi Stasiun Garut berada di pusat kota. Sehingga mau kemanapun lebih muda. Dekat Stasiun Garut banyak jajanan yang enak, dari mulai pempek, bakso, hingga tempat ngopi yang asyik.

Saat ini Stasiun Garut baru melayani Garut - Pasar Senen dan sebaliknya. Kereta ada di pagi dan sore hari. Kereta Api lokal Stasiun Garut dan Stasiun Cibatu juga ada. 

Sekarang makin udah menjelajahi Kota Garut dengan menggunakan Kereta Api. Makin banyak pilihan stasiun juga untuk memudahkan ke tempat wisata.

Saran saya kalau dari Jakarta dan mau menjelajahi wisata alam, turunnya di Stasiun Garut saja supaya lebih mudah, dan banyak pilihan transportasi juga.

Ada yang mau jalan-jalan ke Garut dalam waktu dekat?

1 komentar

  1. Pemandangan langitnya antimainstream, luar biasa semua paling suka di Cibatu. Jadi pengin ke Bandung, eh Garut juga mereka punya ciri khas sendiri. Bagus-bagus stasiun kereta, akses termudah untuk ke daerah lain memang ini jadi andalan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.