4 Lokasi Wisata Romantis Di Pangkalpinang

Liswanti Pertiwi | Senin, September 05, 2016 | | | |

Melakukan perjalanan romantis bersama pasangan yang sudah sah pastilah menyenangkan. Apalagi kalau dilakukan setelah pernikahan, bisa sekalian honeymoon, benar tidak?

Bukan saja honeymoon yang indah dan romantis, tapi juga bisa dimanjakan dengan pemandangan dari wisata yang didatangi bersama pasangan. Lokasi wisata yang indah dan romantis bukan saja membuat hati riang dan gembira, tapi mampu mengembalikan ketenangan dalam pikiran, dari berbagai aktivitas yang selama ini begitu padat.

Melakukan perjalanan romantis bukan saja milik pasangan yang baru menikah, bisa juga pasangan lama yang ingin memanjakan diri dengan menikmati wisata di sebuah kota sebagai kado ulang tahun pernikahan, asyikkan? Pasti asyik sekali. Apalagi ada beberapa pasangan yang akan menikah, pasti mencari lokasi yang asyik untuk foto prewedding. Tentunya disesuaikan dengan tema dan konsep yang mereka ambil. Salah satunya dengan melakukan prewedding di alam terbuka atau tempat wisata.

Liburan bersama sahabat juga menyenangkan
Banyak juga loh pasangan yang memilih melakukan prewedding ke luar negeri. Padahal di Indonesia sendiri, memiliki berbagai wisata dan keindahan alam yang cantik serta indah. Tapi itulah manusia, memiliki pikiran dan keinginan yang berbeda. Kalau 8 tahun lalu saya ditanya mau prewedding dimana? Sekalipun banyak duit, saya akan memilih lokasi prewedding hingga honeymoon di Indonesia saja. Karena, masih banyak tempat wisata di Indonesia yang belum saja kunjungi. Kan kalau masih ada uang bisa investasi untuk kehidupan berumah tangga *tetep hemat lagi*.

Bicara tentang lokasi romantis, di Indonesia juga banyak loh tempat yang indah. Salah satunya adalah Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah menginjakkan kaki di Bandara Depati Amir pada Februari lalu. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tentunya kuliner yang bisa dicicipi. Kalau menginginkan honeymoon dengan suasana kota yang nyaman, tenang, tidak ada kemacetan, asri, banyak tempat bersejarah, hingga mampu menikmati suasana romantis berdua, Pangkalpinang bisa menjadi pilihan. 

4 lokasi wisata romantis di Pangkalpinang

Mie Koba
Bicara tentang lokasi wisata di Pangkalpinang itu banyak sekali, ada wisata sejarah, wisata pantai, wisata kuliner, hingga wisata budaya. Kalau bicara kuliner, saya suka sekali Mie Koba yang merupakan mie dengan kuah ikan tenggiri, sangat enak dan bikin ketagihan. Jadi, kalau ke Pangkalpinang bisa cicipi makanan yang satu ini. Terus, kalau wisata romantis ada tidak? 

Setelah saya mengunjungi kota ini, ada beberapa tempat wisata romantis yang bisa saya rekomendasikan. Baik untuk melakukan pemotretan prewedding, honeymoon, liburan penuh cinta bersama keluarga, hingga liburan berdua dalam rangka ulang tahun perkawinan. Nah, ada 4 lokasi wisata romantis yang pas banget suasananya buat pasangan berlibur menyenangkan di Pangkalpinang, yakni:
  • Pantai Pasir Padi dan Tanjung Bunga
Saat berada di Pangkalpinang cobalah untuk mengunjungi pantai pasir padi. Suasananya enak dan mengasyikkan untuk dinikmati bersama keluarga maupun pasangan. Apalagi untuk foto prewedding. Pantai ini terletak di Kelurahan Air Itam, yang berjarak kurang lebih 8 km dari pusat Kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi ini memailiki daya tarik tersendiri, yakni dengan struktur pantainya yang landai, dan kontur pasir yang padat, sehingga bisa dilalui kendaraan. 

Berkunjung ke pantai ini akan dimanjakan dengan suasana alam yang asri dan laut yang biru. Bukan itu saja, tidak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah daratan kecil yang bernama pulai Punai. Untuk mengunjunginya cukup dengan berjalan kaki, saat air sedang surut.


Pantai Pasir Padi di pagi hari
Selain pantai Pasir Padi, bisa juga mengunjungi pantai Tanjung Bunga bersama pasangan. Apalagi Tanjung Bunga ini merupakan pantai landai dan bebatuan yang tempatnya terletak di sebelah selatan pantai Pasir Padi. Tanjung Bungga juga memiliki satu kawasan berbukit dengan panorama yang sangat indah dan mengarah ke laut. Serta ada batu-batu pantai yang tersusun dengan indah. Suasananya juga akan terasa romantis, saat menikmati pemandangan alam yang indah di bukit.  
  • Bangka Botanical Garden
Berkunjung ke Pangkalpinang, jangan lupa untuk mengunjungi Bangka Botanical Garden (BBG) yang merupakan lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit, dan pakan ternak. Bangka Botanical Garden ini merupakan lahan bekas tambang timah yang kemudian dikelola untuk menciptakan ekosistem baru. Bahkan mampu mengolah lahan dengan dengan keasaman di bawah 5, sehingga bisa menjadi lahan subur dan menghasilkan banyak tanaman.

Baca juga: Mengukir jejak Di Pangkalpinang

Mengunjungi Bangka Botanical Garden memang membuat takjub sekali, bekas tambang timah bisa menghasilkan banyak tanaman yang membuat suasana semakin asri dan indah. Coba saja ajak pasangan berkunjung ke tempat ini, pasti hatinya ikut berbunga-bunga, seperti bunga yang sedang bermekaran #eaaaah. 
  • Alun-alun Taman Merdeka dan Tamansari
Jalanan di Pangkalpinang asri dan bebas kemacetan
Setiap kota pasti memiliki banyak tempat bersejarah, begitu pun dengan Pangkalpinang yang memiliki banyak wisata sejarah. Honeeymoon dan liburan pun akan semakin lengkap dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah, apalagi yang berhubungan dengan bangsa Indonesia. Suasana yang teduh, angin sepoi-sepoi dan asri akan menambah suasana semakin romantis. Saat berkunjung ke Pangkalpinang, alun-alun Taman Merdeka dan Tamansari tidak boleh terlewatkan. 

Alun-alun Taman Merdeka sudah ada sejak dulu. Alun-alun ini awalnya bernama alun-alun selatan, kemudian berganti nama pada 31 Desember 1945 menjadi Lapangan Merdeka, dan sejak tahun 2011 dikembalikan lagi namanya menjadi alun-alun Taman Merdeka. Dan tempat ini menjadi pusat aktivitas berbagai kegiatan di kota Pangkalpinang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Selain itu ada juga Tamansari, atau disebut juga Wilhelmina Park. Di lokasi ini dibangun Tugu Pergerakan Kemerdekaan yang diresmikan oleh Wakil Presiden Drs. Mohammad Hatta pada bulan Agustus 1949. Dan Tamansari ini merupakan salah satu Cagar Budaya kota Pangkalpinang.
  • Pantai Parai Tenggiri
Menikmati Pesona Pangkalpinang sangat berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lainnya. Kalau menginap di Pangkalpinang, bisa juga loh mengunjungi salah satu wisata di Sungailiat yang jaraknya bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 47 menit. Di Sungailiat ada Pantai Parai Tenggiri dan kawasan wisata Marina Bay. Pantai Parai memiliki karakter yang masih asri dengan pasir putih dan batu-batu granit yang tersusun di sepanjang pantai. Lokasi ini pas banget buat foto prewedding, dan suasana yang mendukung, akan terasa begitu sangat romantis.


Pantai Parai Tenggiri 


Itulah 4 lokasi wisata romantis di Pangkalpinang yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama pasangan. Pesona Pangkalpinang bukan saja dari wisata pantai, sejarah, ataupun kulinernya, tapi banyak juga tradisi menarik yang perlu diketahui, salah satunya adalah Ceng Beng. Tradisi ini merupakan upacara perwujudan dari sikap masyarakat Tionghoa yang sangat mencintai dan menghormati leluhurnya. Bahkan, tradisi ini mampu menarik daya tarik wisata di Pangkalpinang. Setiap tahun tradisi sembahyang Ceng Beng ini dilakukan setiap tanggal 5 April kalender Masehi.

Baca juga: Menumbing Hotel Di Pangkalpinang

Masyarakat Tionghoa di luar Pangkalpinang berdatangan untuk bersembahyang kepada para leluhurnya. Maka tidak salah, kalau setiap kali acara ini berlangsung, harga tiket naik, dan hotel-hotel pun sudah penuh. Kegiatan Ceng Beng dilakukan sejak dini hari hingga terbit fajar dengan melakukan sembahyang dan meletakkan sesajian berupa aneka buah-buahan, dan makanan lainnya. Pekuburan Sentosa yang menjadi tempat sembahyang ini semakin semarak dengan lampion. Apalagi pekuburan sentosa ini merupakan kuburan terbesar di Pangkalpinang dengan luas 19 hektare. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak warga Tionghoa yang datang ke Pangkalpinang.


Tempat dilaksanakannya Tradisi Sembahyang Ceng Beng
(Sumber Foto By Cahyanto: Ngapak.id)
Pangkalpinang memang memiliki daya tarik tersendiri, dengan berbagai tempat wisata, tempat bersejarah, hingga tradisi dan kebudayaannya. Pangkalpinang pun masih begitu asri dan sangat nyaman. Sehingga sangat cocok untuk siapa pun yang ingin berlibur, dan menikmati waktu beristirahat dari padatnya aktivitas di Ibukota. Pangkalpinang yang dipimpin oleh Walikota Muhammad Irwansyah, merupakan wilayah perkotaan dengan pertumbuhan paling pesat di pulau Bangka. 

Secara umum kondisi kota ini bergelombang dan berbukit. Maka tidak salah kalau saat saya bersepeda di kota ini cukup membuat kelelahan, karena banyak tanjakan. Menikmati pagi hingga malam di kota sambil menyusuri berbagai tempat wisata hingga kulinernya, menjadi pengalaman tersendiri buat saya. Kota ini memang selalu membuat rindu. Semoga saja bisa kembali menikmati keindahan alam di Pangkalpinang bersama keluarga. Pangkalpinang pangkal kemenangan.
     
      
Ada sedikit tips neh supaya liburan ke Pangkalpinang semakin seru dan menyenangkan.
  1. Siapkan budget dan gunakan sebaik mungkin. Kira-kira mau liburan berapa lama.
  2. Untuk menghemat anggaran, sering-seringlah cek harga tiket pesawat. Ada beberapa transportasi udara yang bisa digunakan, dari Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, hingga Sriwijaya Air.
  3. Cari referensi hotel sebanyak mungkin, kali saja ada yang menyediakan paket honeymoon
  4. Supaya liburan menyenangkan dan bisa keliling, bisa sewa mobil selama di Pangkalpinang.
  5. Jangan lupa untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, hindari belanja berlebihan dan nikmati juga empek-empek dan kuliner lainnya.
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan saat melakukan perjalanan romantis bersama pasangan, bisa dengan mengajaknya liburan ke Pangkalpinang, ataupun wisata lainnya yang di Indonesia. Atau mungkin memberikan hadiah istimewa, semua itu tergantung keinginan masing-masing orang.

Nah, kalau kalian pilih melakukan perjalanan romantis kemana neh bersama pasangan? Daripada bingung, yuk kunjungi Pangkalpinang, pangkal kemenangan.

Sumber: Dokumen Pribadi dan buku direktori wisata Pangkalpinang

49 komentar:

  1. Jadi kangen pengen ke Bangka.. di sana semua tempat pantai nya indah2..

    BalasHapus
  2. Pengen ke Bali mbak tapi cuma berdua,haha..itu yg susah, krucilnya mau taruh mana.

    BalasHapus
  3. Foto pantai di pagi harinya eksotis banget. Dan itu mie Koba ngabibita pisaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya teh. Aku juga selalu suka, pengen kesana lagi. Mie koba enak banget.

      Hapus
  4. pantainya bikin pengen prewed #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah dulu nikah ga ada preweddkan? Pengen nyobain after wedding sama anak-anak hehe

      Hapus
  5. Pangkal Pinang teryata romantis sekali yaaa. Jadi pengen bulan madu ke sana, mba. Tempatnya kece euy buat pelarian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelarian dari rutinitas yang seabreg ya mba. Pokoknya nyaman banget disini neh.

      Hapus
  6. Wah, pantai! Ini sih tempat favoritku dan keluarga utk liburan. Asik seru romantis pula.

    BalasHapus
  7. Kapan ada waktu mau coba ke pangkal pinang ah :)

    BalasHapus
  8. aku memang lg nyari review wisata apa aja di pangkal pinang :).. rencana mw kesana april akhir mba... kata temenku yg org pangkal pinang, makanan di sana enak2, selain pantai2nya yg cantik ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba makanan disana enak-enak, apalagi empek-empek dan cemilannya. Pantainya ok juga.

      Hapus
  9. Jalannya mulus, sepi :D
    TFS cerita ttg Pangkal Pinangnya :D

    BalasHapus
  10. Pantainya keren keren, jadi pengin berkunjugn ke Pangkalpinang nih...

    BalasHapus
  11. Ngacuuung
    Pengen honeymoon euy. Tapi kok anak2 masih kecil-kecil. Wkwkwk.
    Tunggu mereka agak besar kayaknya biar bisa dititip Eyangnya :p.
    Ini yang pas itu ada event Pesona Pangkalpinang ya Mba? Seru ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa saja mba hehe. Iya mba seru sekali

      Hapus
  12. Waw pemandangannya bagus sekali mbak jadi pengen berkunjung juga nih.

    BalasHapus
  13. wahhh pengen banget berkunjung ke bangka ini... kapan ya?hehehe ngarep...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo di list aja dulu, semoga kesampean dalam waktu dekat

      Hapus
  14. Wah jadi kangen ke sana lagi. Entah kapan ya bisa ke sana lagi? :( mungkin tahun depan bakal bisa deh. :)

    BalasHapus
  15. Jaman kerja bolak balik ke pangkal pinang. Pantainya cantiik
    Sayang foto2 hilanh semua bersama terkaparnya laptop hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget tuh mba. Seru dong mba bolak balik ke Pangkalpinang

      Hapus
  16. Kalau di lihat dari spot foto nya saya tertarik nih ke panitai parai tenggiri mba :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayang kalau pergi sendiri mba, soalnya takut ngiri sama pengunjung lain yang pada bawa pasangan

      Hapus
  17. Pangkal pinang romantis banget...


    Salam kenal dr blogger ala2

    BalasHapus
  18. Wahh aq blm prnh ke pangkalpinang teh, keren yaa tmptnya,,next smoga bs kesana, suksess teh lis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu ah kita ke Pangkalpinang bareng-bareng ya

      Hapus
  19. Pantai Parai Tenggiri nya kece banget, jadi pengen pasca prewed eeaaa..

    Haduduh mau atulah ke sana, insyaallah kalo ada kesempatan, waktu dan kantong bersahabat n kompak, cuzzzz ahh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu atuh teh, kita cuss ke Pangkalpinang

      Hapus
  20. Untuk honeymoon ke 3, 4, 5 bisa ya ;)

    BalasHapus
  21. Mesti ingat jadwal cengbeng nih ya, jangan kesana waktu tgl 5 april krn hotel pasti full semua ����

    BalasHapus
  22. Jadi pengen ke Pangkalpinang, Mbak. Dulu saya pernah berada agak dekat2 dari sana (dibanding sekarang, di SUlawesi hehehe). Dulu saya pernah tinggal di Pekanbaru, sayangnya belum prnah ke Pangkalpinang.

    BalasHapus
  23. baca ini jadi pengen bawa pasangan ke Pangkal Pinang deh. Semoga suatu hari nanti kesampaian.. Aamiin :)

    BalasHapus
  24. nambah daftar list buat honeymoon nanti,, hehehee

    salam kenal mba,...

    BalasHapus
  25. cocok juga buat second honeymoon, nih, lokasi2nya mba ;p #uhuk

    BalasHapus
  26. mienya itu bikin ngiler mbak,...
    iya emang romantis2 tempatnya... keren..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...