Mudahnya Investasi Saham Dengan RHB TradeSmart With ARO

by - Kamis, Oktober 12, 2017


[Keuangan] Sekarang ini menjadi seorang ibu juga harus melek yang namanya investasi. Apalagi beberapa waktu lalu saya sudah mengikuti workshop tentang literasi keuangan, salah satunya membahas betapa pentingnya investasi untuk masa depan. Sebagai ibu dengan 2 balita, tentu yang ada dipikiran saya adalah merencanakan pendidikan masa depan buah hati. Mengingat dana pendidikan semakin naik dari tahun ke tahun. 

Awalnya saya berpikir, tabungan dan asuransi pendidikan sudah cukup. Ternyata itu belum untuk persiapan anak-anak di masa depan. Jelas dong, bahwa saat ini selain menabung dan memiliki asuransi pendidikan, kita pun harus memiliki investasi. Untuk pemula, investasi perhiasan atau beli logam mulia bisa terhitung paling aman. Daripada uangnya disimpan di tabungan, pasti ada saja godaan yang lewat, apalagi dengan diskon-diskon akhir tahun seperti sekarang ini. Jadi, ketika memiliki tabungan, sedikit demi sedikit bisa untuk berinvestasi, baik itu beli logam mulia ada perhiasan.


Apakah berinvestasi itu cukup perhiasan, berlian atau logam mulia saja?

Tentu saja tidak, karena berinvestasi pun ada jangka wakatunya yang sesuai kebutuhan. Misal kalau untuk jangka pendek, bisa deh pilih deposito atau logam mulia. Kalau jangka menengah dan jangka panjang tinggal di sesuaikan saja. Ada beberapa pilihan berinvestasi, mau yang berbentuk fisik seperti properti, berlian, hingga logam mulia. Atau yang berbentuk surat berharga, seperti reksadana, deposito, obligasi dan saham. Tinggal dipilih saja yang sesuai keinginan. Tapi harus diingat neh, setiap berinvestasi juga ada risikonya, maka dari itu bijak dan cerdaslah berinvestasi. Jangan sampai tertipu juga dengan investasi bodong.

Yuk Nabung Saham (dokumen pribadi)

Yuk Nabung Saham

Semuanya pasti sudah mengerti, bahwa saham merupakan surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan aset rill di suatu perusahaan. Memiliki saham di perusahaan besar, berarti kita menjadi pemegang sahamnya. Perlu diingat neh, ketika kita mememutuskan menggunakan modal untuk berinvestasi saham, pasti sudah tahu dengan segala risiko yang dihadapi, termasuk untung ruginya. Tapi ya, namanya investasi memang harus siap dengan segala risiko. Ada beberapa keuntungan dan kerugian memiliki saham, yakni:
  • Keuntungan: Mendapatkan dividen (pembagian keuntungan  perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham), capital gain (keuntungan yang diperoleh investor atas selisih harga jual dibandingkan harga beli saham), dan sudah pasti menjadi pemilik perusahaan.
  • Kerugian: Mengalami capital loss (turunnya harga saham yang dimiliki investor dengan harga di bawah harga beli saham), dan saham yang dimiliki di perusahaan dinyatakan bangkrut.
Mungkin yang ditakutkan masyarakat untuk berinvestasi saham itu kali, atau bisa jadi masih banyak yang binggung cara menabung saham. Seperti yang diungkapkan Merry Riana selaku Duta RHB TradeSmart yang turut hadir dalam peluncuran, bahwa pada umumnya ketakutan masyarakat akan investasi dalam saham adalah mengenai risiko yang diangggap terlalu tinggi. Padahal sebenarnya risiko muncul akibat kurangnya pengetahuan seseorang akan produk investasinya.


Hadir juga Merry Riana selaku Duta RHB TradeSmart
Perlu diketahui, menurut data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menunjukkan  bahwa tingat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lainnya di Asia. Dan teryata dari data BEI (Bursa Efek Indonesia) investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya sekitar 600.000 SID, tentunya ini sangat minim dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Tidak salah kalau BEI menggerakkan kampanye "yuk, nabung saham".

Kampanye "yuk, nabung saham" menjadi sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat mulai mengenal dan berinvestasi di pasar modal dengan rutin. Kalau dulu kita diajak buat gemar menabung, lalu ada juga nabung emas, kini saatnya kita mulai menabung saham. Karena investasi pun tidak cukup hanya logam mulia, maka saatnya untuk memulai dengan surat berharga, salah satunya menabung saham.

RHB TradeSmart with ARO


Di era digital yang semakin berkembang, dimana-mana sudah serba online. Maka dari itu perusahaan keuangan pun harus mengikuti perkembangan dengan terus berinovasi dengan produk-produk layanan yang memudahkan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh PT. RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas) pada 10 Oktober lalu meluncurkan sebuah aplikasi yakni RHB TradeSmart with ARO. RHB Sekuritas sendiri merupakan bagian dari RHB Banking Group yang merupakan grup layanan financial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia.

RHB TradeSmart with ARO adalah aplikasi perdagangan saham mobile pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fitur in-app yang disebut ARO (Assisted robo Optimization). Dengan kehadiran ARO ini akan membantu para investor dan trader untuk membuat keputusan mengenai transaksi saham secara real time. Tentunya dengan memberikan akses epada masyarakat Indonesia atas rekomendasi saham secara mudah, cepat dan cerdas, dimanapun dan kapanpun. Dengan aplikasi ini bisa memberika sinyal real time, sehingga penggunanya bisa tahu, saham mana saja yang memberikan sinyal positif di perdagangan Bursa.  

RHB TradeSmart with ARO bisa menjadi sahabat baik dalam berinvestasi. Peluncuran aplikasi perdagangan saham yang berlangsung di Bursa Efek Jakarta merupakan bagian dari komitmen RHB Sekuritas untuk membantu BEI meningkatkan literasi mengenai pasar modal. Dengan begitu RHB Sekuritas turut mendorong masyarakat untuk mulai berinvestasi saham secara berkala dan membantu pertumbuhan pasar modal di Indonesia. 


Chan Kong Min, selaku Presiden Direktur PT. RHB Sekuritas Indoesia 
"Bagi investor pemula, ARO dapat menjadi fitur pembelajaran dan analisis atas saham tertentu, sedangkan bagi investor berpengalaman, ARO akan menjadi panduan lanjutan atas investasi saham mereka" ujar Chan Kong Min, selaku Presiden Direktur PT. RHB Sekuritas Indoesia dalam peluncuran RHB TradeSmart with ARO.

Berkenalan dengan TradeSmart with ARO membuka mata kita semua, bahwa investasi saham itu ga ribet loh. Nah ada beberapa fitur yang bisa diketahui dari aplikasi ini, selain dari fitur informasi real time perdagangan dan transaksi efek secara online, yakni:
  • ARO Signal: Menginformasikan saham-saham yang hari itu menjadi trending di pasar, dan mendapat trading signal BULL, HOLD, dan BEAR. Sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang sedang HOT di pasar.
  • ARO Library: Berisi indikator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga ara trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan bertransaksi.
  • ARO Technical: Berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistance untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap sinyal rekomendai ARO. Tentunya dapat dijasikan panduan antrian beli maupun antrian jual, maupun panduan harga support ataupun resistance saham. 
Dengan download aplikasi ARO di Google Play Store dan App Store, akan memberikan kemudahan berinvestasi, sehingga trading saham jadi easy. Ada beberapa langkah mudah memulai trading, yakni:


  • Download dulu aplikasi RHB TradeSmart ID di Google Play dan Apple Apps Store.
  • Mengisi data diri dan scan kartu tanda pengenal melalui gadget di RHB TradeSmart with ARO. Lalu gunakan email dan pasword untuk membuka aplikasi.
  • Buka rekening saham sesuai dengan aturan BEI. Tunggu verifikasi data dan proses Know Your customer sambil emnunggu nomor dan kode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan RDN (Rekening Dana Investor)
  • Setelah diverifikasi dan data dilengkapi, tinggal menerima investor ID (SID) dan RDN.
  • Lakukan transfer dana dan mulailah dengan memilih saham trending dengan ARO real time signal.
  • Trading saham melalui gadget Android dan Apple, Smartwatch, Web trading dan ARO ChatBot.
Dengan begitu masyarakat yang ingin memulai berinvestasi saham tidak kesulitan dan bisa sambil belajar juga. Kan sudah ada fitur-fitur yang memudahkan kita akan saham-saham yang memberikan sinyal positif di perdagangan. Kan kalau memang sesuai tinggal beli, kalau masih ragu ya jangan beli. Anggap saja kita lagi di pasar biasa, sedang memilih barang yang diinginkan.


Peluncuran RHB TradeSmart with ARO

Ilustrasi saham (photo by Canva)

Kemudahan berinvestasi saham dengan RHB TradeSmart with ARO dirasakan betul oleh Merry Riana yang sudah mencoba langsung aplikasi ini, dirinya bisa memonitor investasi, sekaligus membuat langkah investasi baru berdasarkan rekomendasi yang diberikan ARO dimanapun dan kapanpun. Dengan aplikasi ini setiap orang akan mendapatkan kemudahan dan akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham, termasuk yang cukup sibuk untuk mengamati perkembangan saham setiap harinya.

Jadi, mulai sekarang yuuk kita coba menabung saham. Seperti kata Merry Riana orang yang belum sukses itu kurang action, kurang belajar. Maka dari itu kalau ingin sukses harus berani mencoba, termasuk dalam menabung saham. Bersama RHB TradeSmart with ARO rasakan kemudahan berinvestasi saham.   

You May Also Like

107 komentar

  1. Jadi tertarik investasi saham apalagi kemarin denger tentang perkembangan saham Apple beuhhh menggiurkan sekalihhhh hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ayu dong nabung saham, sedikit demi sedikit aja dulu

      Hapus
  2. Itulah saham, tidak serumit yang dibayangkan. Yuk Nabung Saham,..

    BalasHapus
  3. Boleh dijadikan alternatif investasi nih

    BalasHapus
  4. Wah, ilmu baru nih, makasih ya

    BalasHapus
  5. Aku beberapa x ikut workshopnya OJK, lg tertarik buat buka reksadana. Itung2 buka jalan jadi owner perusahaan gede 😁 sekarang kan mudah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong nabung juga saham, nah bisa reksadana

      Hapus
  6. Dari dulu belajar soal saham, gak lulus2 nih. Menabung dalam bentuk saham mulai jadi gaya hidup ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, sekarang bisa jadi pilihan neh

      Hapus
  7. Kenapa ya, aku selalu pusing kalo ngomongin saham *ups :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kenapa mba, ayo sini apa yg ga pahamnya?

      Hapus
  8. Sebelum nabung saham, setidaknya aku belajar dari apa yang ditulisan disini. Jadi lebih penasaran sama nabung saham.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas mulai nabung saham, pake aplikasi ini bisa sambil belajar juga

      Hapus
  9. kerennn informasinyaaa,,, trims mbaa atas sharingnyaaaaaa

    BalasHapus
  10. ilmu baru nih, dengan penjelasan yang gampang di cerna. Terimakasih sharingnya

    BalasHapus
  11. Pengen banget nih nabung pake saham.

    BalasHapus
  12. menarik bund. adakah yg skema syariahnya?

    BalasHapus
  13. berinvestasi saham, pengen deh nabung pake saham, keren bun. sangat bermanfaat, terimaksih bund atas ilmunya.

    BalasHapus
  14. Jadi pengen nabung saham kalo gampang begini. Salam kenal mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Kenal juga. Yuuk nabung saham

      Hapus
  15. Aku nih termasuk yg ngeri2 cihuy mau kenalan sm dunia saham mbk lis. Takut dengdong alias gk paham2 mklum loading lama. Klok begini kan rawan bgd jatuhnya kn.
    Tp abis baca tulisan dikau ini mbk, aku pun jd pgn tahu. Diawali dr pakek aplikasi aro dlu deh kayaknya ya mbk lis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau pake aplikasi ga bakal takut lagi mba..

      Hapus
  16. Kalau udah investasi jadi tenang karena punya cadangan.
    Dan melalui aplikasi ini, leluasa banget belajarnya. Mau coba ah daftar

    BalasHapus
  17. Sekarang semua orang wajib belajar ya mba, biar makin ngerto dan paham, apalagi anak muda yang mau banget senang-senang di hari tua. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener pokoknya harus melek investasi deh

      Hapus
  18. Penjelasannya enak banget nih Mba, suka bacanya. Yuk ah, saya mau ikutan nabung saham juga :)

    BalasHapus
  19. Jadi tertarik juga buat trading nih. Apalagi dengan adanya ARO, punya asisten pinter lebih berasa aman dan nyaman ��

    BalasHapus
  20. Saya pikir dulu saham cuma buat orang golongan tertentu aja.Pengusaha high class misalnya. tapi ternyata setiap orang bisa juga investasi saham. ga seribet yang dibayangkan. Makasih buat sharingnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba nabung saham bisa buat siapa aja kok

      Hapus
  21. Klu sekarang jd gampang gini mau main saham lagi deh

    BalasHapus
  22. Keren nih aplikasinya. Nabung saham memang sudah harus sejak dini dilakukan selama kita masih produktif.

    BalasHapus
  23. Jadi mau juga belajar investasi saham,udah download juga....mkch infonya

    BalasHapus
  24. Makin dipermudah aja ya untuk inves saham. Aku belon pernah, mo kepoin dulu, xixii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kepoin dulu mba, biar langsung nabung

      Hapus
  25. Yuuk nabung saham, mumpung ada aplikasi yang memudahkan Para Pemula nih

    BalasHapus
  26. Sering dengar nih mba, main saham lebih aman dan menjanjikan...

    BalasHapus
  27. Hmm..nampaknya menarik nih, dulu gak minat sama sekali sama invest sama soalnya kayanya mainnya menengah ke ataaaaas :D

    BalasHapus
  28. enaknya dgn aplikasi ini bisa pantau saham, plus ga takut lagi utk beli/jual krn dpt rekomendasi yg real time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan begitu semakin aman ya investasinya

      Hapus
  29. Ibuk-ibuk dasteran juga bisa jual beli saham ya, Liiisss. Baru tahu aku, ke mana aje. Kirain eksekutif doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget. Kitakan ibu dasteran. Nabung saham yuuuk

      Hapus
  30. Setuju banget sama kata Merry Riana, bahwa orang yang belum sukses itu kurang action, kurang belajar. Jadi pengen belajar lebih banyak soal investasi saham, thanks for sharing ya mbaa :D

    BalasHapus
  31. Dari dulu belom berani investasi saham tapi karena artikel ini ajdi pengen coba deh

    BalasHapus
  32. Kok tiba2 aku pusing ya bacanyaa.. hahaa..
    Agak gak ngerti cara main dan beli sahamnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake aplikasi ini bisa mba dipahami.

      Hapus
  33. Makasih ilmu dan infonya mbak, jadi makin nambah pilihan buat investasi ya selain deposito dan logam mulia.

    BalasHapus
  34. Aku masih belum bisa kendalikan emosi saat trading, dulu pernah loss sekarang belum coba lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake aplikasi ini bisa aman mba. Cobain deh, biar ga loss.

      Hapus
  35. Aku masih takut main saham, karena belom belajar nih hehehe. Tapi aplikasinya bagus ya. Kira-kira untuk reksadana ada ga ya? Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa mba, coba aja cari reksadana dulu klo gitu.

      Hapus
  36. Angka- angka langsung keluar begitu bicara saham euy. Hahaha...inovasi yang keren ini dengan langkah- langkahnya yang mudah. Sumpah awam masalah ini teh. Tapi ya patut coba juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba bisa dicoba banget. Di minimal 100 ribu bisa

      Hapus
  37. Aku kira Teh Lis bakalan foto bareng sama Mba Merry Riana juga hahaha.
    Btw, aku masih meraba - raba soal saham, nanti ku download deh appsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mba, aku ga kebagian foto bareng. Habis banyak banget yang foto.
      Iya mba buat pemula bisa pake aplikasi ini.

      Hapus
  38. betul yaa.. sebagai emak2 kita kudu inget biaya sekolah ga murah kuy.. yuk investasi

    BalasHapus
  39. Wah, nabung pakai saham. Patut dipikirkan

    BalasHapus
  40. Jadi semangat belajar saham nih

    BalasHapus
  41. Buka rekening saham gratis dengan download aplikasi RHB TradeSmart ID di gadget >> ini beneran? trus minimal naro sahamnya brp? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tinggal daftar aja. Minimal nabungnya bisa dari 100 ribu.

      Hapus
  42. Kelihatannya gak ribet ya ceu, jasi pengen nyoba

    BalasHapus
  43. aseli pengen nyoba investasi ini.

    BalasHapus
  44. Duuuh peer banget deh belajar investasi. Belumlah ada sebulan untuk mencerna ilmu dari workshop finansial kemarin eeh udah ada beginian. Nanti kalau kita ketemuan ajarin ya mbak....

    BalasHapus
  45. Investasi saham, dahulu banyak khawatir, di era digital seperti sekarang lbh bisa di monitoring ya

    BalasHapus
  46. aplikasinya canggih, edukatif, dan membantu customer banget ^^

    BalasHapus
  47. Kalau sudah bisa mobile gini, mudah ya. Mesti belajar nih!

    BalasHapus
  48. dengan aplikasi di hape dan juga teknologi ARO bakal antusias nih nyoba trading saham

    BalasHapus
  49. Asyik ya Teh sekarang main saham semakin mudah ya :)

    BalasHapus
  50. Penasaran, pengen coba, tapi masih ada takut2nya. :'D Hehehehe .... Kudu pintar2 deh. Tulisan ini juga bisa dijadikan referensi. :D

    BalasHapus
  51. Minimal brp ceu? 100rb bisa beli saham? Dari 100rb ntar bisa jadi brp? Belum pernah investasi di saham nih. Gak ngerti. Takut kena zonk.

    BalasHapus
  52. Sedikit2 lama2 menjadi bukit, bukit saham maksudnya. :-)

    BalasHapus
  53. Perlu dicoba sepertinya nih! Makasih mbak informasinya!

    BalasHapus
  54. duh ini bu ibuk produktif banget, makasih sharenya yaa.. jadi tahu tentang saham nih

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.