5 Manfaat Menabung Untuk Anak Sekolah


"Mah, beliin kalau teteh sekolah, nabungnya yang banyak ya, biar kayak mamang Sakti, dapat uangnya banyak banget", ujar putri sulung saya, Chantika.

Celotehan anak saya ini memang tanpa alasan loh, karena dia telah melihat bagaimana paman kecilnya sudah memiliki banyak uang yang bisa dibelikannya baju lebaran dan lainnya. Semua itu dia dapatkan dari uang tabungan yang dikumpulkan pada Gurunya.

Kebiasaan menabung adik saya (paman kecil Chantika) memang sudah terbiasa sejak dia masih TK, hingga sekarang. Adik bungsu saya ini sudah naik kelas 4 SD, otomatis dia akan mulai kembali menabung sampai satu tahun kedepan. Kegiatan menabung anak sekolah ini memang sudah lama, bahkan sejak saya belum sekolah. Jadi, anak-anak akan membeli buku tabungan biasa, dan disimpannya di wali kelas. Mau itu nabung 2000 atau bahkan 10.000, yang penting setiap hari menabung.


Nah, setelah akhir tahun sekolah atau saat kenaikan kelas, tabungan itu akan dibagikan kepada anak-anak. Saya sendiri waktu kecil, sangat suka menabung, bahkan bisa mencapai ratusan ribu (yang dulu mah berasa jutaan).

Karena anak saya sudah tahu menabung itu bisa menghasilkan banyak uang, dia pun semakin termotivasi untuk ikut menyisihkan uang dan menyiapkan buku tabungan saat mulai sekolah nanti. Biarpun sejak dia lahir sudah memiliki tabungan di bank, tapi saya ingin mulai melatihnya menabung di sekolah.

Cara menabungnya juga gampang diaplikasikan anak-anak sekolah lainnya, yakni dengan cara:
  • Menyisihkan uang jajan sekolah, seribu atau 2000 saja. Kalau ingin konsisten, bisa menabung 2000 saja. Kan uang jajan anak sekarang itu bisa sampai 10.000.
  • Bawa bekal dari rumah, biar tidak jajan sembarangan. Kan uangnya bisa di tabung.
  • Kalau dapat angpau lebaran bisa loh sebagian uangnya di tabung.
  • Anak-anak pasti suka dapat uang dari sodaranya atau kerabat lainnya, sebagian uang jajan bisa di tabung ya, supaya tidak habis.
Nah adik bungsu saya dan Chantika sudah bersiap menabung saat mulai ajaran sekolah besok neh, yakni dari angpau yang didapatkannya saat lebaran. Menabung itu kalau dibiasakan sejak dini akan baik untuk kedepannya, karena memiliki banyak manfaat, yakni:
  1. Melatih anak untuk disiplin
  2. Melatih anak untuk tidak hidup boros
  3. Anak menjadi lebih peduli
  4. Tidak jajan sembarangan
  5. Menjadi terbiasa berhemat uang
Dengan 5 manfaat menabung untuk anak sekolah ini, anak-anak bisa merasakan betul dalam menghargai uang. Dan anak-anak bisa hidup sehat, tanpa perlu jajan di luar. cukup bawa bekal yang sehat buatan mama, anak-anak bisa rajin menabung. Karena dengan menabung, hidup bisa bahagia. Yuk ajari anak-anak menabung sejak dini.  


20 komentar

  1. Di sekolah anak2ku waktu TK ya gt..anak2 punya tabungan ke gurunya.pas perpisahan baru dibagikan. Pdhal nabungnya dikit2 ga berasa cm belajar nabung juga sih. Gak ku dengajain kasih yg besarjuga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikkan ya menabung mba. Dan anak-anak bisa merasakan hasilnya.

      Hapus
  2. Iya anak2 sebaiknya punya tabungan sendiri sejak kecil

    BalasHapus
  3. Menabung emang lbh banyak untungnya. Megajari anak menabung jg berarti mengajak mereka utk hidup hemat dan berusaha utk dpt sesuatu :D

    TFS :D

    BalasHapus
  4. ada temanku punya tips menabung, yakni kalau dapat uang 20rb, maka uang itu harus dimasukan celengan, misal membeli pakek uang 100, dan ada kembalian nominal 20rb, nah uang tersebut harus dimasukin celengan, susahnya klo kembaliannya 20rb semua, jd nabung mulu haha

    BalasHapus
  5. sejak kecil, anak memang harus dibiasain menabung, biar insting save moneynya ada diwaktu dewasa! salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, kalau tidak dibiasakan akan sulit kedepannya.

      Hapus
  6. Saya aja yang sudah besar gini masih bawa bekal mbak :)

    Aku lagi nabung lagi nih mbak semoga cepat buat resepsi *eh

    Kabuuuur

    BalasHapus
  7. Iya mak, Menabung itu sangat penting untuk diajarakan pada anak sejak dini.. terimakasih ya mak atas sharing nya
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  8. Setuju banget, Mbak. Dengan menabung, anak jadi belajar untuk menghargai menahan diri dan bersabar dalam memenuhi sesuatu. Saya juga membukakan rekening tabungan untuk anak pertama meskipun isinya belum banyak, hehe. Semoga bisa terisi terus, syukur-syukur nanti dia bisa menghasilkan sendiri. Dan paling penting, agar anak belajar tidak berutang untuk memiliki sesuatu karena sudah punya uang tabungan.

    BalasHapus
  9. Anakku yang SD nggak bawa uang ke sekolah, mba. Tapi dia selalu saya kasih uang untuk menabung

    BalasHapus
  10. dari kecil semangat kalau punya celengan baru, diisinya pas awal2 doang. eh malah gak konsisten nabung, malah celengin dipecahin gagal nabung deh :)))

    BalasHapus
  11. saya pernah ikutan menabung yang pecahan 20ribu, setiap lihat uang hijau itu harus dimasukkin ke dalam celengan, Tapi gak bertahaan lamaaa hiiks ada aja godaannya :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.