2 Masjid Dekat Pantai Losari

2-masjid-dekat-pantai-losari
Selain menikmati Pulau Samalona yang eksotis di Makassar, berkunjung ke Pantai Losari bisa melihat 2 Masjid yang indah dan megah.

Setiap berkunjung ke sebuah daerah, pasti ingin melakukan solat di masjid yang berada di tempat tersebut. Paling senang kalau masjid tersebut sangat bersejarah. Karena bisa sekalian belajar juga.

Samahalnya saat berkunjung ke Makassar, dan mengunjungi Pantai Losari untuk sebuah kegiatan. Bisa melihat secara langsung 2 masjid dekat Pantai Losari, yakni Amirul Mukminin dan Mesjid 99 Kubah Makassar.

Biarpun hanya bisa melihatnya dari depan, saya merasa senang, karena bisa melihat keindahannya dari dekat. Karena saat itu saya sedang berhalangan, jadi tidak berani masuk. 

Masjid Amirul Mukminin

2-masjid-dekat-pantai-losari
Sering banget melihat foto-foto Masjid Amirul Mukminin di Google atau di Instagram. Apalagi posisinya dekat Pantai Losari yang indah. Saat ada sunset, makin terlihat indah.

Masjid Amirul Mukminin ini merupakan sebuah masjid terapung yang berlokasi di Jalan Penghibur no. 289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini berkubah ganda yang berada di dekat Pantai Losari dan menjadi alternatif untuk wisata religi.

Dulu pas teman foto depan Masjid ini, saya bilang ingin melihat dari dekat juga. Akhirnya bisa terwujud di tahun 2019 untuk jelajahi Makassar.

Masjid Amirul Mukminin merupakan masjid apung pertama di Indonesia yang mulai dibangun tahun 2009 dan selesai pada 21 Desember 2012. Bahkan masjid ini juga diresmikan langsung oleh Wakil Presiden pada saat itu, yakni Jusuf Kalla.

Masjid Amirul Mukminin berdiri dengan kokoh di atas laut. Tepatnya di timur laut Pantai Losari. Dari masjid ini bisa melihat secara langsung pemandangan Pantai Losari yang indah. 

Pas datang ke Pantai Losari dan melihat sendiri masjid ini, bikin hati adem banget. Apalagi dengan udara pantai yang sejuk. 

Desain Masjid Amirul Mukminin ini sangat unik, ada 2 kubah berwarna biru dengan ukiran mozaik dan didominasi dengan warna abu-abu dan putih. 

Masjid Amirul Mukminin terlihat sangat kokoh dan megah, dengan konsep islami dan modern konteporer sudah pasti banyak dikunjungi untuk melakukan wisata religi. Apalagi di bagian bawahnya menggunakan tiang-tiang yang sangat kokoh.

Kalau kata teman, datangnya itu harus pas sunset, pasti hasil foto juga sangat indah. Tapi, karena tidak bisa, jadi puas-puasin melihat dari dekat di siang hari saja. Pengennya sih solat di masjid terapung pertama di Indonesia ini, tapi karena berhalangan, jadi lihat dari luar saja.

Masjid 99 Kubah CPI Makassar

2-masjid-dekat-pantai-losari
Selain Masjid Amirul Mukminin yang dekat Pantai Losari, dari area masjid bisa melihat juga Masjid 99 Kubah CPI Makassar yang saat itu masih dalam pembangunan.

Masjid 99 Kubah Makassar ini berlokasi di Kawasan CPI (Center Point Indonesia), Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini sangat unik, karena memiliki 99 kubah yang artinya sesuai 99 nama Allah yang indah, yakni Asmaul Husna. 

Bahkan masjid ini juga disebut Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, telah menjadi ikon baru dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 2017 dan diresmikan pada 12 Maret 2022 oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Masjid 99 Kubah Makassar merupakan salah satu desain karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Yang memang sudah membuat desain beberapa masjid di Indonesia, mulai dari Masjid Al-Irsyad di Bandung Barat, Masjid Al Safar yang ada di Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi, hingga Masjid Raya Asmaul Husna Tangerang.

Suka banget melihat Masjid 99 Kubah Makassar, biarpun saat itu masih dalam tahap pembangunan. Tapi, dari kejauhan saja sudah terlihat megah dan kokoh.

2-masjid-dekat-pantai-losari
Saat perjalanan pulang dari Pulau Samalona, kami diajak melihat dari dekat Masjid Kubah 99 Makassar dari dekat dengan menggunakan perahu motor.

Saat baca berita Masjid Kubah 99 Asmaul Husna sudah diresmikan, jadi pengen traveling lagi kesana. Semoga ada kesempatan ya untuk melakukan wisata religi ke 2 masjid ini.

Itu dia 2 Masjid dekat Pantai Losari dengan desainnya sangat indah dan keren. Bisa ibadah sekaligus melihat pemandangan Pantai Losari yang mempesona. 

Gimana, sudah pernah melakukan salat di Masjid ini?

16 komentar

  1. Wawww, masjid nya beneran megahhh dan cerah bangett ya mba.

    Makin semangat utk ibadah klo gini ya
    Jadi mupeng cuss Makassar

    BalasHapus
  2. Wahh jadi Masjid Amirul Mukminin ini termasuk masjid apung pertama ya? Trus aku jadi makin penasaran sama 99 kubah. Ngga pernah lho lihat masjid dengan kubah yang banyak banget hehehe.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah saya sudah pernah sholat magrib di Masjid Amirul Mukminin mbak. Saat saya ke pantai losari, Mesjid 99 Kubah juga masih dalam proses pembangunan. Tapi lihat dari jauh sudah kelihatan Indah

    BalasHapus
  4. Dua masjid di Makassar ini udah lama pengen kami kunjungi, teh. Masjid Terapung pertama di Indonesia ya, Masya Allah Bapak Jusuf Kalla yang membangunnya. Dan masjid dengan Kubah 99 itu unik banget, arsitektur nya juga Masya Allah keren ya Pak RK.

    BalasHapus
  5. aku juga penasaran banget sama dalamnya Masjid 99 Kubah Makassar, mbak. Masjid ini semakin terkenal saat meninggalnya Eril, ya. ah...jadi pingin ke Makassar. Yuh bareng, mbak. xixixii

    BalasHapus
  6. aku juga penasaran banget sama dalamnya Masjid 99 Kubah Makassar, mbak. Masjid ini semakin terkenal saat meninggalnya Eril, ya. ah...jadi pingin ke Makassar. Yuh bareng, mbak. xixixii

    BalasHapus
  7. Masjid 99 kubah warnanya meriah banget mbak bentuknya juga unik ya. Tapi aku lebih suka masjid amirul mukminin sih dan selalu berharap suatu saat bisa shalat di sana

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    Keindahan kedua Masjid dekat Pantai Losari ini semoga juga mendatangkan keberkahan bagi warga dan orang-orang di sekitar.
    Pak RK terinspirasi dari Taj Mahal ya..saat mendesain Masjid 99 Kubah CPI Makassar?
    Soalnya unik dan cantik. Aku sempet liat reelsnya yang bareng Bu Cinta menceritakan inspirasi dari penciptaan desain Masjid 99 Kubah.

    BalasHapus
  9. Baik Masjid Amirul Mukminin maupun Masjid Kubah 99 Asmaul Husna keduanya unik semua ya, Teh. Tapi sekali pandang emang Masjid Kubah 99 terlihat lebih unik dan megah.
    Masya Allah.. seneng banget kalau bisa shalat di kedua masjid itu :)

    BalasHapus
  10. Wahhh mak yg 99 kubah itu bagusss btw. Seru banget bisa ke sana langsung. Aku belum pernah huhuhu pengen juga ke makasar tapi selain ke masjidnya yg unik juga pengen ke makanannya yg lezat2

    BalasHapus
  11. Megah banget dua masjid yang dekat dengan pantai Losari ini
    Aku belum pernah ke Makassar mbak
    Jadi belum pernah ke masjid ini

    BalasHapus
  12. Kapan hari lihat teman posting juga Masjid 99 Kubah yang sudah jadi memang bagus banget desainnya, jadi ingat bangunan di Rusia. Semoga ada kesempatan bisa ke sana juga ya mbak aamiin

    BalasHapus
  13. Masjid Amirul Mukminin kayak masjid yang ada di Makkah ya mbak cakep. Kalau masjid 99 kubah terlihat unik karena belum pernah ketemu masjid serupa. Jadi tertarik berkunjung ke Makassar 😍

    BalasHapus
  14. Sudah lama banget aku ngga pulang kampung padahal kangen sama saudara dan keluarga besar banyak di Makassar, pengen lihat masjid keren dekat pantai Losari ini semoga ada rezekinya ke Makassar 2923

    BalasHapus
  15. Duh kapan ya halan-halan ke makasar, pernahnya cuma transit. Sekalian pengen nyobain coto makasar kalau ke sana selain ke pantai losari

    BalasHapus
  16. Dua masjid yang jadi landmark Losari juga. Bikin tambah bagus. Dan tentu saja harus sholat di sana kalau sedang ke Losari.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.