Mudik Ke Garut, Cemilan Pun Semakin Asyik

Liswanti Pertiwi | Minggu, Agustus 02, 2015 | | | | |
Garut Kota Tercinta
Garut lagi, Garut lagi.

Ya, Balik lagi buat nyeritain Garut, maklumlah Idul Fitri kemarin memecahkan rekor, saya bisa merasakan tinggal 2 minggu di Kota Kelahiran. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya tinggal 4 atau 5 hari saja. Maklumlah saya harus ikut kembali ke Ibukota untuk mendampingin suami.

Nah kalau ngomongin Garut, dari kulineran, souvenir, wisata pasti ga ada habisnya. Termasuk oleh-oleh dan beberapa cemilan yang meski di bawa pulang lagi ke Ibukota. Banyak sekali cemilan khas Garut yang bisa dinikmati, tapi untuk tahun ini pengen yang lain ah biar ga bosen. Terus apa ya?, ini neh cemilan yang bisa bikin hari-hari semakin asyik.
Cikermin dan Kerupuk Kulit

Cikermin alias Cireng Mini

Siapa coba yang tidak tahu cireng?. Itu loh cemilan dari aci (sagu) yang diolah dengan begitu mudah. Nah biasanya saya selalu bawa cireng basah dari Garut, tapi karena ga mau ribet dan berat-berat, akhirnya ketemu cikermin ini neh. Yang begitu renyah, gurih dan semakin enak kalau dinikmati sama saus sambel.

Kerupuk Kulit

Nah kalau ke Garut yang ga boleh dilewati tuh ya tentu saja kerupuk kulit, mau di makan pake apapun terasa nikmat. Apalagi kalau makannya bareng sama baso "emmm mantep deh". Rasa kerupuk kulit ini renyah dan gurih. Di Garut sendiri ada banyak sekali merk kerupuk kulit yang bisa kita pilih, dari padasono sampai hikmah pun ada. Tinggal pilih saja ke toko oleh-oleh di Kota Garut, pasti deh banyak tersedia.

Borondong, Moring, Dodol 

Borondong

Kalau dari tadi saya beli yang gurih-gurih, kali ini mencoba beli yang manis, kalau ini sebenarnya kesukaan suami. Ini tuh borondong yang terbuat dari gula dan ketan asli. Rasanya begitu manis, karena borondong ini biasanya dibuat dengan gula merah dan ketan pilihan. Ditaburi atau digulung dengan jagung yang sudah diolah dengan begitu kering.

Moring alias Cimol Kering

Kali ini saya beli yang pedes-pedes juga, ada moring yang ditaburi cabe kering, yang pedasnya "kacida lada, seuseuhahan nu aya" (intinya arti dari kata-kata itu pedas banget). Moring ini hampir sama dengan cireng yang terbuat dari aci atau sagu.

Dodol

Kalau yang satu ini tuh memang cemilan wajib yang meski dibawa, baik saat mudik lebaran ataupun saat pulang mengok orang tua. Dodol memang kesukaan semua orang. Tapi, saya jarang membawa dodol buah, karena kesukaan kami adalah angleng dan dodol kacang yang begitu nikmat.

Jadi, kalau ke Garut, cemilan yang bikin semakin asyik ya itu tuh. Enak dan nikmat, bisa menemani hari hari semakin happy. Jangan lupa loh, kalau mampir ke Garut buat nyoba cemilan-cemilan ini ya, bisa ditemukan di seluruh toko oleh-oleh.



6 komentar:

  1. Camilan untuk oleh2nya banyak dari garut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. oleh-oelhnya nanti dibawa ya mak :)

    BalasHapus
  3. kalau Moring di tempatku sih combro garing, jadi dari bahan combro gitu dibikin kering, hehe

    BalasHapus
  4. Ngiler cikermin sama moringnya. Hehehe

    BalasHapus
  5. Masihkah oleh-olehnya? Mintaaaa :p

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...