Tips Menabung Untuk Anak Sekolah


[Keuangan] Menabung itu penting sekali, karena bisa mengajarkan kita berhemat dan konsisten menyisihkan uang untuk digunakan hal-hal bermanfaat di masa depan

Kata siapa anak sekolah ga bisa nabung? Bisa kali, mau itu anak SMP atau bahkan anak SMA. Apa sih yang ga bisa, saya juga dulu bisa kok. Kalau pengen bisa menabung dengan uang yang pas-pasan bisa kok, mau itu menabung di celengan atau bahkan di Bank. Tapi, sebelum bisa menabung, ada beberapa hal yang meski kita ketahui:

  • Uang jajan dikasih perhari atau bulanan.
  • Berapa biaya ongkos dan jajan perharinya.
  • Adakah kegiatan di luar sekolah yang kamu ikuti?
  • Ke sekolah naik angkutan umum atau pribadi?
Pentingkah beberapa hal itu diketahui?. Tentu saja penting, karena salah satu cara menabung anak sekolah bisa dari uang jajan itu sendiri.

Setelah kita mengetahui beberapa hal di atas, kita meski bisa itung-itungan dulu neh, terutama yang berhubungan dengan ongkos. Kalau pake kendaraan pribadi ke sekolah, misalkan motor. Kita cuma perlu tahu berapa liter biasanya kamu ngisi?. Jarak dari rumah ke sekolah berapa jauh?. Kepake berapa hari itu bensin?. Kalau misalkan kepake 3 hari, kita cuma tinggal ngitung sekolah selama satu bulan berapa hari (kalau sekolah dari senin sampe sabtu bisa 26 hari dikurangi hari libur). 


Dokumen pribadi (ilustrasi menghitung uang buuat nabung)
Perhitungan Bensin harga 8000 x 3= 24.000

1 minggu bisa ngisi 2 kali, jadi 24.000 x 2= 48.000

Otomatis dalam satu bulan bisa ngisi 8 sampe 9 kali

Dimisalkan satu bulan ngisi uang bensin 8 kali x 48.000 = 384.000



Yang perlu kita tahu, uang bensin ke sekolah kalau pake motor bisa tergantung pemakaian, bisa lebih dari 3 hari. Dan tergantung harga BBM itu sendiri. Jadi, pinter-pinterlah ngitung, kalau ada sisa bisa deh tuh uangnya disimpen.

Berbeda dengan kita pake angkutan umum, kita harus tahu neh, ke sekolah itu naik angkot berapa kali?. Seperti saya dulu, naik angkot itu 2 kali dengan ongkos 2.500, kalau pulang pergi jadinya 5.000, "masih murahlah ya, maklum zaman baheula hehehe". Otomatis perhitungan saya sederhana.

Jumlah hari x ongkos angkutan umum
26 x 5.000= 130.000

Kalau perhitungan saat ini, bisa 2 kali lipat deh. Maklumlah BBM sudah naik dan serba mahal hehe. Mudahkan ya ngitung ongkos ke sekolah?. Kalau ngitung uang jajan itu seh tergantung kalian, boros atau tidak. Kalau saya dulu cuma 3.000, itu pun beli baso atau nasi kuning pas istirahat sekolah.

Baca juga: Hemat Selama Ramadhan

Terus gimana cara nabungnya?. Ini dia tips dari saya yang pernah dan sudah saya tularkan turun temurun ke generasi selanjutnya hehe.
  • Apabila kita diberikan uang jajan dan ongkos selama satu bulan penuh (berarti 30 atau 31 hari), biasakan untuk menghitung kebutuhan seperti uang onkos dan jajan kita setiap hari. Ada lebihnya bisa menjadi tabungan kita, mau itu disimpan di Bank atau celengan. Kalau saya biasanya disimpen celengan dulu, baru setiap bulan di tabung ke Bank.
  • Kalau di kasih uang harian, biasakan untuk menyimpan uang, apabila ada sisa.
  • Biasakan menyimpan uang ongkos dan jajan kalau ada libur sekolah, lumayan bisa menambah tabungan.
  • Bawa bekal ke sekolah, selain uang jajan aman, kita pun bisa memakan makanan sehat buatan mama.
  • Untuk laki-laki, selama sekolah usahakan tidak merokok, karena sudah bisa kita tebak, uang jajan kalian bisa habis dengan percuma.
  • Kembangkan hobi dan ikut kegiatan ekstrakulikuler. Ini bisa menjadi tabungan masa depan kita loh.
  • Setelah jam sekolah selesai, usahakan langsung pulang ke rumah, karena kalau keluyuran dulu, dijamin uang bensin atau jajan ludes juga.
Mudahkan ya tipsnya?. Mudahlah, ini sederhana kok. Nah yang perlu saya jelaskan disini adalah tentang "kembangkan hobi dan ikut kegiatan ekstrakulikuler". Kenapa ini masuk tips yang saya berikan?. Karena, sudah terbukti banyak hal positif yang saya dapatkan. Yakni, bisa mendapat uang jajan tambahan.

Baca juga: 5 Manfaat menabung

Mungkin kita tahu, saat sekolah banyak kompetisi tingkat SMP atau SMA/SMK yang bisa diikuti, baik olah raga, pelajaran, dan seni. Pastikan kita dapat uang pembinaan, baik itu untuk jajan dan ongkos ke acara, nah uang itu ga usah kita pakai semua, simpanlah sebagian buat dana tabungan kita, "kan lumayan tuh, apalagi kalau menang". Kalau saya, biasanya ikut lomba baca puisi, selain dapet uang pembinaan dari kemenangan, juga dapet beasiswa dari sekolah.

Photo by Canva (ilustrasi menabung)
Enaknya ikut ekstrakulikuler, kita bisa mengajar di sekolah lain, dalam hal ini SD atau SMP. Seperti sewaktu saya sekolah, bakat yang saya punya hanya seni. Dari seni itulah, saya suka dapat panggilan untuk mengajar, baik membaca puisi tingkat SD dan melatih drama, disitu bukan saja dapat uang, tapi juga kebanggan. Selain itu, karena keseringan ikut Pramuka, saya pun sering di ajak Ayah untuk melatih anak-anak di sekolahnya, "lumayan dapat jatah uang jajan tambahan hehe".

Menabung saat sekolah, gampang saja kok kita lakukan, intinya kita bisa mengatur uang jajan saja. Dan hobi yang kita punya jangan disimpen saja, buktiin dong hobi juga bisa menghasilkan. 

Nah gimana neh, bisakan ya saat sekolah menabung juga?. Bisa donk. Kan kita pun bisa belajar untuk menghemat uang dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki. Dari uang tabungan itu, apapun yang ingin di beli, bisa kesampaian, dan tak perlu minta lagi ke mama papa. Benarkan?.



54 komentar

  1. Aku mulai SMA dikasih uang bulanan karena tinggal bareng mbah, mulai dari situ juga belajar nabung di bank, sebelumnya di celengan ayam yang suka dicongel-congkel hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe alhamdulillah banyak temen yg suka nyongkel celengan *ehhhh

      Hapus
  2. jadi inget jaman masih sekolah dulu selalu nabung klo udah kepingin sesuatu. klo sekarang malah jarang nabung. heheheh

    BalasHapus
  3. Wajib aku terapkan nih, kebetulan masih anak kuliahan. hehehehe...

    BalasHapus
  4. Aku dl waktu sd dikasih ongkos aku tabung, aku milih jalan kaki. Trus, uang jajan jg kutabung, makan bekal yg dibawa aja dr rmh. Pas minggu uang terkumpul aku beliin stiker mainan...hihihi

    BalasHapus
  5. hihihihi ngikik baca komentar mba dwina, iyaa...anak kecil nabung buat beli-beli mainan yang diinginkan dulu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Dewi, ampe ngikik. Hampir sama seh, adeku yang bungsu bgitu juga, ngumpulin uang buat mainan.

      Hapus
  6. emang kebiasaan menabung harus dibiasakan sejak dini.
    kalau saya dikasih jajan harian. sisanya ditabung buat beli buku favorit. hehehe

    BalasHapus
  7. praktekin ah..
    paling kalo sekarang celengan aja

    BalasHapus
  8. Dulu saya nabung tiap hari terus minggunya buat main PS ke rental :-(
    langsung Habiss deh,,
    Sekarang nyesel,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti nyesek ya kalauuang dipake begitu. Ga ada bukti perjuangan menabungnya hehe

      Hapus
  9. Waah, oke banget ini tipsnya, Mbak :)
    Agar anak-anak juga bisa mengatur uang jajannya.
    Makasih banyak yaa...

    BalasHapus
  10. Wah thx mbak untuk idenya jadi inspirasi untuk mulai kasi anak uang saku. Selama ini aku blm kasi uang saku ke anak-anak, karena dalam sehari hampir 24 jam selalu bersama, kami homeschool mbak. Kalo pengen apa2 tinggal bilang mama ato papanya langsung. Untuk pergi les juga kami masih anter jemput, belum ada kepentingan untuk pegang uang sendiri.
    Hmmm tapi tulisan mbak ini bikin aku mikir, seharusnya mereka punya uang mereka sendiri yah.

    BalasHapus
  11. Bisa ditiru nih tipsnya...., tapi anak-anak saya seneng nabung juga, diam-diam punya uang banyak...hihi beda sama emaknya :D

    BalasHapus
  12. Saya sendiri dulu gak nabung sih waktu sekolah karena seringnya gak dapet uang jajan. Hihihi. Jadi sarapan kenyang dari rumah. Pulang sekolah langsung pulang. Bawa botol minum. Pas udah kerja kasih les yaudah duit ludes buat beli buku dan komik. Hehehe.

    BalasHapus
  13. Tipsnya mantep mba. Tapi sekarang bintang dan zizi masih kecil. Nanti kayaknya cocok nih dipraktekkan. ;-)

    BalasHapus
  14. aku jg termasuk anak sekolah yg rajin menabung alias ngirit :-)

    BalasHapus
  15. Mantap kak, inilah tips yang cocok untuk kami para peplajar, khususnya yang pengen nabung..

    BalasHapus
  16. Bang bing bung ayuk nabung, hahaha mba, makasih ya diingetin. Memang perlu dibudayakan lagi nabung ya

    BalasHapus
  17. Gan , gue dikshny per minggu tuh ?? Gmna supaya efektif gan ?? Mau bli spatu jogging nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uuuh mau beli sepatu jogging ya. Kamu harus tahu dulu, berapa uang seminggu yang kamu dapat? Kamu pisahkan dulu uang ongkosnya ya, kemudian usahakan jangan banyak jajan. Coba deh bawa makanan dari rumah. Dan hindari banyak nongkrong dan tidak merokok ya, di jamin bisa secepatnya punya sepatu joging.

      Hapus
  18. gatau knpa waktu zaman skolah dlu nabung tuh cobaan yg berat bgt kayanya -_-

    BalasHapus
  19. Kalo duli temen2 yang pas skolah bawa motor sndiri sma naik angkot slalu diberi uang lebih buat bli bahan bakar bensin alat transport ato pas buat bayar angkot. Jadi uang jajan tetap utuh. Hhee

    Untungnya lagi dlu seringnya naik speda aja hhed

    BalasHapus
  20. Nah ini nih mbak yang seharusnya diterapkan pada anak sekolah, karena menambung itu sangat penting untuk menunjang masa depan juga sebenarnya mah dan saya juga alhamdulillah waktu kecil sudah diajarkan untuk menabung oleh orang tua saya dan itu pelajaran yang tidak bisa dilupakan.

    BalasHapus
  21. tipsnya oke banget nih mba, anak laki nih yg udah kliatan pinter nyimpan uang kaya ayahnya. tapi yg perempuan pinter jajan kayak....emaknya. eh tapi kan saya jajannya beli sayur buah lauk buat sekeluarga <-- membela diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk ayo deh mba ajarkan anak menabung. Biar ga banyak jajan ya anak cewenya.

      Hapus
  22. Hitung - hitungannya keren banget mba Liswanti, perlu dipraktekin langsung nih :)

    BalasHapus
  23. Mantap detail sekali, bisa ini buat panduan...

    BalasHapus
  24. Memang sangat baik untuk mengajarkan menabung kepada anak mulai dari sejak dini

    BalasHapus
  25. Inget banget ceu dulu jaman saya sekolah sangu dikit, terus klo kepengen punya barang kudu nabung krn orangtua nggak mau sembarang beliin barang, akhirnya sampe besar rajin nabung deh

    BalasHapus
  26. Betul menabung harus dibiasakan dari kecil dan harus mengedukasi uang buat ditabung kalau ada lebih untuk jajan he he, karena kalau terbalik ini uang buat jajan sisanya ditabung nanti uang habis untuk jajan dan anak malah ga nabung

    BalasHapus
  27. Hamdalah, anak saya udah aware jg skg rajin menabung sejak kenal sama duit 20 ribu rupiah hahaha,,, kalau lihat "uang ijo" langsung masuk celengan

    BalasHapus
  28. Sekarang tidak mudah membela seorang anak. Banyak sekali biaya yang dibutuhkan. Uang tidak cukup

    BalasHapus
  29. Kalau untuk ibu rumah tangga gimana nih, Mbak. Soalnya udah gak sekolah, hehehe.

    BalasHapus
  30. jadi ingat waktu kecil dulu, tipsnya hampir sama kayak yang aku terapin hehe

    BalasHapus
  31. Pencerahan nih.. siap2 ceramahin anak berdasarkan tulisan mba hehehe.
    Nice post

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.